Review Lengkap Suzuki GSX-R150 2021, Simak Desain, Fitur, Spesifikasi dan Harga Terupdate

Suzuki terbilang terlambat untuk ikut bersaing lagi di kelas motor sport 150 cc full fairing, setelah penjualan FXR 150 dihentikan. Sebelumnya, sudah ada Honda dengan CBR150R dan Yamaha dengan All New YZF-R15.

Untuk itu, lahirlah motor sport Suzuki GSX-R150 pada tahun 2017. Peluncurannya sangat istimewa, karena dihadiri juga oleh pebalap Team Suzuki Ecstar MotoGP 2017, yakni Andrea Iannone dan Alex Rins.

Suzuki GSX-R150 menjadi keluarga GSX series paling kecil di Indonesia. Saat pertama meluncur, motor sport 150 cc ini belum dilengkapi dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) pada sistem pengeremannya.

Baru pada tahun 2018, Suzuki merilis GSX-R150 dengan teknologi ABS. Sehingga, meningkatkan keselamatan berkendara di jalan raya.

Sejak saat itu hingga sekarang, belum ada peningkatan lainnya yang diberikan pada Suzuki GSX-R150. Suzuki hanya melakukan penyegaran dengan memberikan pilihan warna baru saja.

Penampilan Suzuki GSX-R150 2021

Tampilan Suzuki GSX-R150 2021 sangat sporty dan racy dengan bodi yang ramping. Meskipun, desainnya berbeda dengan Suzuki GSX-R400, GSX-R600, atau GSX-R1000.

Desain lampu depannya juga berbeda, dibuat ramping dengan bagian bawahnya meruncing. Tapi, tidak terintegrasi dengan lampu sein. Lampu sein ditempatkan di fairing samping kanan dan kiri.

Tempat duduk atau joknya dibuat dengan model terpisah antara pengendara dengan penumpang. Sehingga, tampilannya jadi terlihat sangat sporty.

Suzuki GSX-R150 2021 memiliki panjang 2.020 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.075 mm. Jarak sumbu rodanya 1.300 mm dan jarak terendah ke tanah 160 mm. Tinggi tempat duduknya mencapai 785 mm dengan berat kosong hanya 131 kg.

Untuk suspensinya, Suzuki GSX-R150 2021 masih mengandalkan suspensi depan model teleskopik. Sedangkan suspensi belakang, menggunakan monoshock.

Di bagian roda, Suzuki GSX-R150 menggunakan ban depan berukuran 90/80-17. Sementara untuk ban belakangnya, menggunakan ukuran 130/70-17.

Posisi Berkendara Suzuki GSX-R150 2021

Suzuki GSX-R150 menawarkan posisi berkendara layaknya pebalap. Sebab, posisi setangnya under yoke alias ditempatkan di bawah segitiga.

Meski demikian, posisi badan tidak terlalu merunduk. Tangki bahan bakarnya yang dibuat ramping membuat paha nyaman untuk menjepitnya. Sehingga, motor jadi lebih mudah untuk diajak bermanuver.

Posisi kaki juga tidak terlalu menekuk. Posisi berkendara pada Suzuki GSX-R150 2021 ini masih sesuai dengan karakter motor sport pada umumnya.

Tinggi tempat duduk yang mencapai 785 mm juga cukup bersahabat dengan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya. Dengan bobot yang hanya 131 kg, membuat motor jadi tidak terlalu berat. Sehingga, pengendaranya lebih mudah menguasai motor.

Mesin Suzuki GSX-R150 2021

Motor sport full fairing ini dibekali dengan mesin DOHC, silinder tunggal, 4 katup, 4 tak, berpendingin air, dan berkapasitas 150 cc. Mesinnya memiliki kompresi 11,5:1.

Mesinnya berkarakter overbore dengan diameter piston yang digunakan berukuran 62 mm dan langkahnya 48,8 mm. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 19,1 PS pada 10.500 rpm dan torsi maksimum hingga 14 Nm pada 9.000 rpm.

Dengan tenaga 19,1 PS dan bobot 131 kg, maka power-to-weight ratio yang dimiliki Suzuki GSX-R150 2021 adalah 0,1458 PS/kg. Rasio tersebut yang terbaik jika dibandingkan dengan Honda All New CBR150R atau Yamaha All New R15.

Suzuki GSX-R150 2021 dibekali dengan transmisi manual 6 percepatan. Sistem pembakarannya sudah mengadopsi teknologi injeksi, membuatnya lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar.

Fitur Suzuki GSX-R150 2021

Suzuki GSX-R150 2021 memiliki fitur yang menarik. Motor ini jadi satu-satunya motor sport 150 cc yang dilengkapi dengan teknologi keyless atau disebut Keyless Ignition System.

Panel meternya juga sudah full digital dengan informasi yang ditampilkan cukup lengkap. Sistem pencahayaan untuk lampu depan sudah berteknologi LED yang dapat memaksimalkan pandangan saat berkendara di malam hari.

Pada sistem pengeremannya, sudah terdapat pilihan teknologi Anti-lock Braking System (ABS). Fitur ABS yang disematkan sudah dual channel, jadi berfungsi pada rem depan dan rem belakang.

Suzuki GSX-R150 2021 juga dilengkapi dengan fitur Easy Start System yang membuat mesin semakin mudah dihidupkan hanya dengan sekali pencet tombol starter. Terdapat juga lampu hazard yang dapat memberikan isyarat dalam keadaan darurat.

Harga Suzuki GSX-R150 2021

Suzuki GSX-R150 2021 hadir dengan tiga tipe, yakni standar dengan Shuttered Key System, Keyless Ignition System, dan ABS (Keyless Ignition System). Tersedia empat pilihan warna, mulai dari Stronger Red-Titan Black, Titan Black, Titan Black-Daytona Yellow, dan Solarize Silver-Metallic Tritone Blue.

Untuk tipe Shuttered Key System, dibanderol Rp 30,6 juta. Sedangkan tipe Keyless Ignition System, harganya Rp 31,6 juta. Lalu tipe ABS, dipasarkan dengan harga Rp 34,6 juta (on the road Jakarta).

Kesimpulan

Suzuki GSX-R150 memang belum dibekali fitur Assist & Slipper Clutch seperti All New CBR150R dan All New R15. Tapi, hanya motor ini yang dilengkapi dengan teknologi keyless.

Selain itu, jika dihitung powert-to-weight ratio motor ini, hasilnya lebih baik dibandingkan dengan kedua kompetitornya. Harga yang ditawarkan pun adalah yang paling terjangkau dibandingkan All New CBR150R dan All New R15.

Data Spesifikasi Suzuki GSX-R150 2021

Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi 2.020 mm x 700 mm x 1.075 mm
Jarak Sumbu Roda 1,300 mm
Jarak Terendah ke Tanah 160 mm
Tinggi Jok 785 mm
Berat Kosong 131 kg
Mesin
Jenis Mesin Water-cooled, 4-stroke
Sistem Katup DOHC 4-valve
Diameter x Langkah 62.0 x 48.8 mm
Jumlah Silinder 1-cylinder
Ratio Kompresi     11.5 : 1
Tenaga Maksimum     19,1 PS / 10,500 rpm
Torsi Maksimum 14.0 Nm / 9,000 rpm
Sistem Pengapian FI
Sistem Starter Electric
Transmisi     6-speed, return
Kapasitas Tangki 11 liter
Rangka
Suspensi Depan     Telescopic
Suspensi Belakang Swingarm
Rem Depan Disc (Petal)
Rem Belakang Disc (Petal)
Roda Depan 90/80-17(TL)
Roda Belakang     130/70-17 (TL)
Velg     Cast
Sistem Kelistrikan
Aki     MF
Lampu Depan LED
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki GSX R150
Lihat