window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kenali Perbedaan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021, Serupa Tapi Tak Sama

Prasetyo · 9 Nov, 2021 11:36

Kenali Perbedaan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021, Serupa Tapi Tak Sama 01

Sedari awal, antara Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross memang jadi produk bak pinang dibelah dua. Uniknya kedua mobil yang diangkat dari satu basis model serupa ini memposisikan diri tidak pada kelas sejenjang. Xpander untuk segmen Low MPV 7 penumpang, sementara Xpander Cross disodorkan sebagai Low SUV 7 seater.

Kompetitor keduanya juga berbeda. Mitsubishi Xpander harus melawan kedigdayaan Toyota Avanza serta adik kembarnya Daihatsu Xenia serta Suzuki Ertiga. Tapi kalau Xpander Cross musuh bebuyutannya ada duet Rush - Terios dan juga Suzuki XL7.

Mitsubishi Xpander Facelift 2021 -1

Facelift kedua dari Xpander

Empat tahun berselang sejak kemunculan perdananya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali memoles penampilan Xpander series. Ini berarti menjadi facelift kedua bagi Xpander dan Xpander Cross. Sebab pada Februari 2020, MMKSI juga sudah menampilkan facelift pertama untuk Xpander. Dengan ubahan antara lain pada bagian gril depan, ada rear defogger, serta beberapa ornamen pada ruang kabin.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kini New Mitsubishi Xpander facelift 2021 dan New Mitsubishi Xpander Cross Facelift 2021 sudah diumumkan. Konsumen pun sudah bisa pesan tapi harganya baru dilansir 11 November mendatang saat pembukaan GIIAS 2021. Anda tertarik buat membeli satu diantaranya? Mungkin informasi ini perlu Anda ketahui, sebelum memutuskan apakah mau membeli New Xpander atau New Xpander Cross.

Baca juga : Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Resmi Dirilis, Pakai Komponen Suspensi Pajero Sport!

Perbedaan Eksterior New Xpander dan New Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross 2021 -1

Xpander Cross secara tampilan tak banyak berubah

Mungkin pada facelift sebelumnya cukup sulit melihat perbedaan antara Xpander dan Xpander Cross secara sepintas. Namun kini identitas keduanya terlihat lebih jelas. Terutama pada bagian muka dari masing-masing model.

Mitsubishi Xpander 2021 -2

Lampu depannya baru

Untuk Mitsubishi Xpander Facelift, perubahan paling menonjol ada di bagian lampu utamanya. Karena Mitsubishi kini menggunakan desain T-shape headlight dengan lampu LED yang juga terintegrasi Daytime Running Light (DRL). Lantas bentuk DRL di bawah kap mesin juga alami perubahan dengan aksen kotak-kotak. Sementara pada Mitsubishi Xpander Cross Facelift, model kedua lampu ini masih mengikuti sebelumnya alias tidak alami perubahan.

Mitsubishi Xpander Cross 2021 -2

Xpander Cross cuma berubah warna gril depan

Lantas perubahan lainnya yang ditemui pada New Xpander adalah desain gril depan yang lebih rapat dan pakai finishing Black Metallic. Akibat dipakainya lampu baru dan gril baru, maka bentuk bemper depan pun akhirnya ikut disesuaikan ulang. Sementara pada New Xpander Cross bentuk bemper dan gril tetap sama. Hanya saja gril juga kini mengikuti tema warna Xpander.

Mitsubishi Xpander 2021 -3

Tipe Ultimate sudah pakai velg ring 17

Disamping New Xpander juga alami perubahan. Paling terlihat adalah model velgnya yang kini berbeda serta di tipe Ultimate sudah pakai ukuran ring 17. Lalu disematkan pula Side Sill Garnish sebagai aksesrois di bagian sisi kiri dan kanan. Sementara pada Xpander Cross, tampak samping tak ada perubahan sama sekali, bahkan desain velg pun masih sama.

Mitsubishi Xpander 2021 -4

Bemper dan lampu belakang Xpander juga berubah

Lanjut ke bagian belakang, Xpander juga menjadi model yang alami perubahan cukup banyak. Misalnya lampu yang sekarang pakai full LED menyerupai huruf T. Kemudian bagian bemper juga dirombak total untuk dibuat stau desain anyar yang lebih agresif. Penepatan rear reflector pun kini berdiri tegak di sisi kiri dan kanan serta diapit aksen hitam pula. Sementara di Xpander Cross semuanya tetap serupa model terdahulu.

Baca juga : Harga New Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Dipastikan Dapat Diskon PPnBM 100 Persen

Interior New Mitsubishi Xpander dan New Mitsubishi Xpander Cross Cuma Beda Warna

Mitsubishi Xpander 2021 -5

Interior New Xpander

Sekarang kita lihat perbedaan Mitsubishi Xpander Facelift 2021 dengan Mitsubishi Xpander Cross Facelift 2021 dari sisi interior. Apakah antara kedua mobil ini ada perbedaannya? Jelas ada, tapi hanya sekedar tema warna dan pula jahitan pada jok.

Mitsubishi Xpander 2021 -5

Armrest jok baris kedua sekarang ditambah cup holder

Jika di Xpander warna kabin kombinasi hitam dan beige, maka di Xpander Cross sekarang lebih gelap berkat pilihan warna navy dan black. Lalu pola jahitan di Xpander juga pakai diamond cut atau yang familir dengan sebutan wajik. Sedangkan di Xpander Cross terbaru hanya pakai aksen jahitan tegak lurus di bagian tengah.

Mitsubishi Xpander Cross 2022 -4

Kabin Xpander Cross pakai tema gelap

Sementara soal desain darbor yang kini jadi lebih flat, bentuk lingkar kemudi yang sedikit membesar dan polanya seperti setir kepunyaan Mitsubishi Lancer Evolution, serta aksen silver pada konsol tengah dan doortrim pintu, semuanya diterapkan baik pada Xpander maupun Xpander Cross.

Fitur Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Kini Setara

Mitsubishi Xpander Cross 2021 -5

Headunit Xpander Cross lebih besar

Walau diposisikan untuk segmen berbeda, ternyata tidak ada perubahan fitur dan teknologi antara kedua mobil ini. Dibanding model terdahulu, baik Xpander atau Xpander Cross disematkan beberapa fitur anyar. Antara lain Electric Parking Brake with Brake Auto Hold, Auto Engine Stop, Speed Sensitive Automatic Door Lock, dan Digital AC Panel.

Mitsubishi Xpander 2021 -6

Panel AC juga sudah berubah digital

Bedanya, pada Mitsubishi Xpander terbaru menggunakan monitor headunit layar sentuh 8 inci dengan Smartphone Linked Display Audio (SDA), sedangkan di Xpander Cross ukurannya 9 inci. Tapi kenyamanan penumpang belakang juga tetap setara, berkat adanya USB Port hingga jok baris ketiga, Slot USB Type-C di konsol depan, serta armrest jok baris kedua yang sekarang dilengkapi cupholder.

Mitsubishi Xpander 2021 -7

Ada fitur Auto Stop System

Baca juga : Suzuki Ertiga Limited Edition vs Mitsubishi Xpander Facelift 2021, Mana yang Lebih Oke?

Perbandingan Fitur
Fitur New Xpander New Xpander Cross
Digital AC Panel v v
Headunit Touchscreen Audio 8 inci 9 inci
New Design Meter Cluster v v
New Design Steering Wheel v v
Rear Armrest with Cup Holder v v
Rear USB Port v v
Start Stop Button v v
Cruise Control v v
Dual SRS Airbags v v
ISO-FIX child seat v v
Dual SRS Airbags v v
Speed Sensitive Automatic Door Lock v v
Electric Parking Brake with Brake Auto Hold v v
Active Stability Control v v
ABS v v
EBD v v
Brake Assist v v
Hill Start Assist v v
Emergency Stop Signal v v

Mesinnya Juga Sama Persis

Mitsubishi Xpander Cross 2021 -6

Mesinnya tidak berubah sama sekali

Karena menggunakan basis model yang serupa, maka antara Xpander dan Xpander Cross juga pakai sepsifikasi teknis yang sama. Misalnya dari mesin yang dipakai, keduanya menggunakan mesin 1.5L MIVEC DOHC 4 Cylinder 16 Valve yang menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 141 Nm di 4.000 rpm.

Mitsubishi Xpander 2021 -7

Electric Parking Brake dan Transmisi CVT

Kemudian hal baru lainnya yang bisa Anda temui adalah penggunaan transmisi CVT pada model otomatis. Mitsubishi berharap penggunaan transmisi ini menghasilkan kenyamanan lebih baik saat berkendara. Apalagi sistem suspensi juga diberi perbaikan dengan terpasangnya rear shock absorber milik Mitsubishi Pajero Sport, dan suspensi depan juga mengalami tuning ulang. Akibatnya, ground clearance dikedua model pun kini lebih tinggi dari model sebelumnya dan dibuat sama rata.

Kesimpulan

Antara New Mitsubishi Xpander Facelift 2021 dan New Mitsubishi Xpander Cross Facelift 2021 sebenarnya cuma beda secara tampilan. Tentunya perubahan paling banyak ada di Xpander, sementara Xpander Cross masih serupa.

Beruntung, antara keduanya punya penambahan fitur yang sama. Sehingga kemungkinan besar tidak ada perubahan feel berkendara dari keduanya. Jadi sekarang tinggal masalah selera. mau tampilan Xpander atau Xpander Cross.

Baca juga : Mending Tunggu Mitsubishi Xpander Facelift 2021, Atau Beli Model Yang Sekarang Saja?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil