Kawasaki KLX 150

Rp 30,70 - 37,30 Juta
  • Off-Road Model
  • 144 cc Kapasitas
  • 11.8 hp Tenaga Maksimal
  • Kick & Electric Opsi start
Cek Spesifikasi

Wajib Baca

  • Dirancang dengan desain body yang memang sangat persis dengan desain motor trail pada umumnya, dimana desain bodynya dibuat sangat ramping dan ketinggian motor ini juga dibuat cukup tinggi. Sehingga motor kawasaki KLX ini akan mampu melewati berbagai macam medan yg ada. 

  • Model stang yg diusung motor kawasaki KLX ini adalah model naked stang. Dengan ukuran dan posisi stang juga telah disesuai dengan kenyamanan para penggunanya,

  • Tampilan speedometer yang disajikan secara modern

  • Telah dilengkapi dengan adanya suspensi model Up Side Down atau USD yang akan memastikan pengendara dapat melewati berbagai macam medan, sedangkan untuk suspensi belakang dari motor kawasaki KLX ini menggunakan suspensi uni track swingarm

  • Kaki – kakinya nyaman untuk digunakan

  • Jarak terendah tinggi dan posisi berkendara nyaman

  • Handling lincah

  • Penggunaan sistem bahan bakarnya sendiri masih menggunakan sistem karburator, menjadikan konsumsi bahan bakarnya sendiri akan menjadi lebih boros. 

  • Tekstur jok atau tempat duduk dari motor kawasaki KLX ini masih sangat keras

  • Mesin dari motor kawasaki KLX ini terkadang sering mati atau susah untuk dihidupkan. Hal tersebut dikarenakan sistem pengapian yang digunakan oleh motor kawasaki KLX ini masih menggunakan jenis CDI, sehingga pada saat bagian CDI nya itu terkena air hal tersebut dpt menjadikan mesin akan susah menyala.

  • Fitur – fiturnya masih kurang

  • Belum menggunakan lampu LED

  • Performa mesin kurang maksimal

Varian Kawasaki KLX 150

Standard

Rp 30,70 Juta

L

Rp 32,50 Juta

BF

Rp 34,60 Juta

BF SE

Rp 36,80 Juta

BF SE Extreme

Rp 37,30 Juta

Lebih

Spesifikasi Kawasaki KLX 150

ModelOff-Road
Kapasitas144 cc
Tenaga Maksimal11.8 hp
Opsi startKick & Electric
Panel InstrumenAnalog
ABSN
Lihat Spesifikasi Kawasaki KLX 150

Review Kawasaki KLX 150

  • Overview

    Overview Kawasaki KLX 150

    Persaingan motor trail di kelas 150 cc sudah mulai ramai. Sebelumnya, Kawasaki KLX 150 bisa dikatakan sebagai pelopornya. Kawasaki juga setia menghadirkan motor trail ini untuk konsumen di Indonesia dengan tetap memproduksinya sejak awal kemunculannya di 2009 lalu. Kawasaki KLX 150 2021 tidak banyak berubah dibandingkan model tahun sebelumnya. Motor trail ini merupakan generasi penerus dari KLX150S. Dari segi fitur dan teknologi, Kawasaki KLX 150 2021 juga bisa dibilang cukup sederhana.

    Sektor mesin juga tetap dibiarkan apa adanya. Bahkan, jika diperhatikan sejak pertama kali meluncur, spesifikasi mesinnya masih sama. Meski demikian, Kawasaki KLX 150 2021 tetap digemari banyak pencinta motor trail. Selain Kawasaki KLX 150 2021, ada juga varian lainnya, yakni Kawasaki KLX 150L dan Kawasaki KLX 150BF. Bagian yang membedakan hanyalah pada kaki-kaki dan pilihan warna yang disajikan. Sedangkan fitur dan spesifikasi mesin, ketiganya masih tetap sama.


    Namun, keberadaan Kawasaki KLX 150 2021 bisa dikatakan mulai tergilas dengan adanya kompetitor, seperti Honda CRF 150L dan Yamaha WR 155R. Kedua motor trail tersebut memiliki fitur, teknologi, dan spesifikasi yang lebih unggul dari Kawasaki KLX 150. Dari segi harga, juga cukup bersaing dengan antara ketiga motor trail tersebut. 

    Fitur Kawasaki KLX 150

    Jika bicara soal fitur, Kawasaki KLX 150 termasuk motor trail yang konvensional. Tidak ada fitur canggih yang melekat pada motor ini. Sistem pencahayaannya masih mengandalkan bohlam biasa, panel meter masih analog, dan sistem suplai bahan bakarnya juga masih pakai karburator.   

    Harga Kawasaki KLX 150

    Urusan banderol, Kawasaki KLX 150 2021 dipasarkan mulai dari Rp 30.900.000 (on the road Jakarta). Lalu, varian KLX 150L, harganya Rp 32.600.000 (on the road Jakara) untuk model 2020 dan Rp 32.500.000 (on the road Jakarta) untuk model 2019. Sedangkan untuk varian KLX 150BF, dibanderol Rp 34.900.000 (on the road Jakarta).  


  • Desain

      

    Penampilan Kawasaki KLX 150

    Secara tampilan, Kawasaki KLX 150 2021 menawarkan pilihan warna baru dengan grafis striping yang berbeda. Namun, desain bodinya masih dipertahankan sejak mengalami facelift pertamanya di 2016. Lampu depan dibuat lebih membulat. Lekuk pada bodinya juga dibuat lebih tajam dan lebih tegas, begitu pula dengan desain pada bagian striping. Tempat duduknya didesain lebih sporty dengan model two tone.

    Kawasaki KLX 150 2021 memiliki panjang 2.050 mm, lebar 830 mm, dan tinggi 1.115 mm. Jarak terendah ke tanah 255 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.355 mm. Motor Kawasaki KLX 150 bisa dikatakan memiliki tinggi tempat duduk yang cukup rendah. Sebab, Kawasaki KLX 150 2021 dibekali ban depan berukuran 70/100-19 dan ban belakang berukuran 90/100-16.

    Bagian kaki-kaki juga masih mengandalkan suspensi depan model teleskopik. Sedangkan pada suspensi belakangnya, Kawasaki KLX 150 2021 ini menggunakan swingarm model Uni-Trak, dengan monoshock yang mampu disetel pada bagian preload hingga 5 tingkat pengaturan. Dengan bobot mencapai 116 jg, Kawasaki KLX 150 2021 hanya keluar dua pilihan warna saja, yakni warna hitam dan warna hijau khas Kawasaki.

    Dimensi  Kawasaki KLX 150  
     Panjang x Lebar x Tinggi  2,050 x 830 x 1,115 mm
     Jarak Terendah ke Tanah  255 mm
     Jarak Sumbu Roda  1,355 mm
     Berat  116 kg
     Suspensi Depan  33 mm telescopic fork
     Suspensi Belakang  Uni-Trak, with 5-way adjustable preload
     Ban Depan  70/100-19M/C 42P
     Ban Belakang  90/100-16M/C 51P



     

  • Pengendaraan dan Handling

    Pengendaraan dan Handling Kawasaki KLX 150  

    Di bagian kaki-kaki Kawasaki KLX 150  , untuk menunjang kenyamanannya di medan off road, Kawasaki menyematkan diameter roda yang besar. Ban depan berukuran 2.75-21 dan ban belakang menggunakan ukuran 4.10-18. Sedangkan untuk suspensinya,  Kawasaki KLX 150 masih mengandalkan sokbreker depan model teleskopik dan sokbreker belakang swingarm Uni-Trak dengan preload yang dapat disesuaikan 5 arah. Sementara untuk Kawasaki KLX 150BF, sokbreker depannya sudah pakai model upside down. Peleknya juga sudah dari bahan aluminium. 

    Kawasaki KLX 150 bukanlah motor untuk kebutuhan balap atau kompetisi, maka itu sasis yang digunakan juga terbuat dari baja, bukan aluminium. Dari segi konstruksi, sasis yang digunakan juga tidak mengalami banyak ubahan dari sejak generasi pertama dikeluarkan. Bicara soal motor trail, kenyamanan berkendara memang bukan hal yang utama. 

    Layaknya motor trail pada umumnya, Kawasaki KLX 150 2021 pun memiliki postur yang jangkung alias cukup tinggi. Tapi, berkat ukuran roda depan dan roda belakang yang digunakan, motor trail ini masih cukup bersahabat dengan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya.

    Ditambah lagi, dengan bobot  Kawasaki KLX 150 yang tidak terlalu berat, sehingga membuat pengendalian motor juga lebih mudah. Terlebih saat menggunakannya di jalanan off road.

    Setangnya sudah cukup lebar dan tempat duduk dibuat sempit, khas motor trail. Posisi berkendaranya bisa dikatakan cukup ergonomis. Namun, bagi pengendara dengan tinggi badan di bawah 170 cm, pasti akan jinjit alias tidak bisa menapak dengan sempurna saat menaiki Kawasaki KLX 150 2021. 

  • Mesin & BBM

      

    Kawasaki KLX 150 2021 dibekali dengan mesin SOHC, 2 katup, 4 langkah, berpendingin udara, dan kapasitasnya 144 cc. Diameter pistonnya 58 mm dengan langkah 54,4 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan 9,5:1. Mesinnya Kawasaki KLX 150 2021 menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Dengan mesin tersebut, Kawasaki KLX 150 2021 mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 8,6 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 11,3 Nm pada 6.500 rpm. Untuk mengimbangi performa yang dihasilkan mesin, motor trail ini dilengkapi dengan rem depan cakram dengan ukuran 240 mm dan rem belakang cakram berukuran 190 mm. Cakram pada rem depannya sudah menggunakan model wavy, sehingga lebih cepat melepas panas dan membuat pengereman tetap optimal.

    Mesin  Kawasaki KLX 150  
     Tipe Mesin  SOHC, 2 valves, Air-cooled, 4-stroke Single
     Diameter x Langkah  58.0 x 54.4 mm
     Kapasitas Mesin  144 cc
     Rasio Kompresi  9.5:1
     Tenaga Maksimum  8.6 kW {12 PS} / 8,000 rpm
     Torsi Maksimum  11.3 N.m {1.2 kgf.m} / 6,500 rpm
     Rem Depan  Single 240 mm petal disc Twin-piston
     Rem Belakang  Single 190 mm petal disc Single-piston
     Transmission  5-speed, return



     

  • Pengereman dan Keamanan

      

    Di bagian pengeremannya, KLX 150 sudah menggunakan rem cakram, untuk bagian depan dan belakang. Pada motor trail, memang tidak dibekali dengan Anti-lock Braking System (ABS). Dengan alasan, komponen tersebut akan menambah beban pada motor dan justru mengganggu pengereman saat berkendara di jalur tanah atau off road. Rem cakramnya sendiri sudah menggunakan model wavy disc yang diklaim lebih cepat dalam melepas panas. 

    Sehingga, pengeremannya tetap dapat bekerja secara optimal. Dengan pengereman double disc brake, rem depan dan rem belakang motor trail ini cukup responsive. Bisa dibilang, sama sekali tidak ada fitur keamanan pada motor trail 150 cc keluaran Kawasaki ini. Pada motor trail, memang tidak disematkan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Selain itu, tidak ada juga kunci pengaman. 

  • Kesimpulan

    Meskipun minim fitur dan bisa dibilang cukup konvensional dibandingkan para rivalnya, tapi Kawasaki KLX 150 2021 merupakan motor trail yang sudah dikenal banyak orang dan diakui kualitasnya. Untuk penggunaan harian atau digunakan terabas, motor trail ini cukup tangguh dan bisa diandalkan.  

FAQ Kawasaki KLX 150

  • Q

    Apakah Kawasaki KLX 150 dilengkapi Ban depan?

    BasangGede

    Ya, Kawasaki KLX 150 dilengkapi Ban depan, varian yang dilengkapi adalah Kawasaki KLX 150 BF, Kawa…

    Baca Lebih
  • Q

    Apa Layar Display dari Kawasaki KLX 150?

    Carly Larkin

    Inilah Layar Display yang dilengkapi di Kawasaki KLX 150. varian yang memiliki adalan:

    Baca Lebih
  • Q

    Apa Jenis Ban dari Kawasaki KLX 150?

    beyerkarl200

    Inilah Jenis Ban yang dilengkapi di Kawasaki KLX 150. varian yang memiliki adalan:

    Baca Lebih
Bandingkan
0