Rp 312,05 - 414,75TBC Juta

Harga di Indonesia

Toyota Kijang Innova Spesifikasi
Segmen
Tipe bodiMPV
Jenis penggerakRWD
Kapasitas mesin2.0 - 2.4L
Tenaga139 - 149PS
Tempat Duduk1 - 7

Toyota Kijang Innova Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Kualitas Terpercaya

  • Memiliki Banyak Fitur Baru

  • Interior Luas dan Nyaman

Kekurangan

  • Bodi yang besar sulit dikendarai di jalan sempit

  • Boros BBM

  • Mesin Diesel Bising, Mengganggu Kenyamanan Penumpang

  • Harga Relatif Tinggi

Toyota Kijang Innova Gambar

Eksterior

Interior

Toyota Kijang Innova Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview


    Toyota Kijang Innova adalah bagian dari legenda Kijang yang meluncur sejak 1976. Dengan tiga pilihan varian serta mesin diesel dan bensin, harga Toyota Kijang Innova 2020 dimulai dari Rp326 jutaan untuk Toyota Kijang Innova G M/T bensin dan banderol tertinggi Rp428 jutaan untuk varian Toyota Kijang Innova Q A/T bermesin bensin.

    Toyota Kijang Innova diproduksi oleh Toyota di Indonesia dan India. Bisa dibilang berjalan sendirian di segmen MPV segmen D, edisi terbaru dari facelift Kijang Innova meluncur pada tanngal 2 Agustus 2018. Saat ini, Kijang Innova mengemas mesin 2GD-FTV 2.4L bertenaga diesel serta mesin 1TR-FE 2.0L bertenaga bensin.

    Jika Toyota Avanza bisa dibilang sebagai ‘Mobil Sejuta Umat’ dari Toyota, maka Toyota Kijang Innova menjadi titisan MPV legendaris Toyota yang selalu sukses menawarkan kenyamanan selama berkendara. Tertarik untuk menikmati servisnya? Simak review Toyota Kijang Innova di bawah ini.

    Harga

    Tipe Harga
    Toyota Kijang Innova G M/T Bensin Rp 323.550.000
    Toyota Kijang Innova G A/T Bensin Rp 343.750.000
    Toyota Kijang Innova G M/T Diesel Rp 353.450.000
    Toyota Kijang Innova G A/T Diesel Rp 374.950.000
    Toyota Kijang Innova V M/T Bensin Rp 372.550.000
    Toyota Kijang Innova V A/T Bensin Rp 392.350.000
    Toyota Kijang Innova V M/T Diesel Rp 406.250.000
    Toyota Kijang Innova Q M/T Bensin Rp 405.400.000
    Toyota Kijang Innova Q A/T Bensin Rp 425.700.000

    Spesifikasi

    Mesin
    Bahan Bakar Bensin Diesel
    Tipe 1TR-FE 4-silinder DOHC with Dual VVT-i 2GD-FTV 4-silinder DOHC with VNT Intercooler
    Isi Silinder 1.998 cc 2.393 cc
    Tenaga Maksimal 137 dk @ 5.600 rpm 147 dk @ 3.400 rpm
    Torsi Maksimal 190 Nm @ 4.000 rpm 360 Nm @ 1.200 rpm – 2.600 rpm
    Konsumsi bahan bakar dalam kota dan luar kota 9,7 km/l dan 13.6 km/l 13 km/l dan 18 km/l
    Transmisi 5-percepatan manual dan 6-percepatan otomatis dengan Sport Sequential Switchmatic
    Sistem Penggerak Rear-wheel-drive
    Dimensi
    P x L x T 4.735 x 1.830 x 1.795 mm
    Jarak Poros Roda 2.750 mm
    Kaki-Kaki dan Suspensi
    Suspensi Depan Double Wishbone with Coil Spring & Stabilizer
    Suspensi Belakang 4-Link with Coil Spring & Lateral Road
    Rem Depan/Belakang Ventilated Disc/ Drum
    Ukuran Ban 205/65 R16 Alloy

    Sejarah

    Toyota Kijang Innova merupakan Low MPV atau MPV kompak yang diproduksi pertama kali oleh PT Toyota Astra Motor sejak 2004. Nama besar Kijang menjadi bagian penting dari sejarah mobil ini. Dimana Kijang Innova memiliki sasis body-on-frame yang sama dengan pikap Toyota Hilux dan Toyota Fortuner.

    Tak hanya di Indonesia, Innova juga menjadi pengganti Toyota Kijang di negara lain, seperti Qualis di India, Unser di Malaysia, serta Zace di Vietnam. Popularitasnya mendunia, dimana Innova juga dijual di Thailand, Brunei, Timur Tengah, Jamaika, hingga Argentina.

    Toyota meluncurkan Innova seri AN40 pada 1 September 2004. Peluncuran ini terjadi setelah diperkenalkannya Avanza pada 2003, sebagai pengganti Kijang. Inilah yang membuat Innova menjadi versi yang lebih mewah dan lebih mahal daripada Kijang.

    Generasi pertama mendapatkan tiga kali facelift, yaitu pada tahun 2007, 2011, dan yang terakhir 2013. Baru pada tahun 2015 Toyota memperkenalkan generasi kedua Toyota Kijang Innova dengan nama seri AN140.

    Walaupun Innova belum mendapatkan facelift atau generasi baru dalam lima tahun ini, Toyota menawarkan beberapa peningkatan. Seperti varian tertinggi Venturer yang diluncurkan 2017 lalu. Mesin bensin Innova juga medapatkan peningkatan Euro 4 pada 2018 silam.

  • Eksterior

    Mengusung DNA yang sama dengan Toyota Kijang, tampilan luarnya pun memiliki banyak kemiripan. Walaupun tentu saja Innova dibuat lebih gagah dan maskulin dengan grille yang lebih modern.
    Desain depannya menampilkan gaya berotot grille yang seolah menyatu dengan headlamp. Aksen chrome turut andil dalam memberikan kesan mewah pada mobil ini.

    Untuk Innova tipe V sudah dilengkapi dengan headlamp projector dengan lamu LED (Light Emitting Diode) guna meningkatkan visibilitas selama berkendara. Tapi lampu kabut masih mengandalkan lampu halogen biasa.

    Dimensinya cukup panjang, berakibat pada ruang kabin yang terasa luas. Dari samping, tampilan berototnya jelas terasa. Kijang Innova tipe V masih menggunakan velg 16 inci dengan ban Dunlop serta suspensi yang empuk guna menawarkan peredaman yang lebih baik.

    Bagian belakang memberikan lekukan dan garis memanjang, menyembunyikan tampilan bongsornya. Lampu belakangnya terkesan unik dengan gaya meruncing ke bawah. Selain itu, Anda bisa menemukan spoiler belakang yang dilengkapi high mount stop lamp.

    Terdapat dua sensor parkir yang terletak pada bumper belakang. Mengingat bodi belakangnya yang terbilang besar, kehadirannya sangat membantu ketika Anda akan memarkirkan mobil ini.

  • Interior

    Interior 3 warna dengan nada yang kontras akan menyapa Anda ketika masuk ke dalam mobil. Kemewahan dan elegansi kabin terasa pada perpaduan warna hitam, aksen silver, serta motif panel kayu tersedia.

    Berada di tengah dashboard, ada head unit berukuran 8 inci. Pengoperasiannya cukup mudah dengan teknologi Air Gesture yang dikembangkan oleh Toyota. Di bawah terdapat beberapa tombol pengaturan yang ergonomis dengan akses yang terbilang mudah.

    Ada setir multi-fungsi yang akan menemani Anda selama berkendara. Selain itu ada layar Multi Information Display (MID) dengan informasi yang lengkap, mulai dari konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM secara real time, kecepatan rata-rata, serta kalkulator penghitungan konsumsi bahan bakar.

    Kualitas suara untuk sistem infotainment terbilang bagus. Selain kekedapan kabin yang baik, kenyamanan berkendara juga ditunjang dengan 4 speaker serta 2 tweeter. Innova tipe Q dan V juga dilengkapi rear seat entertainment yang bisa digunakan untuk memutar video.

    Ruang kabin yang terasa luas mempengaruhi ruang kaki dan ruang kepala yang lapang. Jok yang empuk sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti reclining dan height adjuster. Semua kursi juga sudah mendapatkan seatbelt 3 titik serta sandaran kepala.

    Ada AC dual Blower dengan 4 buah kisi AC yang akan menjamin penyebaran udara merata ke dalam kabin. Pengaturan kecepatan kipas digital dan terkoneksi dengan automatic climate control memberikan kesan mewah dan modern selama berkendara.

    Jika dibandingkan dengan MPV lain di segmen yang sama, kapasitas bagasi Innova cukup baik. Sayang lantai yang terbilang tinggi bisa menyulitkan ketika Anda akan memasukkan barang ke bagasi belakang.

    Salah satu kelemahan yang dimiliki mobil ini yaitu Toyota belum menawarkan pintu bagasi elektris. Masalahnya, fitur ini sudah banyak diberikan pada LMPV lain di Indonesia, bahkan dengan harga yang lebih murah.

  • Fitur


    Ditawarkan untuk segmen menengah, sistem keselamatannya bisa dibilang cukup baik. New Kijang Innova sudah mendapatkan Superior Safety Airbags serta sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) ditambah Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

    Khusus untuk varian Venturer sudah dilengkapi dengan Hill Assist Control yang akan memudahkan Anda ketika berkendara di jalanan menanjak, serta Vehicle Stability Control yang menjaga kendaraan tetap berada di dalam jalurnya ketika menikung pada kecepatan.

    Dengan generasi kedua hadir 2015 silam, fitur keselamatan yang diberikan masih sama seperti lima tahun lalu. Banyak yang menyebutkan bahwa alangkah lebih baik bagi Innova untuk mendapatkan fitur keselamatan yang lebih anyar.

  • Mesin dan Performa


    Mesin

    Ada dua mesin yang digunakan pada tiga varian yang ditawarkan, yaitu mesin bensin dan diesel. Innova bermesin bensin 1TR-FE 4-silinder DOHC with Dual VVT-i menawarkan harga yang lebih murah dan tersedia pada tiga varian Innova.

    Mesin bensin bisa menghasilkan tenaga maksimal 137 daya kuda serta torsi maksimal 190 Nm. Memberikan pengemudian yang cukup bertenaga di segala medan.

    Butuh tenaga yang lebih besar? Ada mesin 2 GD-FTV 4-silinder DOHC with VNT Intercooler yang bisa menyemburkan tenaga 147 daya kuda dan torsi maksimal 360 Nm. Mesin diesel bisa ditemukan pada varian G dan V, tapi tidak pada varian Q.

    Dan salah satu keunggulan varian diesel adalah konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan versi bensinnya. Hanya saja Anda harus menyediakan budget yang lebih besar karena Innova bermesin diesel dipasarkan lebih mahal.

    Performa dan handling

    Performa Kijang yang melegenda menurun hingga Innova sebagai penerusnya. Sepertinya Toyota belum berniat untuk mengubah mesin yang digunakan pada Innova sejak generasi pertama dikarenakan tenaga dan pengendalian yang diberikan masih memikat hati konsumennya di Tanah Air.

    Bukan rahasia lagi jika suspensi double wishbone dan 4-link dengan coil spring memberikan kenyamanan berkendara di segala kondisi jalan. Bahkan Innova terkesan empuk ketika melewati jalanan berlubang atau polisi tidur.

    Selain tenaga lebih, Innova bermesin diesel juga terkesan lebih menyenangkan ketika bermanuver dan berakselerasi. Ditambah dengan berbagai fitur bantuan berkendara membuat Innova memberikan rasa aman ketika berkendara.

    Konsumsi BBM

    Innova masih menggunakan mesin yang sama dengan yang digunakan pada generasi pertama. Tetapi tambahan teknologi Dual VVT-i memberikan dampak besar dalam memberikan konsumsi bahan bakar yang irit.

    Satu hal yang menarik dari Toyota adalah ketika dilakukan percobaan uji jalan. Transmisi otomatis bisa menghadirkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan transmisi manual. Jelas berbeda dibandingkan mobil lainnya.

    Tapi tentu saja, bagi Anda yang ingin mendapatkan kekuatan besar serta konsumsi bahan bakar yang lebih hemat, Anda bisa memilih mesin berbahan bakar diesel. Tentu budget untuk pembelian pertama mobil innova ini semakin tinggi.

  • Kesimpulan

    Salah satu keunggulan Toyota New Kijang Innova terdapat pada banyaknya pilihan yang bisa Anda dapatkan. Butuh mobil murah dengan fitur berlimpah? Innova G dan Q cukup menawan untuk dimiliki. Bagi Anda yang menginginkan tenaga maksimal, ada mesin diesel tersedia.

    Nama besar Toyota bersama layanan yang tersedia di hampir seluruh kota di Indonesia membuat Kijang Innova salah satu pilihan terbaik sebagai mobil keluarga. Harga jual kembali juga stabil dan spare part yang bisa dengan mudah ditemukan menegaskan perawatannya yang mudah.

    Kabin luas kaki-kaki yang nyaman, serta mesin yang tangguh merupakan daya tarik terbesar mobil ini. Apalagi ditambah dengan konsumsi bahan bakar yang irit, yang tentu saja disenangi oleh sebagian besar konsumen otomotif Tanah Air.


     

Toyota Kijang Innova FAQ

  • Apakah Toyota Kijang Innova tersedia di Sensor parkir depan?

    • Carolyn...

      Carolyn...

      Tidak, Toyota Kijang Innova tidak tersedia di Sensor parkir depan.

  • Apakah Toyota Kijang Innova memiliki Fitur Kursi Baris pertama?

    • Carolyn Sulaeman

      Carolyn Sulaeman

      Tidak, Toyota Kijang Innova tidak memiliki Fitur Kursi Baris pertama.

  • Berapa Panjang (mm) yang dimiliki Toyota Kijang Innova ?

    • Darren

      Darren

      Panjang (mm) Toyota Kijang Innova adalah 4735.

Model Populer

VS