3 Kelemahan di Fitur Mitsubishi Xpander Cross yang Jarang Orang Tahu, Seberapa Mengganggu?

Mitsubishi Xpander Cross sukses menjadi primadona Low SUV dengan penggerak roda depan. Desain yang maskulin, dengan fitur yang cukup lengkap jadi alasan mengapa Xpander Cross namanya melejit walau statusnya merupakan pendatang baru. Meskipun demikian, Mitsubishi Xpander Cross versi facelift juga tak lepas dari beberapa kelemahan yang patut diketahui oleh kalian yang berencana membelinya. 

PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia memasarkan Xpander Cross Premium CVT di harga Rp342.650.000. Harganya termasuk tinggi untuk segmen low SUV. Harga segitu untuk mengkompensasi beragam teknologi baru termasuk layar MID yang tampilannya kini digital. 

Baca juga: 

Mitsubishi Xpander Sudah Lama Facelift, Nasib Nissan Livina Makin Terlupakan?

5 Hal Menarik Toyota Kijang Innova Zenix 2023, Bikin Pemilik Reborn Berpaling

 Adu Fitur Nissan Terra 2023 vs Mitsubishi Pajero Sport, Mana yang Paling Siap Diajak Offroad?

Sebagai mobil yang dikategorikan SUV rasa MPV, Mitsubishi Xpander Cross memiliki kombinasi kelebihan dari kedua segmen tersebut. Postur yang tinggi membuat pengemudi percaya diri ketika berkendara di kondisi jalan yang tidak rata. 

Sementara itu, layout kabin yang cukup luas dengan pengaturan kursi penumpang yang fleksibel membuat Xpander Cross nyaman untuk berkendara bersama keluarga. 

Berdasarkan pengalaman kami menggunakan unit test Mitsubishi Xpander Cross, muncul beberapa kelemahan terutama pada fitur. Apakah mengganggu? Bisa iya bisa tidak karena kelemahan yang kami rasakan ini bukan suatu masalah esensial yang mengganggu kemampuan berkendara mobil ini. 

Seperti apa sih kelemahan yang perlu dapat perbaikan dari pihak Mitsubishi? Berikut ini ulasannya. 

1. Kelemahan Xpander Cross Facelift, Kualitas Tangkapan Gambar Kamera 360 yang Kurang Tajam

Mitsubishi Xpander Cross facelift kini memiliki tambahan fitur kamera 360. Fungsinya untuk membantu pengemudi memantau kondisi sekitar mobil ketika lewat jalanan yang sempit. 

Namun agak disayangkan karena kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera bawaan di mobil kurang tajam, bahkan cenderung buram. Hal makin parah bila kita menggunakan fitur tersebut ketika berkendara di malam hari dengan kondisi minim cahaya. 

Dengan kualitas gambar yang kurang jernih, pengemudi juga agak kesulitan melihat situasi bagian belakang mobil bila hanya mengandalkan kamera mundur. Mau tidak mau, pengemudi harus memaksimalkan fungsi kaca spion samping maupun spion tengah yang lebih jelas merefleksikan gambar. 

2. Layar Head Unit Tidak Bisa Menampilkan Video Saat Mobil Berjalan

Head unit dengan layar lebar kini menjadi fitur utama untuk dukungan multimedia maupun hiburan selama berkendara. Namun demikian, head unit di Mitsubishi Xpander Cross facelift ternyata tidak bisa menampilkan video saat mobil berjalan. 

Sistem akan mematikan tayangan video dan hanya menyajikan suaranya saja. Tujuan sistem mematikan tayangan video agar pengemudi tetap fokus selama menyetir dan tidak terdistraksi monitor. Video akan kembali menyala ketika mobil dalam kondisi berhenti. 

Hal yang agak disayangkan ialah karena tayangan video di head unit ini tak cuma ditonton oleh pengemudi tapi juga bisa dinikmati oleh penumpang yang lain. Tentu bila hanya muncul suara tapi tidak ada tayangan video di layar, akan sangat menjengkelkan. Pengaturan seperti ini membuat perjalanan jadi gampang membosankan. 

3. Konsumsi BBM di MID Selalu Reset Otomatis

Bagi kamu yang terbiasa menghitung konsumsi rata-rata ketika berkendara jarak jauh memakai MID, bakal agak kerepotan melakukan perhitungan akurat dari bila mengendarai Xpander Cross. Pasalnya, sistem komputer di layar MID Xpander Cross akan selalu melakukan reset otomatis ketika mobil mesinnya dimatikan. 

Padahal dalam menu di MID telah terdapat fitur untuk reset manual, tapi ternyata sistem untuk perhitungan konsumsi BBM rata-rata tetap secara otomatis melakukan reset setiap kali kita mematikan mesin. 

Bila sudah begini, kita hanya bisa melakukan perhitungan rata-rata konsumsi bensin sekali pengisian bensin saja, sampai tangki hampir kosong dan harus diisi kembali.

Saat kalian melakukan perjalanan di atas 300 kilometer dan ingin menghitung seberapa boros konsumsi BBM di mobil ini, akan lebih akurat dengan metode full to full mengakumulasikan pembelian bensin dari awal perjalanan hingga tujuan akhir beserta jarak yang telah ditempuh. 

 

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Xpander Cross

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0

Rp 360,00 Juta
Rp 7,33 Juta/bln

25.226 km

1,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0

Rp 329,00 Juta
Rp 6,70 Juta/bln

89.898 km

6 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0

Rp 312,00 Juta
Rp 6,36 Juta/bln

89.687 km

4 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2019 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 299,00 Juta
Rp 6,09 Juta/bln

36.463 km

4,5 tahun

Java East

Lihat Rincian

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4

Rp 364,00 Juta
Rp 7,42 Juta/bln

39.691 km

5,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Berita Terbaru

Daihatsu Bocorkan Cara Pengembangan Mobil Baru ke Komunitas

Salah satu brand otomotif global yang melakukan pengembangan dan proses produksi di Indonesia adalah Daihatsu, melalui PT Astra Daihatsu Motor. Ya, di Indonesia merek mobil asal Jepang tersebut memang tidak hanya fokus dalam penjualan, tapi melakukan pengembangan yangmelibatkan supplier lokal dalam proses produksi. Baca juga: Perbedaan Spesifikasi Daihatsu Gran Max Minibus 1.5 Vs 1.3, Bukan Cuma di Mesin dan Velg! Tahapan pengembangan, hingga proses produksi mobil, kemudian dijual ke khalayak di

Belum Ada yang Pakai Fitur ADAS, Suzuki Anggap Teknologinya Kurang Cocok

Fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System) merupakan perangkat keselamatan aktif yang kini semakin banyak dipasang pada kendaraan modern. Meskipun sama-sama ADAS, namun masing-masing pabrikan memberikan penamaan yang berbeda untuk fitur pelindung penumpang dari kecelakaan di jalan raya ini. Baca juga: Ngeri...ADAS di Mobil Listrik Ini Tangkap Penampakan Hantu Saat Lewat Kuburan Misalnya di Honda yang diberi nama Honda SENSING, kemudian Toyota yang mempunyai Toyota Safety Sense (TSS), lalu ad

Tinggalkan Cara Lama, Jual Beli Mobil Bekas Kini Cukup Pakai Smartphone

Jual beli mobil bekas kini tidak lagi repot harus datang ke dealer. Era digital membuat segalanya lebih mudah, termasuk jual beli mobil bekas dengan sentuhan jari di smartphone Anda. Cukup download aplikasi CARSOME di Playstore untuk Android atau App Store di iPhone, bisa melakukan proses menjual atau membeli mobil bekas berkualitas. Baca juga : Promo Beli Mobil Bekas di CARSOME, Bunga mulai 0% Berbagai macam fitur menarik yang ada bisa memudahkan Anda mencari mobil impian, baik sedan, hatchback

9 Fakta Menarik Jalan Tol Cisumdawu, Baru Rampung Setelah 12 Tahun

Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) menambah daftar panjang jalan bebas hambatan yang bisa digunakan masyarakat di Indonesia. Kehadiran jalan tol Cisumdawu ini dipercaya dapat meningkatkan perekonomian di berbagai wilayah, karena akses mobilitas semakin mudah dilalui kendaraan. Dengan diresmikannya jalan tol ini, Autofun akan membeberkan beberapa fakta menarik. Berikut ulasanya. Baca juga: Tol Cisumdawu Diresmikan Presiden Jokowi, Bandung - Cirebon Gak Sampai 1 Jam 1. Diresmikan Presi

4 Masalah di Suzuki Karimun Kotak yang Perlu Diketahui, Biar Gak Bikin Susah di Kemudian Hari

Suzuki Karimun Kotak jadi mobil mungil yang langsung menjadi primadona khususnya di segmen entry level. Karimun dianggap ideal untuk mobil perkotaan, lantaran memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan lincah untuk bermanuver. Namun ada beberapa masalah yang harus diwaspadai kalian yang berniat beli Karimun kotak ini. karimun kotak ini disukai karena mempunyai harga yang cukup terjangkau serta mempunyai tampilan yang nyentrik. Soal desain dengan bentuknya yang serba kotak, bagi sebagian orang m

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mitsubishi Xpander Cross
Lihat