Mitsubishi Xpander (Spesifikasi | Berita) Sport ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu CVT dan MT 5-percepatan. Antara keduanya saat ini memiliki selisih harga baru mencapai Rp14.650.000.
Secara tampilan eksterior, Xpander Sport CVT dan manual terlihat sama. Seperti yang bisa dilihat keduanya sama-sama manganut gaya bahasa desain “Dynamic Shield” dengan dilengkapi DRL LED tepat di bawah bonnet serta aksen krom di bagian grill.
Tak hanya itu, lampu utamanya sudah menggunakan teknologi LED project dengan menganut konsep desain T-Shaped. Di bagian bumper bawah, kalian juga bisa menemukan dua buah foglamp yang mampu meningkatkan visibilitas dalam berkendara.
Melihat sisi samping, Xpander Sport baik CVT maupun manual diaplikasikan velg alloy 16 inci berkelir silver. Di bawah pintu terdapat tambahan side skirt yang memperlihatkan kesan sporty.
Untuk spion samping telah dilengkapi fitur electric mirror dan retractable, tak ketinggalan list kaca dengan aksen krom di bagian bawahnya.
Bicara desain belakang, keduanya memiliki stoplamp dengan konsep T-Shaped yang menganut teknologi LED. Bumpernya terlihat berotot dan juga futuristis berkat adanya tambahan diffuser.
Ingin tahu apa saja perbedaan Xpander Sport CVT dengan MT? Simak ulasan di bawah ini.
Beranjak ke bagian dalam, nuansa interior Xpander Sport CVT dengan MT terlihat sama. Keduanya didominasi menggunakan warna gelap seperti hitam dan coklat yang dipadukan material soft touch.
Bagian tengah dashboard terdapat head unit layar sentuh berukuran 8 inci dengan fitur smartphone connection yang dapat dikendalikan melalui tombol audio switch steering. Tepat di bawah sistem hiburannya terdapat pengaturan AC dengan tampilan digital yang tampil modern sekaligus ergonomis ketika digunakan.
Di bagian console tengah, tepat di samping tuas transmisi untuk transmisi CVT nya sistem parking brakenya yang telah dilengkapi fitur Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold (BAH). Sistem rem elektrik ini memudahkan pengemudi hanya dengan cukup menekan tombol untuk mengaktifkan rem parkir, maka motor listrik pada setiap kaliper rem akan menekan brake pad pada cakram untuk mengunci roda.
Ketika ingin release rem parkir, pengguna hanya cukup menekan tombol ke arah berlawanan dan rem parkir pun akan terlepas dan roda mobil tidak terkunci. Sementara fitur BAH berfungsi untuk mengaktifkan rem parkir secara otomatis setiap kali mobil berhenti sempurna. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan pada kondisi macet atau ketika kendaraan berhenti di lampu merah.
Baca juga: Ini 5 Alasan Mitsubishi Xpander 2022 Lebih Disukai Ketimbang Nissan Livina
Pada transmisi manualnya, parking brake di Xpander tipe Sport masih menggunakan model tuas konvensional. Cara penggunannya ditarik dan untuk menurunkannya diharuskan menekan tombol di depan tuas.
Selain sistem parking brake, perbedaan keduanya juga terletak pada console box. Seperti yang bisa dilihat pada transmisi CVT dilengkapi arm rest dengan material soft touch yang terasa nyaman saat menyandarkan tangan sekaligus sebagai laci penyimpanan barang.
Tidak berhenti sampai di situ, transmisi CVT-nya memperoleh tambahan USB console type A dan C yang bisa dimanfaatkan untuk menambahkan daya pada gawai. Untuk transmisi manual, pada console box menggunakan laci penyimpanan dengan tirai yang bisa digunakan untuk menaruh barang bawaan berukuran kecil seperti dompet dan gawai.
Baik Xpander Sport CVT dan manual memiliki fitur keselamatan yang sepadan. Keduanya mendapatkan Speed Sensing Door Lock, ABS, EBD dengan Brake Assist, Dual SRS Airbags, Seatbelt di baris depan dengan 3p ELR Seatbelt Pretensioner x2 with Force Limiter and Seatbelt Reminder Buzzer, Seatbelt baris kedua dengan 3p ELR Seatbelt x3, dan Seatbelt baris ketiga dengan 3p ELR Seatbelt x2.
Selain itu juga terdapat ISOFIX Child Seat Anchor x2 untuk baris kedua, Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HSA) kamera parkir dan sensor parkir. Untuk keamanan berkendara dilengkapi keyless entry dengan Immobilizer dan alarm system.
Transmisi CVT yang digunakan memiliki teknologi untuk memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan agresif layaknya transmisi AT 8 percepatan.
Performa yang dihasilkan memiliki karaker halus, responsif dan bertenaga. Baik CVT maupun manual 5-percepatan, putaran yang dihasilkan selanjutnya diteruskan ke penggerak roda depan.
Sekedar informasi, Xpander disematkan mesin 1.5L berkodekan 4A91 MIVEC 4-silinder segaris DOHC 16 Valve Euro4 dengan kapasitas 1.499 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm.
Baca juga: MPV di Bawah Rp300 Juta, Mitsubishi Xpander Exceed Unggulkan Kenyamanan Berkendara
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota VELOZ Q 1.5
16.755 km
2 tahun
Banten
2022 Toyota VELOZ Q TSS 1.5
6.793 km
1,5 tahun
Banten
2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5
17.350 km
3,5 tahun
Banten
2021 Toyota AVANZA G TSS 1.5
19.997 km
2 tahun
Java East
2016 Toyota KIJANG INNOVA Q-N140 2.0
91.500 km
7,5 tahun
Jakarta