Jalur Contraflow di Tol Cikampek - Cipali Dinilai Tidak Aman!

Skema rekayasa lalu lintas menggunakan jalur contraflow atau lawan arus dengan menggunakan sebagian ruas jalan tetap diterapkan selama musim mudik dan arus balik Lebaran 2024. 

Contraflow pada saat arus balik akan mulai diberlakukan H+2 lebaran atau Jumat (12/4/2024) mulai pukul 14.00 WIB sampai Selasa (16/4/2024) pukul 08.00 WIB.

Adapun jalur contraflow ini akan mulai dilakukan di Tol Cipali KM 72 hingga Tol Cikampek-Jakarta KM 36. 

Baca juga: Kecelakaan Maut di Tol Cikampek KM 58, Masih Perlukah Jalur Contraflow Diterapkan Saat Mudik Lebaran?

Kecelakaan lalu lintas di tol Cikampek KM 58

Terkait diberlakukannya skema contraflow pada saat arus balik, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengakui bahwa rekayasa lalu lintas tersebut akan sangat efektif untuk mengurai kepadatan lalu lintas dan mengatasi kemacetan. 

Hanya saja, Sony memberikan catatan penting jika penerapan jalur contraflow diterapkan, agar tidak terjadi hal yang diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas pada maut di tol Cikampek yang merenggut 12 korban tewas. 

"Menurut saya, contraflow ideal hanya jarak yang pendek, maksimal 20-an kilometer," ungkap Sony melalui pesan tertulis kepada Autofun.

Baca juga: Hati-hati di Jalur Contraflow Saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Tips Supaya Aman dan Selamat Sampai Tujuan

Jalan tol kerap memberlakukan sistem ContraFlow 

Sony juga menyarankan, sejatinya skema ini tidak disarankan untuk rekayasa jarak jauh, seperti lalu lintas luar kota, sebaliknya hal tersebut cuma cocok untuk dalam kota. 

"Karena kemungkinan terjadi ketidakseimbangan kondisi fisik dan mental pengemudi, akibat letih dari arah berlawanan," ucapnya.

Dia juga menyebutkan, ketika melalui jalur Contraflow bukan tak mungkin pengemudi mengalami gagal fokus karena berada di jalur yang sempit dan berlawanan arah, serta lainnya.

Baca juga: Begini Caranya Pantau Jadwal One Way dan Contraflow Mudik Lebaran 2023, Cukup Lewat Ponsel

Jalan tol kerap memberlakukan sistem contraflow 

Belum lagi, sebelum kembali ke kota asal, pemudik termasuk pengemudi bisa saja lelah setelah beberapa hari beraktifitas.

Besar kemungkinan, kata Sony, tabrakan adu kambing dengan kendaraan yang berlawanan arah bisa terjadi.

"Ditambah jenis pembatas hanya berupa safety cone yang ringan dan mudah berpindah karena hembusan angin," tuturnya. 

Daripada Pakai Jalur Contraflow, One Way dan Ganjil Genap Lebih Aman

Antrian mobil saat kondisi jalan One Way atau satu arah 

Sony juga mengapresiasi kepada jajaran terkait, dimana selain contraflow ada juga skema lainnya untuk mengurai kemacetan yaitu One Way dan Ganjil Genap. 

Kata Sony, pemberlakuan sistem oneway lebih aman karena satu arah tujuannya dan bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan. 

"Sistem oneway ini lebih mudah dikontrol, sehingga kemungkinan kecelakaannya lebih kecil," jelas Sony.

Informasi jalan ganjil genap biasanya diperlihatkan di area pintu masuk jalan tol

Dia juga menyatakan, untuk skema Ganjil Genap yang diterapkan berdasarkan penyesuain plat nomor dan tanggal yang berlaku sangat tepat untuk mengatur volume kendaraan di jalanan. 

"Ini lebih membagi secara adil antara yang berangkat dan yang berlawanan, kemungkinan macetnya lebih kecil," ucanya. 

Nah, mau skema apapun yang diterapkan saat arus balik mudik, tidak ada salahnya Anda mempersiapkan perjalanan secara matang, mulai dari kondisi mobil maupun mental 

Jika merasa lelah atau mengantuk, maka sebaiknya beristirahat di tempat aman dan nyaman, sesuai yang dianjurkan.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Agya

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Umumnya bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang digunakan untuk melayani trayek jarak jauh menggunakan jenis bus mesin belakang, atau dengan julukan RR (Rear Engine-Rear Wheel Drive). Bus dengan jantung pacu yang diletakan di belakang tentu memiliki banyak keunggulan dibanding bus dengan mesin di depan. "Bus mesin depan dan belakang, paling banyak atau dominan mesin belakang. Karena khususnya untuk jarak jauh dan pariwisata pakai mesin belakang," ujar Santiko Wardoyo, COO – Director PT Hino Mo
Merek mobil terlaris di Indonesia ternyata masih diduduki Toyota, baik untuk Maret 2024 maupun selama tiga bulan pertama di Januari-Maret 2024. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) pada Maret 2024, Toyota tercatat mencapai 21.142 unit. Jumlah wholesales Toyota sejatinya turun 10,1 persen dari periode Februari 2024 yang mencapai 23.525 unit. Baca juga: Toyota dan Daihatsu Masih Jadi Merek Mobil Terlaris di Indonesi
Uji tabrak Suzuki S Presso yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait sepertinya tetap saja menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Misalnya pada crash test dari Global NCAP (New Car Assessment Programme) yang sudah dilakukan pada Desember 2022. Dalam tes tersebut, S Presso hanya mendapat rating 1 bintang untuk perlindungan penumpang dewasa, dan 0 bintang untuk perlindungan penumpang anak-anak. Pengujian ini juga sebenarnya ini bukan kali pertama uji tabrak Suzuki S Presso yang dilakukan Global NC
Pabrikan otomotif terkemuka asal Negeri Tiongkok, Chery, memperkenalkan Chery iCAR V23 baru-baru ini. Mengutip Chinapev.com, setelah diperkenalkan, iCAR V23 disebut-sebut akan diluncurkan kepada publik secara resmi melalui ajang Beijing Auto Show 2024 yang akan diselenggarakan pada 25 April hingga 4 Mei mendatang. Sebagai mobil listrik murni jenis Small SUV, Chery iCAR V23 diciptakan untuk dapat memberikan pengalaman berkendara off-road dengan medan sempit berkat penggunaan sistem penggerak All-
Nama JMC Baodian 2023 di Indonesia pickup kabin ganda asal Tiongkok ini mungkin tidak sepopuler merek Cina lain seperti Wuling atau DFSK. Padahal JMC punya sejarah panjang sebagai produsen mobil pickup di negara asalnya. JMC sendiri singkatan dari Jiangling Motors Corporation yang didirikan pada tahun 1993. Produsen ini adalah awalnya sebagai perusahaan penyedia jasa perbaikan dan penyediaan suku cadang truk di bawah Nanchang Motors Repair Factory yang telah beroperasi sejak 1947. Kemudian dari

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VF5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 488,80 Juta

Lihat Mobil