Kenalan Sama Viar V1, Matic Gambot Ala JDM Yang Harga Bekas Gak Sampai Rp 20 Juta!

Viar V1 berdesain ala matic JDM.
  • Harga bekasnya tak sampai Rp 20 juta.
  • Punya dimensi bodi yang lebih besar dari matic 250 cc kekinian.
  • Mesinnya cenderung standar dengan performa biasa saja.

Jika ingin tampil beda menggunakan motor matic berukuran besar alias gambot, namun terbentur budget yang terbatas. Tak ada salahnya beli unit bekas, tentunya harga sudah lebih terjangkau.

Tapi bukan Yamaha XMax atau Honda Forza yang harga bekasnya masih lumayan tinggi. Kalian bisa lirik motor matic satu ini, karena harga bekasnya menarik, bahkan lebih murah dari Honda Scoopy 2022 lho.

Nah, motor tersebut adalah Viar V1. Merek motor lokal tersebut sudah lama stop memproduksi model ini. Tapi tenang, unit bekasnya lumayan banyak tersedia dan rata-rata banderolnya bermain dikisaran Rp 16 sampai Rp 18 jutaan, tergantung kondisi.

Dan karena dimensinya besar, maka sesuai dengan tren skuter gambot seperti yang sedang digandrungi saat ini. Gimana, tertarik? Mari kulik dulu detailnya lebih lanjut.

Baca juga : Sejarah Singkat Yamaha Scorpio, Awalnya Didapuk Sebagai Pengganti 'Sang Raja'

Desain Ala Honda Forza JDM

Melihat bentuknya yang gambot, Viar V1 ini ibadat sofa berjalan. Ini karena memiliki ukuran yang besar, dengan jok yang juga sangat lega dan nampak nyaman diduduki layaknya sofa.

Viar V1 mirip Honda Forza versi JDM.

Secara keseluruhan, desainnya nampak seperti Honda Forza versi JDM (Japanese Domestic Market) atau Suzuki Burgman 400 keluaran tahun 2010-an awal. Desain bodinya cenderung membulat, dengan lampu depan ganda dan lampu belakang yang lebar.

Bodi depannya nampak besar, dengan penempatan sepasang lampu sein pada bagian tepiannya. Sementara di atasnya terdapat windshield yang memiliki lekuk melengkung, menutupi area panel meter di baliknya.

Bagian tengah nampak padat berisi, serta memiliki jarak yang dekat dengan jok. Dan tentu saja jok motor ini model berundak, dengan sandaran khusus untuk menopang punggung pengendara.

Baca juga : Harga Bekas Makin Terjangkau, Suzuki Thunder 250 Bisa Jadi Alternatif Tiger dan Scorpio

Dimensi Viar V1 sangat besar.

Bagian bodi belakang jika dilihat dari samping memang nampak tebal, khas skuter gambot. Motor ini pun lebih besar dari matic kelas 250 cc yang dijual saat ini.

Nah perkara dimensi, panjang keseluruhan 2.040 mm, dengan lebar 735 mm dan tinggi 1.120 mm. Beratnya sendiri mencapai 163 kg, yang ditopang suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang model ganda.

Meski bodinya gambot, namun diameter ban yang dipakai justru setara Yamaha NMax lho. Tepatnya pakai diameter 13 inci dengan ukuran ban depan dan ban belakang sama, yakni 130/60-13.

Performa Mesin Biasa

Tampak samping Viar V1, panjang dan besar.

Jika mengharapkan performa hebat dari skuter gambot ini, agaknyta harus gigit jari. Pasalnya tenaga maksimal yang mampu dihasilkan cuma 13,1 PS di 7.500 rpm serta torsi maksimal 13,8 Nm di 6.000 rpm. Kalah kuat dari mesin Honda ADV 160 nih!

Maklum mesinnya belum modern, spesifikasinya 4-tak, SOHC 2 katup pendingin oli dan udara. Rasio kompresi 9,7:1 dengan kubikasi mesin 200 cc, yang seluruh dayanya disalurkan menuju roda belakang lewat transmisi otomatis CVT.

Tentunya melihat merek dan desain bodi yang bisa dikatakan meniru dari brand ternama, tentu tak semua orang mau memilikinya. Tapi jika alasan ingin beda, butuh motor matic gambot dan harga bekas terjangkau, tentunya Viar V1 bisa jadi pilihan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor