Jadi yang Termurah, Ini 5 Daya Tarik Royal Enfield Hunter 350 2023

Royal Enfield Hunter 350 2023.
  • Torsinya terasa kuat.
  • Dimensi tak terlalu besar, enak untuk harian.
  • Harga cuma Rp 100 jutaan kecil.

Royal Enfield merupakan brand sepeda motor yang fokus pada motor-motor kelas menengah. Salah satu model terbarunya adalah Royal Enfield Hunter 350 2023 yang dilepas belum lama ini.

Menariknya meski jadi model paling anyar, tapi motor ini juga menjadi model yang paling murah dari varian Royal Enfield lainnya. Motor ini dilepas mulai Rp 106,4 juta sampai Rp 108,2 juta.

Yup, memang lebih terjangkau dibandingkan dengan motor 350 cc lainnya seperti Royal Enfield Meteor (Rp 119,8 juta - Rp 123,4 juta) dan juga Royal Enfield Classic (Rp 116,3 juta - Rp 118,9 juta).

Lantas apa yang menjadi daya tarik dari motor termurah Royal Enfield di Indonesia ini? Berikut ulasannya:

Baca juga : Jadi yang Termurah, Ini Plus-Minus Royal Enfield Hunter 350 2023

1. Desain Royal Enfield Hunter 350

"Kami mendesain motor ini agar dapat digunakan untuk siapa saja, membuatnya kompak, nyaman dan praktis. Ini motor termuda kami, ini motor baru buat kami," papar Anuj Dua, Head Business APAC Markets Royal Enfield beberapa waktu lalu.

Sosoknya enak dilihat.

Dan ya kami pun setuju, pasalnya ketimbang dua model lainnya yakni Royal Enfield Meteor atau pun Royal Enfield Classic yang lebih segmented. Keduanya lebih pantas untuk mereka yang memang suka model cruiser atau klasik.

Tapi Royal Enfield Hunter 350 dengan gaya roadster retro-nya, jelas masuk semua kalangan. Sosok sport retro modern konvensional dipadu dengan unsur modern membuatnya tampil apik.

Unsur modern bisa ditengok pada area kaki-kaki, dimana sudah menggunakan tipe pelek palang dengan kawalan rem cakram yang sudah ABS. Tipe terendah yang pakai pelek jari-jari tak dimasukkan ke Indonesia.

Desainnya masuk kesemua kalangan.

2. Posisi Berkendara Pas Untuk Harian

Ya meski bobot basahnya mencapai 191 kg, tapi harus diakui motor ini memberikan posisi berkendara yang nyaman. Setang lebar, jok luas dan empuk dan posisi kaki yang tak terlalu mundur jadi alasannya.

Posisi badan sedikit merunduk namun cenderung tegap, sehingga tak mudah lelah pada pundak dan punggung. Racikan posisi berkendara tadi secara langsung membuat bobot motor yang berat itu tak jadi persoalan. 

Baca juga : Alasan Kenapa Royal Enfield Hunter 350 Tak Punya Navigasi Tripper

Nyaman untuk dipakai harian.

Dipakai dikemacetan Jakarta pada jam pulang kerja, rasanya masih nyaman dan bisa lincah bermanuver. Tuas kopling pun ringan diremas, meski tak ada teknologi Assist & Slipper Clutch pada mesinnya. 

3. Mesin Royal Enfield Hunter 350 Generasi Baru

Jika dapur pacu dari pabrikan satu ini identik dengan getaran atau vibrasi yang berasa kuat, maka lain hal pada motor ini. Pasalnya kuda besi ini menggunakan jantung pacu generasi terbaru.

Mesin berkode J1 telah dilengkapi dengan balancer, yang membuar vibrasinya jauh berkurang. Mesin tersebut bervolume 350 cc, satu silinder, 2 katup, berpendingin udara. 

Mesin J1, lebih halus.

Tenaganya 20,2 PS pada 6.100 rpm dan torsi 27 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut ditunjang dengan transmisi manual 5-speed. Dari hasil pengetesan kami, motor bisa dipacu sampai hampir 107 km/jam pada spidometer.

4. Fitur Pas

Jangan harap banyak fitur kekinian nan canggih pada motor ini, karena memang kelengkapannya lebih diutamakan pada fungsi. Bahkan navigasi Tripper khas Royal Enfield pun tak disematkan.

Baca juga : Jadi yang Termurah, Harga Royal Enfield Hunter 350 2023 Cuma Rp 106,4 Juta

Panel meter analog-digital.

Beberapa diantaranya ada lampu LED yang hanya di belakang saja, sementara lampu depan dan sein masih pakai bohlam, dengan bentuk membulat. Yup, menyesuaikan dengan genre motornya.

Lalu panel meter bulat model analog pada penunjuk kecepatan, namun ada layar digital kecil untuk menampilkan beragam informasi seperti odometer, tripmeter dan jam.

Untungnya pengereman sudah pakai tipe cakram pada kedua roda, serta dikawal teknologi ABS. Sejatinya ada tipe rem belakang dengan tromol, tapi tak dihadirkan untuk pasar Indonesia.

Hanya lampu belakang yang sudah LED.

5. Dimensi Tak Terlalu Besar

Jangan bayangkan motor bermesin 350 cc punya bodi besar, karena ternyata kurang lebih mirip mengendarai motor sport 250 cc. Alhasil, dengan kemampuan manuver yang lincah, motor masih mudah dipakai selap-selip dikemacetan.

Dimensi panjangnya 2.055 mm, lebar 800 mm dan tinggi 1.055 mm. Jarak sumbu roda 1.900 mm dan jarak terendah 170 mm dengan tinggi jok 790 mm. Tangki berkapasitas 13 liter pun mudah saja dijepit paha untuk membantu pengendalian.

Baca juga : Galeri Foto: Detail Royal Enfield Hunter 350 2023, Scrambler Gagah Harga Murah

Ukuran motor tak begitu besar.

Kesimpulan

Jika menginginkan motor bergaya retro modern dengan torsi badak, namun tak terlalu suka kecepatan, Royal Enfied Hunter 350 ini patut dijadikan pilihan. Hentakan torsinya berasa kuat ditiap perpindahan gigi.

Belum lagi ditunjang posisi berkendara nyaman dan mudah bermanuver, mau dipakai harian atau touring jarak jauh bukan masalah. Tangki 13 liter pun memastikan motor ini bisa dipakai menjelajah jauh sebelum harus diisi kembali.

Spesifikasi Royal Enfield Hunter 350
Dimensi (PxLxT) 2.055 x 800 x 1.055 mm
Sumbu Roda 1.400 mm
Tinggi Jok 790 mm
Jarak Terendah 170 mm
Berat Basah 191 kg
Kapasitas Tangki 13 liter
Tipe Mesin 4-tak, SOHC, pendingin udara
Diameter x Langkah 72 x 85,5 mm
Kapasitas 349 cc
Rasio Kompresi 9,5 : 1
Transmisi Manual 5 Speed
Tenaga Maksimal 20,6 PS @ 6.100 rpm
Torsi Maksimal 27 Nm @ 4.000 rpm
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Rem Depan Cakram 300 mm, ABS
Rem Belakang Cakram 240 mm, ABS
Ban Depan 110/70-17
Ban Belakang 140/70-17
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor