Suzuki Burgman 200 Bekas Cuma Rp 30 Jutaan, Matic Gambot Anti Mainstream Seharga PCX 160!

Desain elegan dan tak pasaran.
  • Harga barunya tahun 2014 mencapai Rp 57 jutaan.
  • Jumlah unit terbatas, jadi lebih eksklusif.
  • Mesin berkarakter over bore, asyik buat cruising.

Melirik motor matic seharga Rp 30 jutaan maka pilihannya akan tertuju pada Honda PCX 160 tipe CBS yang dijual Rp 30,845 juta atau kompetitornya, Yamaha Nmax 155 Standard yang dilepas Rp 30,2 juta on the road Jakarta.

Keduanya mengandalkan mesin yang relatif mirip, dengan dimensi yang juga beda tipis. Maklum saja, keduanya memang bersaing disegmen yang sama yakni matic premium kelas 150-160 cc, dan bersaing ketat.

Hanya saja dengan dana Rp 30 jutaan, kalian juga bisa melirik unit motor matic bekas, namun dengan kelas setingkat di atas keduanya. Motor itu adalah Suzuki Burgman 200, yang sempat diniagakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Unit terbatas serta berstatus CBU, jelas motor ini bukan pilihan untuk sembarang orang. Suzuki Burgman 200 pas untuk yang mau tampil beda dan tidak suka menggunakan motor pasaran. Tertarik?

Baca juga : Sekilas Kiprah Suzuki Shogun 110, Bebek Legendaris Yang Komponennya Kerap Dicuri

Harga Bekas Rp 30 Jutaan

Kelasnya lebih tinggi dari PCX 160 dan Nmax 155.

Dikenalkan awal tahun 2014 lalu, SIS mendatangkan Burgman 200 secara utuh alias CBU dari Thailand. Penjualannya pun terhitung singkat, hanya dua tahun saja karena tahun 2016 akhir SIS mengakhiri nasibnya, bersamaan dengan Suzuki Inazuma 250 kala itu.

Matic gambot tersebut dijual dengan harga Rp 57,2 juta on the road Jakarta. Dan seperti yang kalian ketahui, dari posisi harganya jelas motor ini menyasar segmen premium. Kala itu Yamaha Xmax 250 apalagi Honda Forza 250 belum hadir di Tanah Air.

Panel meter digital-analog.

Tahun berlalu, kini harga bekas Suzuki Burgman 200 sudah jauh lebih terjangkau. Memantau situs jual beli online, ada yang melepasnya dengan banderol Rp 30,5 juta saja dengan kondisi standar dan mulus, serta pajak hidup.

Ada pula yang melepasnya dengan harga lebih tinggi, dikisaran Rp 35 juta hingga Rp 38 juta. Perbedaan harga ini lebih pada penjualnya, bukan dari tahun produksi unit, karena ada yang unit lebih tua tapi lebih mahal begitu juga sebaliknya.

Dimensi Besar Suzuki Burgman 200

Dibandingkan Honda PCX 160 atau bahkan Yamaha Nmax 155, jelas Suzuki Burgman 200 ini lebih besar. Ukurannya 2.055 x 700 x 1.355 mm (PxLxT). Sumbu rodanya saja mencapai 1.465 mm. Jadi terbayang seperti apa manuvernya.

Baca juga : Cek Harga Suzuki Inazuma 250 Bekas, Rp 30 Jutaan Dapat Motor Naked Nyaman

Bodi gambot merepotkan untuk harian di kota.

Belum lagi bobot yang mencapai 161 kg. Meski begitu tinggi jok cukup ramah, karena hanya 735 mm. Dan ciri khas matic besar, lekuk joknya terasa besar dan nyaman, untuk berkendara sendiri atau berboncengan.

Bodinya yang besar tadi juga berimbas pada ukuran bagasinya, dua buah helm full face bisa ditelan dengan mudah. Jangan lupakan juga dua tempat penyimpanan di bawah setang, yang juga dilengkapi soket 12 volt.

Motor ini mengandalkan panel meter paduan digital dan analog yang terbagi menjadi dua bagian. Layar LCD mengisi bagian tengahnya dengan informasi fuel meter, jam serta informasi seperti konsumsi bahan bakar, odometer, trip meter.

Baca juga : Suzuki Nex Crossover 2022 Hadir Di Thailand, Nih Harga dan Bedanya Dari Versi Indonesia

Sumbu roda panjang, stabil untuk nikung.

Yang unik, ukuran lingkar peleknya belang dan terhitung kecil. Depan 13 inci berbungkus ban 110/90-13 dan belakang cuma 12 inci dilapisi ban 130/70-12. Profil bannya yang tebal seolah memberi jaminan kenyamanan dan garansi redaman yang empuk.

Mesin Over Bore

Soal kapasitas mesin memang beda tipis dari duo skutik tenar tadi, selisihnya tak sampai 100 cc. Tapi biar begitu tetap saja output mesin Suzuki Burgman 200 lebih kuat dari Honda PCX 160 atau Yamaha Nmax 155 sekalipun.

Tenaganya mencapai 18,3 PS di 8.000 rpm dan juga torsi 17 Nm pada putaran mesin yang sama. Suplai bahan bakar sudah mengandalkan injeksi serta transmisinya otomatis CVT.

Baca juga : Gagahnya Suzuki GSX-150 Bandit Jadi Motor Dinas Korps Marinir, Spesifikasinya Tak Main-Main

Bagasi muat dua helm full face.

O iya, spesifikasi mesinnya 4-tak, SOHC, piston tunggal dengan pendingin cairan. Mesinnya berkarakter over bore, dengan ukuran piston 69 mm serta langkah piston 53,4 mm. Pasti mantap untuk cruising kala touring nih!

Spare Budget Ekstra

Tentu saja membeli unit bekas, kalian juga harus menyiapkan spare budget untuk melakukan servis setelah mendapat unit idaman. Mengganti seluruh fluida dan memeriksa komponen rem, filter udara serta ban wajib hukumnya.

Andalkan lingkar pelek 13-12 inci.

Tenang, meski sudah lama disuntik mati, SIS tetap menjamin ketersediaan suku cadangnya. Dan hari gini, jika bengkel resmi tak sedia komponen yang dicari, bisa memanfaatkan market place dan forum komunitas untuk mendapatkan informasi seputar Suzuki Burgman 200 ini.

Spesifikasi Suzuki Burgman 200 2014-2016
Panjang x Lebar x Tinggi 2.055 mm x 700 mm x 1.355 mm
Jarak Sumbu Roda 1,465 mm
Jarak Terendah ke Tanah 130 mm
Tinggi Jok 735 mm
Berat Kosong 161 kg
Jenis Mesin Water-cooled, 4-stroke
Sistem Katup SOHC
Diameter x Langkah 69 x 53,4 mm
Jumlah Silinder 1-cylinder
Ratio Kompresi     10 : 1
Tenaga Maksimum     18,3 PS @8.000 rpm
Torsi Maksimum 17 Nm @8.000 rpm
Sistem Pengapian FI
Sistem Starter Electric
Transmisi     CVT
Kapasitas Tangki 10,5 liter
Suspensi Depan     Teleskopik
Suspensi Belakang Swingarm, dual sok
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Roda Depan 110/90-13
Roda Belakang     130/70-12
Velg     Cast
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor