Isu Kawasaki Ninja 700 R Bermesin Dua Silinder Berhembus, Inikah Pengganti Ninja ZX-6R?

Penggunaan mesin 700 cc dua silinder, tampaknya bakal jadi tren baru ke depan. Sebelumnya, Yamaha diketahui bakal menghidupkan kembali Yamaha R7 berbasiskan jantung mekanis tersebut. Lantas belum lama ini, isu tersebut muncul dari pihak Kawasaki. Produsen asal Jepang dikabarkan tengah menyiapkan Kawasaki Ninja 700 R sebagai pengganti Kawasaki Ninja ZX-6R. 

Sebenarnya, tak ada yang salah dengan Kawasaki Ninja ZX-6R. Selain mengusung tampilan super sport sejati, kuda besi geng hijau pun terkenal andal soal performa. Namun, bekalan mesin empat silinder miliknya sekarang, belum memenuhi standar Euro 5. Alhasil, bakal menghambat penyebarannya terutama di wilayah Eropa. 

Kawasaki diisukan menyiapkan Ninja 700 bermesin dua silinder.

Probabilitas Kawasaki Ninja ZX-6R Diskontinyu

Pemandangan demikian sejatinya sudah terjadi pada Yamaha YZF-R6. Itu kenapa, Yamaha akhirnya memutuskan untuk menyuntik mati si produk (versi jalanan) per 2021 lalu. Yamaha R7 pun didaulat menjadi suksesor lewat bekalan mesin Yamaha MT-07 2021. Logis, mengingat jantung mekanis dua silinder 700 cc kepunyaannya sudah berstandar Euro 5.

Apakah situasi ini jua memaksa Kawasaki Ninja ZX-6R diskontinyu? Memang belum ada jawaban pasti mengenai hal tersebut. Akan tetapi, rumor lahirnya Kawasaki Ninja 700 R ini bisa jadi awal diambilnya langkah itu pihak pabrikan. 

Baca juga: Tilik Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-6R 

Seperti disampaikan sebuah media asal Jerman (Motorradonline.de), ada kemungkinan Kawasaki menggunakan mesin dua silinder (parallel twin) yang terdapat pada Kawasaki Ninja 650. Hanya saja, bakal terdapat peningkatan kubikasi menjadi 700 cc. Dengan begitu, bisa dikatakan performanya setara dengan Yamaha R7. 

Kuat dugaan Kawasaki Ninja 700 R menggunakan basis mesin Ninja 650.

Lebih detail, sumber serupa juga menyebutkan, rancang bangun Ninja 700 R bakal sama seperti Kawasaki Ninja 650 saat ini. Utamanya soal penggunaan rangka utama berjenis trellis dengan bahan baja. Ihwal dimensi pun rasanya tak akan berbeda jauh dengan Ninja 650. Walaupun ada keyakinan desain Kawasaki Ninja 700 R bakal merujuk kepada suguhan Ninja ZX-10R 2021. 

Baca juga: Tampilan Baru Kawasaki Ninja 250 2021, Harga Tetap Rp64,2 Juta

Tentu saja tanpa melupakan optimasi guna mendukung pengendaliannya. Seperti dikatakan mereka, penggunaan peredam kejut upside-down adjustable dari Showa bakal terpasang di roda depan. Masuk akal, mengingat Kawasaki Ninja 650 masih menggunakan fork teleskopik 41 mm. Sementara untuk penghenti laju depan, ditunjang kaliper empat piston radial dari Nissin. 

Kawasaki Ninja 700 R diyakini mendapatkan perbekalan lebih memadai ketimbang Kawasaki Ninja 650.

Kendati demikian, bukan tidak mungkin fitur-fitur milik Ninja 650 dibawa kembali oleh Ninja 700 R. Hal pertama yang wajib ada tentu saja sensor anti-lock braking system (ABS) di kedua roda. Lalu Assist and Slipper Clutch. Tugasnya adalah untuk mengeliminasi roda belakang terkunci saat melakukan down shift. Manfaat perangkat ini juga ditujukan untuk memberikan kenyamanan saat menekan tuas kopling (ringan).

Berkat peningkatan kapasitas tadi, otomatis outputnya lebih besar ketimbang Ninja 650. Untuk itu, terapan semacam Kawasaki Traction Control wajib diaplikasikan Kawasaki Ninja 700 R. Termasuk pula Power Modes, quick shifter, atau Launch Control Mode sekalipun. 

Baca juga: Fakta Menarik Kawasaki Z125 Pro, Layak Dipilih Ketimbang Honda Monkey dan Honda Grom 2021?

Kawasaki Ninja 700 R Mengusung Konektivitas Gawai?

Dengan begitu, Kawasaki Ninja 700 R punya daya saing saat berhadapan dengan Yamaha R7 atau rival selevel seperti Honda CBR600RR 2021 maupun Aprilia RS 660 2021. Terlebih jika Kawasaki ikut menyematkan pula fitur bawaan Ninja 650, semisal panel meter digital layar TFT. Bahkan kian menarik lagi andaikata tersedia konektivitas gawai. 

Kawasaki Ninja 700 R bisa unggul dari para lawan jika mengaplikasi fitur konektivitas gawai.

Seperti diketahui, Ninja 650 dapat terhubung dengan gawai melalui aplikasi bernama Rideology. Dari situ lah pengendara dapat mengakses informasi seperti: odometer, posisi transmisi, rpm, kapasitas bahan bakar, panduan perawatan dari smartphone. Begitu pula jika ingin memanfaatkan navigasi. 

Lantas saat ada telepon atau email masuk, notifikasi akan muncul pada panel meter - sama seperti penyajian pada Yamaha NMax Connected dan Yamaha Aerox 155 Connected. Sayangnya, belum ada kejelasan soal kapan realisasi Kawasaki Ninja 700 R ini dilakukan. Namun, besar kemungkinan harga jualnya akan lebih murah daripada Honda CBR 600 RR.      
 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja 650
Lihat