Konversi Motor Listrik Gak Pakai Lama? Cek Paket dari Elders Garage dan BRT

Vespa listrik garapan Elders Garage.
  • Elders Garage fokus konversi untuk Vespa dan C70.
  • BRT memiliki paket konversi untuk banyak tipe motor.
  • Konversi motor listrik dapat bantuan pemerintah RP 7 juta.

Dalam mengkonversi motor bensin menjadi penggerak listrik, dibutuhkan 3 komponen utama. Yaitu BLDC (BrushLess Direct Current) ada model hub drive dan mid drive, controller, dan tentunya baterai.

Masing-masing komponen utama tersebut memiliki spesifikasi yang sangat beragam, tentunya spesifikasi tersebut menentukan kecepatan, jarak tempuh, dan tidak lupa tentu saja menentukan harga juga.

Tapi tidak perlu khawatir dengan harga, karena pemerintah sudah memberitahu kalau tiap konversi kendaraan listrik akan mendapatkan subsidi atau bantuan sebanyak Rp 7 juta. Jadi total harga konversi motor listrik akan dipotong senilai itu.

Konversi motor listrik baiknya dilakukan di bengkel yang sudah disertifikasi oleh pemerintah, karena itu merupakan bengkel yang sudah memiliki keahlian khusus dengan bantuan peralatan yang memadai. Tidak lupa juga bisa membantu dalam hal pengurusan surat-surat.

Baca juga: Konversi Motor Bensin ke Listrik Disubsidi Rp 7 Juta, Ini Bengkel Rekomendasinya

Seperti Elders Garage dan Bintang Racing Team (BRT) yang merupakan 2 bengkel yang sudah tersertifikasi dari sekian banyak daftar bengkel lainnya. Kedua bengkel ini pun memiliki paket beragam untuk konversi motor listrik.

Dan yang paling penting, kedua bengkel ini menyediakan kit khusus sehingga proses mengubah motor bensin jadi listrik tak perlu menunggu lama. Tak sampai seharian, motor sudah dipakai dengan sumber tenaga listrik. Seperti apa?

Elders Garage

Untuk Elders Garage konversinya ternyata lebih banyak untuk pengguna Vespa klasik dan Honda C70. “Saat ini permintaan paling besar di kami itu Vespa dan Honda C70. Produk terakhir kami yang sudah R&D dan sudah jadi unitnya KLX 150. Ada juga konversi motor roda 3, kemarin sudah kami kerjakan dengan basic TVS Cargo,” ujar Heret Frasthio pemilik Elders Garage. 

Vespa klasik yang bisa dikonversi hampir untuk semua tipe, mulai dari tipe large frame hingga small frame. Untuk Vespa, Elders Garage memiliki 3 paket yang bisa dipilih.

Paling terjangkau ada paket Duro dengan spesifikasi baterai Panasonic Tesla NCR21700 60 V, 19 Ah. BLDC pakai model hub dari QS V1.12 1,2 Kw dengan rem cakram.

Paket konversi motor listrik untuk Vespa dari Elders Garage

Baca juga: Dapat Insentif Rp 7 Juta, Begini Spesifikasi Motor Listrik Volta

Kemudian menggunakan controller YYK 50 ampere. Klaim kecepatan maksimalnya 50-55 km dengan klaim jarak tempuh 40-45 km. Lama pengisian baterai kurang lebih 4 jam. Paket ini dihargai Rp 18,5 juta.

Lalu ada tipe Speedster yang pakai baterai Panasonic Tesla Model3 NCR21700 72 V, 24 Ah. BLDC pakai model hub QS V2 3 Kw dengan ram cakram, controller yang digunakan YYK 80 ampere dengan modul bluetooth agar bisa tersambung dengan smartphone.

Klaim kecepatan maksimalnya 75-80 km/jam dengan klaim jarak tempuh 60-75 km, pengisian baterai membutuhkan waktu 5 jam. Paket ini dibanderol sedikit lebih mahal, yaitu Rp 25,8 juta.

Yang terbaru ada paket Speedster + Batt Tank yang dibanderol Rp 31,2 juta untuk Vespa large frame seperti PX, Super, dan VBB. Pembeda utamanya ada pada baterai yang dibuat di dalam tangki dan membentuk ruang di bawah jok, dengan begitu akan tampil lebih rapi dan mudah untuk dilepas pasang.

Paket konversi Elders Garage untuk C70

Baca juga: Lebih Mahal dari ADV 160 2023, Motor Listrik Honda EM1 e: Jadi Lebih Sporty!

Tangki baterainya ini waterproof IPX4 sehingga aman ketika terkena air saat kondisi hujan atau saat mencuci motor. Kemudian baterainya punya spesifikasi 72 V, 33 Ah dengan BLDC 3 Kw dan pakai rem cakram.

Controller juga diupgrade menjadi 110 ampere, dengan begitu klaim kecepatan maksimalnya menjadi 80-85 km/jam dengan klaim jarak tempuh 60 km pada ECO mode. Pengisian baterainya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3,5 jam.

Kemudian untuk paket Elettrico C70 dibanderol Rp 14,8 juta. Isi paketnya ada BLDC 1.200 watt ring 17 inci, baterai 52 V 24 Ah, klaim kecepatan maksimal 50-55 km/jam, klaim jarak tempuh 45-50 km pada ECO mode, dan lama pengisian baterai kurang lebih 6 jam.

Seluruh harga paket di atas belum termasuk dengan biaya instalasi atau pemasangan yang dipatok Rp 1,5 juta. “Lama pengerjaan konversi ini cuma 3 jam ya. Sekali pengecasan baterai sampai penuh butuh daya 250 watt, kurang lebih Rp 2.500 untuk jarak tempuh sekitar 60 km,” jelas pria yang juga merupakan fotografer profesional ini.

Baca juga: Dapat Insentif, Harga Motor Listrik Gesits G1 Jadi Lebih Murah dari Honda Scoopy!

Untuk melebarkan sayapnya di bidang konversi motor listrik, Elders Garage pun membuka kemitraan untuk para bengkel yang berminat dalam peralihan mesin bensin ke mesin listrik ini.

Bintang Racing Team

Pabrikan aftermarket yang satu ini punya hanya memiliki 2 pilihan paket konversi listrik saja. “Paket pertama menggunakan BLDC 2 kW dengan harga Rp 7,5 juta, kedua pakai BLDC 3 kW harga Rp 10,5 juta. Harga itu diluar baterai, harga baterai kalau gak salah sekitar Rp 8,5 juta,” sebut Tomy Huang punggawa BRT.

Baterai yang digunakan dalam paket ini adalah baterai milik Gesits G1 yang punya  spesifikasi 72V, 20 Ah. Selain BLDC BRT, dalam paketnya sudah termasuk dengan controller BRT Juken 10 dengan spesifikasi 3.000 watt (maksimal), 300 AMP AC (maksimal), short circuit protect, termal protection, dan 48-72 volt.

Kemudian ada throttle body + TPS sensor, DC converter, MCB, dioda, kabel bodi, dan bracket set untuk BLDC, controller, juga baterai. BRT juga memberikan opsional heatsink untuk controller agar lebih cepat melepas panas dan kabel USB untuk mengatur controller.

Pilihan paket dan motor untuk konversi listrik dari BRT

Baca juga: Berlaku 20 Maret, Ini 3 Merek Motor Listrik yang Dapat Insentif Rp 7 Juta

Walau hanya punya 2 paket konversi motor listrik, tapi BRT memiliki banyak bracket konversi untuk beragam tipe motor di indonesia. Mulai dari motor tipe matic, bebek, hingga sport 150.

“Saat ini sudah ada 27 tipe motor yang bisa kami konversi, kebanyakan bebek dan matic.  Seperti Honda BeAT, Yamaha Jupiter Z1, Jupiter Z, XSR150, Honda Tiger, dan masih banyak lagi.”

“Target saya sampai 100 tipe, karena memang tipe motor di Indonesia ini kan banyak banget sedangkan konversi ini gak bisa universal. Jadi bracketnya kan beda-beda, begitu juga kabel bodi yang berbeda,” ujar Tomy Huang owner BRT.

Karena segala kebutuhan motor sudah disiapkan, maka pengerjaan konversi yang dilakukan BRT terbilang singkat. Karena klaimnya bisa mengkonversi motor bensin menjadi listrik hanya dalam waktu 1 jam.

Tinggal pilih deh…

Sura X 125 jadi salah satu motor yang bisa dikonversi oleh BRT

Elders Garage: 0812-8174-7460

BRT: 0822-8109-5233 

Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor