Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan Isuzu Panther

Isuzu Panther adalah Multi Purpose Vehicle (MPV) legendaris yang punya usia sangat panjang di Indonesia. Pertama kali dibuat pada 1991, mobil ini khusus dikembangkan dan diproduksi di Indonesia. Menariknya, dari dulu hingga kini desainnya tak banyak berubah. Lantas apa kelebihan dan kekurangan mobil yang dijual mulai Rp 287 jutaan sampai Rp 343 jutaan ini?

Kelebihan Isuzu Panther

1. Mesin Diesel Bandel

Keunggulan utama mobil ini adalah mesinnya. Mayoritas mobil jenis MPV menggunakan mesin bensin. Tapi dari dulu hingga sekarang Panther tetap pada pendiriannya untuk terus menggunakan mesin diesel. Ya,alasannya apalagi kalau bukan Isuzu Rajanya Diesel. Keuntungan memakai mesin diesel adalah torsi besar.

Mesin Isuzu Panther berkapasitas 2,5 liter turbocharged yang bertenaga 80 PS pada 3.500 rpm dengan torsi puncak 191 Nm pada 1.800 rpm. Memang tenaganya tak seberapa dibanding MPV lain yang lebih murah harganya. Tapi torsinya ini bahkan lebih besar dari Toyota Innova Diesel 2.4L.

Tak hanya menawarkan torsi besar yang dapat diandalkan di tanjakan terjal, mesinnya ini juga dikenal bandel. Perawatan mesin Isuzu Panther tergolong mudah. Selain itu, mesin dengan bantuan induksi turbo ini menawarkan konsumsi bahan bakar yang tergolong irit. Bayangkan, hasil testimoni sejumlah penggunanya menyebut angka konsumsi BBM rata-rata 10 kpl sampai 13 kpl. Catatan yang impresif untuk ukuran mobil bermesin 2,5 liter.

2. Dimensi Luas

Keunggulan lain mobil ini adalah dimensinya yang besar. Isuzu Panther memiliki dimensi panjang 4.535 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi 1.920 mm. Memang bukan yang terbesar di kelasnya. Tapi ukurannya ini cukup untuk menampung 7-penumpang dengan nyaman di dalam kabinnya.

3. Monitor Atap Dan Kamera Parkir

Sebagai mobil yang berusia cukup lawas, Isuzu Panther memang tak dilengkapi fitur hiburan yang berlimpah. Namun Isuzu tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada penghuni kabin Panther. Varian tertingginya misalnya, head unit masih single-DIN memang. Tapi terdapat layar monitor di atap untuk memutar DVD. Tersedia pula subwoofer yang menambah khidmat suasana saat penumpang belakang menonton film.

Lalu ada peranti lain yang mengejutkan. Isuzu Panther Indonesia memang belum bisa memasang sistem multimedia layar sentuh di dashboardnya. Tak kehabisan akal, Isuzu menempatkan layar monitor untuk kamera parkir di spion tengah. Fitur ini terus terang membuat Isuzu Panther jadi lebih menarik. Tak ketinggalan, memarkir kendaraan dipandu lagi oleh sensor parkir di belakang.

4. Jok Kulit

Interior Isuzu Panther memang jauh dari kata mewah. Tapi setidaknya untuk mendukung kenyaman penghuni kabinnya, Isuzu melapisi jok, kemudi dan konsol tengah Panther varian termahal dengan material kulit. Selain lebih nyaman, pelapis jok kulit ini juga lebih mudah dibersihkan bila terkena tumpahan cairan. Varian di bawahnya, jok masih dilapisi bahan kombinasi kulit dan vinyl.

Kekurangan Isuzu Panther

1. Suara Dan Getaran Mesin Keras, Emisinya Tinggi

Suara dan getaran yang keras bukan penghalang bagi penikmat mobil bermesin diesel. Ya memang seperti itulah ciri khasnya. Tapi memang kualitas noise, vibration and harshness mobil ini patut mendapat peningkatan yang signifikan. Getaran dan suara yang dihasilkan mesinnya sangat keras dan cukup mengganggu kenyamanan penghuni kabinnya.

Di atas itu semua, mesin diesel miliknya berteknologi lawas. Masalah menghadang di tahun 2021 jika standar emisi Euro-4 mulai diterapkan di Indonesia. Lantaran itulah bila Panther tak mengalami penyempurnaan dari segi emisi gas buang, produksi Isuzu Panther terpaksa harus dihentikan.

2. Rasa Berkendara Kurang Nyaman

Berdiri di atas struktur rangka bertingkat, Isuzu Panther memang tak senyaman MPV dengan chasis monokok. Apalagi ia memiliki ground clearance yang cukup tinggi. Panther juga memakai velg berdiameter 15-inci dengan ban berprofil sangat tebal, 235/70R15. Bobotnya yang lebih dari 2,1 ton (2.170 kg) membuat body roll cukup terasa saat menikung di kecepatan tinggi.

3. Fitur Keselamatan Nihil

Pertimbangan utama dalam membeli kendaraan, salah satunya faktor keselamatan. Masalahnya, Isuzu Panther boleh dibilang tak dilengkapi fitur keselamatan apapun selain sabuk pengaman. Jangankan airbag atau fitur keselamatan aktif kontrol traksi, rem ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA (Brake Assist) saja ia tak punya.

4. Minim Fitur

Untuk ukuran mobil yang dijual seharga Rp 300 jutaan, fitur yang dimiliki Isuzu Panther sangat terbatas. Belum tersedia kunci pintar untuk akses ke dalam kabin yang mudah. Tombol untuk menghidupkan dan mematikan mesin pun tak ada. Lampu utama masih pakai bohlam halogen multireflektor yang konservatif.

Jangan jauh-jauh, ia juga tak didukung sistem multimedia layar sentuh dengan tombol pengaturan audio di lingkar kemudi. Apalagi fungsi konektivitas dengan smartphone secara mirroring, jelas tidak ada.

Tombol pengaturan AC digital dengan mode otomatis tak akan ditemui di dalam kabinnya. Lubang listrik untuk mengisi ulang daya gawai di kursi baris kedua dan ketiga pun tak ada. Ruang penyimpanan di dalam kabin sangat terbatas. Intinya, jangan mengharapkan Anda mendapat banyak fitur bila membeli mobil ini.

Harga dan Kesimpulan

Kesimpulannya, Isuzu Panther memang mobil legendaris yang punya sejarah panjang di Indonesia. Namun, tanpa perubahan berarti dalam satu dekade terakhir, Panther harus mengejar banyak ketertinggalan dari para pesaingnya. Rival lain seperti Toyota Kijang Innova yang juga tersedia dalam pilihan mesin diesel misalnya. Ia punya tampilan yang lebih modern dan menyuguhkan lebih banyak fitur di dalamnya.

Kalau dibandingkan secara head-to-head harga keduanya sekarang berbeda jauh. Toyota Kijang Innova Diesel dijual mulai dari Rp 355 jutaan sampai Rp 428 jutaan.Isuzu Panther memiliki total 4 varian. Harga Isuzu Panther 2020 berkisar dari Rp 288 juta hingga Rp 344 jutaan. Ini merupakan harga Isuzu Panther baru dan tidak beda jauh dengan harga Panther 2019.

Meski begitu, melihat harga Isuzu Panther termahal yang dipatok Rp 343 jutaan, konsumen tentu mengharapkan value lebih yang bisa mereka dapatkan.

Daftar Harga Isuzu Panther
Daftar Harga Isuzu Panther
Isuzu Panther Smart  Rp 287,9 juta
Isuzu Panther LV Rp 298,8 juta
Isuzu Panther LS  Rp 317,4 juta
Isuzu Panther Grand Touring Rp 343,7 juta
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Isuzu Panther

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

Lima Hal Menarik dari Isuzu Panther!

Isuzu Panther Bekas, Layak Jadi Alternatif Calya-Sigra?

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil
Isuzu Panther
Lihat