Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Pakai Transmisi CVT, Apa Keistimewannya?

Keistimewaan transmisi CVT Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021

Mitsubishi Indonesia melalui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan varian teranyar Mitsubishi New Xpander Facelift 2021 dan New Xpander Cross Facelift 2021 pada Senin, (8/11).

Pada tampilan luar, Xpander facelift kini terlihat lebih atraktif berkat adanya beberapa update di sektor wajah dan sistem pencahayaannya. Sedangkan untuk Xpander Cross facelift, pihaknya hanya merubah tampilan warna pada grill agar terkesan lebih garang. Untuk bagian dalam, keduanya juga mendapatkan update layout dashboard yang mana terkesan lebih kokoh ditambah dengan disematkannya beberapa fitur terbaru guna memberikan kenyamanan lebih dalam berkendara.

Bicara tingkat percepatan, baik New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 kini hadir dengan pilihan transmisi CVT (Continous Variable Transmission) menggantikan gearbox otomatis konvensional 4AT yang ditawarkan pada generasi sebelumnya. Sebagai informasi, Performa CVT pada kedua line up terbarunya ini memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan responsif layaknya transmisi AT 8-percepatan.

Lantas apa sih keistimewaan transmisi CVT yang kini hadir di New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021? Berikut ulasannya.

Baca juga: Harga New Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Dipastikan Dapat Diskon PPnBM 100 Persen

1. Lebih Smooth Setiap Perpindahannya

Transmisi CVT di Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 lebih smooth dibandingkan generasi pre facelift

Transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis 4AT. Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Kedua pulley ini dapat memperbesar atau memperkecil diameternya tergantung kondisi putaran, dan keduanya mengapit sabuk baja yang bertugas sebagai simulasi rasio layaknya roda gigi pada transmisi AT konvensional. 

Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini sekaligus membuat pengendara New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 bertransmisi CVT tidak merasakan hentakan atau jeda berlebih ketika melakukan perpindahan gigi secara otomatis.

2. Lebih Efektif dan Mendapat Tenaga Besar di Kecepatan Rendah

Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 mendapat tenaga lebih besar di kecepatan rendah

Rentang rasio roda pulley pada transmisi ini juga telah diperpanjang pada posisi rendah dan tinggi, sehingga bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih effektif, yang mana di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

3. Tidak Perlu RPM Tinggi

Pada transmisi selain CVT, putaran mesin harus selalu disesuaikan ketika melakukan perpindah gigi secara otomatis. Sedangkan untuk transmisi CVT tidak demikian.

Ketika ingin mendapatkan tarikan yang besar pada mesin, kalian tidak diharuskan mendapat RPM yang tinggi karena tidak berpengaruh pada mesin. Hal ini dikarenakan Power loss yang dimiliki oleh transmisi CVT tergolong kecil sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebih.

4. Konsumsi BBM Lebih Irit

Konsumsi BBM transmisi CVT lebih irit

Karena memiliki kemampuan pully untuk terus menerus mengatur rasionya, maka transmisi CVT pada New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 tidak membutuhkan RPM tinggi sama seperti yang kami sampaikan sebelumnya. Berapa pun putaran mesin baik rendah maupun tinggi, mesin selalu bekerja pada efisiensi puncaknya. Dengan begitu transmisi CVT ini menawarkan penggunaan BBM yang lebih efisien dan lebih ramah lingkungan terutama saat berkendara di dalam kota.

5. Transmisi CVT Punya Ukuran Lebih Kecil

Transmisi CVT memiliki dimensi yang lebih mungil

Transmisi CVT memiliki dimensi yang lebih mungil dibandingkan dengan transmisi otomatis konvensional pada umumnya. Secara tidak langsung juga memberikan beban yang lebih ringan pada kendaraan.

6. Komponen Lebih Sedikit

Komponen transmisi CVT lebih sedikit

Tak seperti transmisi otomatis konvensional, transmisi CVT yang disematkan pada Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 memiliki komponen atau peranti yang lebih sedikit. Dengan begitu apabila mengalami kerusakan, perbaikan akan menjadi lebih ringkas.

Baca juga: Kenali Perbedaan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021, Serupa Tapi Tak Sama

Hal yang Perlu Diperhatikan Pemilik Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021

Pemilik Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 wajib memperhatikan hal ini

1. Perawatan yang Mahal

Hal penting yang perlu dipersiapkan pemilik New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 bertransmisi CVT adalah biaya perbaikan. Tidak seperti transmisi konvensional lain yang bisa diganti per bagiannya, transmisi CVT harus diganti secara keseluruhan jika ada kerusakan di satu bagiannya.

Penggantian umum terjadi mulai dari belt hingga pulley tentu saja memakan biaya yang tidak sedikit. Biasanya biaya penggantian ini lebih mahal dibanding biaya perbaikan untuk transmisi otomatis konvensional.

2. Tidak untuk Membawa Beban Terlalu Berat

Transmisi CVT memang tidak dibuat untuk mobil yang kerap membawa beban berat dan melewati jalanan yang ekstrim dengan performa tinggi. Jika hal tersebut terus dilakukan, tentunya akan memperpendek usia peranti yang ada didalamnya.

3. Pengecekan Sabuk Baja

Sebagai komponen utama penggerak transmisi, sabuk baja harus sering dilakukan pengecekan. Hal ini untuk menghindari kerusakan sabuk baja atau sabuk baja putus yang mana apabila itu terjadi mobil tidak akan bisa bergerak.

4. Menggunakan Oli Khusus Transmisi CVT

Perlumas atau oli transmisi CVT di New Xpander dan New Xpander Cross Facelift 2021 harus menggunakan oli khusus. Dengan begitu pengguna tidak bisa memakai oli transmisi konvensional.

Baca juga: Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Resmi Dirilis, Pakai Komponen Suspensi Pajero Sport!

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Xpander

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA G TSS 1.5

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

19.997 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

Rp 261,00 Juta
Rp 5,32 Juta/bln

105.533 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

2021 Mitsubishi Xpander Black Edition: Adventure in Black

Sekilas beda Xpander ultimate dan sport

Cara menggunakan transmisi atau gigi manual pada xpander

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mitsubishi Xpander
Lihat