Intip Spek Lengkap Triumph Tiger 1200 GT Pro dan Rally Pro, Beneran Lebih Canggih?

Triumph Tiger 1200 Rally Pro.
  • Bobot berkurang sampai 25 kg.
  • Suspensi canggih dari Showa.
  • Mesin lebih bertenaga dari kompetitor.

PT Garda Andalan Selaras (GAS) selaku distributor motor Triumph resmi melepas 2 moge adventure generasi terbaru mereka Rabu (29/6/2022) di Jakarta. Motor ini merupakan kasta tertinggi dari seri motor adventure pabrikan Inggris tersebut.

Secara global motor ini baru dikenalkan April 2022 lalu, jadi masih terhitung fresh. Menurut Yudi Yulianto, Direktur Teknis GAS peluncuran tertunda hingga 1,5 tahun karena belum mencapai level yang diinginkan.

"Jadi mereka rela gak jualan 1,5 tahun Triumph Tiger 1200 ini karena merasa belum mencapai titik yang diinginkan. Dan baru rilis April kemarin," katanya disela-sela peluncuran.

Hasilnya, Triumph Tiger 1200 GT Pro dan Rally Pro terbaru ini diklaim lebih baik secara teknologi, performa hingga pengendalian dibandingkan kompetitor sekelas.

Tak heran jika harganya mencapai Rp 757 juta untuk Triumph 1200 GT Pro dan Rp 778 juta untuk Triumph 1200 Rally Pro. Harga tersebut off the road, lalu apa nilai jualnya?

Baca juga : Dilepas Rp 750 Jutaan, Triumph Tiger 1200 GT Pro dan Rally Pro Sapa Sultan Indonesia

Triumph Tiger 1200 GT Pro.

Desain Modern Nan Gagah

Kesan motor penjelajah modern nampak jelas terlihat pada Triumph Tiger 1200 terbaru ini. Fascia depan berhiaskan moncong bebek sebagai ciri khas motro adventure, namun bagian ini dibuat lebih besar dan terpisah.

Di atasnya terdapat lampu utama LED yang bentuknya pipih, berhiaskan LED DRL. Kini lampu depan juga disematkan Cornering Lamp yang tiap sisi terdiri dari 3 kolom, yang akan menyala semakin banyak seiring kemiringan motor.

Lampu LED yang modern.

Bergeser lagi ke atas, terdapat windscreen tinggi khas motor adventure yang tentu saja sudah adjustable. "Tapi sekarang sudah gak otomatis lagi, karena fitur ini jarang terpakai pada model sebelumnya," papar Yudi.

Tapi tenang, untuk mengatur ketinggian windscreen tak perlu alat khusus, karena cukup ditarik saja. Melirik bagian tengahnya, jelas ini nampak besar berkat tangki ukuran 20 liter dengan shroud yang lebih tegas.

Baca juga : Lima Motor Baru Triumph Mengaspal, Ada Trident 660 dan Tiger Sport 660!

"Shroud ini juga karena untuk rumah radiator yang sekarang kepisah, buat reduksi bobot juga," kata Yudi lagi. Enaknya, Triumph juga memikirkan bentuk shroud agar buangan udara panas radiator tak mengenai kaki pengendara.

Tangki 20 liter dengan shroud yang besar.

Bicara jok, setiap varian menawarkan ketinggian jok yang berbeda-beda, namun masih bisa diseting ketinggiannya secara manual. Busa joknya tebal dan untuk rider berpostur 172 cm, kaki masih bisa menapak pada varian GT Pro dan jinjit pada varian Rally Pro.

Bagian belakang cenderung tanpa bodi karena untuk dudukan pannier dan juga top box. O iya, lampu belakang pun sudah LED, termasuk lampu sein sehingga memberikan kesan modern.

Secara dimensi, tentu motor ini nampak besar dan berat. Maklum kapasitas mesinnya besar mencapai 1.160 cc dan bobotnya 245 kg. Tapi motor ini sudah dibuat lebih ringan dari generasi sebelumnya sampai 25 kg.

Windshield adjustable manual tapi praktis.

"Ini juga lebih ringan 17 kg dari kompetitor. Banyak bagian yang mereduksi bobot, seperti penggunaan material, rangka, mesin dan fitur-fitur yang kurang terpakai dihilangkan," beber pria ramah ini.

Kaki-Kaki Istimewa

Sesuai peruntukannya, tentu kaki-kaki kedua motor ini diset berbeda. Triumph 1200 GT Pro yang difokuskan untuk dominan jalan aspal, dibekali ban depan 19 inci ukuran 120/70 dan belakang 18 inci ukuran 150/70 melingkari pelek casting wheel.

Pelek jari-jari untuk Rally Pro.

Jarak main suspensi depan dan belakang dibuat rata 200 mm, dengan teknologi Semi Active dari Showa. Karakter suspensi bisa berubah-ubah menyesuaikan setingan riding mode.

Berbeda dengan Triumph 1200 Rally Pro yang dibekali ban 120/70-19 di depan dan 150/70-18 di belakang. Peleknya model jari-jari tapi sudah tubeless. Tipe dan merek suspensi yang dipakai masih sama, tapi dengan jarak main 220 mm.

Baca juga : Dibanderol Rp 700 Jutaan, Ini Daya Tarik Triumph Tiger 1200 GT Pro dan Rally Pro Untuk Dipinang

Yang menarik, bagian kaki-kaki belakang menggunakan penggerak kopel atau gardan, dengan lengan ayun sisi kanan teknologi baru Triumph yang disebut dengan Twin Side Trailing Arm System, agar jadi lebih stabil.

Pelek casting untuk GT Pro.

Banjir Fitur Kekinian

Sebagai model flagship untuk seri adventure, Triumph Tiger 1200 terbaru dibekali banyak fitur kekinian. Lampu-lampu sudah full LED, kemudian panel meter TFT 7" full color yang bisa mengatur beragam setingan motor, navigasi, koneksi smartphone hingga pengaturan GoPro.

Kunci keyless pada motor ini pun ditingkatkan fungsinya, untuk mengunci setang, ignition ON dan membuka tangki bahan bakar. Juga fog lamp sebagai standar. Soal pengereman pun pakai kasta teratas yakni Brembo Stylema, dengan selang rem braided.

Area setang banyak tombol-tombol.

Teknologi tak terlihat tapi bisa dirasakan ada Quick Shifter, Cornering ABS, Assist & Slipper Clutch, Hill Hold, dan tak ketinggalan power outlet 12 volt. Lengkap!

Mesin T-Plane 3 Silinder

Sebagai sumber tenaga penggerak, kedua model ini mengandalkan mesin yang disebut T-plane, 3 silinder inline dengan kapasitas mesin 1.160 cc. Output yang bisa dihasilkan mencapai 150 PS di 9.000 rpm dengan torsi 130 Nm di 7.000 rpm.

"Ini naik 9 PS dari model sebelumnya dan 14 PS lebih tinggi dari kompetitor terdekat. Kemudian performa juga lebih baik karena bobotnya lebih ringan 25 kg dari model sebelumnya dan lebih ringan 17 kg dari kompetitor," papar Yudi lagi.

Mesin 3 silinder jadi andalan.

Transmisi manual 6 speed disalurkan melalui kopel menuju roda belakang. Penggunaan kopel ini punya sisi positif penyaluran tenaga yang lebih spontan dan minim hentakan.

Kesimpulan

Triumph Tiger 1200 GT Pro dan Rally Pro jelas menawarkan paket lengkap, yang dibuat lebih baik dari generasi sebelumnya, juga dari kompetitornya dari sisi teknologi, bobot dan output mesin yang lebih kuat.

Sesi peluncuran Triumpj Tiger 1200 Rally Pro dan GT Pro.

Bicara harga pun masih jadi paket yang lebih bersahabat dengan banderol yang mulai dari Rp 750 jutaan. Sementara kompetitor sudah bermain diangka Rp 800 jutaa, sama-sama berstatus off the road.

Jika berminat, gelombanh pertama Triumph Tiger 1200 GT Pro dan Rally Pro sudah masuk 7 unit dengan 4 unit diantaranya laku terjual. Ada yang berminat membawanya pulang?

Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Triumph Tiger 1200
Lihat