Biar Gak Sering Mati, Begini Cara Rawat Lampu Rem Motor Biar Awet

Jangan absen periksa lampu rem
  • Belum semua motor punya stoplamp LED.
  • Usia pakainya lebih singkat dari LED.

Motor-motor masa kini memang sudah dibekali lampu model LED di bagian headlampnya. Namun tak sedikit yang lampu remnya masih mengandalkan bohlam atau model bulb.

Nah, seiring waktu pemakaian saat berkendara, lampu rem motor bisa saja tidak berfungsi atau mati. Ada beragam penyebabnya, mulai dari bohlam lampu putus akibat usia pakai. Bisa juga gangguan tegangan listrik atau akibat kerusakan pada area rumah lampu dan sistem kelistrikan.

Baca Juga: Yamaha Tanggapi XMax Model Baru yang Tertangkap Kamera, Rilis Tak Lama Lagi?

Pentingnya menjaga komponen tersebut dijelaskan oleh Ade Rochman, Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM). "Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan lampu rem rutin dapat menjaga keselamatan berkendara di jalan raya," ucapnya.  Dan berikut langkah menjaga keawetannya:

Hindari Ngebut di Jalan Rusak

Bohlam stoplamp kerap mati setelah berkendara di jalan jelek? Jika iya, maka Anda patut menjaga kecepatannya.

Matic entry level masih pakai bulb di belakang

Karena ketika sepeda motor melintasi jalan rusak dengan kecepatan cukup tinggi, getaran yang ditimbulkan akan semakin tinggi. Getaran tersebut sangat berpotensi membuat susunan komponen kelistrikan rusak. 

Bisa juga sambungan antar komponen menjadi kendur. Hal ini jika sering dilakukan tentunya akan mempercepat kerusakan pada komponen kelistrikan, khususnya filamen lampu.

Baca Juga: Cek Harga Motor Matic Entry Level Oktober 2022, Suzuki Naik, Yamaha Hapus Dua Tipe

Jangan Menempelkan Jari Tangan di Tuas Rem

Entah sadar, atau tidak ketika berkendara jari tangan kerap menyentuh tuas rem. Ternyata ini berpengaruh ke usia pakai bohlam stoplamp.

Lampu rem sebaiknya tidak menyilaukan

Karena tanpa disadari, bisa saja tuas rem sedikit tertarik. Kondisi ini yang membuat aliran listrik terhubung ke lampu rem sehingga lampu rem terus menyala. Sehingga juga tentunya akan berdampak pada umur pakai lampu rem tersebut.

Efek buruk lainnya menempelkan jari ke tuas rem, selain bisa membuat lampu rem bekerja terus menerus, kondisi tersebut juga bisa menimbulkan salah komunikasi dengan pengendara di belakang. 

Jangan Ganti Spek Bohlam Standar

Berbeda dari lampu utama yang menjadi 'mata' pengendara, maka stoplamp lebih berfungsi sebagai peringatan pada pengguna jalan di belakang. Sehingga tak perlu cahaya yang menyilaukan dari bohlam tersebut.

Tetap gunakan bohlam standar.

Misalnya dengan modifikasi pada bagian lampu adalah penggunaan lampu dipasaran dengan watt yang lebih besar. Pada pemakaian jangka panjang, bola lampu dengan watt lebih besar bisa berdampak pada rusaknya komponen kelistrikan lainnya, misalnya aki cepat drop.

Wah, malah bikin keluar biaya besar!

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor