Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander, Siapa Paling Irit?

Franky · 12 Jun, 2020 08:00

Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander, Siapa Paling Irit? 01

 

Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander, Siapa Paling Irit? 02

Segmen pasar mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) memang terbilang cukup sengit di Indonesia. Sosok mobil MPV 'sejuta umat' misalnya, Toyota Avanza Veloz, dijual di rentang harga Rp. 224 jutaan hingga Rp. 248 jutaan. Sedangkan pesaing ketatnya yakni Mitsubishi Xpander, ditawarkan mulai Rp. 217 jutaan sampai Rp. 275 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Persaingan pasar MPV di segmen tersebut memang banyak diincar oleh pabrikan mobil lainnya. Salah satu contohnya adalah Nissan Livina, Honda Mobilio sampai Suzuki Ertiga. Namun dari nama-nama tersebut, ada dua model yang saling memperebutkan tahta teratas yaitu Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Melirik dari data penjualan GAIKINDO, Toyota Avanza berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 86 ribu unit di 2019, yang sekaligus menjadi raksasa MPV di Indonesia. Disusul oleh penjualan Mitsubishi Xpander yang terjual sebanyak 63 ribu unit. Bisa dibilang, keduanya sama-sama menjadi mobil yang sukses merebut perhatian masyarakat.

Toyota Avanza sebagai saudara dari Toyota Innove merupakan mobil MPV yang terkenal sebagai mobil keluarga terbaik di Indonesia. Di samping itu, ukuran Avanza yang besar membuatnya mampu ipe mobil Toyota Avanza berjumlah 5 tipe. Harga Toyota Avanza berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 230 jutaan. Ini merupakan harga new Avanza di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga mobil Avanza 2019. Selain ini, pembeli juga bisa mencari harga promo Toyota lainnya di situs otomotif.

Sedangkan mobil Mitsubishi Xpander memiliki total 8 tipe dengan Mitsubishi Xpander GLX sebagai varian terendah. Harga Mitsubshi Xpander 2020 berkisar dari Rp 243 juta hingga Rp 275 jutaan. Harga mobil Xpander ini tidak beda jauh dengan charga expander 2019.

Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Avanza Veloz Vs Bahan Bakar Xpander

Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah mobil. Mulai dari desain mobil yang elegan, performa mesin yang bandel, dan juga fitur-fitur futuristik yang ditawarkan. Selain itu tentu saja tingkat keiritan konsumsi BBM tak boleh terlewatkan. Konsumsi BBM yang hemat tentu menjadi pembanding yang bisa menjadi nilai tambah dari sebuah mobil.

Terus merangkaknya harga BBM di tiap tahunnya, menuntut para calon pembeli mobil untuk memilih mobil yang paling irit bahan bakar. Lalu diantara keduanya, konsumsi bbm Toyota Avanza Veloz dan konsumsi bbm Mitsubishi Xpander, siapakah yang lebih irit?

Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander, Siapa Paling Irit? 01

Ilustrasi pengisian BBM pada mobil

Cara Menghitung Konsumsi BBM

Umumnya, ada dua cara untuk mengukur tingkat konsumsi BBM mobil. Pertama, dengan melakukan perjalanan rute pendek atau biasa disebut rute dalam kota. Pada rute ini transmisi rotasi gigi yang digunakan tidak stabil dan percepatan yang naik turun. Seringnya melakukan stop and go karena rintangan di jalan raya dan lampu lalu lintas.

Sedangkan cara yang kedua yaitu rute panjang atau rute luar kota. Di rute ini, putaran gigi relatif tinggi dan percepatan relatif lebih stabil. Cruising di kecepatan tinggi dan stabil malah tidak membebankan kinerja mesin.

Tingkat Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz

Toyota Avanza masih menjadi raksasa MVP di Indonesia. Model Veloz menjadi penyumbang yang lumayan tinggi dalam penjualan total dari Toyota Avanza. 

Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander, Siapa Paling Irit? 02

Bensin Avanza per Km lebih boros dari konsumsi bbm Xpander

Toyota Avanza Veloz hadir dengan 2 model yaitu Toyota Avanza Veloz 1.3 dan 1.5. Perbedaan dua model ini terletak pada isi silinder, tenaga dan torsi mesin. Toyota Avanza Veloz 1.3 memiliki daya yang lebih kecil daripada 1.5. Berikut tabel rangkuman perbedaan antara kedua mobil ini.

Spesifikasi Mesin Toyota Veloz
Spesifikasi Mesin Toyota Veloz
Mesin Toyota Avanza Veloz 1.3 Toyota Avanza Veloz 1.5
Tipe IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 1.329 cc 1.498 cc
Tenaga 96,5 HP / 6.000 rpm 104 HP / 6.000 rpm
Torsi 12,3 Kg.m / 4.200 rpm 13,9 Kg.m /  4.200 rpm

1. Tingkat Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz 1.3

Dalam penggunaannya di dalam kota, Toyota Avanza Veloz 1.3 tercatat mengkonsumsi BBM sebanyak 12 Km/Liter. Gaya mengemudi yang digunakan adalah Eco Style. Konsumsi bahan bakar ini nyaris serupa dengan konsumsi bbm Avanza 1,3 G Manual loh!

Berbeda dengan rute luar kota. Performa Toyota Avanza Veloz 1.3 cukup gemilang. Mencatat konsumsi BBM sebanyak 13,5 Km/Liter. Tentu saja putaran gigi yang tinggi dan kecepatan yang stabil membuat konsumsi BBM lebih irit.

2. Tingkat Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz 1.5

Kini kita membahas tingkat konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz 1.5. Dengan kapasitas mesin yang lebih besar banyak orang beranggapan bahwa Toyota Avanza Veloz 1.5 akan lebih boros. Apakah benar demikian? Tercatat pada rute dalam kota, mobil ini memiliki tingkat konsumsi BBM sebesar 10 Km/Liter.

Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander, Siapa Paling Irit? 03

Tampilan kabin sopir pada Toyota Avanza Veloz

Jadi, untuk Toyota Avanza 1 Liter Berapa KM yang bisa ditempuh?

Untuk rute luar kota, Toyota Avanza Veloz 1.5 mencatat nilai yang fantastis sebesar 16 Km/Liter. Memang ukuran mesin yang besar memiliki tingkat konsumsi BBM yang tinggi. Namun apabila digeber dengan putaran gigi yang tinggi dan kecepatan Cruising yang tinggi dan stabil justru konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz 1.5 lebih irit dibanding adiknya yang bermesin 1.3.

Tingkat Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Setelah puas mengulas tingkat konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz, kini kita beralih pada kompetitornya yaitu Mitsubishi Xpander. Berbeda halnya dengan Toyota Avanza Veloz dalam perihal mesin, Mitsubishi Xpander hanya terbagi menjadi pilihan transmisi yaitu manual dan matic. Kedua mobil Xpander sama-sama dibekali mesin Mitsubishi 4A91 berteknologi MIVEC DOHC 16-Valve dengan kapasitas 1.500 cc.

Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander, Siapa Paling Irit? 04

Tampilan garang Mitsubishi Xpander yang mampu mengikat hati penggemarnya

Mitsubishi Xpander yang akan kita uji kali ini adalah Mitsubishi Xpander Exceed bertransmisi manual dan Mitsubishi Xpander Exceed bertransmisi matic. Memang, banyak yang beranggapan bahwa mobil bertransmisi manual bisa lebih irit daripada matic karena dapat mengatur perputaran roda gigi.

Keiritan bahan bakar bisa terjadi, asalkan transmisi matic yang digunakan sudah menggunakan teknologi CVT. Tapi sayangnya, dalam hal ini, Mitsubishi Xpander mobil ini belum menawarkan CVT, alias masih menerapkan transmisi matic konvensional.

Mitsubishi sendiri mengklaim secara resmi, alasan tak menghadirkan CVT adalah soal faktor kebisingan sampai-sampai suara raungan mesin bisa terdengar sampai ke kabin sopir. Nah, apakah pilihan Mitsubishi untuk menggunakan transmisi matic tanpa CVT sudah tepat untuk faktor keiritan BBM? Mari kita buktikan bersama.

1. Tingkat Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Manual

Dengan mesin berkapasitas 1.500 cc dan tangki bahan bakar sebesar 45 Liter, Mitsubishi Xpander Manual mampu menorehkan angka 12 Km/Liter untuk rute dalam kota.

Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander, Siapa Paling Irit? 05

Tampilan MID pada Mitsubishi Xpander

Sedangkan untuk rute luar kota, dipakai pada jalan tol yang sepi dan kecepatan konstan antara 60 - 70 Km/Jam, Mitsubishi Xpander Manual mencatat 16 Km/Liter pada tampilan Multi Information Display (MID).

2. Tingkat Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Otomatis

Kini kita beralih pada Mitsubishi Xpander Matic. Untuk rute dalam kota dengan jalanan padat dan sering melakukan Stop and Go, MID mencatat angka 11 Km/Liter.

Untuk luar kota, dijajal pada jalan tol Jagorawi dan dipacu pada kecepatan antara 100-120 Km/Jam, Mitsubishi Xpander Matic mampu menorehkan angka 14,9 Km/Liter. Prestasi yang cukup gemilang mengingat mesin yang digunakan adalah transmisi matic konvensional yang terkenal boros.

 
KONSUMSI BBM TOYOTA AVANZA VELOZ VS MITSUBISHI XPANDER
Model RUTE DALAM KOTA RUTE LUAR KOTA
Toyota Avanza Veloz 1.3 12 Km/Liter 13,5 Km/Liter
Toyota Avanza Veloz 1.5 10 Km/Liter 16 Km/Liter
Mitsubishi Xpander Manual 12 Km/Liter 16 Km/Liter
Mitsubishi Xpander Matic 11 Km/Liter 14,9 Km/Liter

*catatan : data di atas tidak bersifat mutlak

Kesimpulan

Dari hasil uji tingkat konsumsi BBM di atas dapat disimpulkan bahwa Mitsubishi Xpander mampu keluar sebagai pemenangnya. Mitsubishi Xpander mampu mencatat tingkat konsumsi BBM Xpander dengan rata-rata 14 Km/Liter sedangkan Toyota Avanza Veloz harus kalah tipis dengan raihan rata-rata konsumsi BBM 13 Km/Liter.

Namun perlu diketahui bahwa banyak faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan pengujian konsumsi BBM. Gaya berkendara, beban mobil, kondisi mobil, dan kondisi jalanan merupakan faktor yang sangat penting. Jadi, hasil uji yang kami lakukan tidaklah bersifat mutlak. Tetaplah mengemudi dengan aman dan jangan memaksa kinerja mobil anda agar mesin tetap terawat dan umur mobil lebih panjang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru