First Ride Suzuki Avenis 125 2023, Ringan, Lincah dan Responsif!

Suzuki Avenis 125 pas untuk perkotaan.
  • Desainnya khas India.
  • Mesin terasa responsif.
  • Redaman suspensi empuk.

Setelah puasa kurang lebih satu tahun tanpa kehadiran produk baru, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengenalkan andalan anyarnya, yakni Suzuki Avenis 125 2023 yang rilis akhir Oktober 2022 lalu.

Tak pakai lama kami pun mendapatkan kesempatan untuk merasakan langsung motor matic yang dijual Rp 29,97 juta on the road Jakarta tersebut secara singkat. Seperti apa?

Desain Khas India

Melihat sosok motor yang didatangkan langsung dari India ini, kesan pertama saat melihatnya adalah aneh. Ya, konsumen Indonesia yang disuguhkan matic ramping dan sporty, tentu perlu waktu untuk menerimanya.

Desain motor ini sendiri memberikan kesan sporty, dengan lekuk bodi yang tajam dan agresif. Garis-garis bodinya pun tegas, dengan build quality yang solid khas Suzuki pastinya.

Bagian belakang terlihat aneh.

Namun, penggunaan lingkar pelek 10 inci di belakang, dengan profil ban yang tebal membuatnya aneh. Ada jarak yang cukup besar antara roda dengan kolong motor yang memberikan kesan kopong.

Untungnya bagian depan masih bisa diterima, dengan lampu LED yang berdesain agresif. Lekuk bodi depan bagian samping yang tajam pun menguatkan kesan sporty pada motor ini.

Hanya saja batok setang terasa terlalu besar, jadi agak kurang proporsional dilihatnya. Untungnya panel meter sudah full digital, dengan bentuk yang mirip dengan kepunyaan Suzuki Nex Crossover.

Baca juga : Suzuki Avenis 125 2023 Menyapa, Harga Nyaris Rp 30 Juta Punya Apa?

Cover setang terlalu besar.

Bicara dimensi, sejatinya motor ini tergolong ringkas, panjangnya 1.895 mm, lebar 710 mm dan tinggi 1.175 mm. Sumbu rodanya 1.265 mm dengan jarak terendah 160 mm dan berat isi cuma 106 kg.

Handling Suzuki Avenis 125 2023 Ringan dan Lincah

Nah, bobot motor yang hanya 106 kg ternyata memberikan impresi positif saat mengendarainya, terlebih di jalanan yang padat. Motor matic ini terasa ringan dikendalikan dan lincah untuk bermanuver.

Profil ban tebal, bantu kelincahan manuver.

Penggunaan lingkar roda belang 12 inci di depan dan 10 inci di belakang, turut punya andil membuat manuvernya menyenangkan. Apalagi dinding ban juga tebal, ukurannya saja 90/90-12 dan 90/100-10.

Asyiknya redaman suspensi depan dan belakang sama-sama empuk, tapi dipakai berboncengan tentu akan mengayun. Hebatnya, suspensi belakang tak mudah bottoming sama sekali meski dipakai membonceng penumpang dengan bobot besar.

Oiya, posisi roda belakang yang nampak terlalu maju ke depan, ternyata masih aman untuk berkendara sehari-hari. Kecuali kalian dengan sengaja membuka gas dengan cepat, ada kemungkinan roda depan sedikit terangkat.

Baca juga : Beragam Suguhan Fitur Suzuki Avenis 125 2023, Ngisi Bensin dari Buntut!

Mesin Suzuki Avenis 125 2023 Responsif

Respon mesin sigap.

Disiapkan untuk pengunaan dalam kota, respon dapur pacu motor ini terhitung responsif. Begitu tuas gas diputar cepat, mesin langsung menyalak dan akselerasi cepat.

Ya untuk penggunaan stop & go di dalam perkotaan, akan sangat berguna, dan berefek pada efisiensi bahan bakar. Tapi jangan harap performa yang sama pada putaran tengah sampai atas, karena cenderung ngambang.

Ya tipikal motor matic untuk penggunaan dalam kota, yang memang mengutamakan respon mesin pada putaran rendah sampai tengah. Sayangnya karena kondisi jalan tak memungkinkan, kami tak bisa mencoba seberapa kencang motor ini bisa melaju.

Mesin 125 cc terasa responsif.

Dari spesifikasi mesinnya, Suzuki Avenis 125 menggunakan mesin 4-tak, 125 cc, SOHC 2 katup, pendingin udara. Kapasitas murni mesin tersebut 124,3 cc dengan piston 52,5 mm dan langkah piston 57,4 mm.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 8,7 PS di 6.750 rpm dan torsi sebesar 10 Nm di 5.500 rpm. Wah, rendah juga ya, pantas kalau mesinnya punya respon yang kuat!

Tapi sayangnya mesin ini masih pakai dinamo starter, jadi tak ada teknologi macam idling stop. Suara mesin saat dihidupkan pun terdengar kasar, bletak!, persis Honda BeAT generasi awal.

Baca juga : Harga Nyaris Rp 30 Juta, Suzuki Avenis 125 2023 Resmi Dijual di Indonesia

Spesifikasi Suzuki Avenis 125 2023
Tipe mesin 4 tak, 1 silincer, SOHC, 2 katup, pendingin udara
Kapasitas mesin 124,3 cc
Bore x stroke 52,5 mm x 57,4 mm
Tenaga maksimal 8,7 ps @6.750 rpm
Torsi maksimal 10 Nm @5.500 rpm
Sistem bahan bakar Injeksi
Tipe transmisi CVT
P x L x T 1.895 x 710 x 1.175 mm
Panjang sumbu roda 1.265 mm
Jarak terendah ke tanah 160 mm
Berat isi 106 kg
Tangki bensin 5,2 liter
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Tunggal
Ban depan 90/90-12 tubeless
Ban belakang 90/100-10 tubeless
Rem depan Cakram
Rem belakang Tromol
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki Avenis 125
Lihat