Serunya Lokasi Touring Wisata Semarang-Jogjakarta, Lewati Trek Pegunungan

Touring wisata bisa dipilih mengisi liburan
  • Disuguhi pemandangan indah.
  • Sediakan waktu tempuh yang lebih panjang.
  • Pastikan fisik dan motor prima melewati jalur pegunungan.

Kegiatan touring bisa jadi sarana healing di masa liburan akhir tahun yang tak lama lagi menyapa. Beragam lokasi dan trek di Indonesia bisa dijelajahi. Terutama di jalur yang melalui sederet lokasi wisata.

Di Sumatra, jalur wisata contohnya adalah Medan-Danau Toba atau Padang-Bukittinggi. Sedangkan di pulau Jawa bisa pilih jalur Pansela, Surabaya-Banyuwangi dan rute pendek Jakarta-Ciletuh. Atau bisa juga menjajal trek Semarang-Jogjakarta.

Rute Pegunungan Via Kopeng

Jalur Semarang-Jogjakarta via Kopeng menyajikan kontur tanjakan dan turunan yang menarik dan variatif. Bahkan tak jarang kondisinya cukup ekstrem.

Bisa blusukan ke jalan desa

Sehingga mengharuskan motor dalam kondisi sehat secara keseluruhan. Mulai dari mesin hingga ke pengereman dan kaki-kaki perlu dicek sebelum melalui jalur tersebut.

Rute ini juga memiliki banyak tikungan tajam yang mengharuskan pengendara dalam kondisi prima dan konsentrasi penuh saat berkendara. Jangan lengah, terutama saat melihat pemandangan bagus yang kerap tersaji di sana.

Baca Juga: Lebih Dekat Dengan Koleksi Motor Museum Transportasi Lewat Foto, Sayang Kurang Terawat!

Banyak Pilihan Lokasi Wisata

Seperti disebutkan sebelumnya, banyak lokasi wisata yang bisa dimampiri saat melalui rute Semarang-Jogjakarta via Kopeng. Selain wisata alam, ada juga destinasi bersejarah yang bisa disambangi.

Untuk memulai touring wisata ini, dari Semarang Anda pilih jalur menuju Ungaran dan terus menuju Bawen. Di arah Bawen, ada lokasi wisata yang bisa disambangi semisal Cimory on The Valley atau Dusun Semilir.

Lalu menuju arah Ambarawa, terdapat destinasi wisata bersejarah dari jaman kolonial Belanda. Seperti Museum Kereta Api dan Benteng Willem I yang bangunannya masih menyatu dengan Lapas Ambarawa saat ini.

Kemudian, Anda bisa melaju ke arah Danau Rawa Pening yang menyajikan pemandangan indah. Di sini, ada destinasi wisata alam Bukit Cinta Banyubiru. Ada dua pilihan jalur yang bisa dicoba. 

Benteng Willem I

Jika ingin menguji adrenalin di trek ekstrem, bisa terabas jalan alternatif via Telomoyo. Tanjakan plus tikungan curam kerap menghias rute ini. Namun, sajian pemandangan indah bisa didapat. 

Baca Juga: Modal Rp 5 Ribu Bisa Ajak Anak Kenali Motor Antik, Mampir Nih ke Museum Transportasi TMII

Selain itu, lokasi wisata alam di seputaran Telomoyo juga menarik disinggahi. Seperti Awang-Awang Telomoyo atau Cakrawala Point. Jika banyak waktu, banyak juga titik kemping di sana. Sehingga bisa touring sekaligus motocamp seperti yang tengah jadi trend.

Selanjunya, arahkan motor ke Kopeng. Di sini rutenya mirip di Puncak, Bogor yang konturnya khas pegunungan. Kawasan ini pun memiliki banyak lokasi wisata, seperti Taman Wisata Kopeng, Ketep Pass hingga Desa Kahyangan yang kini viral.

Candi Borobudur

Selain itu, sebelum memasuki Jogjakarta, Anda juga bakal melewati tempat wisata bersejarah lainnya, yakni Candi Borobudur dan Candi Mendut. Sehingga titik wisata yang dimampiri bakal makin komplet.

Baca Juga: Deretan Artikel Motor Favorit Pekan Lalu, Ada Harley-Davidson Cina Hingga Revo X Vietnam

Perhitungkan Waktu Tempuh

Karena tujuannya touring wisata, pastikan Anda memperhitungkan waktu tempuh terlebih dulu. Pasalnya, jika melalui jalur normal, rute ini hanya menghabiskan waktu 2,5-3 jam via Magelang.

Lakukan pemanasan sebelum berkendara

Namun karena mengambil arah memutar, maka waktu tempuhnya jauh lebih lama. Dari sekian banyak destinasi tersebut, bisa dipilih sebagian jika memang waktu yang dimiliki tidak banyak.

Rute ini sendiri merupakan jalur test ride awak media saat menguji Honda ADV150 pada 2019 silam. Saat itu, rutenya adalah Jogjakarta menuju Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman di Ambarawa.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor