Siap Tantang Honda CR-V, Ini Keunggulan Hyundai Santa Fe 2021 yang Akan Meluncur di Indoensia

Enda · 23 Mar, 2021 21:00

Siap Tantang Honda CR-V, Ini Keunggulan Hyundai Santa Fe 2021 yang Akan Meluncur di Indoensia 01

Hyundai Santa Fe 2021 facelift Vs Honda CR-V 2021 facelift

Masuk dalam segmen Medium SUV, Hyundai Santa Fe 2021 facelift sebentar lagi dapat dipastikan akan secara resmi melantai di Tanah Air. Pemberitaan ini semakin kuat setelah muncul beberapa gambar Santa Fe yang tersebar dijejaring media sosial.

Gambar tersebut salah satunya menampilkan Santa Fe yang menggunakan pelat nomor berawalan CD (Corps Diplomatic). Muncul dugaan kalau Hyundai sekaligus menguji coba Santa Fe yang dijadikan salah satu kendaraan dinas milik kedutaan besar Korea Selatan yang ada di Indonesia.

Siap Tantang Honda CR-V, Ini Keunggulan Hyundai Santa Fe 2021 yang Akan Meluncur di Indoensia 02

Hyundai Santa Fe 2021 facelift di Indonesia pakai pelat nomor berawalan CD (Corps Diplomatique) 

Sinyalemen semakin kuat karena PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku agen pemegang merek kendaraan otomotif berlogokan ‘H’ miring ini, dikabarkan akan memperkenalkan varian teranyar Santa Fe ini dalam tiga varian, yakni: Style, Prime, dan Signature.

Mendapat tampilan yang terlihat jauh lebih atraktif dibandingkan generasi pre faceliftnya, Santa Fe 2021 juga memperoleh update pada beberapa bagian sektor lainnya. Agar lebih asyik untuk dibahas, kami akan melakukan perbandingan antara Hyundai Santa Fe 2021 facelift dengan Honda CR-V 2021 facelift sebagai calon rivalnya nanti.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga: Daftar Mobil Baru yang Meluncur Selama Januari - Februari 2021

Desain Eksterior Ala Eropa di Hyundai Santa Fe 2021, Tak Kalah Keren Dari Honda CR-V 2021 Facelift?

Siap Tantang Honda CR-V, Ini Keunggulan Hyundai Santa Fe 2021 yang Akan Meluncur di Indoensia 01

Melihat bagian fascia, terlihat pada gambar bahwa Santa Fe 2021 memiliki ubahan yang bisa dikatakan cukup besar dibandingkan generasi sebelumnya. Seperti yang bisa dilihat, Medium SUV ini hadir dengan bentuk grille yang semakin membesar dan terkesan menyatu dengan lampu utamannya.

Seperti Santa Fe sebelumnya, antara lampu utama berteknologi projector degan DRL diletakan memisah. Apabila dilihat secara lurus dari depan, Santa Fe 2021 memiliki aksen garis berlapisan krom di dalam rumah lampunya yang terlihat seperti huruf “T”.

Siap Tantang Honda CR-V, Ini Keunggulan Hyundai Santa Fe 2021 yang Akan Meluncur di Indoensia 02

Tampilan belakang Hyundai Santa Fe 2021

Bergeser ke bagian samping, Santa Fe terbaru ini punya velg berukuran 18 inci dan jika dibandingkan dengan Santa Fe generasi lamanya, tidak terlihat adanya ubahan yang berarti. Hanya saja, buritannya mendapatkan update pada bumper yang membuatnya terlihat lebih membulat, sporty dan luxury.

Sementara rivalnya asal Jepang yaitu Honda CR-V 2021 baru saja mendapat ubahan pada tampilan luar yang lebih memukau dengan sudut lebih kekar dan maskulin.

Siap Tantang Honda CR-V, Ini Keunggulan Hyundai Santa Fe 2021 yang Akan Meluncur di Indoensia 03

New Honda CR-V

Tampilan wajah kini diimplementasikan melalui New Front Bumper Design dengan tambahan list krom memanjang serta New Black Front Grille. Tampilan depan New Honda CR-V juga ditandai dengan New Sequential LED Turning Signal.

Melihat bagian sampingnya, tidak ada yang spesial bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hanya saja Honda memberikan desain velg terbaru yang terlihat lebih kekar berukuran 18 inci dilabur warna two-tone.

Siap Tantang Honda CR-V, Ini Keunggulan Hyundai Santa Fe 2021 yang Akan Meluncur di Indoensia 04

Bergeser ke bagian belakangnya, CR-V facelift disematkan New Rear Bumper lebih berotot, New Rear Smoked Tail Light, dan Dual Chrome Exhaust Pipe with New Finisher Design.

Interior Hyundai Santa Fe Bergaya Elegan, Menang Fitur dari CR-V?

Siap Tantang Honda CR-V, Ini Keunggulan Hyundai Santa Fe 2021 yang Akan Meluncur di Indoensia 05

Interior Hyundai Santa Fe 2021

Melihat tampilan interior Hyundai Santa Fe terbaru yang lebih dulu meluncur di beberapa negara dibelahan dunia, rasanya akan sama dengan Santa Fe yang dikabarkan segera meluncur di Indonesia. Diketahui bahwa mobil ini dilengkapi panel instrumen digital dengan ukuran 12,3 inci serta head unit layar sentuh berukuran 8 inci model floating di tengah dashboardnya.

Untuk menambah kenyamanan berkendara, mobil ini telah disematkan wireless charging yang bisa digunakan dalam pengisian daya pada smartphone, serta konsol tengahnya kini dibuat mengambang.

Sistem transmisi juga kian canggih karena berjenis Shift by Wire. Kesan premium makin kuat karena Santa Fe facelift juga mendapatkan jok berlapiskan bahan kulit Nappa, jok pemanas dan ventilasi, AC dual zone, power tailgate, panoramic sunroof serta ambient mood lighting.

Generasi terbaru Honda CR-V tidak banyak berubah dibandingkan dengan model lamanya. Keduanya sama-sama mendapatkan aksen Wood Panel yang dikombinasikan dengan sentuhan warna perak, yang didominasi dengan warna hitam. Pada joknya juga dilapisi dengan bahan material Leather berwarna hitam.

Akan tetapi, Honda CR-V 2021 kini hadir lebih nyaman dan canggih melalui layar LCD display 5-inch Thin Film Transistor (TFT) Meter yang menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara.

Siap Tantang Honda CR-V, Ini Keunggulan Hyundai Santa Fe 2021 yang Akan Meluncur di Indoensia 06

Head unit baru Honda Cr-V 2021

Selain itu, ada juga head unit baru 7 inci yang telah dilengkapi berbagai fungsi seperti AM/FM radio, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI port, Smartphone connectivity, AUX input dan USB port termasuk Smartphone Connection.

Pada lingkar kemudinya dapat diatur secara Tilt dan Telescopic dan terdapat Paddle Shift yang juga dibalut material kulit. Stirnya juga dilengkapi dengan Audio Steering Switch dan Hands-Free Telephone Switch untuk memudahkan pengemudi saat berkendara.

Selain itu, CR-V facelift telah dilengkapi dengan fitur canggih seperti New Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum memasuki kendaraan.

New Walk Away Auto Lock juga disematkan yang akan mengunci pintu secara otomatis ketika pengendara berjalan sejauh minimal 1,5 meter dari kendaraan. Tidak hanya itu, ada juga New Rain-Sensing Windshield Wiper yang dapat menyeka kaca secara otomatis ketika turun hujan.

Baca juga: Perbedaan Honda CR-V facelift dengan Generasi Sebelumnya

Fitur Keselematan Santa Fe vs CR-V, Mana yang Lebih Unggul?

Siap Tantang Honda CR-V, Ini Keunggulan Hyundai Santa Fe 2021 yang Akan Meluncur di Indoensia 07

Fitur keselamatan Honda SENSING

Beberapa sumber informasi menyebutkan bahwa Hyundai Santa Fe 2021 telah disematkan fitur keselamatan berupa Safety Assist seperti Foward Collision Avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, Lane Keeping Assist, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Lane Following Assist, tidak ketinggalan Surround View Monitor 360 derajat, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Parking Distance Warning, Safe Exit Assist, dan Rear Occupant Alert.

Sebagai fitur standar, SUV terbaru Hyundai ini juga dilengkapi 6 airbags, ABS, dan Stability Control. Selain itu untuk fitur lainnya sudah menganut Smart keyless entry & engine start stop button, Electric parking brake with auto hold dan Smart power tailgate. Bagaimana dengan CR-V? 

Bicara mengenai fitur keselamatan, Honda CR-V 2021 facelift  berhasil mendapatkan tambahan fitur keselamatan yang dinamakan Honda SENSING untuk tipe tertinggi yaitu 1.5 Turbo Prestige.

Fitur keselamatan Honda SENSING yang ada di CR-V facelift antara lain, Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Fitur keselamatan standar, Honda CR-V terbaru juga mendapatkan 6 airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal.

Seperti Honda CR-V, Hyundai Santa Fe Facelift Juga Dapat Dua Pilihan Mesin

Hyundai Santa Fe 2021 mendapatkan dua pilihan mesin baru, yakni diesel 2.2 liter dan bensin 2.5 liter untuk menyesuaikan platform baru generasi ketiga yang dianutnya. Sedangkan Honda CR-V menggunakan mesin yang sama persis dengan generasi sebelumnya, yaitu 1.5L Turbocharged serta 2.0L

Spesifikasi Mesin Hyundai Santa Fe 2021 Facelift
Keterangan Mesin diesel Hyundai Santa Fe 2021 Mesin bensin Hyundai Santa Fe 2021
Jenis Smartstream D Theta III
Kapitas 2.200 cc 2.500 cc
Tenaga 202 PS 180 PS
Torsi 440 Nm 232 Nm
Transmisi Otomatis 8-speed DCT  Otomatis 6-speed
Spesifikasi Mesin Honda CR-V 2021 Facelift
Keterangan Mesin bensin 1.5L Turbocharged Honda CR-V 2021 Mesin bensin 2.0L Honda CR-V 2021
Jenis 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW Direct Injection 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW PGM-FI
Kapitas 1.498 cc 1.997 cc
Tenaga 190 PS 155 PS
Torsi 240 Nm  189 Nm
Transmisi CVT CVT

Kesimpulan

Hyundai Santa Fe 2021 facelift hanya menghitung waktu peluncuran resminya di Tanah Air. Melihat spesifikasi yang dimiliki, Santa Fe juga tak kalah menarik bila dibandingkan dengan CR-V terbaru jika melihat dari tampilan, performa, serta fitur unggulan yang disuguhkan.

Bicara soal harga, kabarnya SUV terbaru Hyundai ini dibandrol Rp550 juta sampai dengan Rp730 jutaan.

Baca juga: Perbandingan Honda CR-V 2021 Vs Mazda CX-5 GT 2021

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi GLS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru