5 Hal Menarik Kawasaki Versys X 250, Lawan Tangguh KTM 250 Adventure

KTM 250 Adventure 2022 segera meluncur di Tanah Air. Tentu saja bukan sebagai pemain tunggal, mengingat Honda CRF 250 Rally sudah siap menantikan kedatangannya. Namun, perlu diingat juga bahwa segmentasi yang diterapkan pada motor KTM (adventure) itu juga diaplikasi oleh Kawasaki Versys-X 250 2022. 

Jikapun disandingkan, Kawasaki Versys-X 250 lah yang paling ideal diadu dengan KTM 250 Adventure 2022. Lantas, apa yang membuat pemain lama ini layak diselisik? Berikut 5 hal menarik Kawasaki Versys-X 250 2022, lawan tangguh KTM 250 Adventure. 

Pihak pabrikan juga melengkapinya dengan windscreen menjulang, hand guard serta bracket untuk menaruh menaruh boks motor. Bukan cuma itu. Pada bagian depan juga tampak adanya crash bar. Item itu bukan saja bertugas melindungi bagian mesin dari benturan benda keras. Keberadaannya juga ditujukan untuk mengamankan kaki si pengendara. 

2. Posisi berkendara bersahabat

Orientasi penggarapan Kawasaki Versys-X 250 2022 untuk pasar Tanah Air pun dipertegas lewat posisi berkendara yang bersahabat. Di atas kertas, ketinggian joknya hanya 815 mm, sementara ground clearance terhitung 180 mm saja. 

Sedangkan pada KTM 250 Adventure 2022, jok pengendara diatur hingga 855 mm. Jarak kolongnya pun ikut jenjang karena disetel 200 mm. Yap, motor KTM memang terkesan lebih aman saat melewati medan dengan bebatuan terjal. penghitungan kedua hal pada Kawasaki Versys-X 250 itu, rasanya sudah lebih dari cukup bukan? 

Kawasaki Versys-X 250 2022 memiliki jok dan ground clearance lebih rendah.

Baca juga: Plus-Minus KTM 250 Adventure 2022, Calon Pendatang Baru Yang Lebih Murah dari Honda CRF 250 Rally 2022

3. Tangki bensin lebih besar

Memang ada konsekuensi. Walau punya jarak pijak lebih rendah, Kawasaki Versys-X 250 punya bobot lebih berat. Dari data spesifikasi, motor adventure Kawasaki ini memiliki timbangan mencapai 173 kg. Berat tubuhnya itu terpaut lumayan banyak dari KTM 250 Adventure yang cuma 156 kg. 

Akan tetapi, keunggulan Kawasaki Versys-X-250 2022 terletak pada kapasitas tangki bensin yang lebih banyak. Dirinya mampu menampung BBM sebanyak 17 liter, sementara KTM 25 Adventure cuma 14,5 liter saja. 

4. Tenaga Kawasaki Versys-X 250 lebih besar

Performa mesin Kawasaki Versys-X 250 2022 mengandalkan mesin DOHC 8 katup dua silinder berkapasitas 249 cc. Dari mesin tersebut Kawasakiu Versys-X 250 sanggup menorehkan tenaga sebesar 34 PS @11.500 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimal, tercatat 21,7 Nm pada putaran 10.000 rpm. 

Dengan mesin dua silindernya, Kawasaki Versys-X 250 2022 diuntungkan karena memiliki tenaga lebih besar.

Baca juga: KTM 250 Adventure 2022 Dijual lebih Murah, Sanggup Lawan Honda CRF250 Rally?

Dibandingkan sang rival, Kawasaki Versys-X 250 2022 memiliki catatan tenaga lebih besar. Namun, KTM 250 Adventure 2022 dengan mesin satu silindernya, diunggulkan dalam hal torsi yang lebih membuncah. Dari sisi performa ini, baik Kawasaki Versys-X 250 maupun KTM 250 Adventure sama-sama memiliki plus-minus. Namun pencapaian output keduanya juga dioptimasi oleh ketersediaan assist and slipper clutch. 

5. Harga tak semahal KTM 250 Adventure 2022

Menilik dari situs resmi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Kawasaki Versys-X 250 2022 dijual dengan banderol Rp69,8 juta (on the road Jakarta). Harga ini tak semahal KTM 250 Adventure yang diperkirakan bakal dilego Rp 77 juta.

Perlu diingat juga, meski lebih murah Rp7,2 juta, pembeli Kawasaki Versys-X 250 tidak mendapatkan fitur ABS (antilock braking system) seperti kelengkapan standar KTM 250 Adventure 2022. Tapi, apakah pecinta cross country membutuhkan sensor pengereman tersebut? 

Kesimpulan

Lantaran punya desain selevel, Kawasaki Versys-X 250 tetap bisa menjadi pilihan kendati KTM 250 Adventure datang. Toh dari posisi berkendara, ia lebih ramah untuk pengendara di Tanah Air. Tenaga dari mesin dua silindernya pun lebih besar ketimbang si kompetitor baru. Dan yang pasti, harganya tidak semahal KTM 250 Adventure. 

Spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 2022
Dimensi
P x L x T 2.170 x 940 x 860 mm
Sumbu Roda 1.450 mm
Jarak Terendah 180 mm
Tinggi Jok 815 mm
Berat Isi 173 kg
Kapasitas Tangki 17 liter
Mesin
Tipe 4-tak, DOHC 8 katup, injeksi
Kapasitas 249 mm
Diameter x Langkah 62.0 x 41.2 mm
Rasio kompresi 11,3 : 1
Tipe Pendingin Cairan
Tenaga Maksimal 34 PS  @11.500 rpm
Torsi Maksimal 21.7 Nm @10.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Backbone
Suspensi Depan 41 mm telescopic fork
Suspensi Belakang Bottom-Link Uni-Trak, gas-charged shock
Rem Depan Single 290 mm petal disc
Rem Belakang Single 220 mm petal disc
Ban Depan 100/90-19M/C 57S
Ban Belakang 130/80-17M/C 65S
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Versys X 250
Lihat