window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Modal Rp 5 Ribu Bisa Ajak Anak Kenali Motor Antik, Mampir Nih ke Museum Transportasi TMII

Ilham · 26 Des, 2022 14:30

 

museum transportasi

Deretan koleksi Museum Transportasi
  • Banyak koleksi motor dan transportasi antik.
  • Harga tiketnya cuma Rp 5 ribu

Menjelang akhir tahun ini, anak-anak sekolah sudah memasuki masa liburan. Kabar baiknya, lokasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sudah dibuka untuk pengunjung, meski masih dalam sesi terbatas.

Nah, ada salah satu museum yang menarik untuk disambangi bagi Anda yang ingin mengenalkan pada dunia otomotif. Namanya Museum Transportasi yang dikelola oleh Departemen Perhubungan RI.

Di museum tersebut, selain menampilkan angkutan-angkutan umum lawas ada juga motor-motor antik sebagai koleksinya. Rata-rata motor tersebut buatan sebelum tahun 80-an. Jadi cocok untuk sebagai sarana pengenalan dunia otomotif ke anak.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

 

Baca Juga: Belum Tamat, Mesin 2-Tak Ini Tembus Emisi Euro5!

Ruang Pamer Museum Transportasi

Museum Transportasi terdiri dari lima area yang dibedakan berdasarkan jenis kendaraan yang ditampilkan. Diantaranya Anjungan Pusat yang menggambarkan transportasi tradisional masa lampau.

Modal Rp 5 Ribu Bisa Ajak Anak Kenali Motor Antik, Mampir Nih ke Museum Transportasi TMII 01

Lalu ada Peragaan Luar yang memamerkan sejumlah bus, lokomotif hingga pesawat tua. Kemudian Anjungan Laut menampilkan keberadaan dan pelayanan jasa transportasi laut dan pendukungnya.

Ada pula Anjungan Udara yang memamerkan pelayanan jasa transportasi udara berikut peralatan dan perkembangan teknologinya. Serta Anjungan Darat yang menampilkan alat transportasi di darat. Ruang pamer inilah tempat motor-motor antik tersebut dipajang.

Baca Juga: Yamaha XMax Connected Menyerbu Bali! Lakukan Penyerahan Unit Hingga City Touring

Deretan Motor Lawas Sampai Becak Motor Ada

Begitu masuk Anjungan Darat, kita langsung disambut deretan motor lawas. Seperti motor bebek atau moped produksi Eropa, seperti DKW Hummel dan Zundapp Combinette.

Modal Rp 5 Ribu Bisa Ajak Anak Kenali Motor Antik, Mampir Nih ke Museum Transportasi TMII 02

Kemudian motor-motor sport BSA hingga BMW dan skuter legendaris Vespa. Tak ketinggalan, sejumlah motor produksi awal dari Honda juga hadir, seperti C70 dan S90.

Untuk becak motor, terdapat di ruang pamer terpisah. Becak Medan yang menggunakan motor sport tua ada di Anjungan Pusat bersama dengan becak kayuh.

Sedangkan becak motor Sidempuan dipajang pada Peragaan Luar bersama Bajaj. Perbedaan becak ini, karena menggunakan Vespa sebagai sumber penggeraknya.

Tiketnya Cuma Rp 5 Ribu Saja

Tiket masuk yang dikenakan bagi pengunjung Museum Transportasi cukup terjangkau. Hanya Rp 5 ribu per orang saja. Sedangkan untuk anak berusia 3 tahun ke bawah, gratis.

Modal Rp 5 Ribu Bisa Ajak Anak Kenali Motor Antik, Mampir Nih ke Museum Transportasi TMII 03

Gerbang Museum Transportasi

Oiya, harga tiket tersebut diluar ongkos masuk TMII dan kendaraan ya. Untuk tiket TMII per orang dipatok Rp 25 ribu. Sedangkan motor Rp 15 ribu.

Jadi, bawa uang lebih ya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });