Beragam tipe motor memang kerap jadi andalan dalam perjenjangan kejuaraan balap. Mulai dari mini moto, lalu underbone di kawasan Asean hingga motor sport fairing kecil.
Untuk kategori motor sport kecil pun pabrikan Honda punya banyak tipe. Seperti Honda NSF100 hingga NSF250R. Tapi di ajang Junior Cup di Brazil, motor yang dipakai adalah Honda CG 160 Titan.
Baca Juga: Keker Honda CBR150R Bekas, Pasaran Harganya di Bawah Honda Beat loh!
Dari tampilannya, Honda CG 160 Titan versi Junior Cup jauh berubah dibanding edisi standarnya. Ini karena pada motor Junior Cup sudah dilengkapi dengan fairing buta tanpa lampu yang bersudut tajam dan bodi single seater.
Tangki bawaannya pun berganti dengan model yang lebih ramping serta berlekuk. Hal ini diperlukan untuk menyesuaikan bodi belakang dan fairingnya. Selain itu tentu untuk menghilangkan dudukan tank shroud bawaannya.
Tampilan sporty dari fairing tersebut malah mengingatkan kita akan sosok motor balap murni, Honda NSF250R yang memang tidak dijual dalam versi jalan raya. Kesan racing juga hadir dari grafis Tricolor khas Honda pada bodi tersebut.
Padahal Honda CG 160 Titan sendiri merupakan naked bike yang tampilannya mirip Honda Verza generasi pertama. Bagian yang mempertahankan kesan asli dari Honda CG 160 Titan tersebut adalah sektor kaki-kaki.
Di mana velg palang Y miring yang diusungnya hanya diganti dengan kelir putih dan grafis merah dan biru. Sementara suspensi depan teleskopik, double sok dan swing arm bulat di belakang masih tetap sama.
Baca Juga: Tak Hanya Desain, Beda All New Honda CBR150R 2021 dan CBR150R Lama Ternyata Banyak!
Ditilik dari spesifikasi mesinnya, Honda CG 160 Titan punya mesin 162,7 cc berpendingin udara. Mesin dengan peranti injeksi PGM FI itu punya teknologi berjuluk FlexOne yang membuat motor tersebut sanggup menenggak bahan bakar jenis ethanol dan bensin.
Besaran tenaganya pun bervariasi. Ketika Honda CG 160 Titan diisi bensin tenaganya hanya 14,9 PS di 8.000 rpm tapi saat diberi ethanol tenaganya mencapai 15,1 PS pada 8.000 rpm.
Secara fitur, Honda CG 160 Titan terbilang lebih komplet ketimbang saudaranya di sini yaitu Honda Verza. Sebut saja penggunaan panel spidometer model blackout yang lebih mudah terbaca.
Selain itu, motor tersebut juga sudah memakai rem model CBS (combi brake system) yang jamak ditemui di skuter matic Honda di Indonesia. Menariknya harga jual di Brazil dari Honda CG 160 Titan mencapai Rp 37 juta.
Beralih ke Junior Cup Brazil. Kejuaraan ini dihadirkan sejak 2013 silam. Tujuannya untuk mencetak para pembalap muda. Peserta balap dibatasi dari usia 8-16 tahun.
Kejuaraan ini digelar sebagai supporting race Brazilia Superbike Cup. Sementara format balapannya one make race dengan pemasok ban tunggal dari Pirelli.