Rating: Mitsubishi Xpander 2020 - Jadi Paling Mahal Untuk Membayar Kenyamanan

Mitsubishi Xpander merupakan Low MPV yang cukup fenomenal di Indonesia. Hadir di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang berlangsung di ICE BSD City, Xpander langsung memecut perhatian konsumen di Indonesia.

Datang dengan desain yang up to date menggunakan tema Dynamic Shield yang akhirnya diterapkan pada seluruh model Mitsubishi saat ini, Xpander sukses menangkap selera pasar di dalam negeri. Tak butuh waktu lama bagi PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) agar Xpander berhasil meraih puncak mobil terlaris di Indonesia.

Xpander tipe GLX yang kini tak lagi dipasarkan

Pesaing paling ketat dari mobil ini tentu saja datang dari Si Mobil Sejuta Umat, Toyota Avanza. Avanza yang sudah belasan tahun menjadi penguasa pangsa pasar di Tanah Air pun dibuat bertekuk lutut oleh Xpander dari sisi penjualan. Walau tentu secara total, popuasi Avanza masih jauh di atas Xpander.

Xpander facelift pertama

Cukup beragam tipe Xpander yang ditawarkan Mitsubishi Indonesia. Jika awalnya ada tipe GLX, GLS, Exceed, Sport, dan Ultimate, maka kini tipe GLX dihentikan penjualannya. Mitsubishi malah menyodorkan Xpander Cross namun masuk ke segmen Low SUV bersaing dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, serta Suzuki XL7.

Semenjak 2017, Xpander baru sekali mengalami facelift yakni di tahun 2020. Sehingga unit yang kami sempat uji ini adalah Mitsubishi Xpander facelift 2020. Seperti apa gambaran menyeluruh tentang mobil keluarga 7 penumpang berlogo tiga berlian itu? Berikut hasil penilaian kami berdasarkan Autofun Rating System.

Baca juga : Pertarungan LMPV, Perbandingan Performa Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander 2020 : Performa - 29/50 pts, Menyenangkan untuk Dikendarai

Hasil Uji Performa Mitsubishi Xpander Ultimate AT
0-60 km/jam 6,21 detik
0-100 km/jam 14,05 detik
60-100 km/jam 7,43 detik
0-402 m 19,36 detik 115,1 km/jam
100-0 km/jam 2,8 detik
Putaran mesin @ 100 km/jam 2.500 rpm
Putaran mesin @ 120 km/jam 3.000 rpm

Semua tipe Mitsubishi Xpander menggunakan mesin MIVEC 4A91 berkapasitas 1.499 cc, termasuk untuk Mitsubishi Xpander Ultimate A/T yang kami uji ini. Di atas kertas, mesin ini mampu memproduksi daya puncak 104 hp dengan torsi 141 Nm. Tenaga kemudian disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi 4 percepatan otomatis konvensional.

Mesin MIVEC 1.5-liter

Ketika diajak berakselerasi pada trek lurus, Xpander mampu menuntaskan tugas menggapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam dalam 14,05 detik. Cukup baik untuk mobil keluarga. Apalagi pengendaliannya juga masih bsia dibilang cekatan dengan lingkar kemudi yang memberikan kesan presisi saat digenggam.

Ketika cruising di jalan bebas hambatan dengan kondisi lalu lintas cukup lengang, Anda juga bisa menggunakan fitur cruise control. Cara mengaktifkannya tinggal tekan logo cruise control yang ada di lingkar kemudi bagian kanan. Kemudian atur kecepatan mobil yang diinginkan, lalu tekan tombol SET sampai indikator cruise control di meter cluster berubah jadi warna hijau. Untuk menonaktifkannya cukup injak pedal rem atau tekan kembali logo cruise control di setir.

Cukup cekatan diajak bermanuver

Untuk perangkat penghenti lajunya, Xpander memang baru dilengkapi rem cakram untuk roda bagian depan saja. Tetapi mobil ini sudah ada Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assits (BA). Kemudian juga ada Active Stability Control (ASC) yang membantu mobil tetap dapat bermanuver dengan baik saat mengahdapi permukaan jalan yang kelewat licin.

Baca juga : Model Baru Mitsubishi Xpander Siap Diperkenalkan Pada 2023 Termasuk Varian Hybrid

Mitsubishi Xpander 2020 : Kenyamanan 32/50 pts, Layak Buat Mobil Sehari-hari dan Rekreasi

Hasil tes kesenyapan kabin Mitsubishi Xpander Ultimate AT
Engine Idle, AC off 42,3 db
Engine Idle, AC ON 45,4 db
Kecepatan 60 km/jam 62,6 db
Kecepatan 80 km/jam 65,6 db
Kecepatan 100 km/jam 66,9 db

Mitsubishi Xpander didaulat jadi MPV. Kalau bisa diartikan secara mudah, mobil ini harus jadi kendaaraaan serba bisa alias multi purpose. Sehingga Xpander harus nyaman saat dipakai sendiri untuk berkegiatan sehari-hari, tapi juga tetap memberikan rasa comfort yang setara pada saat berubah menjadi mobil keluarga.

Layout dasbor Mitsubishi Xpander Ultimate

Dan ini dibuktikan oleh Mitsubishi dengan racikan yang proporsional. Posisi duduk pengemudinya nyaman, demikian juga ketika penumpang lain ada di kabin mobil ini. Bahkan smapai penumpang di baris ketiga pun tidak terlalu terpangkas kenyamanannya. Memang sih kami sarankan untuk penumpang paling belakang lebih baik diisi anak-anak, biar ruang kaki dan ruang kepala juga lebih luas.

Lalu kekedapan kabin di mobil ini ketimbang Low MPV sejenis juga masih lebih baik. Saat posisi mesin idle tapi AC belum diaktifkan kekedapan kabin tercatat 42,3 db. Namun pada saat AC mulai hidup, kekedapan kabin cuma naik ke angka 45,4 db. Lantas pada saat di jalan tol dengan kecepatan hingga 100 km/jam, kekedapan kabin juga tercatat 66,9 db.

Baca juga : Pakai Sound System Rockford Fosgate, Harga Mitsubishi Xpander Cross Tembus Rp312 Jutaan

Mitsubishi Xpander 2020 : Kualitas dan Fitur 30/50 pts Lebih Baik di Kelasnya

Besar celah panel Mitsubishi Xpander Ultimate AT
Lokasi Sisi Pengemudi Sisi Penumpang Selisih
Kap mesin 4 mm 3,8 mm 0,2 mm
Fender depan - Pintu depan 4,3 mm 4,3 mm 0
Pintu depan - Pintu belakang 4,8 mm 5,2 mm 0,4 mm
Pintu belakang - Fender belakang 5,2 mm 4,3 mm 0,9 mm
Pintu bagasi 4,8 mm 5 mm 0,2 mm

Xpander memang diposisikan sebagai Low MPV yang menyasar konsumen kalangan menengah hingga atas. Walau begitu Mitsubishi terlihat mencoba menyajikan standar kualitas di atas rata-rata daripada kompetitornya.

Celah antar panel bodinya cukup rapat

Ini terlihat dari material bodi eksteriornya yang cukup berkualitas. Antara lain dari ketebalan cat yang hampir merata di seluruh bagian panel bodi. Untuk jarak antar panel juga antara 0,1 mm hingga 0,9 mm. Tidak terlalu buruk mengingat Xpander bukan kategori kendaraan premium yang dituntut punya material berkualitas nomor wahid.

Sayangnya kualitas material di bagian interior kurang kami sukai. Panel dasbor dan trim puntu sampai ke konsol tengah semuanya terbuat dari bahan plastik keras. Mitsubishi coba menutupinya dengan motif permukaan seperti jahitan serta ada aksen kayu di sebagian dasbor dan trim pintu. Tetapi itu hanya sukses membuat penampilannya saja terlihat mewah namun ketika disentuh masih muncul kesan ringkih.

Material trim pintu juga plastik keras

Pemberian pelapis jok dari bahan fabric berwarna terang juga sebenarnya menimbulkan kesan lapang sekaligus lembut. Hanya saja jika kendaraan ini sering digunakan terutama pada keluarga yang punya anak kecil, maka rawan sekali jok terkena noda. Kalau sudah begitu, pasti akan sulit noda tersebut dihilangkan.

Tetapi sisi positif lainnya ada beberapa fitur unggulan di mobil ini yang tidak ditemukan pada Low MPV lain. Disamping cruise control, Xpander juga sudah dilengkapi Active Stability Traction Control (ASTC) dan Hill Start Assist (HSA). Lalu untuk mengaktifkan mesin juga cukup tekan tombil Start/Stop, serta kaca spion dengan pelipat elektrik.

Cruise control belum dimiliki kompetitornya

Dari segi perangkat hiburan, ada headunit layar sentuh 7 inci di bagian tengah dasbor. Perangkat ini juga bisa terkoneksi dengan ponsel melalui kabel USB atau Bluetooth untuk mengaktifkan fitur menjawab atau melakukan panggilan telepon dengan bantuan tombol pengoperasian di bagian kiri lingkar kemudi.

Baca juga : Mitsubishi Xpander GLX Tak Lagi Dijual, Padahal Harganya Bisa Lebih Murah dari Avanza Veloz

Mitsubishi Xpander 2020 : Keleluasaan dan Kepraktisan - 35/50 pts Kabin Lapang dengan Pengaturan Kursi Fleksibel

Dimensi Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza vs Suzuki Ertiga
Dimensi Mitsubishi Xpander Toyota Avanza Suzuki Ertiga
Panjang 4.475 mm 4.190 mm 4.395 mm
Lebar 1.750 mm 1.660 mm 1.735 mm
Tinggi 1.730 mm 1.695 mm 1.690 mm
Jarak sumbu roda 2.775 mm 2.655 mm 2.740 mm
Jarak ke tanah 205 mm 200 mm 180 mm
Ukuran roda 205/55 R16 185/70 R14 185/65 R15

Secara proporsi, Mitsubishi Xpander punya panjang tubuh 4,4 meter (m), lebar 1,7 m, tinggi 1,7 m, dan jarak sumbu roda 2,7 m. Dibanding Toyota Avanza yang punya wheelbase 2.655 mm, lalu Suzuki Ertiga dengan jarak sumbu roda 2.740 mm, maka Xpander adalah yang paling panjang.

Jok penumpang belakang bisa dilipat rata

Ini berefek pada ruang kabin di mobil tersebut yang terasa lapang. Bukan hanya dari sisi pengemudi atau penumpang depan, tapi juga dirasakan penumpang belakang sampai jok baris ketiga. Terlebih lagi  kursi baris kedua dna ketiga bisa dilipat rata dengan lantai. Kondisi tersebut akan membuat mobil dapat mengangkut barang-barang berukuran besar sekaligus.

Belum lagi ditambah Xpander punya 19 ruang penyimpanan barang diseluruh kabinnya. Mulai dari glove box di dasbor penumpang depan, tempat penyimpanan koin di sisi pengemudi, cup holder yang ada di tiap pintu dan konsol tengah dan ruang penumpang baris ketiga, sampai laci serbaguna di bawah jok penumpang depan.

Jok baris kedua juga ada armrest

Sayangnya pengaturan jok masih harus dilakukan secara manual. Meski begitu, akses masuk ke pintu depan, baik pengemudi atau penumpang sudah menggunakan keyless entry. Jadi cukup menekan tombol hitam kecil di gagang pintu, maka kunci pintu akan membuka.

Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander, Siapa Paling Irit?

Mitsubishi Xpander 2020 : Konsumsi BBM - 11/20 pts, Tidak Istimewa tapi Cukup Efisien

Sebagai mobil yang akan digunakan sehari-hari, maka isu akan konsumsi bahan bakar dirasa penting untuk diketahui. Apalagi rival-rivalnya juga terbilang efisien dalam pemakaian BBM. Kami pun sudah melakukan uji konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander 2020 Ultimate AT ini.

Tidak terlalu efisien tapi terbayar dengan kenyamanannya

Dari pengujian dengan rute dalam kota sejauh lebih kurang 90 km, hasil yang didapat adalah 11,4 km/liter. Sedangkan untuk pengujian di jalan tol sejauh lebih kurang 105 km, hasilnya 16 km/liter. Catatan ini mungkin berbeda-beda dengan yang Anda coba karena bergantung dari situasi jalan saat itu dan juga jenis bahan bakar yang digunakan.

Baca juga : Mitsubishi Indonesia Juga Akan Produksi Xpander Hybrid dan Dua Model PHEV Lain

Mitsubishi Xpander 2020 : Pembelian dan Biaya Perawatan 18/30 Paket Servis Ringankan Biaya Perawatan

Daftar Harga Mitsubishi Xpander 2021
Tipe Harga
GLS M/T Rp237.900.000
GLS A/T Rp248.900.000
Exceed M/T Rp246.400.000
Exceed A/T Rp257.000.000
Sport M/T Rp265.000.000
Sport A/T Rp275.000.000
Ultimate A/T Rp278.900.000

Per Agustus 2021, harga Mitsubishi Xpander mulai dari Rp237,9 juta hingga Rp278,9 juta. Kalau membandingkan dengan kompetitornya seperti Toyota Avanza atau daihatsu Xenia, harga Xpander memang tinggi. Sebab kedua pesaingnya itu menyuguhkan pula varian dengan harga di bawah Rp200 juta.

Setiap pembeli Xpander dapat Paket Smart Silver

Tapi tentu MMKSI tidak tinggal diam menghadapi persaingan dari segi harga. Sebab setiap pembeli Mitsubishi Xpander sudah disertakan juga Paket Smart Silver untuk perawatan berkala mobil tersebut. Dengan paket ini pelanggan akan mendapatkan bebas biaya ganti suku cadang dan jasa servis hingga 3 tahun atau 50.000 km. Bahkan berikut pula asuransi diri bagi pemilik kendaraan, dan asuransi ban hingga 1 tahun.

Kalau mau upgrade Paket Smart ini pun bisa ke tipe Gold atau Diamond. Tentu ada lebih banyak benefit yang akan didapat oleh pelanggan.

Mitsubishi Xpander 2020 : Kesimpulan - 155/250 pts

Nyaman tapi harganya cukup tinggi

Dengan harga paling tinggi dibanding Avanza dan Xenia, Mitsubishi Xpander memang menyajikan banyak keunggulan. Paling menonjol tentu saja kenyamanan dalam kabin yang akan dirasakan bukan saja saat berkendara seorang diri, tapi ketika pergi berlibur dengan angota keluagra. Apalagi di kelasnya cuma Xpander yang punya ruang penyimpanan barang terbanyak, serta fitur cruise control.

Komparasi Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza vs Suzuki Ertiga
Model Mitsubishi Xpander Toyota Avanza Suzuki Ertiga
Mesin 1.5L MIVEC 4 silinder DOHC 1.3L 4 silinder DOHC Dual VVT-i 1.5L K15B 4 silinder DOHC VVT
Daya maksimum 105 PS @6.000 rpm 96,5 PS @6.000 rpm 104,7 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 141 Nm @4.000 rpm 120 Nm @4.200 rpm 138 @4.400 rpm
Harga Rp237,9 juta - Rp278,9 juta Rp187,6 juta - Rp216,5 juta Rp199,4 juta - Rp241,3 juta

Apakah mobil ini kami rekomendasikan? Tentu dengan catatan Anda butuh kendaraan harian yang terlihat mewah dan stylish. Namun dibanding Avanza dan Ertiga, Xpander-lah yang paling mahal.

Baca juga : Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Xpander

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA G TSS 1.5

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

19.997 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

Rp 261,00 Juta
Rp 5,32 Juta/bln

105.533 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

2021 Mitsubishi Xpander Black Edition: Adventure in Black

Sekilas beda Xpander ultimate dan sport

Cara menggunakan transmisi atau gigi manual pada xpander

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mitsubishi Xpander
Lihat