Dapat Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta Makin Gampang, Cuma Ini Syaratnya

Motor listrik Alva
  • Kemenperin memberlakukan satu NIK untuk 1 unit.
  • Merangsang program subsidi yang sebelumnya kurang diminati.

Kabar gembira bagi Anda yang berminat untuk menebus motor listrik bersubsidi. Mulai Agustus 2023 ini penerima subsidi motor listrik sebesar Rp 7 juta kian dipermudah.

Keputusan tersebut diumumkan secara resmi oleh Kementerian Perindustrian pekan ini. Yakni dengan terbitnya Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin No. 6 Tahun 2023.

Sehingga penerima subsidi motor listrik Rp 7 juta bukan lagi diperuntukan pada sebagian orang seperti sebelumnya. 

Di mana insentif sebelumnya hanya diberikan kepada penerima Kredit Usaha Rakyat, bantuan produktif usaha mikro, bantuan subsidi upah dan penerima subsidi listrik 900V.

"Dasar utama perubahan kebijakan ini adalah untuk percepatan dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri serta mewujudkan Indonesia yang lebih bersih.

Tujuan tersebut, tentu akan berdampak terhadap peningkatan investasi, memacu produktivitas dan daya saing industri, serta perluasan tenaga kerja,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resminya Selasa (29/8/2023).

Baca Juga: Gesits Raya E Hadir di PEVS 2023, Harga Rp 24 Jutaan

Subsidi Motor Listrik Bermodal KTP

Dalam Permenperin 21/2023 disebutkan bahwa program bantuan diberikan untuk satu kali pembelian motor listrik yang dilakukan oleh masyarakat dengan satu nomor induk kependudukan (NIK) yang sama. 

NIK di KTP bisa jadi modal dapat subsidi

“Artinya, masyarakat yang ingin mendapatkan program bantuan pemerintah ini syaratnya adalah WNI berusia paling rendah 17 tahun dan memiliki KTP elektronik. Satu NIK KTP bisa membeli satu unit motor listrik,” jelas Menperin.

Selain itu, Permenperin 21/2023 juga mempermudah pendataan konsumen. Diler hanya perlu melakukan pemeriksaan kesesuaian data pembeli yang berbasis NIK yang terintegrasi dengan data Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Data itu disebut Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (SISAPIRa).

Baca Juga: Tergoda Alva Cervo? Tenang, Cicilannya Mulai Rp 700 Ribuan Doang!

Skema Subsidi Sebelumnya Kurang Diminati

Sulitnya persyaratan pada Permenperin No. 6 Tahun 2023 yang mengatur subsidi motor listrik sebelumnya membuat minim peminat. 

Seperti dikutip dari data SISAPIRa pada Kamis (31/8/2023) baru ada 617 pemohon subsidi yang telah terverifikasi. Serta 225 bantuan yang tersalurkan. Padahal targetnya ada 200.000 pemohon subsidi di 2023.

Motor listrik Smoot Tempur

Meski demikian, dengan adanya regulasi baru ini Ketua Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) Budi Setyadi mengaku optimistis penyaluran subsidi akan mencapai target 200.000 unit pada tahun 2023.

Apalagi per 31 Agustus sudah ada 1.589 proses pendaftar baru yang menunggu untuk mendapatkan subsidi motor listrik.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Persiapan Uji Emisi Buat Motor, Lakukan Lima Hal Ini

Uji emisi tengah digencarkan pemerintah. Perawatan mesin jadi kunci rendahnya emisi. Belakangan ini polusi udara di Jakarta sangat mengkhawatikan. Salah satu penyumbang polusi tersebut ditengarai adalah gas buang kendaraan, termasuk sepeda motor. Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menerapkan kebijakan ketat untuk menekan emisi. Salah satunya dengan pengawasan lewat uji emisi untuk kendaraan berusia di atas tiga tahun. Bahkan, ada sanksi berupa tilang yang bakal diberlakukan bagi ke

Pemilik Honda Vario 160 di Malaysia Mulai Resah Soal Rangka eSAF

Bercak silikat ada di rangka eSAF Honda Vario 160 Malaysia. Kasus rangka eSAF Indonesia jadi pembahasan di Malaysia. Viralnya kasus rangka eSAF yang patah dan berkarat di motor matic Honda Indonesia ternyata mulai merambat ke negeri jiran, bahkan pemilik Honda Vario 160 di Malaysia ikutan resah. Pasalnya beberapa pengguna motor ini di sana mulai mengeluhkan munculnya bercak silikat yang tampak seperti karat pada rangka motornya. Beberapa kondisi rangka yang terindikasi karat tersebut diunggah di

Ducati Scrambler 800 Kembali Sapa Indonesia, Harga Rp 300 Jutaan Aja!

Hadir dalam 3 pilihan tipe. Lebih ringan dengan elektronik modern. Garansi 2 tahun unlimited kilometer. Ducati Indonesia terus melengkapi line up produknya, setelah sukses dengan jajaran produk high end dari Ducati ‘merah’ kini mereka memperkenalkan varian Ducati paling terjangkau, yaitu Scrambler 800 series. Launching yang bertemakan Next-Gen ini menghadirkan varian Scrambler dalam tipe Icon dengan banderol Rp 377 juta, lalu ada varian Full Throttle dan Nightshift yang dibanderol Rp 410 juta of

Bukan eSAF, Ini Modal Honda Giorno+ Buat Lawan Yamaha Grand Filano

Honda Giorno+ menjadi rival Yamaha Grand Filano. Menawarkan keunggulan pada sisi akomodasi dan performa. AP Honda tak ambil pusing dengan keriuhan rangka eSAF Honda di Indonesia. Pemegang merek Honda di Thailand itu baru saja merilis Honda Giorno+ yang sudah barang tentu bakal berhadapan dengan Yamaha Grand Filano. Dari sisi desain, baik Giorno+ maupun Grand Filano sama-sama mengusung konsep matic retro-modern sekaligus premium. Termasuk pula mengenai pemilihan lingkar roda berukuran 12 inci (de

Sensasi Ngegas Yamaha R15 Connected di Sirkuit Mandalika, Nikmat Tapi...

Motor standar pabrik, kecuali ban. Trek lurus dapat 131 km/jam. Handling lincah dan anteng. Jika sebelumnya kami pernah mencoba sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok dengan motor besar, kali ini pakai Yamaha R15 Connected. Yup, motor sport kecil bermesin 155 cc full fairing yang masuk keluarga Yamaha R-Series. Kesempatan ini kami dapatkan saat gelaran Yamaha Sunday Race seri perdana 19-20 Agustus 2023 lalu. Motor yang dipakai benar-benar unit standar, kecuali ban yang sudah diganti pakai IRC MBR

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor