Rp 286,60 - 342,30TBC Juta

Harga di Indonesia

Isuzu Panther Spesifikasi
Segmen
Tipe bodiMPV
Jenis penggerakRWD
Kapasitas mesin2.5L
Tenaga80PS
Tempat Duduk7

Isuzu Panther Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Mesin Diesel Bandel

  • Hemat Bahan Bakar

  • Interior Cukup Leluasa

  • Dilengkapi Monitor Atap, Sensor Parkir, dan Kamera Parkir

  • Jok Sudah Dilapisi Material Kulit

Kekurangan

  • Mesin Kurang Bertenaga

  • Minim Fitur Hiburan

  • Suara dan Getaran Dari Mesin Keras

  • Emisi Tinggi, Tidak Ramah Lingkungan

  • Pengendaraan Kurang Nyaman

  • Hanya Ada Sabuk Pengaman Sebagai Fitur Keselamatan

  • Harga Tidak Sebanding Dengan Fitur Yang Ditawarkan

Isuzu Panther Gambar

Eksterior

Interior

Isuzu Panther Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Isuzu Panther merupakan salah satu model legendaris Isuzu yang dikenal memiliki tenaganya sangar dengan kabin yang lapang. Perubahannya terus terjadi hingga saat ini harga Isuzu Panther dipasang mulai dari Rp287 jutaan untuk varian entry level Isuzu Panther SMART bertenaga diesel. Sedangkan varian tertinggi saat ini dipegang oleh Isuzu Panther Grand Touring yang dibanderol mulai dari Rp343 jutaan.

    Isuzu Panther merupakan MPV kompak yang dipasarkan sejak 1991 dengan generasi kedua meluncur pada 6 September 2000. Dengan kategori MPV Segmen C, Isuzu Panther diproduksi di pabrik Isuzu di Sunter, Jakarta Utara. Kesan ‘Si Raja Diesel’ memang tak lepas dari Isuzu, dan terlihat dari mesin diesel yang digunakan Panther. Empat varian Panther mendapatkan mesin 4JA1 DI 2.5L 4-silinder yang terkenal akan ketangguhan kebandelannya di jalanan Indonesia.

    PT Isuzu Astra Motor Indonesia sudah merilis All New Panther, sebuah versi MPV Isuzu yang benar-benar mengalami perubahan. Di masa depan, bekerjasama dengan General Motors Corporation (GM). 

    Kendaraan ini dikembangkan di bawah kode nama "the 160 Project (selanjutnya disebut the 160)", akan dikerjakan dan dijual oleh Isuzu dan GM sebagai MPV generasi berikutnya, terutama di negara-negara berkembang.

    Belum lama ini, Isuzu Panther menghadirkan generasi barunya. Selain untuk memperbarui mobil ini, generasi terbarunya juga hadir karena adanya kebijakan internasional penggunaan daya emisi yang harus bertaraf EURO 4. Di Indonesia sendiri kebijakan tersebut telah diberlakukan mulai tahun 2019 lalu, dan oleh karena itu, Isuzu Panther mengubah teknologi Direct Injection menjadi Common Rail. 

    Tetapi bukan itu saja hal yang perlu diketahui mengenai Isuzu Panther. Bagi para konsumen yang berminat untuk membeli Isuzu Panther, sebaiknya baca dulu review mobil Isuzu Panther berikut ini.

    Harga Isuzu Panther :

    Varian Harga
    Isuzu Panther Smart Rp 287.900.000
    Isuzu Panther LV Rp 294.800.000
    Isuzu Panther LS Rp 317.400.000
    Isuzu Panther Grand Touring Rp 343.700.000

    Spesifikasi Isuzu Panther :

    Mesin Isuzu Panther 2020
    Tipe Mesin 4JA1L Turbocharger2.499 cc80 PS @ 3.500 rpm192 Nm @ 1.800 rpm
    Kapasitas Silinder 2.499 cc
    Tenaga Maksimal 80 PS @ 3.500 rpm
    Torsi Maksimal 192 Nm @ 1.800 rpm
    Sistem Common rail
    Kapasitas Tangki 55 L
    Jenis Bahan Bakar Diesel
    Dimensi Isuzu Panther 2020
    Panjang 4.535 mm
    Lebar 1.770 mm
    Tinggi 1.873 mm (1.920 mm untuk varian Grand Touring)
    Kaki-Kaki dan Suspensi Isuzu Panther 2020
    Pelek/Ukuran Ban 235/70 R15
    Velg Alloy wheel

    Sejak tahun 1990-an hingga sekarang, gelar “Raja Diesel” masih dengan setia melekat pada mobil Isuzu Panther ini. Kendati pasar mobil MPV di dunia otomotif Tanah Air semakin ramai dengan hadirnya berbagai model MPV yang baru, nyatanya Isuzu Panther masih bisa membuktikan eksistensinya sebagai salah satu model MPV dengan mesin yang tangguh dan dapat diandalkan.

    Isuzu Panther ini dikenal dengan beberapa nama berbeda di berbagai negara. Di Filipina, Isuzu Panther dikenal dengan nama Isuzu Crosswind, sementara di Vietnam mobil ini disebut sebagai Chevrolet Tavera. Mobil ini sempat mendapatkan facelift di tahun 2005, dan pembaruan terakhir pada 2019.

  • Eksterior

    Tampak Depan Bawah Isuzu Panther


    Pada bagian depannya, bisa terlihat bahwa Isuzu Panther generasi terbaru menghadirkan lampu depan dengan ukuran yang agak lebar dengan lampu sein di sisi kanan dan kirinya. Penggunaan lampu ini dinilai bisa memberikan pencahayaan yang lebih baik demi kenyamanan berkendara di malam hari. 

    Isuzu Panther juga menghadirkan Fog Lamp di bagian bawahnya demi memberikan penerangan yang lebih baik ketika berkendara dalam keadaan berkabut ataupun hujan lebat. Grille depannya tampil keren dengan adanya logi Isuzu di bagian tengah, menegaskan ciri khas Isuzu Panther sebagai salah satu mobil andalan dari Isuzu. 

    Di bagian sampingnya, Isuzu Panther terkesan lebih modern dan minimalis berkat garis tegas yang melintang dari bagian depan hingga ke belakang. Tidak hanya itu, MPV gagah ini juga memiliki roof rail di bagian atapnya. Akses keluar masuk kendaraan untuk penumpang juga dipermudah dengan adanya pijakan side step di bagian samping. 

    Untuk bagian belakangnya, Isuzu Panther juga masih tampak gagah. Pada bagian ini terdapat Stop Lamp dengan desain memanjang ke bawah. Ada pula lampu kombinasi dan kait derek pada bagian belakang mobil ini. 

    Sedangkan untuk pilihan warnanya sendiri, Isuzu Panther ini menawarkan 5 pilihan warna berbeda. Kelima pilihan warna tersebut antara lain Black Solid, Bright Red, Dune Grey Metallic, Arctic Silver Metallic, dan Platinum Silver Metallic.

  • Interior

    Jika melihat bagian interiornya, kita akan langsung disambut dengan dashboard-nya. Bagian dashboard dari Isuzu Panther ini terlihat sederhana, tetapi cukup gagah berkat desain setir yang berukuran cukup besar. Dashboard-nya sendiri dilengkapi dengan dua buah AC Blower yang bisa melakukan pendinginan secara menyeluruh di dalam kabinnya.

    Pada bagian atas dashboard ini tersedia sebuah panel audio yang bisa memutar musik melalui Bluetooth dan Port USB. Panel audio ini juga mampu memberikan opsi musik seperti radio AM/FM, CD, DVD dan AUX. Pada dashboard-nya juga tersedia tombol yang berfungsi untuk mengatur layar visual yang ditempatkan di bagian atas kabin.

    Untuk bagian setirnya sendiri, Isuzu Panther membalutnya dengan bahan kulit yang tentunya berkualitas, sehingga pengemudi dapat merasa nyaman dan tidak cepat merasa lelah ketika mengemudi. Desain setirnya juga masih sama dengan generasi sebelumnya yang memberikan kesan modern pada interior mobilnya.

    Beralih ke bagian kursinya, Isuzu Panther ini menggunakan kursi yang dibalut dengan material kulit berkualitas tinggi. Kursinya juga cukup empuk dan memiliki desain yang cukup elegan. Kapasitas kursinya sendiri bisa menampung hingga 7 orang penumpang. Kapasitas penumpang yang cukup besar ini sangat cocok bagi konsumen yang mencari mobil keluarga.

    Ada pula head unit single DIN tanpa layar yang bisa digunakan untuk mendengarkan radio, MP3, dan memutar CD. Pintunya juga dilapisi dengan material kulit dengan warna dual tone, hitam dan beige. Untuk varian tertingginya, yakni Grand Touring, sudah memiliki kamera parkir mundur untuk kemudahan parkir yang terdapat di sudut spoiler sebelah kiri atas.

    Kemudian untuk ruang bagasinya masih sama dengan generasi sebelumnya. Tetapi Isuzu Panther ini memang cukup fleksibel, sehingga jika konsumen membutuhkan kapasitas bagasi yang lebih luas lagi, maka kursi di bangku ketiga bisa dilipat untuk menyediakan ruang bagasi tambahan. Karena adanya fleksibilitas ini juga, konsumen tidak perlu khawatir ketika harus membawa barang bawaan yang banyak. 

  • Fitur

    Sekarang kita beralih ke fitur yang dimiliki oleh Isuzu Panther. Untuk fitur keamanannya, mobil ini menggunakan beberapa fitur keamanan dasar yang dimiliki oleh mobil pada umumnya. Isuzu Panther telah dilengkapi dengan fitur pengereman Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Electronic Stability Control (ESC). Fitur-fitur tersebut dinilai mampu memberikan pengendaraan yang lebih nyaman dan aman.

    Tidak lupa, pada Isuzu Panther ini juga disematkan Dual Front Airbags pada kursi bagian depan untuk meminimalisir dampak kecelakaan pada pengemudi dan penumpang. Selain itu, 3 Point Seat Belt juga digunakan pada setiap kursi agar pengemudi dan penumpang selalu berada di posisi yang stabil meskipun berkendara di jalan yang tidak rata. Ada pula fitur Immobilizer dan Anti Theft Alarm System yang bisa meminimalisir tindak pencurian.

    Kemudian untuk fitur hiburannya, Isuzu Panther memiliki panel audio visual yang tergantung di bagian atap kabin yang bisa digunakan untuk menikmati video musik atau film melalui port USB sehingga seluruh penumpang hingga baris belakang bisa menikmati hiburan. Dengan adanya fitur ini, berkendara dengan jarak yang cukup jauh pun tidak akan terasa membosankan. 

    Panel Audio pada bagian dashboard-nya juga bisa musik melalui koneksi Bluetooth atau Port USB. Selain itu, Isuzu Panther juga dilengkapi dengan radio single DIN, pemutar CD, dan MP3. Untuk melengkapi sistem audionya, mobil ini dilengkapi dengan speaker dan tweeter.

  • Mesin dan Performa

    Mesin

    Seperti yang kita ketahui, saat ini, Isuzu Panther terdiri dari empat varian berbeda, yakni Isuzu Panther SmartIsuzu Panther LSIsuzu Panther LV, dan Isuzu Panther Grand Touring. Semua varian Isuzu Panther ini juga mengandalkan mesin yang sama, yakni mesin berkapasitas 2.499 cc dengan turbocharger. Sayangnya, mesin yang digunakan Isuzu Panther di Indonesia ini masih berstandar EURO 2, dan terus diusahakan agar bisa segera memenuhi standar EURO 4 yang kini sudah berlaku.

    Transmisinya sendiri sama untuk semua variannya, yakni transmisi manual lima percepatan. Tenaga yang dihasilkan juga cukup baik, yakni 80 PS pada putaran mesin 3.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 192 Nm pada putaran mesin 1.800 rpm. 

    Performa Berkendara

    Meskipun menggendong mesin yang sama, masing-masing varian dari Isuzu Panther ini ternyata memiliki kemampuan akselerasi yang berbeda. Selain memiliki kemampuan akselerasi yang cukup baik, mobil Isuzu Panther ini juga dikenal sebagai mobil diesel yang hemat bahan bakar. Untuk kemampuan akselerasi dan konsumsi bahan bakarnya, bisa kita lihat dalam tabel berikut ini.Kemampuan akselerasi yang dimiliki Isuzu Panther ini cukup baik, dan mobil ini cukup hemat bahan bakar. Tetapi sayangnya, penggunaan bahan bakar diesel bisa menimbulkan getaran yang dapat terasa hingga ke dalam kabin ketika berkendara.

  • Kesimpulan

    Secara keseluruhan, bisa disimpulkan bahwa Isuzu Panther generasi terbaru ini memiliki desain eksterior yang lebih modern. Kapasitasnya yang besar pun cocok untuk konsumen yang mencari mobil keluarga.

    Fitur keselamatan dan hiburan yang dimilikinya juga cukup mumpuni. Pengemudi maupun penumpang bisa berkendara dengan nyaman dan aman dengan adanya fitur-fitur ini. Bukan itu saja, penggunaan teknologi Common Rail juga dinilai mampu menghemat bahan bakar sehingga lebih ramah lingkungan.

    Sayangnya, bagasi mobil ini tidak terlalu luas sehingga harus mengorbankan kursi di barisan ketiga jika kita membutuhkan kapasitas bagasi yang lebih luas. Selain itu, karena pembaruan yang dilakukan Isuzu terhadap mobil Isuzu Panther ini cenderung lambat, maka hal ini dapat berdampak terhadap harga jual kembali mobil ini yang akan menurun.

Isuzu Panther FAQ

  • Apakah Isuzu Panther memiliki Pengatur ketinggian Lampu?

    • Abhijit S

      Abhijit S

      Tidak, Isuzu Panther tidak memiliki Pengatur ketinggian Lampu.

  • Apakah Isuzu Panther memiliki Telescopic steering?

    • CaptainAhab112

      CaptainAhab112

      Tidak, Isuzu Panther tidak memiliki Telescopic steering.

  • Apakah Isuzu Panther memiliki Lampu dekat?

    • Climber230890

      Climber230890

      Tidak, Isuzu Panther tidak memiliki Lampu dekat.

Model Populer

VS