Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu

Isuzu memang baru meluncurkan pikap terbarunya Isuzu Traga pada tahun 2018. Tapi mobil ini langsung menghadirkan berbagai keunggulan bagi kendaraan komersial: mesin yang bandel dan bertenaga, bodi yang kokoh, serta bak belakang dengan kapasitas penyimpanan yang lega.

Harga

Model Harga
Isuzu Traga Pick Up FD (Flat Deck) Rp205.800.000
Isuzu Traga Box Rp232.300.000

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin 4JA1L 4-silinder Direct Injection with Turbocharged
Kapasitas Silinder 2.499 cc
Tenaga Maksimal 80 PS/ 2.600 rpm
Torsi Maksimal 191 Nm/ 1.800 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan
Sistem Penggerak Rear-wheel drive
Dimensi
P x L x T 4.650 x 1.705 x 1.985 mm
Jarak Pijak Depan 1.460 mm
Jarak Pijak Belakang 2.250 mm
Ground Clearance 200 mm
Radius Putar 4.5 m
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan Double wishbone with coil spring
Suspensi Belakang Leaf spring type
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum, leading & trailing
Ban 195R14-8PR
Velg 6 Stud 14 x 5.5

Sejarah

Isuzu Traga merupakan truk pikap menengah yang diproduksi oleh Isuzu sejak tahun 2018. Dikembangkan untuk bersaing dengan Mitsubishi L300 di pasar truk pikap dan menggantikan pikap Bison dan Panther yang berbasis L300.

Nama Traga berasal dari fasa “X-Tra Lega”. Isuzu memproduksi Traga di Indonesia dan mengekspor mobil ini ke negara-negara Asia Tenggara lainnya sejak 2019 lalu. Dengan Filipina sebagai tujuan ekspor pertama, dimana mobil ini dijual dengan nama Isuzu Traviz.

Pihak Isuzu sendiri mengungkapkan bahwa Isuzu Traga seharusnya diperkenalkan 3 atau 4 tahun lebih dulu dibandingkan aslinya. Namun, pengembangan yang terus menerus serta memperhitungkan kebutuhan konsumen di Indonsia membuat mobil ini semakin memikat.

Pasalnya Isuzu mengembangkan Traga dari berbagai komponen kendaraan lain. Contohnya saja mesin 4JA1-L berkapasitas 2.5L dengan teknologi Diesel Direct Injection yang diambil dari Isuzu Panther. Sedangkan komponen lainnya seperti transmisi dan suspensi diambil dari D-max.

Traga yang diperkenalkan pertama kali pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Ditawarkan dalam dua varian, yaitu Flat Deck dan Box. Varian Flat Deck memiliki dimensi bak belakang 2.810 x 1.620 x 300 mm, diklaim sebagai yang terbesar di kelasnya.

Bersaing dengan nama-nama besar di segmen mobil pikap yang sudah melegenda, ada banyak kelebihan Isuzu Traga yang bisa didapatkan. Tertarik mendapatkan mobil ini? Simak review Isuzu Traga 2020 terbaru dari kami di bawah ini.

Eksterior

Traga memang dibuat berdasarkan model Isuzu lainnya. Maka tak jarang mobil ini disebut sebagai Isuzu Panther tanpa hidung. Desainnya yang minimalis masih terasa mewah mengingat mobil ini disematkan beberapa aksen chrome.

Kaca depan yang lebar tentu saja memberikan visibilitas yang baik bagi pengendara. Sedangkan kesan khas Panther terasa pada desain depan yang cukup menarik dengan lampu depan multi reflektor serta dilengkapi pemanis grille berwarna abu-abu gelap.

Sama seperti mobil niaga lainnya, Isuzu Traga dipasarkan tanpa bonnet. Mesinnya ditanamkan di bawah kursi. Memberikan keuntungan tersendiri dengan radius putar yang cukup pendek, 4,5 meter. Memudahkan pengemudi ketika harus bermanuver di jalanan yang sempit.

Ketangguhannya melewati semua kondisi jalan juga terlihat dari ground clearance yang mencapai 200 mm. Bisa dibilang tinggi untuk model kendaraan niaga. Traga juga dilengkapi dengan ban berukuran 195R14-8PR dengan velg 14 inci.

Alasan membeli Isuzu Traga terbaru terdapat pada ukuran bak yang disebut terluas dibandingkan pesaingnya. Bak Isuzu Traga mencatatkan panjang 2.810 mm, lebar 1.620 mm, ditambah tinggi 300 mm menghadirkan luas 4.6 meter persegi. Dengan klaim mampu menampung hingga 60 galon air.

Begitu juga dengan pengaturan open cargo yang diberikan. Sehingga semua sisi bak bisa dibuka dan memberikan kepraktisan serta kemudahan memasukkan barang-barang ke dalam bak belakang. Membuatnya cocok sebagai jasa pengangkutan barang.

Interior

Menggantikan Isuzu Bison yang sudah lebih dulu melayani konsumen Tanah Air, keunggulan Isuzu Traga terlihat dari desain modern yang ditampilkan pada kabin. Interior dengan konsep ergonomis menawarkan kemudahan dan ruang yang lega bagi pengemudi dan dua penumpang.

Memang pengaturan di dalam interior Isuzu Traga tak sebaik kendaraan penumpang lainnya. Apalagi jika dibandingkan dengan pesaingnya yang sudah mendapatkan head unit bergaya modern. Tapi Traga masih mempertahankan sistem audio single DIN yang terkesan jadul.

Satu hal yang menarik adalah tuas transmisi yang dibuat agak tinggi, menyesuaikan dengan tangan pengemudi. Walaupun memang kehadirannya tanpa cupholder yang mengurangi kepraktisan berkendara di dalam kabin.

Tapi penghuni mobil sudah mendapatkan cupholder yang terpasang pada kedua sisi dashboard. Walaupun belum ditemukan kompartemen terbuka lainnya di dalam kabin. Hanya ada glovebox yang bisa digunakan untuk menyimpan barang keperluan dan kompartemen kecil di bawah head unit.

Setir palang dua yang digunakan pada mobil ini termasuk polos. Tak ada tombol pengaturan seperti yang digunakan pada mobil terkini. Tanpa fitur tilt maupun teleskopik, tapi rasa berkendara Isuzu Traga masih menarik mengingat sistem rack & pinion yang diberikan membantu pengemudian.

Sayang seribu sayang, Traga masih kalah dalam hal kenyamanan. Jika beberapa pesaingnya sudah mendapatkan fitur AC untuk menemani pengemudi dan penumpang di kabin depan, Traga hanya menyediakan blower beserta pengaturannya.

Untuk menemani sepanjang perjalanan jauh, mobil ini sudah memiliki head unit yang bisa digunakan untuk memutar lagu melalui USB, AUX, CD, maupun radio agar tidak mengantuk. Terlebih ketika melewati jalanan yang sepi di malam hari maupun siang hari yang terik.

Kabinnya memang lapang, bahkan mampu menampung hingga dua penumpang dan seorang sopir. Pengaturan jok Isuzu Traga hanya sebatas maju dan mundur. Tetapi cukup baik untuk memberikan posisi berkendara paling nyaman bagi pengemudi.

Memang bukan tanpa balutan kulit yang mewah. Kursi Isuzu Traga hanya dipasangkan pelapis berbahan kain. Tapi cukup nyaman untuk sekelas kendaraan komersial dengan ruang kaki serta ruang kepala yang lapang.

Fitur Keselamatan Aktif

Memang tak ada fitur canggih maupun teknologi terbaru yang ditawarkan pada mobil ini. Mengingat Isuzu mengkhususkan mobil ini sebagai kendaraan niaga, sistem keselamatan yang ditawarkan tak selengkap kendaraan penumpang pada umumnya.

Isuzu Traga tidak ada sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan sejenisnya, apalagi sistem Vehicle Stability Assist yang lebih baru. Tapi semua kursi sudah mendapatkan fitur seatbelt sebagai fitur paling minimal untuk keselamatan di dalam mobil.

Salah satu fitur keselamatan yang kadang dilupakan oleh model kendaraan komersial lainnya adalah kehadiran head rest pada kursi. Traga menyediakan dua head rest untuk pengemudi dan penumpang, memberikan rasa aman ketika mobil sewaktu-waktu mengalami benturan.

Mesin

Isuzu memang masih percaya dengan kehebatan mesin 4JA1-L yang sedari dulu menemani pengguna Isuzu Panther di Indonesia. Mesin diesel yang bandel serta tangguh khas Isuzu merupakan tulang punggung dari kehebatan Isuzu Traga di jalanan perkotaan maupun ketika diajak mendaki.

Tenaganya memang tak bisa dibilang besar. Mesin Isuzu Traga hanya memproduksi 80 PS pada putaran 3.500 rpm, namun Traga menawarkan torsi besar jika dibandingkan pesaingnya. Torsi 191 Nm yang diterima Traga sudah bisa didapatkan dari putaran 1.800 rpm.

Catatan spesifikasinya tak kalah mengagumkan. Meski Isuzu hanya menawarkan transmisi manual 5-percepatan untuk mobil ini, perpindahan transmisi yang dihasilkan terkesan mulus dan efektif untuk menghadirkan efisiensi bahan bakar yang irit pada mobil ini.

Performa dan Handling

Memang tak salah jika Isuzu dikenal sebagai ‘Rajanya Diesel”. Mengingat mesin diesel yang dikembangkan pada Panther dan sekarang digunakan untuk kendaraan niaga pengangkut barang-barang kebutuhan sehari-hari ini masih tetap mengesankan di jalanan.

Torsi mobil Isuzu Traga ini termasuk tinggi. Memang bukan untuk diajak berlari kencang, tetapi sangat membantu ketika berkendara dengan muatan yang terisi penuh. Apalagi Traga menawarkan ruang belakang yang luas. Sehingga harus dibarengi dengan tenaga yang kuat diajak mendaki.

Kemampuannya dalam bermanuver siap menjadi daya tarik mobil ini. Radius putar mobil ini hanya 4.5 meter, membuat Traga bisa diajak berputar di gang yang sempit atau dibawa melewati tikungan berbelok yang tajam.

Kelebihan mobil Isuzu terdapat pada suspensi yang nyaman. Begitu juga sistem suspensi yang empuk dan kaku pada Traga. Ada penaturan suspensi double wishbone serta coil spring pada roda depan, memberikan kenyamanan tersendiri ketika harus melewati jalanan bergelombang.

Konsumsi BBM

Tak hanya mesin yang bertenaga, Isuzu Traga juga diklaim sebagai pikap paling hemat bahan bakar di kelasnya. Kombinasi mesin yang efisien serta penggunaan transmisi manual 5-percepatan dengan rasio gigi yang pas memberikan konsumsi bbm yang terbilang irit.

Memang keunggulan dari mesin diesel adalan mesin yang lebih efisien dibandingkan dengan mesin bensin, namun tetap dengan tenaga yang cukup untuk membawa penumpang dan barang bawaan pada bak belakang.

Isuzu sendiri mengklaim konsumsi bbm Isuzu Traga rata-rata sebesar 13 km/L. Namun ternyata hasil ini cukup berbeda dibandingkan dengan percobaan yang dilakukan media. Dari berbagai sumber, Traga mencatatkan 11-12 km/L, termasuk baik dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.

Video

Isuzu memperkenalkan Isuzu Traga 2018 sebagai bagian dari pilihan pikap bermesin diesel terbaru di Indonesia. Intip video Isuzu Traga yang menghadirkan berbagai kelebihan yang bisa ditemukan pada mobil ini.

Kesimpulan

Isuzu Traga langsung masuk sebagai pilihan pikap untuk kendaraan komersial yang mengesankan. Mesinnya tangguh layaknya slogan Isuzu sebagai “Rajanya Diesel”. Ditambah dengan bak yang luas dan lapang untuk semua kebutuhan membuat Isuzu Traga bekas masih diminati.

Layaknya kendaraan niaga pada umumnya, kenyamanan masih menjadi salah satu kekurangan Isuzu Traga. Bagi pengemudi yang berada di kabin depan, tanpa adanya AC serta sistem hiburan yang pas-pasan tentu cukup mengesalkan ketika harus membawa mobil ini dalam perjalanan jauh.

Mungkin tak tepat disebut sebagai alternatif, tapi sebagai pilihan yang patut dipertimbangkan. Isuzu Traga merupakan satu diantara sedikit mobil bagi sang pengusaha: bermesin bandel, siap dibawa berkendara ke mana saja, serta kokoh dan tangguh di semua medan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif....

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Isuzu Traga

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Isuzu Traga
Lihat