Pabrik BYD di Subang Akan Jadi Lapangan Kerja Baru dan Transfer Teknologi Mobil Listrik

Pabrikan Build Your Dream (BYD) akhirnya memenuhi janji untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia, dengan memilih lokasi di Kawasan Industri Subang Smartpolitan, Jawa Barat, sebagai markas produksi.

Dikabarkan jika pabrik BYD di Subang ini, akan mulai proses serah terima lahan dan pembangunan antara tahun 2024-2025, sehingga proses produksi bisa dilakukan pada Januari 2026 mendatang. 

Tentu saja ini akan menjadi keuntungan tersendiri, karena proses suplay mobil listrik BYD ke konsumen akan lebih cepat, dan dapat menekan biaya produksinya, sehingga harga jualnya lebih rendah lantaran akan banyak menggunak komponen lokal.

Belum lagi, dengan diproduksinya mobil listrik secara lokal, maka bukan tak mungkin BYD akan memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif yang diberikan pemerintah. 

Baca juga: Tuntaskan Janjinya, BYD Bangun Pabrik di Subang Mulai Agustus 2024

Presiden Direktur BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao saat pembukaan PEVS 2024 

Menurut Presiden Direktur BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao, dengan total investasi mencapai 1 miliar USD (Rp16,2 triliun), pabrik BYD Subang yang berada di lahan seluas 108 hektar tersebut bisa memproduksi 150.000 mobil listrik per tahun. 

"Investasi ini tidak hanya siapkan lapangan kerja baru dan stimulasi ekonomis di wilayah sekitar, tapi juga tingkatkan transfer teknologi mobil listrik," ungkap Eagle Zhao saat ditemui di sela acara PEVS 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Lebih lanjut Eagle Zhao menyebutkan, dengan melakukan proses produksi secara lokal, maka selain membuka lapangan kerja baru, hal ini sekaligus membantu pertumbuhan industri pendukung. 

Baca juga: Bluebird Tambah Taksi Listrik Terbarunya Pakai BYD e6 Gen 2

BYD Seal

Adanya pabrik mobil listrik di Indonesia juga memberikan kesempatan dalam hal transfer teknologi, karena industri otomotif lokal bisa ikut terlibat sekaligus turut menggarap komponen untuk kebutuhan mobil listrik. 

Dengan produksi lokal, rantai pasokan mobil listrik BYD dipercaya bisa lebih lancar untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Baca juga: Bangun Dealer di Cibubur, BYD Siap Sasar Konsumen Pinggiran Jakarta

Selain Pabik BYD di Subang Jaringan Dealer Juga Makin Diperluas

Dealer BYD di Cibubur

Sembari menunggu proses serah terima lahan, disusul pembangunan pabriknya di Subang, BYD berniat membangun 50 unit dealer di sejumlah wilayah sepanjang tahun 2024.

Hal ini sengaja dilakukan untuk memperlihatkan komitmen BYD kepada konsumen di Tanah Air, sekaligus mempersiapkan diri menghadapi persaingan pasar otomotif nasional.

Eagle Zhao menyebutkan, sejumlah dealer BYD yang akan dibangun bakal memiliki fasilitas penjualan, servis maupun ketersedian spare part alias suku cadang.

Dari pantauan Autofun, dealer BYD juga menyediakan titik parkir yang sudah dilengkapi fasilitas pengisian daya. Bahkan bisa dipakai untuk mobil listrik non-BYD, lengkap dengan ruang tunggu nyaman.

BYD Seal

Dikesempatan yang sama, Eagle Zhao mengucapkan permintaan maaf karena terjadi keterlambatan dalam pengiriman mobil listrik BYD yang sudah dipesan konsumen, dimana jumlahnya di luar ekspektasi.

"Itu karena kami memiliki pekerjaan internal (yang harus diselesaikan). Jadi, kami akan memulai pengiriman ribuan unit pertama ke konsumen pada bulan Juni 2024," tutur Eagle Zhao.

Seperti diketahui, BYD sudah membuka proses pemesanan unitnya berupa BYD Dolphin, Atto 3 dan Seal pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 kemarin. 

Ya, meski tidak disebutkan berapa jumlah pesanan unitnya, namun diketahui untuk Harga BYD Dolphin dijual Rp425 juta, kemudian BYD Atto Rp515 juta dan BYD Seal dibanderol Rp629 juta untuk varian rendah serta Rp719 juta untuk varian tertinggi.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

BYD ATTO 3

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Ada berbagai promo Mitsubishi 2024 yang menarik jika Anda tengah mempertimbangkan untuk membeli mobil Mitsubishi terbaru. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan berbagai promo penjualan menarik sepanjang Mei 2024. Berdasarkan keterangannya, program penjualan menarik dirancang sebagai bentuk komitmen Mitsubishi untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan konsumen yang hendak melakukan proses pembelian. Promo ini ditawarkan untuk sejumlah produk Mitsubishi, mulai dari Xf
Berikut ini adalah rincian lengkap tarif Tol Trans Jawa yang membentang mulai dari Pelabuhan Merak di Serang, Banten, Jawa Barat, hingga ke Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur. Keberadaan jalan tol Trans Jawa saat ini memang sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin melakukan perjalanan menuju sejumlah kota yang ada di Pulau Jawa Pasalnya, jalan tol Trans Jawa merupakan akses menghubungkan beberapa kota penting, mulai dari Cilegon, Serang, Tangerang, Jakarta, Bekasi, Cikarang, Cikampek,
Spsesifikasi BYD E6 gen 2 yang digunakan sebagai armada taksi Bluebird tak bisa dianggap remeh. Pasalnya untuk spesifikasi mobil listrik yang dihadirkan langsung dari China ini tidak mengalami penyunatan fitur. Untuk diketahui sebelumnya, PT Blue Bird Tbk. memperkenalkan mobil listrik BYD E6 gen 2 melalui gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 yang berlangsung dari 30 hingga 5 Mei kemarin. Sebagai perusahaan taksi ternama Tanah Air yang sudah eksis sejak 1965, Bluebird pertama kali
Cara cek plat nomor B Tangerang bisa kalian lakukan dengan beberapa langkah mudah, bahkan tidak harus datang ke Samsat terdekat, namun cukup melalui ponsel. Meski sama-sama pakai plat nomor dengan awalan huruf B, untuk cek plat nomor Tangerang, Depok, dan Bekasi ternyata berbeda dengan plat nomor DKI Jakarta. Pengecekan status kendaraan sendiri bisa dilakukan melalui aplikasi, SMS atau web resmi SAMSAT daerah yang dituju. Selain mendapat informasi mengenai keaktifan pajak, tahun pembuatan, nomor
Daftar harga BBM terbaru memang informasi yang sering dicari oleh masyarakat Indonesia, apalagi pasca terjadinya sejumlah konflik negara lain seperti perang antara Palestina dan Israel. Perang yang melibatkan beberapa negara wilayah Barat dan Timur Tengah ini memicu harga minyak mentah dunia yang akhirnya juga berimbas pada harga BBM terbaru di dalam negeri. Tak heran jika hampir setiap bulan, baik penyedia BBM dari pemerintah yaitu Pertamina, maupun pihak swasta seperti Shell, Vivo, atau BP-AKR

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Wuling

Cloud EV

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

BYD ATTO 3
Lihat