Tak Hanya Desain, Beda All New Honda CBR150R 2021 dan CBR150R Lama Ternyata Banyak!

Ary · 13 Jan, 2021 14:30

Kehadiran All New Honda CBR150R 2021 memberikan daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, penggemar motor sport Tanah Air dirayu dengan impresi tak ubahnya Honda CBR250RR 2021. Sebut saja desain agresif yang sudah melekat terhadap sang kakak sejak lama. Otomatis, tak ada lagi sisa bahasa desain dari generasi pendahulu si CBR Series terkecil. 

Wujud bak motor balap sejati diturunkan PT Astra Honda Motor (AHM) pada generasi kelima ini. Misalnya saja cover muka depan, tidak lagi menjulang melainkan sudah dibuat landai. Meski begitu, keutamaan dari identitas anyar CBR150 2021 kini tentu menyasar kepada penggunaan headlamp. Kombinasi lampu ganda LED tetap dipertahankan, plus desain terbaru ala CBR250RR. 

Tak Hanya Desain, Beda All New Honda CBR150R 2021 dan CBR150R Lama Ternyata Banyak! 01

Perbedaan utama All New Honda CBR150R 2021 dengan versi lama terlihat dari desain.

Tidak sepenuhnya mengopi si pemilik mesin seperempat liter, toh CBR150 punya pembeda yang layak jadi perhatian. Terutama saat memandangi area fairing. Sama-sama menggunakan model bertumpuk disertai dengan sematan kisi pelepas hawa dari mesin. Menurut kami penyajian CBR150R di sisi ini jauh lebih atraktif dibanding si kakaknya tadi. Terlebih lagi dari CBR150R model lama yang tampak cuma berupa satu lapis (layer) saja. Kendati begitu, tak ada perubahan masif di area buritan.

Perbedaan Rancang Bangun All New CBR150R 2021 dan CBR150R Lama

Diferensiasi justru terlihat kala menilik ke rancang bangun keduanya. Mulai dari total ukuran, All New CBR150R 2021 punya dimensi 1.983 x 700 x 1.077 mm. Sementara versi lama adalah 1.983 x 694 x 1.077 mm. Bilamana dibandingkan, terdapat selisih soal lebar bodi secara keseluruhan. Dan, pada kenyataannya pula jarak poros roda versi baru lebih pendek yaitu 1.310 mm. Sedangkan pada CBR150R model lama adalah 1.311 mm. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Motor_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649915521138-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649915521138-0'); });

 

Perbandingan Rancang Bangun

 

 

All New Honda CBR150R 2021

Honda CBR150R

Tipe Rangka

Diamond (truss) Frame

Diamond (truss) Frame

Suspensi Depan

Inverted Telescopic Front Suspension/upside down

Teleskopik

Suspensi Belakang

Swing Arm with Monoshock (Pro-Link) System

Swing Arm with Monoshock (Pro-Link) System

Ban Depan

100/80-17M/C 52P

100/80-17M/C 52P

Ban Belakang

130/70-17M/C 62P

130/70-17M/C 62P

Rem Depan

Wavy Disc Brake

Wavy Disc Brake

Rem Belakang

Wavy Disc Brake

Wavy Disc Brake

Panjang X Lebar x Tinggi

1.983 x 700 x 1.077 mm

1.983 x 694 x 1.077 mm

Jarak Sumbu Roda

1.310 mm

1.311 mm

Tinggi Tempat Duduk

782 mm

787 mm

Jarak Terendah ke Tanah

160 mm

166 mm

Bobot

137 kg / 139 kg (ABS)

135 kg / 137 kg (ABS)

All New Honda CBR150R 2021 Lebih Bersahabat

Sumbu roda pendek pada All New CBR150R 2021 tadi juga ditambah dengan posisi berkendara yang cukup proporsional. Boleh dikatakan penyajiannya kini lebih bersahabat untuk pengendara baru sekalipun.

Kombinasi ketinggian jok dan jarak terendah ke aspalnya kini 782 mm dan 160 mm. Jadi lebih rendah ketimbang CBR150R generasi empat yang punya kalkulasi tinggi jok 787 mm dan ground clearance 166 mm. 

Tak Hanya Desain, Beda All New Honda CBR150R 2021 dan CBR150R Lama Ternyata Banyak! 01

Ketinggian jok dan ground clearance All New Honda CBR150R 2021 lebih rendah.

Gap inilah yang pada akhirnya memberikan posisi berkendara jadi lebih condong ke depan. Dan, tubuh lebarnya itupun membuat paha ideal memeluk tubuh si motor. Apalagi lewat desain cover tangki bensin barunya tersebut.

Akan tetapi, akomodasi soal pengendaraan CBR150R 2021 perlu diuji. Apalagi terdapat penambahan soal bobot total. Contoh pada Honda CBR150R 2021 non-ABS (137 kg). Terpaut 2 kg dari varian sejenis di tahun produksi lama (135 kg). Begitu pula dengan Honda CBR150R ABS 2021 yang punya timbangan mencapai 139 kg. Sementara tipe teratas keluaran lama adalah Rp 137 kg.    

Stabilitas All New Honda CBR150R 2021 Ditunjang Fitur Baru

Seperti pula disampaikan saat peluncuran kemarin (12/1), kebaruan All New Honda CBR150R 2021 terletak pada struktur kaki-kaki. Fork depan model upside down (USD) 37 mm dari CBR250RR juga digunakannya.

Dan, lagi-lagi tak Anda temui pada CBR150R pendahulu. Dengan penyematan fitur baru ini jelas menjanjikan stabilitas optimal terhadap pengendara. 

Tak Hanya Desain, Beda All New Honda CBR150R 2021 dan CBR150R Lama Ternyata Banyak! 02

Fork upside down dan Assist & Slipper Clutch mendukung stabilitas serta kemudahan mengendarai Honda CBR150R 2021.

Pun menyoal Assist & Slipper Clutch. Ya, pada perangkat girboksnya itu sudah terpasang pendukung guna menghindari si pemilik motor mengalami kejadian roda belakang terkunci. Utamanya dari efek engine brake, ketika melakukan downshift cepat jelang masuk tikungan. Selain itu, ketersediaan item itu juga bertugas meningkatkan kenyamanan - ringan pada saat mengoperasikan kopling.

Perubahan Minor Di Sektor Performa 

Penambahan itu cukup penting. Bekal mesin DOHC berpendingin cairan CBR150R 2021 menorehkan tenaga maksimal 16,8 Hp @9.000 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm @7.000 rpm. Capaian ditranslasikan transmisi enam percepatan ke roda belakang. Kendati begitu, tak ada ubahan dari jantung mekanik CBR150R lama.

Artinya, bakal setara pula catatan akselerasi maupun topspeed. Pencatatan 0-200 meter dicapainya dalam waktu 10,6 detik. Sedangkan kecepatan tertinggi diraih pada 127 km/jam (pengujian internal AHM). Hanya saja terjadi penyetelan ulang pada air cleaner dan saluran buang, sebagai optimasi terhadap penambahan bobot sang model anyar. 

Tipe Mesin

DOHC empat langkah

Kapasitas Mesin

149,16 cc

Suplai Bahan Bakar

PGM-FI

Bore x Stroke

57,3 x 57,8 mm

Rasio Kompresi

11,3:1

Tenaga maksimal

16,8 Hp @9.000 rpm

Torsi Maksimal

14,4 Nm @7.000 rpm

Transmisi

Manual enam percepatan

Sistem Pendingin

Cairan

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

12 liter

Kapasitas Pelumas

1,1 liter

Kesimpulan

Tidak salah jika sekilas pandang, impresi All New Honda CBR150R 2021 sama dengan CBR250RR 2021. Tapi seperti pemaparan kami di atas, diferensiasi diwujudkannya pada area yang dapat dipandang secara langsung.

Perbedaan soal impresi berkendara bahkan langsung terasa kala mendudukinya. Posisi berkendaranya sekarang jauh lebih bersahabat. Di waktu bersamaan, pengendaliannya kental aura motor sport tulen. Itu diamini lantaran jarak poros roda CBR150R 2021 yang lebih pendek. 

Belum lagi ihwal dukungan perangkat suspensi USD untuk meningkatkan kontrol dan stabilitas. Sementara untuk penggunaan harian, Anda disuguhi Assist & Slipper Clutch. Kami pun mewajari jika banderolnya bakal terkatrol naik. Namun hal itu hilang setelah AHM mengumumkan harga jual yang ternyata tidak signifikan selisihnya.

Tak Hanya Desain, Beda All New Honda CBR150R 2021 dan CBR150R Lama Ternyata Banyak! 03

Perbedaan harga All New Honda CBR150R 2021 non-ABS dengan versi serupa di model lama hanya Rp 600 ribu.

Dengan kebaruan yang dibawa All New Honda CBR150R 2021 kini, Anda bisa menebusnya mulai dari Rp 35,9 juta. Varian tanpa pengereman bersensor itu hadir dalam tiga pilihan warna (Matte Black, Dominator Matte Black dan Victory Black Red).

Jikapun menginginkan desain atraktif, sila tebus unit berkelir Racing Red berbanderol Rp 36,6 juta. Sedang pada All New CBR150R ABS, ada opsi warna Victory Black dan Dominator Red Black. Ada juga varian Racing Red, dilego Rp 40,6 juta dan MotoGP Edition dengan penetapan harga Rp 40,8 juta (on the road Jakarta). 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Motor_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649915591388-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649915591388-0'); });

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Motor Terbaru