KTM Duke 200 2021 diyakini bakal masuk ke Indonesia tahun ini. Namun, belum ada informasi lebih lanjut soal kapan versi anyar naked bike tersebut didatangkan oleh pihak pemegang merek (PT Penta Jaya Laju Motor). Jikapun enggan menunggu, cobalah memburu KTM Duke 200 di pasar motor bekas.
Saat ditilik melalui situs jual-beli online, harga KTM Duke 200 bekas terbilang cukup menarik. Bagaimana tidak. Pasarannya saja dimulai dari Rp20 jutaan. Nominal tersebut tentu saja anjlok cukup jauh dibanding harga barunya. Bahkan, penetapan banderol terendahnya itu lebih murah dari skutik baru semacam Honda Vario 125 2021.
Baca juga: KTM Duke 200 2021 bakal Masuk Indonesia, Yakin Tetap Kepincut Yamaha MT-15?
Untuk perbandingan, Honda Vario 125 baru saat ini dijual dengan rentang harga Rp21-22 jutaan. Sementara KTM Duke 200 bekas termurah, dipatok Rp20,950 juta saja. Mengejutkannya lagi, motor tersebut berkode produksi 2020!
Sayang, ketersediaan unitnya sendiri memang tidak banyak. Akan tetapi, Anda tetap bisa memilih unit lain dengan harga tak kalah kompetitif. Misalnya saja unit KTM Duke 200 2017-2019 yang dipasarkan pada rentang Rp22 juta sampai Rp24 jutaan.
Dengan harga dan bekal yang ditawarkan, KTM Duke 200 bekas tentu sangat layak untuk dipilih. Apalagi jika membandingkannya dengan Yamaha MT-15 2021. Sosok naked bike nan gagah terpancar dari motor buatan India ini. Belum lagi ciri khas berupa sasis trellis baja, swingarm model terbalik hingga knalpot underbelly.
Baca juga: KTM Jual Motor Balap Berspesifikasi Moto2, cuma 100 Unit!
Bagian kaki-kaki KTM Duke 200 lantas diperkuat dengan fork upside down 43 mm dari WP Suspension. Sementara di belakang, tertanam suspensi tunggal (monoshock) yang jua berasal dari merek serupa. Masih di sektor serupa. Pengereman KTM Duke 200 dilengkapi cakram, bertemankan kaliper empat piston radial dan kaliper satu piston (depan-belakang).
KTM Duke 200 tergolong jangkung. Ketinggian joknya disetel 800 mm. Sementara untuk ground clearance dihitung 170 mm. Namun, pengendalian terhadapnya dimudahkan lantaran KTM Duke 200 punya bobot cuma 129,5 kg saja.
Ihwal mesin, KTM Duke 200 jelas lebih baik dari Yamaha MT-15 2021. Itu lantaran kapasitas mesinnya yang lebih besar. KTM Duke menggendong jantung mekanis satu silinder dengan kubikasi total 199,5 cc.
Baca juga: Gandeng Pabrikan Cina, KTM Bakal Bikin Tiga Motor Bermesin 750 cc
Racikan si dapur pacu dibuat over bore dengan diameter dan langkah piston 72 x 49 mm. Alhasil, tenaga dan torsi yang dilontarkannya mencapai 25,8 PS @10.000 rpm serta 19,2 Nm @8.000 rpm. Keseluruhan output tersalur ke roda belakang via transmisi 6-percepatan.
Sebagai penggambaran, Yamaha MT-15 dibekali mesin berkapasitas 155cc 4-katup dengan 6-percepatan. Tenaga maksimal yang mampu dicapainya sebesar menyemburkan tenaga sebesar 19,3 PS @10.000rpm. Sementara untuk torsi, tercatat 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm.