Tilang Uji Emisi Siap Diberlakukan Lagi, Tak Perlu Cemas Ikuti Langkah Ini

Uji emisi
  • Servis mesin dan sistem bahan bakar pengaruhnya signifikan.
  • Bisa langsung uji emisi gratis.

Pemprov DKI Jakarta dan kepolisian kembali mencanangkan razia uji emisi mulai 1 November nanti. Untuk itu, ada baiknya motor Anda diservis dan melakukan uji emisi.

Layanan tersebut turut ditawarkan oleh Planet Ban. Selain menawarkan uji emisi gratis, Anda pun bisa melakukan servis agar bisa lulus uji emisi.

Baca Juga: Servis Motor di Planet Ban Bisa Uji Emisi Gratis

Kondisi Ruang Bakar Perlu Dijaga

Menurut Deden Hendra Shakti, Chief Operation Officer Planet Ban motor yang ingin lulus uji emisi perlu memperhatikan kondisi ruang bakar. Karena prinsipnya ekosistem pembakaran perlu dijaga. 

"Bagian mesin tersebut, perlu dirawat dan dibersihkan rutin. Kemudian campuran udara dan BBM harus di posisi ideal. Selain itu spare part aus, harus diganti. Karena berpengaruh di emisi yang naik akibat dipengaruhi pembakaran mesin," jelasnya.

Servis rutin bisa mengurangi emisi

Di sisi lain, sistem bahan bakar seperti karburator dan injektor serta pemilihan BBM juga berpengaruh kepada emisi gas buang.

"Kualitas BBM mempengaruhi kondisi ruang bakar. Karena menghasilkan pembakaran yang kurang efisien dan membuat tumpukan karbon. Jika dibersihkan akan membuat ruang mesin lebih bersih," timpal Chief Innovation Officer Planet Ban, Wisnu Satriya.

Servis Rasa Mesin Baru

Dengan metode Servis Rasa Mesin Baru yang dilakukan oleh Planet Ban, rata-rata terbukti dapat menurunkan kadar emisi HC mereka turun sebesar 67 persen dan kadar emisi CO juga turun sebesar 73 persen.

Sudah hadir sejak 2018

Bahkan setelah servis bisa langsung uji emisi di gerai Planet Ban tertentu.

Wisnu menyebut jika Planet Ban punya 3 produk yang membuat mesin menjadi berasa baru. Diantaranya lewat Throttle Body Intake Cleaner untuk sistem bahan bakar. 

Kemudian ada auto clean up yang lebih menyeluruh. Karena pembersihan dilakukan mulai dari tangki ke injektor dan masuk ke proses pembakaran. 
"Itu dibersihkan semua. Tidak hanya itu. Pembersihan juga dilakukan hingga ke intake dan katalis knalpot," ucap Wisnu. 

Tak ketinggalan, ada Auto Tune Up yang akan membersihkan ruang oli. Oli mempengaruhi kerja kompomen mesin yang juga bisa berefek ke emisi.

"Pengaruh saat terjadi di pergerakan piston. Masalah di oil slump juga bisa merusak ring piston. Karena oli yang masuk ke ruang bakar bisa menambah emisi motor," jelasnya.

Baca Juga: Motor Listrik BMW CE 02 Produksi India Meluncur, Harganya Setara Mobil LCGC

Efek Servis Mesin

Deden juga menyebutkan jika lewat program Servis Rasa Mesin Baru, ada empat benefit yang bisa didapat.

Hasil uji emisi

"Mulai dari mesinnya yang makin bersih. Lalu juga bisa mengurangi emisi, efisiensi BBM yang lebih baik dan tarikan lebih enteng," ucapnya.

Dirinya mengatakan jika kampanye Servis Rasa Mesin Baru sudah dilaunching sejak 2018. 

"Biayanya sekitar Rp 70 ribu, sudah bisa membersihkan rangkaian ruang bakar dari tangki, injektor, ruang bakar hingga knalpot. Interval pembersihannya tergantung jenis BBM, tapi rata-rata mulai tiap 5.000 km," urai Deden.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Jelang MotoGP Mandalika, Diler Motoplex Mataram Resmi Beroperasi

Diler 4 brand Piaggio Indonesia hadir di Mataram. Menjadi diler pertama Motoplex di Nusa Tenggara Barat. Dihadiri oleh pembalap tim Aprilia Racing MotoGP. Seri ke-15 MotoGP 2023 berlangsung akhir pekan ini di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Bersamaan dengan itu pula, diler Motoplex Mataram resmi beroperasi. Sebagaimana konsep utamanya, diler Motoplex Mataram menghadirkan lini produk dari empat merek yang diniagakan PT Piaggio Indonesia (PID) di Indonesia. Terdiri dari Piaggio, Vespa, Mot

Beban Takaaki Nakagami, Usai Marquez Tinggalkan Honda di MotoGP

Nakagami berpengalaman 6 tahun bersama Honda. Sebut Marquez pembalap serba bisa. Siap bantu Honda kembangkan motor. Rider asal Jepang, Takaaki Nakagami kini menjadi rider dengan pengalaman paling banyak bersama Honda di MotoGP, usai Marc Marquez hengkang. Dirinya telah enam musim membesut Honda RC213V pada ajang balap motor dengan kasta tertinggi itu. Sebagai rider paling senior bersama pabrikan sayap mengepak, sedikit banyak Nakagami harus menanggung beban, terhadap pengembangan motor. "Marquez

Tilang Uji Emisi Bakal Kembali Dijalankan Awal November Nanti

Sempat berjalan singkat di bulan September. Dianggap pihak kepolisian tidak efektif. Setelah sempat berjalan selama beberapa hari di bulan September lalu, maka per 1 November mendatang, tilang uji emisi siap diberlakukan kembali. Hal ini disampaikan oleh Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Menurutnya, dalam razia mendatang pihaknya sudah berkordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. "Sudah kami kordinasikan untuk razia di lapangan," ucapnya se

Deretan Yamaha XSR155 Custom Ikut Mejeng di Kustomfest 2023

Kustomfest 2023 jadi magnet penggemar custom. Tampilan retro Yamaha XSR155 bikin mudah dimodifikasi. Gelaran spesial bagi penggemar custom, yakni Kustomfest 2023 kembali hadir pada Sabtu-Minggu (7-8/10/2023). Sama seperti tahun lalu, Kustomfest 2023 dihelat di Jogja Expo Center. Ada beragam daya tarik ajang tahunan ini, mulai dari titik kumpul sesama pecinta custom hingga deretan mobil dan motor yang telah dirombak tampilannya jadi makin menarik. Salah satunya ada di booth Yamaha Yard Built x Ku

Jelang MotoGP Mandalika, Pembalap Lenovo Ducati Dapat Dukungan Komunitas

Pecco dan Enea terkesan pada komunitas motor di Indonesia. Ada sesi penandatangan memorabilia. Menjelang balap MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika akhir pekan nanti (13-15/10/2023), Ducati Indonesia mengajak para penggemarnya untuk bertemu langsung dengan para pembalap MotoGP. Keduanya adalah Fransesco Bagnaia dan Enea Bastianini dari tim pabrikan Ducati. Kegiatan ini dikemas dalam acara meet & greet pada Selasa (10/10/2023) di Acta Brasserie, Senayan, Jakarta Selatan. Tak hanya para Ducati Co

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor