Menghitung Biaya Beli BBM Antara Wuling EV vs Mobil LCGC, Mana Paling Hemat Buat Dipakai Harian?

  • Pilih mana Wuling EV vs mobil LCGC?
  • Dari sisi harga, Wuling EV memang lebih mahal dibanding mobil LCGC.
  • Biaya isi daya baterai Wuling EV lebih murah daripada isi bensin mobil LCGC.

Wuling EV digadang-gadang siap dijual massal di Indonesia. Harganya memang masih disimpan oleh pihak Wuling Motors (Wuling). Namun kabarnya mobil listrik Wuling ini akan ada dikisaran Rp220 juta hingga Rp275 juta.

Jika dilihat secara harga, pada rentang banderol ini memang setara mobil berbahan bakar bensin jenis City car, LMPV, atau bahkan Small SUV. Tapi kalau dibandingkan dengan mobil listrik lain, Wuling EV adalah mobil listrik paling murah di Indonesia.

Calon mobil listrik termurah di Indonesia

Nah kalau bicara murah, maka mobil yang masih pakai mesin bakar dan masuk kategori murah adalah mobil LCGC. Karena mobil-mobil ini ada yang harganya di bawah Rp110 juta. Sementara yang termahal Rp184 jutaan. Masih jauh dibanding harga Wuling EV jika benar-benar dilepas Rp200 jutaan.

Tapi sebenarnya worth to buy gak sih si Wuling EV ini? Untuk itu kita coba bandingkan dari segi biaya pembelian bahan bakar vs biaya ngecas Wuling EV. Perbandingan ini kami asumsikan untuk pemakaian di dalam kota dalam keseharian Anda beraktifitas dari rumah ke kantor.

Baca juga : Resmi Diperkenalkan, Wuling EV Ini yang Bakal Dijual di Indonesia dan Dipakai di KTT G20 Bali

Konsumsi BBM Mobil LCGC

Honda Brio Satya jadi mobil LCGC paling irit BBM

Sebelum membandingkan berapa biaya yang harus dikeluarkan antara penggunaan Wuling EV vs mobil LCGC, kita beberkan dulu konsumsi BBM dari masing-masing mobil LCGC yang saat ini masih dijual di Indonesia. Kami kumpulkan semua hasil pencatatan konsumsi BBM untuk pemakaian di dalam kota.

Pertama dari Daihatsu Ayla, dari beberapa pengujian yang dilakukan sejumlah media otomotif Tanah Air, untuk Ayla 1.0 transmisi manual konsumsi BBM bisa mencapai 18 km/liter. Sementara untuk Daihatsu Ayla 1.2 manual ada di angka 14,7 km/liter. Dan untuk Ayla 1.2 matic kebanyakan mencatat angka 12 km/liter.

Lanjut ke Honda Brio Satya, untuk yang transmisi manual ternyata Brio memiliki konsumsi BBM hingga 21 km/liter. Sedangkan varian CVT-nya menghabiskan 1 liter BBM untuk menempuh jarak 16,6 km. Beralih ke Toyota Agya dimana untuk konsumsi BBM yang tipe transmisi manual 16,7 km/liter. Tetapi untuk yang pakai transmisi matic hanya 15,1 kpl.

Konsumsi BBM Toyota Calya lebih irit dari Daihatsu Sigra?

Lalu bagaimana dengan konsumsi BBM LCGC 7 seater? Sejumlah media mencatat konsumsi BBM Toyota Calya transmisi manual paling hemat di angka 16,1 km/liter. Tetapi yang varian transmisi matic cuma di angka 10,6 kpl.

Untuk konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.0 transmisi manual didapat 16 kpl. Lalu untuk Sigra 1.2 transmisi manual 14,1 km/liter, tapi yang varian matic 10,2 km/liter.

Konsumsi BBM tentu bisa berbeda dari tiap-tiap individu pemakainya, karena itu kita asumsikan untuk konsumsi BBM mobil LCGC transmisi manual ada di 18 km/liter. Sedangkan untuk yang mengunakan transmisi otomatis 12 km/liter.

Baca juga : Adu Penampilan dan Dimensi Wuling EV Versi Indonesia Vs Kiwi EV Versi China, Siapa Paling Proposional?

Biaya Beli Bensin Mobil LCGC

Harga Pertalite masih Rp7.650 /liter

Nah langkah selanjutnya kita coba hitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengisi bahan bakar mobil-mobil LCGC tersebut. Jika kita pakai rumusan harga BBM RON 90 jenis Pertalite dari Pertamina, maka per Juni 2022 harganya di 7.650/liter untuk wilayah DKI Jakarta dan Pulau Jawa.

Kita asumsikan setiap hari jarak antara rumah Anda dengan lokasi beraktifitas 10 kilometer (km) sekali jalan. Artinya satu hari bolak balik dari rumah ke tempat aktifitas lalu balik lagi ke rumah maka menempuh jarak 20 km. Dalam 5 hari beraktifitas, berarti Anda akan menempuh jarak 100 km.

Biaya beli bensin lebih mahal ketimbang ngecas baterai mobil listrik

Jika Anda gunakan mobil jenis LCGC dengan transmisi manual yang konsumsi BBM-nya 18 km/liter, maka selama lima hari Anda membutuhkan bahan bakar setidaknya 5,6 liter. Adapun biaya beli Pertalite selama lima hari yakni Rp7.650 x 5,6 liter = Rp42.840.

Sekarang bagaimana kalau pakai mobil LCGC yang bertransmisi otomatis? Jika Anda juga tetap pakai BBM jenis Pertalite dengan konsumsi BBM 12 km/liter maka untuk kebutuhan aktifitas selama lima hari dengan jarak tempuh 100 km, Anda butuh 8,4 liter Pertalite. Jadi biaya isi bensin selama 5 hari yakni Rp7.650 x 8,4 liter = Rp64.260.

Sekali Ngecas Wuling EV Bisa Tahan Sampai 3 Minggu

Biaya ngecas baterai Wuling EV selama 5 hari cuma Rp12 ribuan

Kini kita bandingkan biaya ngecas Wuling EV dalam periode dan jarak tempuh yang sama. Untuk Wuling EV tipe Standard Range 200 km, menggunakan baterai 17,3 kWh dengan kemampuan jarak tempuh 200 km dalam sekali charge.

Apabila Anda melakukan pengecasan di rumah dengan tarif listrik Rp1.444,70/kWh, maka biaya yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai Wuling EV dari posisi kosong hingga full charge yaitu, Rp1.444,70 x 17,3 kWh = Rp24.993,31

Sementara kalau Anda punya Wuling EV tipe Long Range 300 km yang punya baterai berkapasitas 26,7 kWH, maka biaya untuk isi ulang daya baterai di rumah yakni Rp1.444,70 x 26,7 kWh = Rp38.573,49.

Tertarik beralih ke mobil listrik?

Dengan kemampuan jelajah 200 km dari kondisi full charge hingga benar-benar baterai kehilangan daya listrik, maka Wuling EV bisa dipakai hingga dua pekan Anda beraktifitas dengan jarak satu harinya 20 km. Dengan catatan di akhir pekan mobil listrik ini tidak dipakai.

Sementara kalau pakai yang tipe Long Range, dengan kemampuan hingga 300 km, mobil listrik Wuling tersebut bisa digunakan sampai 3 pekan untuk Anda beraktifitas dari rumah ke lokasi pekerjaan tanpa harus isi daya baterai lagi.

Itu berarti selama 5 hari Anda cukup keluarkan biaya untuk ngecas baterai sekitar Rp12.000, itu pun kondisi baterai belum full charge.

Baca juga : Beli Wuling EV Biaya Sekali Ngecas Baterainya Gak Sampai Rp50.000, Bisa Buat Seminggu

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Wuling Mini EV

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Iconic and Futuristic Exterior Design dari Wuling Mini EV

Wuling Hongguang Mini EV: Kecil tapi Lega

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil
Wuling Mini EV
Lihat