Rp 119,50 - 158,45TBC Juta

Harga di Indonesia

Daihatsu Sigra Spesifikasi
SegmenSegmen B
Tipe bodiMPV
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin1.0 - 1.2L
Tenaga67 - 88PS
Tempat Duduk7

Daihatsu Sigra Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Harga Terjangkau

  • Fitur Keselamatan Lengkap

  • Kabin Cukup Leluasa

  • Irit Bahan Bakar

  • Sistem Multimedia Mumpuni

Kekurangan

  • Mesin Kurang Bertenaga

  • Minim Fitur Hiburan dan Kenyamanan

  • Kualitas Material Kurang Baik

  • Belum Menggunakan Adjustable Headrest

  • Suspensi Amblas Ketika Kapasitas Penumpang Penuh

Daihatsu Sigra Gambar

Eksterior

Interior

Daihatsu Sigra Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur Keselamatan
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Daihatsu Sigra menjadi pilihan MPV keluarga yang dengan harga yang sangat terjangkau dan berbagai pilihan varian dan mesin yang digunakan. Harga Daihatsu Sigra 2020 dimulai dari Rp119 jutaan untuk varian entry level Daihatsu Sigra 1.0D MT bermesin 1.0L dengan konsumsi bahan bakar yang mengesankan. Serta varian tertinggi Daihatsu Sigra 1.2 R DLX AT yang dibanderol dengan harga Rp162 jutaan.

    Daihatsu Sigra pertama kali debut di Indonesia tahun 2016 dan mendapatkan revisi minor pada 16 September 2019 lalu. Mobil MPV Segmen A ini dikembangkan bersamaan dengan Toyota Calya dan dirakit di pabrik Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat. Namun, Sigra hadir dengan pilihan varian lebih beragam, dan harga awal yang lebih murah. Ada dua pilihan mesin yang digunakan, yaitu 1KR-VE 1.0L 3-silinder DOHC dengan mesin yang lebih besar 3NR-VE 1.2L 4-silinder dengan teknolgi DOHC dan Dual VVT-i.

    Daftar Harga Daihatsu Sigra

    Tipe  Harga
    Daihatsu Sigra 1.0 D MT MC Rp119,500,000
    Daihatsu Sigra 1.0 M MT MC Rp129,900,000
    Daihatsu Sigra 1.2 X MT MC Rp139,250,000
    Daihatsu Sigra 1.2 X MT DLX MC Rp144,750,000
    Daihatsu Sigra 1.2 X AT MC  Rp152,050,000
    Daihatsu Sigra 1.2 X AT DLX MC Rp157,550,000
    Daihatsu Sigra 1.2 R MT MC Rp145,650,000
    Daihatsu Sigra 1.2 R MT DLX MC Rp149,950,000

    Spesifikasi

    Mesin Daihatsu Sigra
    Tipe Mesin 1KR-VE, DOHC VVT-i (1.0), 3NR-VE DOHC Dual VVT-i (1,2)
    Kapasitas Silinder 998 cc (1.0), 1.197 cc (1,2)
    Tenaga Maksimal 66 HP @ 6.000 rpm (1.0), 87 HP @ 6.000 rpm (1,2)
    Torsi Maksimal 89 Nm @ 4.400 rpm (1.0), 108 Nm @ 4.200 rpm (1,2)
    Akselerasi 0-100 km/jam 12,8 detik (Sigra R Deluxe M/T)
    Konsumsi bahan bakar 14 km/liter (Sigra R Deluxe M/T)
    Transmisi  Manual 5-percepatan (all variants), Otomatis 4-percepatan (Hanya varian X dan R)
    Sistem Penggerak Front-wheel Drive
    Dimensi Daihatsu Sigra
    Dimensi (PxLxT) 4.110 mm x 1.655 mm x 1.600 mm
    Wheelbase 2.525 mm
    Radius Putar  4,5 m
    Kaki-kaki dan Suspensi Daihatsu Sigra
    Suspensi Depan/Belakang MacPherson Strut / Semi Independent Torsion Axle Beam
    Rem Depan/Belakang Ventilated Disc Brake / Drum, Leading - Trailing / Mekanis pada Roda Belakang
    Pelek R13 Steel (D), R14 Steel with wheelcap (M & X), R14 Dual-tone Polished Alloy (R)
    Ukuran Ban 155/80 R13 & 175/65 R14


    Daihatsu Sigra sendiri diperkenalkan untuk pertama kalinya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2016. Sigra juga menjadi alternatif dari LMPV Xenia dengan harga jauh lebih murah, dan langsung menggebrak pasar Low Cost Green Car (LCGC) bersama kembarannya, Toyota Calya

    Daihatsu Sigra hadir dalam dua pilihan mesin, 1.000 cc dan 1.200 cc, yang terbagi menjadi enam varian. Yakni 1.0 D1.0 M1.2 X1.2 X Deluxe1.2 R dan 1.2 R Deluxe, dan untuk varian 1.2 tersedia sigra varian matic, dengan mesin 1.0 hanya memiliki pilihan transmisi manual 5-percepatan.

    Setelah tiga tahun dijual, Daihatsu Sigra, bersama dengan Toyota Calya mendapatkan facelift pada 16 September 2019. Beberapa ubahan pada model facelift ada di bumper depan baru, garnish plat belakang yang dibuat lebih panjang, lampu LED, tambahan tempat penyimpanan di bawah persneling gigi, dan kaca spion elektrik di beberapa varian.

  • Eksterior

    Tampak Depan Bawah Daihatsu Sigra


    Dibanding model pre-facelift, ubahan Daihatsu Sigra Facelift secara kosmetik cukup signifikan. Dimulai dari sisi depan, aura dinamis terlihat dari lekuk tiga dimensi fascia depan yang terdiri dari dua grille berbentuk trapesium yang diberi sinishing hitam, fog lamp yang dibalut panel black gloss berdesain vertikal asimetris, aksen garnish chrome yang jadi tempat peletakan emblem logo di upper grille, serta penggunaan LED Headlamp dengan desain pipih yang terkenal hemat energi dengan pencahayaan prima.

    Sekilas, bagian samping Daihatsu Sigra facelift tidak terlihat ada ubahan signifikan. Namun jika diteliti lagi, Anda bisa menemukan banyak detail yang dihadirkan Daihatsu. Contohnya pada varian tertinggi 1.2 R Deluxe A/T, yang memakai pelek baru ukuran 14 inci dengan desain two-tone, selain itu hadir juga mudflap dan side body moulding sewarna body.

    Naik ke bagian atas, Daihatsu Sigra facelift mendapatkan finishing chrome di sepanjang beltline, dengan pillar B dan C diberi finishing blackout. Dan untuk varian X, kaca spionnya kini dilengkapi turn lamp dan bisa diatur secara elektrik dan retractable.

    Beralih ke belakang, ubahan paling mencolok terdapat pada bagian back door garnish yang diberi aksen chrome. Lampu belakangnya juga sudah diberi Smoke Lamp & Lens Garnish yang memberi kesan mewah. Untuk kesan sporty, bagian mufflernya ditambahkan muffler cutter, Rear Spoiler dan Auto Rear Wiper juga tak lupa disisipkan untuk varian tertinggi.

  • Interior

    Dashboard Sigra

    Masuk ke dalam, kita tidak menemukan ubahan pada interior Daihatsu Sigra Facelift tidak berlebihan, namun di situlah poin positifnya. Layout Dashboard dan model lingkar kemudi tidak direvisi, Daihatsu hanya bermain di pemilihan format warna interior, yang kini dibuat two-tone, (Dark & Light Grey), yang memberikan kesan bersih dan modern.

    Tapi jika kita melihat di konsol tengah, tentu kita menemukan beberapa ubahan signifikan. Salah satunya head unit untuk varian R dan R Deluxe yang sudah menggunakan head unit layar sentuh yang dilengkapi fitur Bluetooth, FM Radio, dan USB.

    Kenop pengaturan AC juga hadir dengan desain yang lebih ergonomis, selain itu hadir juga slot penyimpanan smartphone di bawah kenop AC, dan shift lever dengan iluminasi baru. Selebihnya, semuanya masih sama dari model pre-facelift.

    Daihatsu Sigra facelift masih mempertahankan format jok yang dipakai di model pre-facelift, ubahan di sisi kursi paling hanya warna material jok yang dipakai, kini dengan warna grey. 

    Selain itu, untuk jok baris kedua dan ketiga sudah tersedia headrest adjustable (untuk varian R dan R Deluxe), dengan akses menuju baris ketiga masih memakai format One-touch Tumble. Kapasitas bagasinya masih sama seperti sebelumnya, yakni 263 liter dengan kursi baris ketiga berdiri tegak.

    Sayang, AC Double Blower belum tersedia di Daihatsu Sigra facelift. Daihatsu masih mengandalkan sistem Sistem pendingin Rear Air Circulation dari model pre-facelift. 

  • Fitur Keselamatan

    Meski hadir dengan harga yang cukup miring, Daihatsu Sigra facelift hadir dengan fitur keamanan yang lumayan di segmennya. Dibangun di atas platform Total Advance Function, rangka body Sigra cukup kuat untuk menahan tumbukan dari depan dan samping (Side Impact Beam).

    Selain itu, hadir juga fitur keamanan pasif seperti Dual-SRS Airbags (mulai dari tipe X), dan Front Seat Belt with Pretensioner and Force Limiter (mulai dari tipe X). Untuk pengereman, hadir Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD), yang cuma tersedia untuk varian AT.

    Untuk memudahkan proses parkir mobil, hadir Rear-parking Sensor (mulai varian M), dan kamera parkir (untuk varian R dan R Deluxe), dan juga Front-Corner Sensor (varian R Deluxe). Keamanan mobil juga semakin terjaga dengan hadirnya fitur Immobilizer with Remote, yang tersedia mulai varian M.

  • Mesin dan Performa

    Daihatsu Sigra hadir dalam dua pilihan mesin. Yang pertama 3-silinder 1.000 cc VVT-i berkode 1KR-VE yang dipakai di varian D dan M, mesin ini menghasilkan tenaga 66 HP yang didapat di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 89 Nm pada 4.400 rpm, dengan manual 5-percepatan jadi pilihan transmisi yang tersedia.

    Untuk varian yang lebih tinggi, hadir mesin 4-silinder 1.200 cc Dual VVT-i berkode 3NR-VE yang dipakai di varian X dan R. Mesin ini memiliki tenaga 87 HP di 6.000 rpm, dan torsi puncak 108 Nm di 4.200 rpm, transmisi otomatis 4-percepatan hadir sebagai opsi selain manual 5-percepatan.

    Performa dan Handling

    Dengan kapasitas mesin yang tidak bisa dibilang besar, Daihatsu Sigra tidak begitu baik dalam akselerasi, yang mana harus menempuh waktu 0-100 km/jam dalam waktu 12,8 detik dengan varian Sigra R Deluxe M/T.

    Namun, kekurangan tersebut teratasi dengan karakteristik mesin yang responsif, meski butuh waktu beberapa waktu karena putaran bawah yang underpower.

    Daihatsu masih mempertahankan kombinasi suspensi depan macpherson strut dan belakang independent torsion axle beam. Namun, per belakang diganti dengan yang lebih kuat agar tidak ambles saat ditumpangi tujuh penumpang.

    Ubahan tersebut membuat suspensi terasa lebih rigid di jalanan dengan permukaan aspal, tidak ada gejala mantul-mantul karena terlalu empuk yang memberi kepercayaan diri lebih saat bermanuver.

    Konsumsi Bahan Bakar

    Saat peluncurannya, Daihatsu Sigra diklaim dapat menempuh 20 km/liter. Namun, karena kondisi jalan yang beragam, konsumsi bahan bakarnya menjadi sangat relatif.

    Mengacu pada salah satu tes dengan Daihatsu Sigra R Deluxe M/T untuk penggunaan dalam kota selama 200 km. Konsumsi BBM nya mencatatkan angka 14 km/liter, namun hal ini tergantung pada gaya berkendara dan kondisi jalanan yang dilewati.

  • Kesimpulan

    Daihatsu Sigra merupakan pilihan menarik untuk Anda yang sedang mencari sebuah LCGC 7-Seater murah, tapi apakah harga murahnya sebanding dengan performa dan fitur yang didapat?

    Kami sarankan untuk mengambil Daihatsu Sigra varian X atau R, karena performa serta fitur yang didapat sudah cukup sepadan dengan harga yang harus Anda keluarkan.

Daihatsu Sigra FAQ

  • Berapa Jarak sumbu roda (mm) yang dimiliki Daihatsu Sigra ?

    • AlexieLovely

      AlexieLovely

      Jarak sumbu roda (mm) Daihatsu Sigra adalah 2525.

  • Apa Jumlah silinder dari Daihatsu Sigra?

    • Baileybum

      Baileybum

      Berikut adalah Jumlah silinder dan varian Daihatsu Sigra:

      VarianDaihatsu Sigra 1.0 D MTDaihatsu Sigra 1.0 M MTDaihatsu Sigra 1.2 X MTDaihatsu Sigra 1.2 X DLX MTDaihatsu Sigra 1.2 R MTDaihatsu Sigra 1.2 R DLX MTDaihatsu Sigra 1.2 X ATDaihatsu Sigra 1.2 X DLX ATDaihatsu Sigra 1.2 R ATDaihatsu Sigra 1.2 R DLX AT
      Jumlah silinder3344444444
  • Apakah Daihatsu Sigra memiliki Pengatur ketinggian Lampu?

    • BasangGede

      BasangGede

      Tidak, Daihatsu Sigra tidak memiliki Pengatur ketinggian Lampu.

Model Populer

VS