Perbedaan Mitsubishi Xpander Sport CVT dan MT, Bukan Cuma Beda Transmisi Doang!

Mitsubishi Xpander (Spesifikasi | Berita) Sport ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu CVT dan MT 5-percepatan. Antara keduanya saat ini memiliki selisih harga baru mencapai Rp14.650.000.

Secara tampilan eksterior, Xpander Sport CVT dan manual terlihat sama. Seperti yang bisa dilihat keduanya sama-sama  manganut gaya bahasa desain “Dynamic Shield” dengan dilengkapi DRL LED tepat di bawah bonnet serta aksen krom di bagian grill.

Tak hanya itu, lampu utamanya sudah menggunakan teknologi LED project dengan menganut konsep desain T-Shaped. Di bagian bumper bawah, kalian juga bisa menemukan dua buah foglamp yang mampu meningkatkan visibilitas dalam berkendara.

Tampilan belakang Mitsubishi Xpander Sport

Melihat sisi samping, Xpander Sport baik CVT maupun manual diaplikasikan velg alloy 16 inci berkelir silver. Di bawah pintu terdapat tambahan side skirt yang memperlihatkan kesan sporty.

Untuk spion samping telah dilengkapi fitur electric mirror dan retractable, tak ketinggalan list kaca dengan aksen krom di bagian bawahnya.

Bicara desain belakang, keduanya memiliki stoplamp dengan konsep T-Shaped yang menganut teknologi LED. Bumpernya terlihat berotot dan juga futuristis berkat adanya tambahan diffuser.

Ingin tahu apa saja perbedaan Xpander Sport CVT dengan MT? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Bukan Cuma Dapat Diskon, Beli Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport Juga Gak Pusing Biaya Perawatan Berkala

Fitur Mitsubishi Xpander Sport CVT Lebih Komplit

Interior Xpander Sport CVT

Beranjak ke bagian dalam, nuansa interior Xpander Sport CVT dengan MT terlihat sama. Keduanya didominasi menggunakan warna gelap seperti hitam dan coklat yang dipadukan material soft touch.

Bagian tengah dashboard terdapat head unit layar sentuh berukuran 8 inci dengan fitur smartphone connection yang dapat dikendalikan melalui tombol audio switch steering. Tepat di bawah sistem hiburannya terdapat pengaturan AC dengan tampilan digital yang tampil modern sekaligus ergonomis ketika digunakan.

Di bagian console tengah, tepat di samping tuas transmisi untuk transmisi CVT nya sistem parking brakenya yang  telah dilengkapi fitur Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold (BAH). Sistem rem elektrik ini memudahkan pengemudi hanya dengan cukup menekan tombol untuk mengaktifkan rem parkir, maka motor listrik pada setiap kaliper rem akan menekan brake pad pada cakram untuk mengunci roda.

Ketika ingin release rem parkir, pengguna hanya cukup menekan tombol ke arah berlawanan dan rem parkir pun akan terlepas dan roda mobil tidak terkunci. Sementara fitur BAH berfungsi untuk mengaktifkan rem parkir secara otomatis setiap kali mobil berhenti sempurna. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan pada kondisi macet atau ketika kendaraan berhenti di lampu merah.

Baca juga: Ini 5 Alasan Mitsubishi Xpander 2022 Lebih Disukai Ketimbang Nissan Livina

Tuas transmisi CVT Xpander Sport

Pada transmisi manualnya, parking brake di Xpander tipe Sport masih menggunakan model tuas konvensional. Cara penggunannya ditarik dan untuk menurunkannya diharuskan menekan tombol di depan tuas.

Selain sistem parking brake, perbedaan keduanya juga terletak pada console box. Seperti yang bisa dilihat pada transmisi CVT dilengkapi arm rest dengan material soft touch yang terasa nyaman saat menyandarkan tangan sekaligus sebagai laci penyimpanan barang.

Tidak berhenti sampai di situ, transmisi CVT-nya memperoleh tambahan USB console type A dan C yang bisa dimanfaatkan untuk menambahkan daya pada gawai. Untuk transmisi manual, pada console box menggunakan laci penyimpanan dengan tirai yang bisa digunakan untuk menaruh barang bawaan berukuran kecil seperti dompet dan gawai.

Fitur Keselamatan Keduanya Sama

Kamera parkir

Baik Xpander Sport CVT dan manual memiliki fitur keselamatan yang sepadan. Keduanya mendapatkan Speed Sensing Door Lock, ABS, EBD dengan Brake Assist, Dual SRS Airbags, Seatbelt di baris depan dengan 3p ELR Seatbelt Pretensioner x2 with Force Limiter and Seatbelt Reminder Buzzer, Seatbelt baris kedua dengan 3p ELR Seatbelt x3, dan Seatbelt baris ketiga dengan 3p ELR Seatbelt x2.

Selain itu juga terdapat ISOFIX Child Seat Anchor x2 untuk baris kedua, Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HSA) kamera parkir dan sensor parkir. Untuk keamanan berkendara dilengkapi keyless entry dengan Immobilizer dan alarm system.

Transmisi CVT Responsif Layaknya AT 8 Percepatan

Mesin 4A91 MIVEC Xpander

Transmisi CVT yang digunakan memiliki teknologi untuk memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan agresif layaknya transmisi AT 8 percepatan. 

Performa yang dihasilkan memiliki karaker halus, responsif dan bertenaga. Baik CVT maupun manual 5-percepatan, putaran yang dihasilkan selanjutnya diteruskan ke penggerak roda depan. 

Sekedar informasi, Xpander disematkan mesin 1.5L berkodekan 4A91 MIVEC 4-silinder segaris DOHC 16 Valve Euro4 dengan kapasitas 1.499 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm.

Baca juga: MPV di Bawah Rp300 Juta, Mitsubishi Xpander Exceed Unggulkan Kenyamanan Berkendara

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Xpander

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 272,00 Juta
Rp 5,54 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Agustus

2022 Toyota VELOZ Q TSS 1.5

Rp 287,00 Juta
Rp 5,85 Juta/bln

6.793 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Agustus

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 247,00 Juta
Rp 5,03 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Agustus

2021 Toyota AVANZA G TSS 1.5

Rp 233,00 Juta
Rp 4,75 Juta/bln

19.997 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Agustus

2016 Toyota KIJANG INNOVA Q-N140 2.0

Rp 292,00 Juta
Rp 5,95 Juta/bln

91.500 km

7,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Agustus
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

2021 Mitsubishi Xpander Black Edition: Adventure in Black

Sekilas beda Xpander ultimate dan sport

Cara menggunakan transmisi atau gigi manual pada xpander

Berita Terbaru

Viral Mitsubishi Pajero Sport Pelat Polisi Ugal-ugalan di Jalan Tol, Nyaris Bikin Stargazer Kecelakaan

Media sosial Instagram kembali ramai atas adanya aksi pengemudi Mitsubishi Pajero Sport yang menggunakan pelat nomor kepolisian namun ugal-ugalan di jalan tol. Bahkan dari video singkat yang diunggah itu terlihat jelas jika SUV berwarna hitam ini nyaris menyenggol Hyundai Stargazer dan hampir terjadi kecelakaan. Baca juga: Lagi-lagi Pengemudi Toyota Fortuner Arogan Sok Jago, Rusak Honda Brio Satya Pakai Senpi Mainan dan Pedang Video Pajero Sport pelat polisi ugal-ugalan ini pertama kali beredar

Mitsubishi Xpander GLS Jadi Varian Paling Murah, Pantaskah Untuk Mobil Keluarga?

Jadi varian basic atau tipe paling murah, Mitsubishi Xpander (Spesifikasi | Berita) GLS untuk tipe manual saat ini diniagakan Rp258,2 juta dan Rp267,4 juta dengan transmisi CVT. Jika dibandingkan dengan beberapa pesaing terdekatnya sama-sama tipe terendah, harga yang dimiliki Xpander GLS terbilang sedikit lebih mahal. Meski harganya sedikit lebih mahal, Xpander GLS menawarkan kenyamanan berkendara dengan membawa fitur yang cukup komplit. Untuk mengetahui lebih dekat dengan varian terendahnya, si

Gara-gara Hybrid, Mobil Toyota Buatan Indonesia Semakin Laris di Luar Negeri

Mobil-mobil yang dibuat di Indonesia kini semakin laris manis untuk pasar global, tak terkecuali mobil garapan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang dijual ke luar negeri atau ekspor. Bahkan, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tercatat sepanjang Januari-Juni 2023, ekspor Completely Build Up (CBU) dari Indonesia tembus 248.004 unit. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 25,1 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, dimana

Gallery Foto New SUV Mitsubishi yang Bikin HR-V dan Creta Terlihat Biasa Saja

New SUV Mitsubishi versi produksi sudah diumumkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) di Jakarta, Senin (31/7/2023). Baca juga: Begini Wujud New SUV Mitsubishi Calon Penantang HR-V dan Creta Sama seperti Xpander dan Xpander Cross, SUV terbaru dari Mitsubishi Motors ini menunjuk Indonesia untuk debut global lantaran bakal diproduksi di pabrik perakitan MMKI yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. New SUV Mitsubishi ini menggunakan konsep desain "Silky & Solid", paduan antara SUV sty

Lagi, Toyota Innova Zenix Gak Kuat Nanjak, Apa Iya Faktor FWD?

Kasus Toyota Innova Zenix gak kuat nanjak kembali ramai di media sosial, banyak yang menyalahkan akibat mekanisme FWD, namun tak sedikit yang memvonis skill pengemudinya. Toyota Innova Zenix memang alami perubahan yang sangat drastis kalau dibanding generasi sebelumnya yang punya julukan Innova Reborn. Baca juga: Toyota Kijang Innova Diesel Matic Dijual Lagi, Lebih Mahal Dibanding Zenix Bensin! Bagaimana tidak, bukan cuma keseluruhan tampilan luar dan interiornya yang berubah maksimal, namun pla

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQB

Rp 1.680,00 Milyar

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQA

Rp 1.570,00 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG 4 EV

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Hyundai

Hyundai Ioniq 6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota RAV4

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mitsubishi Xpander
Lihat