5 Penyebab Harga Bekas Isuzu Panther Terus Melambung Tinggi, Tembus Hingga Rp250 Juta!

Memiliki julukan rajanya diesel, Isuzu Panther sudah tidak lagi diproduksi sejak PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyuntik matinya pada 2021. Hal ini dikarenakan Isuzu Indonesia ingin fokus kepada mobil niaga dan SUV. Kini orang masih tetap memburu Isuzu Panther walau dalam kondisi bekas.

Menempati segmen Multi Purpose Vehicle (MPV), padahal Panther sendiri sangat diminati masyarakat Tanah Air sejak diluncurkan pada tahun 1991 dengan bentuk kotak.

Memasuki era 2000-an awal, Panther mendapat ubahan bentuk menjadi lebih modern dengan sebutan kapsul. Hingga pada akhirnya stop diproduksi, desainnya tersebut tetap dipertahankan, dan hanya beberapa kali Isuzu melakukan penyegaran secara minor supaya terlihat modern mengikuti zaman.

Meski barunya sudah tidak lagi dijual, kondisi bekas Isuzu Panther hingga kini masih banyak dicari, terlebih bagi masyarakat yang tinggal di daerah. Animo masyarakat terhadap Panther tak lain karena mobil memiliki banyak kelebihan dibandingkan mobil lain sekelasnya.

Sangking besarnya minat masyarakat terhadap Isuzu Panther, membuat harga bekasnya sangat stabil bahkan terus merangkak naik. Untuk pasaran tahun produksi 2019, 2020 dan 2021 contohnya, model Grand Touring bahkan ada yang menawarkan di atas Rp250 juta.

Lantas apa yang menyebabkan harga bekas Isuzu Panther tetap stabil? Berikut 5 alasannya.

Baca juga: 3 Kelebihan Isuzu Panther Matic yang Jarang Diketahui, Gak Kalah dengan Kijang Innova

1. Isuzu Panther Mudah Dalam Perbaikan,
dan Bisa Disetel Secara Manual

Mesin 4JA1 Isuzu Panther

Jantung mekanis Isuzu Panther masih menggunakan teknologi jadul serba konvensional, berbeda dengan mesin diesel modern yang sudah menganut teknologi commonrail. Untuk melakukan settingan injektor, mesin diesel masa kini diharuskan menggunakan komputer. Namun sebagai kelemahannya memiliki sensor banyak sehingga lebih mahal dalam hal perawatan.

Teknologi mesin yang digunakan Isuzu Panther sendiri dinamai Direct Injection. Sedikit bicara mengenai teknologi Direct Injection pada Isuzu Panther, jantung pacu ini hanya memiliki satu ruang bakar diatas piston yang terletak di cekungan di atas piston.

Diesel dengan Direct Injection tidak membutuhkan busi pijar dan injektor akan langsung dimasukkan ke bagian dalam ruang bakar melalui kepala silinder bagian atas.

Kelebihan mesin ini yakni mudah dalam perbaikan. Selain itu, karena terbilang konvensional, mesin Direct Injection pada Isuzu Panther dapat distel powernya menyesuaikan keinginan pemilik atau pengendara.

Mesin dengan teknologi Direct Injection pada Isuzu Panther memiliki kode 4JA1 berkapasitas 2.499 cc OHV yang mampu memeras tenaga hingga 80 PS di 3.900 rpm serta torsi maksimal mencapai 170 Nm pada 2.300 rpm. Hebatnya beberapa model sudah dibekali turbochager yang dapat mengurai polusi udara.

2. Memakai Timming Gear

Timming gear Isuzu Panther

Tidak seperti kebanyakan mobil, Isuzu Panther sudah menggunakan timming gear. Layaknya timming belt dan timming chain, timming gear berperan sebagai gigi penghubung yang dapat mentransfer putaran crankshaft ke perlengkapan mesin. Sistem ini membutuhkan tenaga putar sehingga mesin dapat bekerja secara optimal.

Keunggulan dari timming gear sendiri memiliki cost maintenance lebih irit karena lifetime. Dengan begitu pemilik tidak perlu melakukan perawatan secara khusus. Hanya saja pemilik diwajibkan untuk mengganti oli mesin secara teratur untuk menjaga keawetannya.

Selain itu juga timming gear memudahkan mekanik mencari setting terbaik klep sesuai permintaan mesin.

Baca juga: Tanpa Panther, Isuzu Ngos-Ngosan Hadapi Rivalnya 

3. Isuzu Panther Bekas Irit dan Bebas Menenggak Solar Berkulitas Rendah

Faktor lainnya yang membuat harga bekas Isuzu Pantner stabil yaitu irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Seperti yang disampaikan beberapa pemilik, pemakaian dalam kota mampu menempuh jarak 14 km/liter. Sedangkan luar kota dapat berjalan hingga 16-18 km/liter.

Terbilang irit, untuk bahan bakar yang digunakan mobil ini juga secara bebas dapat mengkonsumsi solar dengan kualitas rendah tanpa khawatir merusak sistem pembakaran. Hanya saja pemilik diwajibkan untuk mengganti filter solar secara berkala serta melakukan penyetelan pada bospom guna mendapatkan performa yang maksimal.

4. Muat 8 Orang, Bantingan Suspensi Isuzu Panther Empuk

Memiliki kabin yang luas, menjadi salah satu kunci utama Isuzu Panther masih banyak diminati hingga saat ini. Sanggup dimuati 7-8 orang, setiap orang yang berada didalamnya masih merasa nyaman tanpa khawatir berdesak-desakan. Terlebih untuk AC nya mobil ini sangat dingin sehingga membuat penumpang didalamnya merasa nyaman ketika melakukan perjalanan jauh.

Hal lain yang disukai dari Isuzu Panther, untuk bantingan yang dihasilkan terasa empuk, terlebih di bagian depannya. Di depan, suspensinya menggunakan jenis torsion bar dan leaf spring di bagian belakangnya.

5. Menggunakan Sasis Ladder Frame

Secara struktur Panther terbilang kokoh karena ditopang menggunakan sasis model tangga atau ladder frame. Keunggulan dari sasis ini sendiri apabila mengalami benturan keras dan rusak pada bagian bodi, pemiliki hanya cukup mengganti bodi saja.

Baca juga: Punya Banyak Pilihan, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Beli Isuzu Panther Kapsul Bekas

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Lanjut membaca

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Isuzu Panther

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Nissan LIVINA VL 1.5

Rp 212,00 Juta
Rp 4,32 Juta/bln

15.599 km

4 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 147,00 Juta
Rp 3,00 Juta/bln

18.150 km

2 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2018 Daihatsu SIGRA R STD 1.2

Rp 120,00 Juta
Rp 2,44 Juta/bln

9.834 km

5 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 390,00 Juta
Rp 7,95 Juta/bln

10.962 km

2,5 tahun

Jakarta

Lihat Detail

2019 Mitsubishi XPANDER EXCEED 1.5

Rp 210,00 Juta
Rp 4,28 Juta/bln

9.660 km

3,5 tahun

Jakarta

Lihat Detail
Lihat Lebih

Model Terkait

Related Videos

Lima Hal Menarik dari Isuzu Panther!

Isuzu Panther Bekas, Layak Jadi Alternatif Calya-Sigra?

Berita Terbaru

Lebih Murah Bikin Toyota Avanza G TSS Menarik daripada Suzuki XL7 Hybrid Alpha

Suzuki XL7 Hybrid sudah diniagakan di Indonesia menemani Ertiga Hybrid dan All New Grand Vitara. Ketiganya sama-sama berbekal teknologi mild hybrid yang dinamakan Smart Hybrid Vehicle By Suzuki (SHVS). Namun adanya penambahan teknologi dan fitur baru, membuat banderol XL7 hybrid ini terkerek cukup jauh. Baca juga: Ini Perbedaan Fitur New Suzuki XL7 Hybrid di Varian Alpha, Beta dan Zeta Sebagai informasi, pada model sebelumnya, harga Suzuki XL7 mulai dari Rp254,8 juta - Rp265,8 juta untuk tipe te

Dekat dengan Masyarakat, New Suzuki XL7 Hybrid 2023 Sukses Gelar Pameran di Ancol dan Sirkuit Sentul

Bagian dari rangkaian brand activation New Suzuki XL7 Hybrid 2023, pekan lalu PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) sukses menggelar pameran di dua titik di wilayah Jabodetabek, yaitu Kawasan Sea World Ancol Jakarta Utara dan Sirkuit Internasional Sentul Bogor yang berlangsung selama 2 hari, 17-18 Juni 2023. Bukan cuma memamerkan line up terbarunya, selama kegiatan masyarakat juga bisa melakukan tes drive SUV 7-seater dengan teknologi hybrid pertama di kelasnya. Hal menarik lainnya selama kegiatan

Jaguar Land Rover Siap Tambah Lini Mobil Listrik Mewah di Indonesia

Perusahaan asal Inggris, Jaguar Land Rover memastikan diri untuk masuk pasar otomotif Indonesia dengan menghadirkan mobil full listrik pada tahun 2025. Hal ini juga ditegaskan oleh President Director PT JLM Auto Indonesia, Gerry Kertowidjojo, dalam keterangan tertulis, Selasa (22/6/2023). Dia menyebutkan, ini jadi komitmen Jaguar Land Rover untuk menjadi transformasi bisnis agar bebas karbon di seluruh rantai pasokan, produk, dan operasi pada tahun 2039 mendatang. Baca juga: Jaguar dan Land Rove

Kembaran Toyota Yaris Cross dari Daihatsu Siap Dirilis

Toyota Yaris Cross sejadinya dibangun dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Itu berarti Yaris Cross juga ada "campur tangan" dari sister company-nya, Daihatsu. Namun apakah Yaris Cross juga bakal punya kembaran dari Daihatsu seperti halnya Avanza dengan Xenia, Agya dan Ayla, Rush dan Terios, atau Raize dan Rocky? Baca juga: Ini Daftar Harga Toyota Yaris Cross 2023 di Indonesia, Lebih Murah dari Honda HR-V Ternyata ini juga akan terjadi dengan Yaris Cross, mobil tersebut kabarn

Indonesia Ternyata Masuk Daftar 10 Negara yang Paling Mudah dan Murah Saat Bikin SIM

Pembuatan SIM atau Surat Izin Mengemudi adalah hal yang wajib dilakukan setiap orang yang ingin mengendarai mobil atau motor. Namun untuk proses pembuatan SIM Baru golongan A dipatok biaya mulai dari Rp120.000, ditambah asuransi dan kesehatan masing-masing Rp30.000 ribu dan Rp25.000. Alhasil total biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan SIM A bisa mencapai Rp175.000. Baca juga: Syarat Pembuatan SIM Baru Jadi Tambah Banyak, Harus Ada Sertifikat Pelatihan Sampai Jaminan Kesehatan Namun tahuka

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil
Isuzu Panther
Lihat