Mengenal Kawasaki KLX230R S, Rp 50 Jutaan Tapi Tak Bisa Turun ke Jalan

Tampangnya mirip motocross sejati, Kawasaki KX.
  • Khusus dijual dengan status off the road.
  • Tak dilengkapi perlengkapan lalu lintas.

Varian motor 'jangkung' dari Kawasaki Indonesia terbilang beragam. Tengok saja deretan tipe dual purpose yang masih berstatus street legal, hingga yang peruntukannya khusus seperti motor hobi, Kawasaki KLX230R S.

Yup, meski berbasis sama seperti motor trail dual purpose Kawasaki KLX230, tapi Kawasaki KLX230R S tidak berstatus street legal. Sebab motor ini tak dibekali dengan perlengkapan lalu lintas. Sehingga tak bisa dipakai di jalan raya. Lalu seperti apa detailnya?

Baca Juga: Alasan Kawasaki Indonesia Hanya Lepas Ninja ZX-4RR Versi Tertinggi

Kawasaki KLX230R S Motocross Sejati

Dilihat dari tongkrongannya, motor ini tampil ala motocross sejati yang kerap turun di arena kompetisi. Hal ini seperti hadirnya cover number sebagai pengganti batok lampunya. 

Lalu desain bodi terlihat lebih ramping dan absennya spakbor belakang. Tutup tangkinya pun berbeda dengan model motocross yang dilengkapi dengan selang udara.

Bagian setang dan kokpitnya pun minimalis. Tak ada panel spidometer yang tertanam di motor ini. Lekuk setangnya lebih rendah dengan hadirnya selongsong gas spontan dan sudut belok 108 mm/25,7 derajat.

Kombinasi ban depan 18 inci dan belakang 21 inci membuat Kawasaki KLX230R S cocok dipakai untuk trabasan ke kawasan perbukitan medan berat. Suspensi depannya memang mirip dengan KLX230 S, yakni teleskopik 37 mm. Bukan up side down seperti KLX230 SE. Meski demikian jarak travelnya cukup besar, yakni 230 mm.

Tanpa spakbor belakang

Sedangkan suspensi belakangnya bertipe monosok Uni Trak adjustable spring preload. Jarak mainnya mencapai 233 mm. Oiya, motor dengan jarak terendah ke tanah 275 mm ini punya tinggi jok 900 mm, atau lebih rendah 25 mm dari KLX230R.

Baca Juga: Reinkarnasi Kawasaki Eliminator 400, Modal Mesin Ninja Dijual Rp 99 Juta!

Mesin Lebih Bertenaga

Ditengok dari mesinnya, Kawasaki KLX230R S memang memakai basis yang sama dengan KLX230 S. Di mana tertanam tipe 4-tak, 233 cc SOHC berpendingin udara. 

Mesin identik KLX230.

Tenaganya mencapai 20 PS atau lebih besar dari KLX230 S yang berdaya 19 PS. Mesin dengan sistem injeksi 32 mm ini dilengkapi transmisi manual 6-speed. 

Harga Terjangkau

Sebagai motor hobi, banderol Kawasaki KLX230R S cukup terjangkau, yakni Rp 50,4 juta. Sedikit lebih tinggi dari KLX230 S yang dilepas Rp 49,9 juta.

Tapi terlihat lebih murah jika disandingkan dengan KLX230 SE seharga Rp 54,9 juta. Bahkan dibandingkan sesama varian non street legal, seperti Kawasaki Stockman (Spesifikasi | Berita) yang dilepas Rp 57,5 juta. Lumayan kan?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki KLX 230
Lihat