PT Piaggio Indonesia (PID) turut serta meramaikan gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Empat merek di bawah naungannya akan hadir di ICE, BSD City, nanti. Termasuk pula Moto Guzzi yang diprediksi bakal merilis Moto Guzzi V100 Mandello.
Jika ditilik ke belakang, PID memang belum pernah secara langsung terjun ke GIIAS. Sekalipun ada, tak lain berasal dari perwakilan diler mereka saja.
Berbeda dengan helatan kali ini, di mana jenama dagangan mereka seperti Piaggio, Vespa, Aprilia dan Moto Guzzi muncul sebagai pemeriah ajang 10-23 Agustus mendatang.
Khusus Moto Guzzi, PID tentu tidak ingin debut ini cuma dijadikan momen untuk memajang produk eksis. Sementara diketahui, Moto Guzzi V100 Mandello baru-baru ini meluncur di beberapa negara.
Sekadar informasi, motor baru Mooto Guzzi tersebut sudah lebih dulu hadir di Malaysia. Jadi, cukup logis jika GIIAS 2023 dimanfaatkan oleh Piaggio Indonesia untuk meluncurkan motor touring ini.
Moto Guzzi V100 Mandello sendiri hadir sebagai peringatan ulang tahun Moto Guzzi ke-100 tahun di 2021. Motor ini pun menganut desain yang cukup ikonik dari generasi terdahulunya.
Baca juga: Sosok Moto Guzzi California, Motor Penabrak Santri yang Dikira Harley-Davidson
Ada campuran desain dari Moto Guzzi Le Mans 850 tahun 1976 yang terlihat pada side panel termasuk 3 potongan siripnya. Sedangkan half fairing punya desain tegas yang tampak seperti Le Mans 850 mark III lansiran 1981.
Desain lampu belakangnya pun tak kalah unik, karena menggunakan model membulat sehingga cukup memberikan kesan klasik di balik suguhan fitur-fitur modern.
Seperti pada varian tertingginya yaitu V100 Mandello S. Sudah menggunakan semi-active Öhlins Smart EC 2.0 suspension dan quickshifter up/down yang membuat proses perpindahan gigi lebih singkat dan mudah.
Bahkan, ini jadi motor pertama yang menggunakan adaptive aero. Keberadaan sayap mungil di samping sisi atas tangki bensin miliknya, akan terangkat atau membuka otomatis 30 derajat pada mode Tour di kecepatan 70 km/jam.
Baca juga: Curi Perhatian, Moto Guzzi V7 Stone Tampil Makin Gagah Usung Konsep Scrambler
Tapi, bisa juga diatur sesuka hati pada kecepatan 30-95 km/jam melalui penyetelan pada spidometer. Klaimnya, adaptive aero ini bisa mengurangi tekanan angin ke badan sebanyak 22%.
Belum lagi terdapat spidometer TFT display 5 inci dengan isi informasi lengkap. Lalu ada pula 4 pilihan riding mode, sistem konektivitas MIA, sensor IMU 6 axis, electric windshield, cornering lamp dan masih banyak lagi.
Dibekali mesin baru dengan spesifikasi diameter piston 96 mm dan panjang langkah 72 mm membuat kapasitas mesin Transversal V-Twin ini 1.041,7 cc. Bahkan, ini jadi mesin pertama Moto Guzzi yang menggunakan cairan serta radiator untuk menjaga suhunya.
Kepala silinder DOHC dengan 4 katupnya juga baru, karena posisinya diputar 90° sehingga intake mengarah ke sisi tengah mesin dan port exhaust mengarah ke samping.
Baca juga: Harga Rp 600 Jutaan, Apa Menariknya Moto Guzzi V85 TT Travel 2022?
Dengan begitu, ruang kaki pengendara menjadi lebih lega karena tidak termakan oleh throttle body atau jalur filter udara. Tenaga maksimal mesin pun diklaim mencapai 116,5 PS di 8.700 rpm dengan torsi maksimal 105 Nm pada 6.750 rpm.
Output tersebut tersalur ke roda belakang menggunakan gardan. Namun untuk torsi, disebut sudah terasa 82% sejak 3.500 rpm. Wow!
Semoga jadi kenyataan dengan harga masuk akal ya!
Spesifikasi Moto Guzzi V100 Mandello 2023 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 4 langkah, v-twin transversal, DOHC 8 katup, injeksi, pendingin cairan, throttle by wire | |
Kapasitas | 1.041,7 cc | |
Bore x stroke | 96 x 72 mm | |
Rasio kompresi | 12,6:1 | |
Tenaga maksimal | 116,5 ps @8.700 rpm | |
Torsi maksimal | 105 Nm @6.750 rpm | |
Transmisi | Manual 6 percepatan | |
Kopling | Pelat majemuk, basah | |
Penggerak akhir | Gardan | |
Rangka | High strength steel pipes trellis | |
Suspensi depan | Ohlins Smart EC 2.0 43 mm fully adjustable, stroke 130 mm, semi-active compression & rebound | |
Suspensi belakang | Ohlins Smart EC 2.0 fully adjustable, stroke 54 mm, semi-active compression & rebound, remote preload adjustment | |
Rem depan | Cakram ganda Ø320 mm, kaliper radial Brembo 4 piston + cornering ABS | |
Rem belakang | cakram Ø280 mm, kaliper Brembo 2 piston + cornering ABS | |
Ban depan | 120/70-17 | |
Ban belakang | 190/55-17 | |
P x L | 2.125 mm x 835 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.475 mm | |
Tinggi jok | 815 mm | |
Kapasitas tangki | 17 liter |