4 Masalah di Suzuki Karimun Kotak yang Perlu Diketahui, Biar Gak Bikin Susah di Kemudian Hari

Suzuki Karimun Kotak jadi mobil mungil yang langsung menjadi primadona khususnya di segmen entry level. Karimun dianggap ideal untuk mobil perkotaan, lantaran memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan lincah untuk bermanuver. Namun ada beberapa masalah yang harus diwaspadai kalian yang berniat beli Karimun kotak ini.

karimun kotak ini disukai karena mempunyai harga yang cukup terjangkau serta mempunyai tampilan yang nyentrik. Soal desain dengan bentuknya yang serba kotak, bagi sebagian orang model mobil ini tidak masuk selera mereka.

Baca juga:

Selain desain yang agak kontroversial, masih banyak masalah lain yang perlu diketahui calon penghobi. Apa saja masalah yang kerap dihadapi para pemilik Karimun Kotak? Simak ulasannya berikut ini.

1. Masih Pakai Karburator, Harus Rutin Perawatan Berkala

Suzuki Karimun Kotak dibekali mesin F10A dengan tenaga hanya 55hp pada 5500rpm dan torsi sekitar 73,5 Nm pada 3000rpm. Tenaganya pas-pasan dan juga mobil ini memakai penggerak roda depan, sehingga riskan loss power bila mobil membawa penuh penumpang dan barang bawaan.

Mesin F10A ini terkenal sederhana dan bandel tapi di sisi lain harus sering melakukan perawatan rutin. Bila rutin melakukan pergantian oli, timing belt dan tune-up maka performanya akan selalu optimal. Ini karena karburator lebih rentan kotor sehingga membuat kinerjanya terganggu.

Apabila jarang melakukan tune up, tentunya peforma mobil menjadi berkurang dan sekaligus mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Kondisi mesin yang sehat terlihat dari aasapnya tak berwarna putih ataupun hita pekat.

2. Masalah di Suzuki Karimun Kotak, Suspensi Limbung

Suzuki Karimun Kotak menggunakan suspensi McPherson strut di bagian depan, serta isolated trailing link dengan pegas per di roda belakang. Suspensinya tidak istimewa, karena keras tapi tetap limbung.

Body roll yang sangat terasa ketika menikung, karena posturnya body yang tinggi serta center of gravity yang kurang baik. Mobil yang limbung ini juga disebabkan karena karakter suspensi yang rebound-nya cepat, sehingga kurang stabil ketika menopang bobot mobil dari efek gaya sentrifugal saat bermanuver.

Ini diperparah dari kaki kakinya yang terasa kurang nyaman. Ketika mobil hanya diisi 1 atau 2 orang saja membuat suspensinya terasa keras. Namun waktu diisi muatan penuh biasanya akan terdengar bunyi mentok dari ban belakang karena shock sudah mentok stopper.

3. Kaki-kaki Kurang Rigid

Brosur Suzuki Karimun Facelift (Foto: Karimunestillo.com)

Selain suspensi, kelemahan lain di Suzuki Karimun generasi pertama yang perlu diwaspadai ada di bagian kaki-kaki. Bushing plunger bisa bunyi klutuk-klutuk saat mobil dikendarai di jalan yang kurang mulus. 

Ini dikeluhkan oleh banyak para pengguna Karimun Kotak, yang disinyalir dari penggunaan material yang kurang baik atau spesifikasi yang kurang matang saat perancangannya.

Solusi Untuk menghilangkan bunyi klutuk-klutuk tadi dengan cara mengganti hampir semua bagian kaki-kaki. Kalian perlu mengganti sokbreker satu set, tie rod, long tie rod, ball joint, bushing arm, dudukan sokbreker, hingga bearing.

4. Kondisi Sistem Pendinginan Perlu Peremajaan

Suzuki Karimun Kotak statusnya sudah masuk sebagai mobil tua bangka karena usianya sudah di atas 20 tahun. Untuk mobil tua, masalah yang umum terjadi tak jauh-jauh dari sektor pendinginan mesin. Entah sistem radiator atau kipas perlu peremajaan ketika kinerjanya melemah.

Ini diperparah karena Karko pakai mesin kecil sehingga agak menghentak ketika AC dihidupkan, sehingga bikin putaran mesin enggak stabil. Solusinya bisa dengan ganti puli kruk as yang lebih kecil.
 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Karimun Wagon R

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 147,00 Juta
Rp 3,00 Juta/bln

18.150 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 131,00 Juta
Rp 2,67 Juta/bln

37.905 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2014 Honda MOBILIO E 1.5

Rp 132,00 Juta
Rp 2,69 Juta/bln

84.575 km

8,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2017 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 156,00 Juta
Rp 3,18 Juta/bln

79.845 km

6 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota AVANZA G 1.3

Rp 158,00 Juta
Rp 3,22 Juta/bln

34.417 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Suzuki Karimun Wagon R AGS Terkejut 60-an

Berita Terbaru

Masuk Tahun Keenam, Wuling Buktikan Merek China Sukses Pikat Masyarakat Indonesia

Wuling di awal kehadirannya menghadapi tantangan besar untuk membuktikan bila merek asal China bisa diterima pasar dengan baik. Pasalnya brand otomotif di Tanah Air didominasi merek Jepang, yang berpuluh-puluh tahun terbukti hadirkan produk dengan ketangguhan dan keawetan. Membuktikan hal tersebut, Wuling hadir dengan membawa produk yang nggak kalah tangguh, fitur komplit, namun memiliki harga jual lebih terjangkau. Mengawali perjalanannya di Indonesia sejak 2017, tahun ini Wuling Motors Indones

Tol Cisumdawu Diresmikan Presiden Jokowi, Bandung - Cirebon Gak Sampai 1 Jam

Jalan Tol Cisumdawu atau Cileunyi-Sumedang-Dawuan akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (11/7/2023). Jalan tol yang memiliki panjang 61,6 kilometer akan mempermudah masyarakat dari arah Bandung dan sekitar menuju Cirebon, atau sebaliknya. Baca juga: Jalan Tol di Indonesia Makin Canggih, Bisa Otomatis Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Saat Ada Kemacetan Sebelumnya, warga bandung dan sekitar jika ke arah Cirebon atau arah timur Pulau Jawa, harus melewati jalur alternatif Cadas Pangeran yang

3 Hal Penting dari Wuling Air Ev yang Tidak Banyak Diketahui Pemiliknya

Wuling Air ev (Spesifikasi | Berita) menempati segmen mini city car EV. Di Tanah Air Untuk sekarang ini, Air ev bermain secara tunggal di market otomotif Indonesia. Sebentar lagi Air ev akan kedatangan pesaing terdekatnya, Seres E1. E1 sendiri dikabarkan akan diluncurkan secara resmi di Indonesia pada kuartal III tahun ini. Kembali ke Air ev, mobil ini dihadirkan dalam dua varian, yakni Standard Range dan Long Range. Untuk harga, dengan PPN 1% per Juli 2023 varian Standard Range dibandrol Rp243

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Daihatsu Charade Winner dan Charade Classy

Berburu mobil lawas era 90-an memiliki suatu keunikan tersendiri. Ini karena saat itu cukup beragam model yang tersedia, dan dibangun dari basis serupa. Contohnya yaitu Daihatsu Charade yang terbagi sebagai Charade Winner dan Charade Classy. Untuk membedakan kedua model ini cukup mudah. Untuk Charade Winner berwujud hatchback dan untuk Charade Classy berwujud sedan. Namun demikian, tentu tak sesederhana itu perbedaan antara kedua model tadi. Baca juga: 5 Hal Menarik Daihatsu Charade Winner, Mobi

Ini 7 Fakta Toyota Corolla Cross, Bukan Lagi Mobil Hybrid Termurah di Indonesia

Toyota Corolla Cross kini tak lagi jadi hybrid yang termurah setelah munculnya Kijang Innova Zenix dan juga Yaris Cross. Bagaimana tidak, Toyota Corolla Hybrid sekarang ditawarkan dengan banderol Rp608.400.000, itupun hanya satu varian yaitu tipe GR Sport 1.8L HV. Baca juga: Toyota Perkenalkan Corolla Cross GR Sport Versi Hybrid di IIMS 2023, Banyak Upgrade! Sementara harga Kijang Innova Zenix Hybrid dibanderol mulai dari Rp468.600.000 dan Yaris Cross Hybrid dilepas mulai Rp440.600.000. Nah, And

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Karimun Wagon R
Lihat