Rp 462,00 - 538,50TBC Juta

Harga di Indonesia

Honda CRV Spesifikasi
Segmen
Tipe bodiSUV
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin1.5 - 2.0L
Tenaga154 - 190PS
Tempat Duduk5 - 7

Honda CRV Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Menawarkan Dua Pilihan Mesin

  • Perpindahan Gigi Lebih Halus Berkat Penggunaan Transmisi CVT

  • Eksterior Minimalis, Namun Gagah dan Sporty

  • Dilengkapi LED Daytime Running Light, Visibilitas Lebih Baik

  • Dilengkapi Panoramic Sunroof, Kabin Terasa Mewah

  • Mesin Bertenaga

  • Varian Mesin 1.5 L Dilengkapi Turbocharger

  • Interior Luas dan Mewah

  • Fitur Keselamatan, Hiburan, dan Konektivitas Mumpuni

Kekurangan

  • Harga Relatif Mahal

  • Dimensi Besar, Sulit Berkendara di Jalan Sempit

Honda CRV Gambar

Eksterior

Interior

Honda CRV Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview


    Honda CR-V dikembangkan sebagai salah satu pilihan SUV perkotaan yang tangguh diajak berkendara di medan kasar. Bahkan generasi terbaru CR-V di Indonesia sudah mendapatkan mesin turbo. Harga Honda CR-V 2020 terbagi cukup jauh. Dimana varian entry level Honda CR-V 2.0L dibanderol mulai dari Rp467 jutaan. Sedangkan varian tertinggi Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige cukup tinggi dengan banderol Rp543 jutaan.

    Pengembangan SUV crossover kompak ini dilakukan sejak 1995 dengan produksi dimulai sejak Februari 1997. Saat ini, CR-V yang dipasarkan dalam kategori SUV Segmen C ini sudah dirakit di Indonesia, tepatnya di pabrik PT Honda Prospect Motor di Kawarang, Jawa Barat. CR-V mengemas dua pilihan mesin, yaitu mesin 2R20A 2.0L 4-silinder serta mesin turbo L15B7 1.5L 4-silinder yang baru ditambahkan sejak 27 April 2017 di Indonesia.

    Honda CR-V merupakan salah satu SUV paling populer di Indonesia. Mobil dengan model Sport Utility Vehicle (SUV) ini memiliki desain eksterior yang lebih maskulin, grille lebih besar, dan dimensi yang juga lebih besar. Bagian kabinnya juga tidak luput dari kesan mewah, tetapi dengan berbagai fitur yang menambah kemudahan penggunanya. 

    Pada tahun pertama penjualannya di Indonesia, telah ada lebih dari 17.000 unit Honda CR-V yang terjual. Honda CR-V sendiri menggunakan basis mesin yang sama dengan Honda Jazz, Honda City, dan HR-V 1.5 liter.

    Tetapi tentu tidak ada salahnya jika kita mencari tahu lebih banyak sebelum kita memutuskan untuk membeli Honda CR-V. Oleh karena itu, kali ini kita akan review mobil Honda CR-V untuk mengenal lebih dekat tentang mobil ini.

    Harga

    Mobil Honda CR-V memang disebut memiliki harga yang cukup bersaing. Di Indonesia sendiri, saat ini tersedia tiga varian mobil Honda CR-V yang dibanderol dengan kisaran harga Rp463 jutaan hingga Rp539 jutaan. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat rincian harganya berikut ini.

    Varian Harga
    CR-V 2.0L CVT Rp463.900.000
    CR-V 1.5L Turbo CVT Rp498.400.000
    CR-V 1.5L Prestige Turbo CVT Rp539.400.000

    Spesifikasi Honda HR-V

    Mesin Honda HR-V
    Tipe Mesin 1.5 L DOHC VTEC Turbo
    Kapasitas 1,5 Liter
    Power Output 113 kW @ 6.500 rpm
    Torsi 189 Nm @ 4.300 rpm
    Transmisi CVT 7 Percepatan
    Dimensi
    Panjang 4.596 mm
    Lebar 1.820 mm
    Tinggi 1.685 mm
    Kaki-Kaki Honda HR-V
    Ukuran Ban 235/60 R18
    Velg Alloy Wheel

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Honda CR-V ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2000. Dan di Jepang sendiri, mobil Honda CR-V ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995 silam. Awalnya, mobil ini muncul dengan model penggerak empat roda yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 126 hp dari mesin empat silinder berkapasitas 2,0 liter yang dimilikinya saat itu.

    Honda CR-V ini terus berkembang dan mengalami berbagai pembaruan yang membuatnya semakin menarik. Saat ini, Honda CR-V telah dijual secara global dan sukses menjadi salah satu model mobil yang mewakili merek Honda. Honda CR-V juga telah dijual di 130 negara dengan total penjualan 8,7 juta unit di seluruh dunia.

    Di segmen compact SUV, Honda CR-V tentu saja punya banyak pesaing. Tetapi di antara sekian banyak pesaing yang dimilikinya, pesaing utama dari Honda CR-V ini adalah Nissan X-Trail.

    Kedua mobil ini memang memiliki penampilan yang maskulin dan dimensi bodinya juga tidak jauh berbeda. Tetapi Honda CR-V unggul dalam urusan performa mesin, karena mesinnya bisa menghasilkan tenaga 155 PS, sedangkan Nissan Xtrail hanya bisa menghasilkan tenaga 144 PS. Meskipun harga Honda CR-V relatif sedikit lebih mahal, tetapi popularitasnya tetap sulit untuk ditandingi.

    Honda CR-V dengan varian FWD memiliki ground clearance yang lebih tinggi 10 mm dibandingkan dengan varian yang lain. Honda CR-V generasi baru juga memiliki wheelbase lebih panjang dibandingkan Honda CR-V generasi keempat.

    Untuk velgnya sendiri, masih menggunakan velg berukuran 18 inci, tetapi dengan desain yang lebih menarik. Fender depan dan belakang dengan overhang menambah kesan dinamis dan andal pada keseluruhan desain eksterior yang dimiliki mobil ini. Dengan penampilan seperti ini, mobil Honda CR-V juga jadi terkesan lebih tangguh.

    Pada bagian belakangnya sendiri masih menggunakan kerangka dan desain yang sama dengan generasi sebelumnya. Perbedaannya terletak pada penyematan fitur Hands-Free Access Power Tailgate. Fitur yang satu ini memungkinkan proses membuka atau menutup pintu belakang menggunakan sensor kaki di bawah bumper belakang. Teknologi di dalam mobil juga bisa menyimpan data dan mengingat pengaturan tinggi bukaan pintu belakang yang sering digunakan pengemudi.

    Demi mempertegas kesan sporty, Honda CR-V generasi terbaru menawarkan beberapa pilihan warna. Pilihan warna tersebut antara lain Premium White Pearl, Luna Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Ruse Black Metallic, Midnight Blue Beam Metallic, Premium Crystal Red Metallic.

  • Eksterior

    Mobil ini memiliki desain eksterior yang mewah dengan grill yang makin minimalis dan terhubung ke headlamp.

    Seluruh pencahayaan mulai dari lampu utama, lampu kabut dan lainnya sudah dibekali dengan teknologi LED.

    Pada bagian belakang mobil terdapat tailgate spoiler yang memiliki desain terbaru. Ditambah lagi dengan kombinasi dual exhaust pipe dan finisher yang menambah kesan koko pada mobil.

    Dengan tampilan yang terbaru, CR-V mengusung bahasa desain “Solid Wing Face” khas Honda.

    CR-V juga dilengkapi Power Panoramic Sunroof yang membuat kemewahan dan kenyamanan generasi kelima Honda CR-V tetap terjaga.

    Keseluruhan dari eksteriornya tidak beda terlalu jauh, hanya beberapa titik dari bagian chrome. Namun aura elegan dan mewah malah bertambah.

     

    Dimensi

    Honda CRV memiliki dimensi dengan panjang 4584 mm, lebar 1855 mm dan tinggi 1679 mm. Mobil ini jarak sumbu roda 2660 mm.

    Dimensi Honda CRV 2020
    Panjang 4,584 mm
    Lebar 1,855 mm
    Tinggi 1,679 mm
    Jarak Sumbu Roda 2,660 mm
  • Interior

    Honda CR-V generasi terbaru memiliki kabin interior yang terasa lebih lapang. Honda CR-V juga mampu menampung penumpang hingga 7 orang untuk varian Honda CR-V 1.5L Turbo dan Honda CR-V 1.5 Prestige Turbo.

    Sedangkan untuk Honda CR-V 2.0L u-VTEC hanya bisa menampung 5 orang penumpang. Kemudian penggunaan Rear A/C Ventilation yang diberikan untuk baris kedua, menjamin kabin akan terasa dingin hingga ke bagian belakang. 

    Aksen Wood panel yang terdapat pada konsol tengah Honda CR-V menambah kesan elegan pada kabin. Setirnya terlihat sangat berkelas dengan tipe tilt and telescopic steering yang membuat pengendaraan menjadi lebih mudah. Varian 1.5L Turbo dari Honda CR-V juga sudah dilengkapi dengan fitur audio steering switch untuk mengendalikan audio dari roda kemudi. 

    Selain itu, ada pula fitur head unit Touchscreen 9 inci, A/V system yang cocok dengan berbagai format musik mulai radio, MP3/WMA, Bluetooth Audio, HDMI port, USB dan juga mendukung Nanoe technology.

    Bagi yang belum tahu, Nanoe technology ini bisa dijalankan dengan hanya menekan tombol head unit untuk menjaga udara di dalam kabin agar lebih sehat dan bebas dari virus. Tetapi sayangnya fitur yang satu ini hanya tersedia untuk model teratas Honda CR-V. 

    Ruang kabin yang lapang dan nyaman serta pengaturan tempat duduk serbaguna masih menjadi salah satu keunggulan dari Honda CR-V hingga saat ini. Kenyamanan penumpang kursi belakang mendapatkan peningkatan dengan perluasan ruang kaki sebesar 50 mm dibandingkan dengan model CR-V sebelumnya.

    Kursi-kursinya juga mendapatkan perpanjangan bantal dan sandaran kursi penumpang untuk menambah kenyamanan ketika berkendara. Jika membutuhkan ruang bagasi yang lebih luas, konsumen bisa melipat kursi di baris belakang untuk mendapatkan ruang bagasi sepanjang 1.830 mm.

  • Fitur

    Hal yang terkeren dari CR-V adalah kemampuan untuk memproyeksikan konten smartphone langsung di layar Honda CR-V memiliki fitur Vehicle Stability Assist (VSA) yang mampu menahan laju kendaraan tetap stabil saat melakukan manuver atau berbelok di tikungan. Ada pula fitur Hill Start Assist (HSA) yang memudahkan akselerasi saat mobil berhenti atau melaju di jalan menanjak. Pada Honda CR-V juga disematkan 6 Airbags, yang terdiri dari Dual SRS Airbags, Side Airbags, dan Side Curtains Airbags.

    Fitur keselamatan lainnya juga disematkan. Beberapa di antaranya adalah sabuk keselamatan di semua baris kursi, seatbelt reminder untuk pengemudi dan penumpang baris pertama, pretensioner with load limiter seatbelt, dan fitur Isofix untuk pengaturan kursi penumpang anak-anak. Honda CR-V juga dilengkapi dengan fitur Brake Override System sebagai fitur yang bisa melakukan pengereman ketika pengendara secara tidak sengaja menginjak rem dan gas secara bersamaan. Selain itu ada pula fitur standar seperti alarm system, auto lock door by speed, dan immobilizer. 

    Untuk fitur hiburannya, Honda CR-V mengandalkan head unit Touchscreen 9 inci, A/V system. Head unit yang satu ini cocok dengan berbagai format musik mulai radio, MP3/WMA, Bluetooth Audio, HDMI port, serta USB.

  • Mesin dan Performa

    Ketiga varian dari Honda CR-V ini menggunakan transmisi otomatis CVT with Earth Dream Technology. Transmisi CVT ini diklaim mampu menghasilkan perpindahan gigi halus, performa mesin optimal, dan juga konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Semua varian Honda CR-V ini juga telah memiliki standar EURO 4, sehingga lebih ramah lingkungan.

    Honda CR-V generasi terbaru juga dilengkapi dengan fitur Brake Hold yang mampu menahan rem secara otomatis saat mobil dihentikan, sehingga kaki tidak mudah pegal karena harus terus-terusan menginjak rem saat jalanan macet. Tidak hanya itu, pada mobil ini juga terdapat fitur pengendalian ECON Mode yang mampu merubah sistem berkendara secara otomatis untuk bahan bakar yang lebih efisien. Pengalaman berkendara yang lebih stabil dan halus saat melewati jalan bergelombang juga bisa didapatkan berkat penggunaan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang Multi-link.

    Mobil ini bisa menempuh jarak 13,8 km-17,1 km hanya dengan satu liter bensin, tergantung dengan kecepatannya ketika berkendara. Konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan oleh Honda CR-V ini memang terbilang cukup irit, terlebih jika mengingat bodi mobilnya yang cukup berat. 


  • Kesimpulan

    Mulai Honda CR-V memang compact SUV yang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi konsumen yang menginginkan sebuah mobil keluarga yang berkualitas. Mobil ini memiliki desain eksterior yang lebih gagah dibanding generasi sebelumnya. Selain itu kabinnya juga lebih luas dan terasa sangat mewah.

    Mesinnya juga bisa menghasilkan tenaga dan torsi yang mumpuni, sehingga performanya juga tidak perlu diragukan. Selain itu, mobil ini juga cukup hemat bahan bakar, dan dipenuhi dengan berbagai fitur keselamatan dan fitur hiburan yang canggih.

    Tetapi harus diakui bahwa dibandingkan dengan para pesaingnya di kelas yang sama, harga Honda CR-V ini termasuk mahal. Selain itu, dimensi bodinya juga cukup besar, sehingga akan sulit ketika dibawa berkendara di jalanan yang sempit.

Honda CRV FAQ

  • Apakah Honda CRV memiliki Parkir otomatis?

    • AliLarba

      AliLarba

      Tidak, Honda CRV tidak memiliki Parkir otomatis.

  • Apakah Honda CRV tersedia di Lane Keeping Assist System (LKAS)?

    • CathyMay12

      CathyMay12

      Tidak, Honda CRV tidak tersedia di Lane Keeping Assist System (LKAS).

  • Apakah Honda CRV tersedia di Lampu kabut depan?

    • CathyMay12

      CathyMay12

      Ya, Honda CRV tersedia dalam Lampu kabut depan. Varian Lampu kabut depan yang tersedia adalah Honda CRV 2.0L, Honda CRV 1.5L Turbo, Honda CRV 1.5L Turbo Prestige.

Model Populer

VS