window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hati-hati di Jalur Contraflow Saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Tips Supaya Aman dan Selamat Sampai Tujuan

Enda · 9 Apr, 2024 15:01

Jalur contraflow mudik lebaran

Sebagai salah satu bentuk cara mengurai kemacetan lalu lintas saat melakukan perjalanan mudik Lebaran, pemerintah memberlakukan jalur contraflow serta one way di sejumlah ruas tol Trans Jawa.

Lalu lintas dengan sistem contraflow dan one way (satu arah) di musim mudik Lebaran ini mulai diberlakukan sejak 5 April 2024 dan rekayasa lalu lintas masih berlangsung hingga Senin 8 April 2024.

Untuk rekayasa lalu lintas pada arus balik sendiri dijadwalkan terjadi sejak 12 April 2024 sampai dengan 16 April 2024 mendatang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ketika memasuki jalur contraflow, ada baiknya memahami beberapa situasi supaya terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan yang dapat berakibat fatal.

Berikut ini adalah tips dari Auto2000 yang bisa kalian persiapkan sebelum memasuki jalur contraflow.

Baca juga: Hore! Ada Diskon Tarif Tol Saat Musim Mudik dan Balik Lebaran 2024, Berikut Jadwalnya

1. Pastikan Pintu Keluar Tol Tidak Terlewati Saat Masuk Jalur Contraflow

Jalur contraflow mudik lebaran

Memasuki jalur satu arah

Jalur contraflow sendiri memiliki satu pintu masuk dan satu pintu keluar.

Apabila pintu gerbang keluar tol terlewati, maka pemudik diharuskan melanjutkan perjalanan hingga jalur contraflow berakhir dan mencari pintu keluar jalan tol.

Perlu kalian ketahui, contraflow berlaku antara KM 36 ruas Jalan Tol Jakarta - Cikampek sampai dengan KM 72 ruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali), artinya semua pintu tol antara titik tersebut akan terlewati kalau memilih lajur contraflow.

Termasuk interchange menuju Jalan Tol Cipularang tujuan Bandung yang berada di Dawuan KM 67.

2. Ancang-ancang di Lajur Paling Kanan Sebelum Masuk Contraflow

Apabila sudah mengetahui titik dan lokasi sistem contraflow yang diberlakukan, ada baiknya mempersiapkan diri dengan memposisikan kendaraan di lajur paling kanan.

Paling tidak sebelum 2 kilometer memasuki jalur satu arah sudah berada di lajur paling kanan supaya tidak membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain ketika memasuki contraflow. 

Tak lupa menyalakan lampu sein kanan ketika jarak dengan akses masuk di depan menyisakan 500 meter.

3. Ketahui Jadwal Contraflow dan Sistem Oneway

Jalur contraflow mudik lebaran

Jadwal contraflow

Sebelum melintas juga wajib mengetahui jadwal dan lokasi contraflow.

Informasi mengenai kapan diberlakukannya sistem satu arah bisa didapatkan melalui sosial media, operator jalan tol, serta ramu yang terpasang.

4. Hati-hati Bagi yang Melewati Jalan Layang MBZ

Jalan Layang Tol MBZ memiliki titik akhir di sekitar KM 47 Jalan Tol Cikampek.

Terdapat kemungkinan pemudik tidak bisa pindah masuk ke jalur dengan sistem contraflow karena terdapat potensi dimana pengemudi tidak bisa memotong masuk ke aksesnya.

Baca juga: Bukan Cuma Malaysia, Indonesia juga Buka 7 Jalan Tol Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

5. Jaga Jarak dan Atur Kecepatan

Jalur contraflow mudik lebaran

Jaga jarak dengan kendaraan di depan

Ketika sedang berkendara dalam kondisi contraflow, pengemudi juga diwajibkan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan dan samping.

Selain menjaga jarak, hal lainnya yang wajib dipatuhi yaitu tidak diperbolehkan untuk memacu mobil terlalu cepat atau terlalu lambat di lajur lawan arah ini.

Apabila berkendara terlalu pelan, makan akan berpotensi menghambat lalu lintas, dan jika terlalu cepat juga berbahaya.

Idealnya ketika berkendara pada jalur satu arah yakni 60 km/jam.

6. Hindari Keluar Jalur Contraflow dan Perhatikan Kondisi Mobil Maupun Sekitar

Apabila ada kendaraan yang keluar dari jalur contraflow ataupun sebaliknya, tentu sangat berbahaya karena berhadapan langsung dengan kendaraan lain apabila baru ingin memasuki jalan maupun keluar jalan.

Selain itu juga wajib memperhatikan kondisi mobil maupun sekitar dengan seringkali melihat ke arah sisi samping dan belakang melalui spion.

Untuk mobil sendiri pastikan bahan bakar tercukupi serta memastikan kondisi tubuh agar tetap prima supaya konsentrasi berkendara selalu terjaga.

7. Kunjungi Bengkel dan Posko Siaga untuk Istirahat

Jalur contraflow mudik lebaran

Posko Siaga 24 Jam Auto2000

Karena hanya memanfaatkan satu lajur jalan dan tidak bisa kembali ke lajur normal, posisi berhenti mobil yang mogok akan langsung memblokade arus lalu lintas, bahkan bisa berhenti total jika tidak ada solusinya.

Pastikan mobil dalam kondisi sehat sebelum memutuskan untuk masuk ke jalur ini.

Jangan memaksakan untuk melewatinya kalau terdeteksi ada potensi masalah, dan sebaiknya tetap lewat jalur normal serta mengujungi bengkel maupun posko siaga apabila dirasa ada masalah pada kendaraan.

“Berkendara di jalur contraflow membutuhkan mobil dan pengemudi yang sehat dan andal. Untuk itu persiapkan fisik sebelum pergi libur Mudik Lebaran 2024 dan pastikan mobil dalam kondisi sehat supaya tidak memicu masalah. Silakan berkunjung ke Posko Siaga 24 Jam Auto2000 buat yang ingin servis berkala dan mengecek kondisi mobil dengan banyak benefit,” kata  Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000.

Bagian dari komitmen Auto2000 dari tahun ke tahun, terdapat 9 Posko Siaga Auto2000 yang akan beroperasi selama 24 jam nonstop dan tersebar mulai dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur hingga Bali. Berikut daftar lengkap Posko Siaga Auto2000 yang beroperasi antara 4–15 April 2024:

1. Posko Siaga Auto2000 Cikampek di Rest Area Km 57 Jalan Tol Jakarta–Cikampek

2. Posko Siaga Auto2000 Cikampek 2 di Rest Area Km 62 Jalan Tol Cikampek–Jakarta (arus balik)

3. Posko Siaga Auto2000 Probolinggo di SPBU Utama Raya – Beach Resort Jl. Raya Banyuglugur Km 2 – Timur PLTU Paiton

4. Posko Siaga Auto2000 Banten di Rest Area Km 68 Jalan Tol Merak

5. Posko Siaga Auto2000 Medan di Rest Area Km 65A Jalan Tol Kuala Namu

6. Posko Siaga Auto2000 Cirebon di Rest Area TRAVOY Km 207A Jalan Tol Palikanci

7. Posko Siaga Auto2000 Lampung di Rest Area Km 49A Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar

8. Posko Siaga Auto2000 Palembang di Pondok Pindang Bu Ijah Jl. Sriwijaya No. 16 Palembang

9. Posko Siaga Auto2000 Denpasar di Jl. Raya Denpasar - Gilimanuk, Lalanglinggah, Kec. Selemadeg Bar, Tabanan.

Baca juga: 27 U-Turn di Jakarta Bakal Ditutup, Gantinya Jadi Jalan Satu Arah

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil