Mengenang Honda MegaPro, Motor Sport Yang Identik Dengan Bapak-Bapak

Siapa tak kenal Honda MegaPro. Motor batangan ini hadir sebagai penerus Honda GL Pro dan alternatif dari Honda Tiger. Dulu saat pertama kali meluncur pada 1999, motor ini banyak diincar karena pesona dan karismanya sebagai penanda kemapaman. 

Maklum saat itu kasta motor masih terbagi atas 2 kelas: motor sport atau bebek, motor matic belum merajalela. Jadinya mendambakan motor yang memancarkan aura pejantan, maka motor sport seperti MegaPro pilihannya. 

Motor ini pun identik dengan sebutan motor bapak-bapak, karena penggunannya banyak dari kalangan pria mapan. Honda pun menggunakan artis pria yang merepresentasikan produknya itu . Berikut ini napak tilas Honda MegaPro di Indonesia.

1. Honda MegaPro 160 Neotech

Generasi Honda MegaPro mengadopsi mesin yang sama seperti Honda GL Pro Neotech 156 cc. Ciri khas mesinnya tak menggunakan elektrik starter, sehingga sering disebut sebagai model MegaPro 160 Neotech. 

Jantung mekanisnya pakai mesin 156,7 cc, berpendingin udara, satu silinder, OHC, 4-tak, bertenga 14,9 PS pada 8.500 rpm dan torsi 12,7 Nm di putaran 6.500 rpm. Sistem pengabutnya masih pakai karburator, serta daya maksimumnya itu dikawinkan pada transmisi manual 5percepatan, dan tangki bensin 8 liter.

Honda MegaPro generasi pertama.

Generasi mesin ini dinilai penggunanya menjanjikan konsumsi bahan bakar irit, serta termasuk andal dalam melahap tanjakan. Ini karena output tenaganya yang berisi dan performa badak di masanya. 

Kemudian dari bentuk, desainnya lebih revolusioner dari Honda GL Pro yang joknya lurus dan bentuk bodi mengotak. Pada Honda MegaPro punya desain yang membulat, mulai dari lampu depan, housing speedometer dan tachometer, tangki mengurva, serta balutan bodi yang lebih tidak menyudut. 

2. (New) Honda MegaPro Neotech

Penyuka Honda MegaPro makin menjamur sehingga Honda Indonesia masih tetap menjualnya. Pada 2002, generasi keduanya lahir dengan ubahan striping yang membuatnya lebih segar, dan tetap kompetitif dari kompetitornya.

Honda MegaPro generasi kedua.

Dapur pacunya masih pakai seperti sebelumnya alias tak ada ubahan, tapi sudah dilengkapi kick starter. Selang 2 tahun berikutnya, Honda merilis MegaPro baru yang lebih sporty karena pakai pelek cast wheel (CW) atau sering disebut pelek racing. 

3. Honda MegaPro 160 Advance

Daur hidup Honda MegaPro terus berlanjut. Pada 2006, Honda meluncurkan generasi ketiganya dengan sebutan Honda MegaPro 160 Advance. Ciri khas model ini punya stiker bertuliskan MegaPro 1600. 

Selain itu bila ingat, motor ini juga dikenal sebagai MegaPro Primus. Sebab dalam materi iklannya menampilkan aktor Primus Yustisio, sebagai representasi para penggunanya yang tangguh, lelaki sejati, dan penyuka tantangan. 

Honda MegaPro generasi ketiga.

Ubahannya dari bentuk sebetulnya tidak begitu signifikan. Justru membuatnya tampilannya lebih simpel, karena ada revisi desain tangki yang sedikit lebih tinggi, dan bentuknya seperti menyambung hingga buritan motor. Sementara itu tak ada ubahan mesin pada generasi ketiga Honda MegaPro.  

Baca Juga: Honda SH150i 2021 Hilang Dari Situs Resmi, Disuntik Mati AHM?

4. Honda New MegaPro

Lanjut pada 2010, Astra Honda Motor meluncurkan generasi terbarunya dalam balutan Honda New MegaPro atau sering disingkat NMP. Desainnya lebih modern serta futuristik, aura mogenya terpancar, kesan karismatiknya juga tetap dipertahankan lewat desain yang lebih berisi. 

Bentuk lampu tak lagi membulat, desain speedometer berubah jadi kombinasi analog dan digital. Biar tidak begitu kopong, pabrikan menyematkan shroud pada sisi samping motor. Secara keseluruhan, tangkinya membesar dan lebih tinggi, sehingga membuat jok pengendara lebih rendah. Ada juga penggunaan monoshock, tak lagi dual shockbreaker.

Honda New MegaPro sebagai generasi keempat.

Penggunaan knalpot yang lebih besar juga membuat alunan suaranya lebih ngebass. Rem belakang juga jadi lebih baik karena pakai cakram. Membuatnya menjadi andalan para pecinta touring. Bahkan biar menjanjikan pengendalian lebih baik, banyak yang mengganti setangnya pakai kepunyaan Yamaha Byson yang lebih lebar. 

Dapur pacunya baru tapi menyusut menjadi 150 cc, SOHC, 4-tak, berpengabut karburator, dan berpendingin udara. Tenaga yang dihasilkan mencapai 13,7 PS pada 8,500 rpm dan torsi 12,8 Nm di putaran 6.500 rpm. 

5. Honda New MegaPro FI

Hingga pada akhirnya pada 2014, AHM melansir Honda New MegaPro baru dan ternyata sebagai edisi salam perpisahan. Dibilang baru karena mesinnya sudah berpengabut injeksi dan membuat konsumsi bahan bakar motor ini jauh lebih irit. 

Ada juga ubahan bentuk sedikit yang meliputi revisi desain shroud samping, footstep menggantung, serta desain knalpot lebih panjang dari sebelumnya. Semuanya hampir sama seperti mdoel lama, tetap berperawakan tebal bak sebuah moge. 

Honda New MegaPro generasi kelima dan terakhir.

Hanya saja karena pengabutnya berbeda, ada penyesuaian output mesin. Tenaganya menurun menjadi 13,3 PS dan torsi ikut menciut menjadi 12,3 Nm pada putaran mesin sama. Oh iya soal tangki bensinnya 12,3 liter. 

Sayangnya umur Honda New MegaPro FI tak lekang sampai sekarang. AHM terpaksa menyuntik matinya pada 2018 lalu bersamaan dengan menghapus Honda Blade 125 dan Honda Supra X Helm-in. Penyebabnya karena permintaan ketiga motor tersebut berkurang, konsumen lebih memilih motor matic 150 cc yang tengah naik daun.

Baca Juga: Bukan Honda ADV 150 2021 Apalagi Honda PCX 160 2021, Ini Skutik 150 cc Termahal Honda di Indonesia

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor