Ini Dia Tips Mudah Beli Mobil Baru, Biar Gak Kecewa Kemudian

Harga mobil baru memang terasa semakin mahal, tetapi bukan berarti menjadi hambatan untuk membelinya. Ada beberapa tips mudah beli mobil baru agar tidak menyesal kemudian hari, apalagi sampai mengganggu anggaran rumah tangga.

Membeli mobil baru tentu bukan seperti membeli makan atau pakaian yang bisa diputuskan dengan cepat. Ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan saat memilih mobil apa yang cocok untuk Anda dan keluarga.

Bisa dimulai dari model apa yang diperlukan, apakah City Car, Hatchback, MPV, atau SUV? Bagaimana kondisi lingkungan tempat Anda tinggal? Hingga berapa anggaran biaya yang Anda perlukan.

Agar tidak salah ambil keputusan, ada beberapa tips mudah beli mobil baru yang bisa diterapkan.

1. Lakukan Riset Model Mobil yang Diinginkan

Survei ke dealer mobil jadi salah satu bagian riset

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah melakukan penelitian atau riset mengenai mobil baru yang ingin Anda beli. Di era digital saat ini, lebih mudah bagi para konsumen untuk mencari informasi tentang mobil yang diinginkan sebanyak-banyaknya sebelum mengambil sebuah keputusan.

Anda bisa mencari tahu mobil apa saja yang laris di pasaran hingga permasalahan yang kerap terjadi pada mobil impian yang tengah Anda incar itu. Anda bisa membaca artikel dari media-media terpercaya, hingga mengetahui testimoni pengguna model mobil tersebut di media sosial atau berbagai forum pengguna kendaraan itu.

Mengumpulkan brosur untuk menambah informasi mobil yang ingin dibeli

Riset sederhana bisa menjadi pondasi agar tidak salah saat memilih mobil baru. Jika ingin melihat spesifikasi mobil yang rencananya Anda akan beli, bisa tengok ke website SEVA dan brosur mobil yang diinginkan.

Baca juga : Biar Tampil Beda, Ini Alasan Kenapa Peugeot 5008 Bisa Jadi Alternatif SUV Mewah Keluarga

2. Pastikan Sesuai Kebutuhan

Tentukan pilihan sesuai kebutuhan

Selanjutnya pastikan mobil yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda atau keluarga. Sebagai contoh, bila kebutuhan mobil baru yang Anda cari akan dipakai untuk beraktivitas harian, maka salah satu faktor terpenting adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit.

Contoh lainya adalah soal kapasitas kabin. Apakah Anda cukup sering membawa keluarga besar untuk liburan? Maka mobil berkapasitas 7 penumpang bisa jadi hal yang prioritas. Namun jika Anda adalah pasangan muda atau baru memiliki satu anak, maka mobil city car kecil berkapasitas 5 penumpang pun sudah cukup.

Pastikan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda

Oya, jangan lupa juga untuk memastikan garasi di rumah Anda. Sesuaikan juga dengan mobil yang berencana dipinang. Jangan sampai membeli mobil yang dimensinya terlalu besar, sehingga pintu pagar tidak bisa ditutup atau malah sulit saat membuka pintu mobil karena terlalu dekat dengan tembok.

Baca juga : Ini 5 Alasan Kenapa Lebih Baik Beli Mobil Baru Daripada Mobil Bekas

3. Test Drive

Lakukan Test Drive sebelum membeli mobil impian

Bila sudah ada beberapa pilihan yang akan dibeli, lakukan test drive terlebih dahulu. Jangan ragu minta kepada pramuniaga untuk melakukan test drive dengan kontur jalan bervariasi.

Usahakan saat test drive jangan hanya di jalan lurus, cari tanjakan, jalan bebatuan atau rusak, hingga jalan berkelok. Ini untuk menguji apakah tenaga mesin, suspensi dan rasa limbung sesuai dengan ekspektasi Anda.

Lakukan Test Drive pada medan jalan bervariasi

Lakukan test drive untuk beberapa mobil berbeda untuk lebih meyakinkan mana yang paling sesuai dengan pilihan. Selain itu bisa juga menonton review dari YouTube bila kurang puas setelah melakukan test drive.

4. Perhatikan Garansi dan Layanan Purna Jual

Setiap pabrikan otomotif memberikan layanan purna jual yang berbeda-beda. Sebagai contoh, Toyota memberikan layanan bebas biaya jasa servis hingga 3 tahun atau 100.000 KM mana yang tercapai lebih dulu.

Pastikan ada layanan Home Service dan Emergency 24 Jam

Kemudian ada juga jaminan garansi penggantian atas komponen yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak secara gratis, kecuali akibat kesalahan pemakaian dan faktor eksternal.

Perhatikan juga lokasi bengkel resmi, layanan home service, hingga ketersediaan layanan Emergency 24 Jam jika membutuhkan bantuan darurat di tengah jalan.

Baca juga : Sudah 20 Tahun Eksis, Ini 5 Alasan Kenapa Toyota Avanza Selalu Diminati Masyarakat Indonesia

5. Terpenting, Tentukan Anggaran

Tentukan anggaran biaya sebelum membeli mobil

Tips mudah beli mobil baru yang cukup penting adalah tentukan anggaran. Buat rentang anggaran yang Anda sanggup membeli mobil tersebut. Apakah yang di harga Rp100 jutaan, Rp200 jutaan atau lebih dari itu?

Setelah itu tentukan metode pembayarannya, apakah ingin membeli secara tunai, atau kredit? Bila kredit pastikan tidak mengganggu cash flow rumah tangga. Tentukan besaran kredit tiap bulan yang mampu Anda bayar.

SEVA sediakan skema pembayaran sesuai kebutuhan Anda

Salah satu caranya adalah menggunakan fitur di platform pembelian mobil baru seperti SEVA yang menyediakan fitur menghitung dan melihat peluang kredit. Bila sesuai dengan anggaran, maka tinggal pesan.

Mau Cari Mobil Impian, Ada di SEVA

Zaman digital yang canggih semakin memudahkan pelanggan untuk bertransaksi. Termasuk membeli mobil baru yang semakin mudah. Bila Anda mencari mobil baru apapun jenisnya, baik City Car, Hatchback, MPV, SUV hingga Sedan, tersedia di SEVA.

Selain pembelian mobil baru, fasilitas dana dan layanan e-dokumen semua tersedia di SEVA. Merek mobil ternama dari Astra seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW hingga Peugeot bisa dipilih.

Bila ingin mengajukan kredit, SEVA juga menyediakan layanan pembiayaan terpercaya dari Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Finance (TAF). Layanan ini membuat konsumen semakin mudah, aman, dan nyaman.

Baca juga : Gak Perlu Inden Lama-Lama, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Bisa Dibeli di Sini

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Lanjut membaca

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Creta

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Daihatsu ROCKY X 1.2

Rp 197,00 Juta
Rp 4,01 Juta/bln

13.726 km

1,5 tahun

Banten

Lihat Detail

2017 Toyota AVANZA G 1.3

Rp 155,00 Juta
Rp 3,16 Juta/bln

8.485 km

6,5 tahun

Jakarta

Lihat Detail

2021 Honda BRIO RS 1.2

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

17.289 km

2,5 tahun

Banten

Lihat Detail

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 188,00 Juta
Rp 3,83 Juta/bln

3.226 km

3,5 tahun

Banten

Lihat Detail

2017 Toyota AGYA G 1.2

Rp 117,00 Juta
Rp 2,38 Juta/bln

14.124 km

5,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Toyota Century Akan Hadir Versi SUV, Lebih Mewah dari Land Cruiser

Bagi sebagian masyarakat di Indonesia, nama Toyota Century mungkin masih asing ditelinga. Maklum, mobil ini memang tidak dijual bebas oleh agen pemegang merek Toyota Astra Motor (TAM), karena hanya bisa dibeli spesial order melalui pihak Importir Umum (IU). Tetapi tahukah kalian kalau Toyota Century adalah sosok sedan mewah yang juga dipakai oleh Kaisar Jepang. Baca juga: Toyota Rilis GR Supra dan GR 86 Edisi Khusus Peringati Mobil Paul Walker Nah, bicara soal Century, konon mobil bergaya sedan

Mau Liburan ke PRJ 2023? Catat Rute dan Biaya Parkirnya

Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2023 bisa jadi tempat yang bisa dipilih untuk mengisi waktu liburan bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Terlebih lagi, pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada 28 dan 30 Juni 2023 dalam rangka memperingati Idul Adha 1444 Hijriah. Baca juga: Seres E1 Muncul di PRJ 2023, Harganya Lebih Murah dari Wuling Air ev Nah, bicara soal Jakarta Fair atau PRJ 2023, ternyata masih ada loh yang belum tahu bagaimana cara menuju lokasi dan berapa biaya tiket masukny

Toyota Hilux GR Sport dan Ford Ranger Raptor Salim Dulu, D-Cab China Ini Jauh Lebih Kuat

Toyota Hilux GR Sport atau Ford Ranger Raptor mungkin masuk daftar mobil-mobil kategori pickup kabin ganda berpenapilan keren. Tapi belum lama ini SAIC Maxus GST 2024 hadir untuk mengubah persepsi Anda tentang seperti apa defisini pikap stylish yang setingkat lebih tinggi. Baca juga: Ford Ranger Raptor dan Everest Titanium 2023 Meluncur di Indonesia, Bukan Kelas Hilux dan Fortuner! Debut perdana pada ajang Shanghai Auto Show 2023 silam, GST Concept memang hadir sebagai pickup truck high class. D

Layani Taksi Premium, GoCar Luxe Kini Hadir di Bandara Soekarno-Hatta

Aplikasi transportasi online Gojek memperluas layanan taksi premium mereka hingga ke Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno-Hatta. Menggandeng Angkasa Pura II, pengguna layanan Bandara Soekarno-Hatta dapat mengakses layanan GoCar Luxe di area kedatangan Terminal 3. Tidak seperti taksi online biasa, GoCar Luxe hadir menyasar kelas premium memakai Toyota Kijang Innova sebagai armada dinasnya. Layanan premium ini menjadi solusi tingginya tingkat permintaan terhadap layanan GoCar di bandara t

Salah Satu Mobil China Terlaris di Dunia, Chery Omoda 5 Duduki Posisi Keenam Penjualan Ekspor

Pabrikan otomotif asal Negeri Tiongkok, Chery Automobile memilki produk unggulan terbaru yang dinamakan Chery Omoda 5. Sebagai produk global,Omoda 5 bukan cuma dijual di Indonesia, melainkan juga di beberapa negara. Bicara Crossovernya tersebut, Chery Automobile mengumumkan pencapaian penjualan untuk kategori mobil ekspor asal China. Tercatat pada Mei 2023 dilaporkan bahwa untuk pasar ekspor berhasil mendistribusikan Omoda 5 sebanyak 12.316 unit. Di sisi lain, pada April 2023 pihaknya mencatat p

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil