Cek Konsumsi BBM & Akselerasi Suzuki Gixxer SF 250, Pas Buat Harian!

Suzuki Gixxer SF 250 berstatus CBU India.
  • Catatan akselerasinya lumayan gesit dan responsif.
  • Konsumsi bensin tembus 30 km/liter lebih!
  • Harganya kini Rp 50 jutaan.

Barangkali saat ini jarang orang-orang memilih motor sport fairing 250 cc untuk dipakai harian. Tapi rasanya akan setuju jika Suzuki Gixxer SF 250 2023 ini jadi salah satu pengecualian.

Yup, motor sport fairing untuk harian memang banyak yang tak menyukainya. Alasannya tentu karena posisi berkendara yang bikin pegal, tak bisa lincah bermanuver dikemacetan hingga panas mesin yang lebih terasa.

Hal lainnya adalah perkara konsumsi BBM yang lebih boros, karena kondisi lalu lintas yang padat dan stop & go. Kemudian rata-rata respon mesinnya cenderung smooth karena punya peak torsi dan tenaga pada putaran mesin tinggi.

Jika memang hal tadi jadi sebabnya, Suzuki Gixxer SF 250 ini justru kebalikannya. Motor tetap lincah, punya posisi berkendara nyaman serta efisiensi BBM dan akselerasinya terhitung gesit. 

Konsumsi BBM Tembus 34,7 Km/Liter

Mesin 1 silindernya terhitung irit.

Meski motor fairing 250 cc identik dengan mesin 2 silinder, tapi motor ini hanya betipe mesin 1 silinder saja. Tapi justru punya efisiensi BBM yang terhitung irit dan hemat untuk dipakai harian.

Kami membuktikannya dengan memakai harian, karakter berkendara normal dan bobot rider 75 kg. Hasilnya bisa mencatatkan angka konsumsi BBM mencapai 34,7 km/liter.

Hasil tersebut merupakan pengukuran dengan metode full to full, menggunakan BBM oktan 92. Sayangnya tak ada indikator kosumsi BBM rata-rata atau real time pada panel meter digitalnya.

Baca juga : Galeri Foto Test Ride Suzuki Gixxer SF 250 2022, Punya Pesona Tersendiri

Tak ada penunjuk konsumsi BBM.

Nah, dengan kapasitas tangki 12 liter, maka sekali isi BB penuh Suzuki Gixxer SF 250 ini bisa melaju sejauh 416,4 km. Itu pun bisa lebih irit lagi jika dipakai touring dengan kondisi jalan lengang dan kecepatan konstan.

Akselerasi 0-100 Km/jam Cuma 8,97 Detik

Selanjutnya adalah pembahasan akselerasi dari motor ini, kami menggunakan Racebox, sebagai alat ukur yang berbasis satelit. Pengukuran masih dilakukan oleh rider berbobot 75 kg.

Tangki berkapasitas 12 liter.

Dan hasilnya untuk mencapai 60 km/jam dari diam, motor ini butuh 3, 37 detik. Kemudian 0-80 km/jam mencatatkan waktu 5,54 detik saja. Lantas 0-100 km/jam hanya butuh 8,97 detik! Sebuah pencapaian yang cukup impresif.

Top speed yang bisa diraih pun terhitung cukup untuk sebuah motor sport touring. Dari data Racebox, motor ini bisa digeber sampai 141,4 km/jam. Namun angka pada spidometer menunjukkan 154 km/jam. Memang ada deviasi antara Racebox dan spidometer namun itu hal yang wajar.

Baca juga : Coba Dulu Baru Percaya, Begini Rasa Berkendara Suzuki Gixxer SF 250 2022

Setang upper yoke, nyaman.

Mesin pun sejatinya masih bisa dipacu lebih cepat lagi, namun terbentur limiter mesin yang hanya mentok 10.000 rpm saja. Limiter mesinnya ini memang terlalu rendah, dan membuat nafas mesin kurang panjang.

Kesimpulan

Produk global desain selera India.

Selain menawarkan kenyamanan berkendara khas motor sport touring dan berkat penggunaan setang upper yoke, Suzuki Gixxer SF 250 juga menawarkan efisiensi BBM dan catatan akselerasi yang mumpuni.

Saat ini motor CBU India itu dibanderol dengan harga Rp 51,088 juta on the road Jakarta. Naik dari harga awal yang sudah diangka Rp 49,3 juta. Gimana, tertarik menebusnya?

Baca juga : Suzuki Gixxer SF 250 2022, Kejutan Akhir Tahun Yang Dipuja dan Dibenci

Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 2022
Dimensi
P x L x T 2.010 x 740 x 1.035 mm
Sumbu Roda 1.345 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 800 mm
Kapasitas Tangki 12 liter
Berat Isi 161 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, SOCS
Kapasitas 249 cc
Diameter x Langkah 76 x 54,9 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 6 speed
Tenaga Maksimal 26,5 PS @ 9.300 rpm
Torsi Maksimal 22,2 Nm @ 7.300 rpm
Kaki-Kaki
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 110/70-17
Ban Belakang 150/60-17
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki Gixxer SF 250
Lihat