Anak Mobil Wajib Tahu, Ini Perbedaan Velg Casting, Forged dan Flow Forming

Bagi kalian yang belum tahu, pembuatan velg mobil terbagi menjadi tiga, yakni; casting, forged dan flow forming. Ketiganya biasa digunakan oleh produsen velg aftermarket untuk membuat velg dengan menyesuaikan desain, ukuran, serta request konsumen.

Oh iya, penggantian velg biasa dilakukan untuk mendapati tampilan mobil agar terlihat lebih proper sesuai dengan apa yang dinginkan. Namun apabila pemilihan desain serta ukuran tidak sesuai, tampilan mobil justru malah terlihat wagu.

Untuk mengetahui apa saja perbedaan velg casting, forged dan flow forming, simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Velg Alloy Dibandingkan Velg Kaleng, Sekarang Laris Dipakai Mobil Baru

Pembuatan Velg Mobil Casting, Paling Banyak Dilakukan Produsen

Pembuatan velg dengan cara casting merupakan proses pembuatan yang kebanyakan dilakukan produsen. Keuntungan dari velg casting yaitu biaya produksi yang lebih murah serta proses lebih cepat.

Biasanya metode ini dilakukan sekaligus untuk mencetak banyak velg dengan menyiapkan banyak cetakan. Oh iya, Proses pembuatan velg casting terbagi menjadi dua cara, yakni gravity casting dan juga low pressure casting.

Dalam proses pembuatan dengan cara memanaskan material bahan dasar hingga meleleh, selanjutnya dituangkan ke dalam cetakan velg yang desainnya telah ditentukan.

Untuk kelamahanya, velg casting seringkali dianggap mudah retak atau pecah karena dicetak pada tingkat kepadatan tinggi.

Velg Mobil Forged Memiliki Proses Pembuatan Paling Rumit

Selanjutnya velg forged. Dalam proses pembuatannya velg ini memiliki cara serta teknologi yang paling rumit.

Ketika proses produksi, velg forged berbeda dengan casting yang dicetak pada sebuah cetakan. Pembuatan velg dengan cara ini bisa menggunakan berbagai macam material berbentuk padat.

Saat ini salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam kegiatan produksinya yaitu alumunium. Bahan dasar ini dipilih karena kuat, mudah melepaskan panas dan ringan.

Velg forged dibuat dengan cara ditempa. Velg ini lebih kuat dan lebih ringan daripada velg steel atau velg alloy.

Cara yang dilakukan dalam proses pembuatan, velg forged dengan memasukkan bahan alumunium padat ke dalam mesin kemudian dipanaskan lalu dibentuk menjadi sebuah velg. Dalam prosesnya velg dipress sehingga menghasilkan velg yang kuat.

Velg Flow Forming, Pengembangan dari Velg Casting

Pengembangan velg casting, velg flow forming memiliki proses pembuatan dari jenis casting atau cetak. Kegiatan proses produksinya metode flow forming melewati beberapa tahapan.

Langkah awal dimulai dari proses cetak yang kemudian dipress menggunakan roller. Selanjutnya  velg ditarik dengan mesin hingga pada akhirnya terbentuk menjadi sebuah velg.

Berikutnya velg casting yang setengah jadi kemudian dibentuk bagian pinggir dan bibir velg. Metode ini dilakukan untuk mendapatkan kepadatan material yang lebih baik sehingga velg kuat.

Keuntungan velg yang dibuat dengan cara ini selain kuat menghasilkan velg yang ringan dan fleksibel.

Baca juga: Mau Ganti Velg Mobil? Pahami Dulu Daftar PCD-nya Biar Gak Salah Beli

Jenis Velg Mobil

Bicara jenis velg mobil terbagi menjadi beberapa tipe, besi/steel, alloy, chrome dan racing.

Velg Besi/Steel

Velg besi/steel merupakan velg yang paling banyak digunakan di varian basic atau terendah. Velg ini terbuat dari baja dan biasanya dicat untuk melindungi dari karat.

Velg Alloy

Velg alloy yang kerap disebut velg aluminium memiliki bobot lebih ringan dari velg steel. Velg ini terbuat dari campuran logam yang lebih ringan dan biasanya memiliki desain lebih modern dari velg besi. Umumnya velg jenis ini digunakan mobil baru.

Velg Chrome

Velg chrome merupakan velg yang dilapisi dengan chrome untuk memberikan tampilan yang lebih mewah.

Velg Racing

Berbeda dengan velg alloy, velg racing dirancang khusus untuk meningkatkan performa mobil. Velg ini biasanya lebih ringan guna meningkatkan akselerasi mobil.

Baca juga: Daftar Ukuran Tekanan Angin Sesuai Ukuran Velg, Apakah Ban Mobilmu Sesuai?

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Calya

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 182,00 Juta
Rp 3,71 Juta/bln

15.040 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Agustus

2020 Toyota AVANZA G 1.3

Rp 194,00 Juta
Rp 3,95 Juta/bln

12.529 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Agustus

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Agustus

2017 Toyota AGYA G 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Agustus

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Agustus
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed

Pertarungan segmen low MPV cukup sengit di range harga antara Rp250-300 juta. Segmen harga tersebut dianggap masih cukup terjangkau oleh kebanyakan masyarakat. Bagi kalian yang mencari MPV dengan tingkat kenyamanan di atas rata-rata dengan harga segitu, ada Hyundai Stargazer Essential dan Mitsubishi Xpander Exceed. Kedua model ini ditawarkan dengan selisih harga tidak terlalu jauh. Hyundai Stargazer Essential dijual dengan harga Rp258.800.000 untuk tipe manual dan Rp272.500.000 untuk tipe IVT. K

Mazda 323 GT Turbo Lansiran 1986 Ini Bekas Dipakai Soebronto Laras, Harganya Ngeri!

Memiliki mobil yang punya nilai historis pastinya bakal punya kebanggan tersendiri. Apalagi kalau mobil tersebut ternyata bekas kendaraan tokoh penting di Indonesia atau bahkan dunia. Contohnya Mazda 323 GT 1.6 Turbo lansiran 1986 ini, pasalnya mobil tersebut adalah bekas kendaraan pribadi Soebronto Laras. Kalau ada yang belum tahu, Soebronto Laras merupakan tokoh otomotif Indonesia yang juga sebagai orang nomor stau di Indomobil Group, sebuah perusahaan otomotif yang menaungi beberapa merek, se

Perbedaan Mitsubishi Xpander Sport CVT dan MT, Bukan Cuma Beda Transmisi Doang!

Mitsubishi Xpander (Spesifikasi | Berita) Sport ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu CVT dan MT 5-percepatan. Antara keduanya saat ini memiliki selisih harga baru mencapai Rp14.650.000. Secara tampilan eksterior, Xpander Sport CVT dan manual terlihat sama. Seperti yang bisa dilihat keduanya sama-sama manganut gaya bahasa desain “Dynamic Shield” dengan dilengkapi DRL LED tepat di bawah bonnet serta aksen krom di bagian grill. Tak hanya itu, lampu utamanya sudah menggunakan teknologi LED

Ingin KPR Rumah Sambil Nyicil Mobil? Ini Syaratnya!

Apakah bisa KPR rumah sambil nyicil mobil? Temukan jawaban dari pertanyaan tersebut lewat ulasan ini, ya! Kredit Pemilikan Rumah atau KPR adalah skema pembiayaan rumah dengan cara mencicil setiap bulannya. Cara tersebut kerap jadi opsi banyak orang ketika membeli rumah. Baca juga: Hindari Ditolak Leasing, Ini Syarat Kredit Mobil Baru maupun Bekas Sebab, skema KPR dinilai lebih ringan biayanya dibanding beli hunian dengan cara cash keras. Meski begitu, KPR adalah utang yang harus dibayar setiap b

Bekas Pejabat Toyota Indonesia Kini Jadi COO Hyundai

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) hari ini resmi mengumumkan Fransiscus Soerjopranoto sebagai Chief Operating Officer (COO) HMID. Fransiscus Soerjopranoto atau yang biasa disapa Suryo resmi menjadi COO Hyundai Indonesia mulai 1 Agustus 2023. Baca juga: 5 Hari, Ada Ribuan Orang Indonesia Pesan Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5! Ia akan bertugas mengembangkan strategi operasional, inovasi manajemen marketing, kinerja sales perusahaan, hingga ke layanan after-sales untuk semakin memperkuat posisi Hyun

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQB

Rp 1.680,00 Milyar

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQA

Rp 1.570,00 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG 4 EV

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Hyundai

Hyundai Ioniq 6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota RAV4

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil