Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed

Pertarungan segmen low MPV cukup sengit di range harga antara Rp250-300 juta. Segmen harga tersebut dianggap masih cukup terjangkau oleh kebanyakan masyarakat. Bagi kalian yang mencari MPV dengan tingkat kenyamanan di atas rata-rata dengan harga segitu, ada Hyundai Stargazer Essential dan Mitsubishi Xpander Exceed.

Kedua model ini ditawarkan dengan selisih harga tidak terlalu jauh. Hyundai Stargazer Essential dijual dengan harga Rp258.800.000 untuk tipe manual dan Rp272.500.000 untuk tipe IVT. Kemudian Mitsubishi Xpander Exceed diniagakan Rp271,5 juta untuk pilihan transmisi manual dan Rp280,7 juta versi matic CVT.

Untuk varian matic, selisih kedua model ini sekitar Rp8 jutaan. Lantas mana yang paling proporsional di range harga tersebut melihat fitur yang ditawarkan? Berikut ini ulasannya.

Mitsubishi Xpander Exceed, Unggulkan Aspek Kenyamanan Berkendara

Melihat kelengkapan fitur di tipe Exceed, sebenarnya merupakan lungsuran dari tipe Ultimate, atau tipe termahal Xpander pre facelift. Mitsubishi Xpander Exceed memiliki fitur yang proporsional, tapi bukan yang terlengkap.  Xpander Exceed dilengkapi DRL LED, dengan lampu utamanya sudah dibekali teknologi LED projector.

Dukungan sistem multimedia pada mobil ini dibekali head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung smartphone connection, dengan tombol pengaturan dari setir. Xpander Exceed dilengkapi fitur tilt steering yang memudahkan penggunanya ketika ingin mendapatkan posisi setir yang pas.

Pengaturan AC di varian ini masih memakai knob putar, dengan mode semburan yang cukup beragam. Dan soal akomodasipenyimpanan barang, tercatat mobil ini memiliki total 17 ruang penyimpanan.

Bicara fitur keselamatan, Xpander Exceed telah didukung Speed Sensing Door Lock, ABS, EBD dengan Brake Assist, Dual SRS Airbags, Seatbelt di baris depan dengan 3p ELR Seatbelt Pretensioner x2 with Force Limiter and Seatbelt Reminder Buzzer, Seatbelt baris kedua dengan 3p ELR Seatbelt x3, dan Seatbelt baris ketiga dengan 3p ELR Seatbelt x2.

Bukan cuma itu, kalian juga bisa menemukan fitur lain seperti; ISOFIX Child Seat Anchor x2 untuk baris kedua, Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HSA), dan Immobilizer dengan alarm keamanan.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander Exceed, Pakai Suspensi Baru Super Nyaman

Nilai jual utama yang ditawarkan oleh Xpander pada versi facelift ialah aspek kenyamanan dan pengendalian yang makin baik. Pada bagian shock absorber mengalami perubahan valve, mengadopsi milik Pajero Sport yang mempunyai katup berperforma tinggi. 

Kemudian, Mitsubishi menambahkan insulator di bawah bonnet dan di belakang mesin pada body kabin serta peredam suara yang terpasang pada undercover di bawah mesin.

Mitsubishi Xpander juga telah didukung sistem pengereman Active Yaw Control (AYC) yang dapat menjaga performa dan kestabilan mobils saat menikung. Fitur AYC akan memastikan penggunanya tidak akan keluar dari jalur yang ditentukan. Selain itu fitur ini membantu mengoptimalkan kestabilan kendaraan khususnya ketika di jalan yang licin. 

Bicara soal performa mesin tidak ada perubahan dibanding versi awal. Xpander masih mengandalkan mesin 4A91 MIVEC 4-silinder segaris DOHC 16 Valve Euro4 1.500 cc. Mesin tersebut memproduksi tenaga hingga 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm.

Hyundai Stargazer Essential, Lebih Murah dan Lebih Kaya Fitur

Mitsubishi harus waspada atas sepak terjang Hyundai saat merilis Stargazer Essential beberapa waktu lalu. Alasannya, Stargazer Essential dijual dengan harga lebih murah tapi fitur lebih melimpah. Secara penampilan, kini tipe Essential sama seperti tipe Style dan Prime yang menggunakan lampu model LED Multi Focus Reflector (MFR) dengan DRL. 

Pada sisi interior, Stargazer Essential mengobral fitur terbaik di segmen harga Rp270 jutaan. Interiornya mendapat dashboard baru dan pada sisi pengemudi telah dilengkapi Supervision Color TFT LCD Cluster 4,2 inci. Ruang kemudi telah memiliki fitur Telescopic Steering yang memungkinkan pengguna mengatur posisi setir demi mendapatkan posisi mengemudi yang lebih ergonomis.

Multimedia dalam kabin didukung head unit Touch Display Audio 8 inci dengan USB Multimedia Port, Bluetooth, serta dukungan Wireless Phone Connectivity untuk Android Auto dan Apple Carplay.

Stargazer juga  memiliki lebih dari 20 tempat penyimpanan dan volume interior besar dengan kapasitas bagasi 200L di belakang baris ketiga dan 585L di belakang baris kedua (dalam kondisi baris ketiga dilipat).

Fitur Keselamatan Lebih Beragam di Hyundai Stargazer Essential

Stargazer Essential mendapat upgrade kelengkapan fitur keselamatan, mulai dari  Hill-Start Assist Control (HAC) di varian transmisi IVT, Electronic Stability Control (ESC), Brake Assistant System (BAS), dan Vehicle Stability Management (VSM). Terdapat fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk membantu memantau kondisi angin pada ban mobil yang bisa dipantau melalui menu MID. 

Stargazer Essential tipe IVT sudah dilengkapi fitur Remote Start untuk menyalakan mobil dari jauh. Bahkan, kaca juga bisa dinaik turunkan melalui kunci tersebut.

Spesifikasi Mesin Lebih Bertenaga

Hyundai Stargazer Essential masih mempertahankan mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang dapat menghasilkan tenaga 115 Ps pada 6.300 rpm dan torsi maksimal sampai 143,8Nm pada 4.500rpm. Pada tipe ini tersedia opsi transmisi manual 6-percepatan dan otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT). 

Lebih lanjut, Hyundai Stargazer Essential IVT kini juga sudah memiliki 4 pilihan Drive Mode seperti pada tipe Style dan Prime yang memberikan pengemudi keleluasaan dalam memilih respon mesin sesuai karakter berkendara.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Xpander

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 182,00 Juta
Rp 3,71 Juta/bln

15.040 km

4 tahun

Jawa Barat

Beli Sekarang

2020 Toyota AVANZA G 1.3

Rp 194,00 Juta
Rp 3,95 Juta/bln

12.529 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Beli Sekarang

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Beli Sekarang

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Beli Sekarang

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jakarta

Beli Sekarang
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

2021 Mitsubishi Xpander Black Edition: Adventure in Black

Sekilas beda Xpander ultimate dan sport

Cara menggunakan transmisi atau gigi manual pada xpander

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

2022 Hyundai Stargazer - Tempat Ternyaman bagi Setiap Perjalanan

Hyundai Stargazer 2022 - Bintang Baru Keluarga

Berita Terbaru

Cara Aman Mencuci Mesin Mobil, Jangan Asal Semprot!

Selain eksterior, mesin mobil juga perlu dibersihkan secara rutin agar terbebas dari karat maupun kotoran sisa perbaikan. Menjaga kebersihan mobil wajib dilakukan supaya berkendara terasa nyaman dan performa mobil tetap terjaga. Namun pemilik mobil masih banyak yang khawatir dengan mencuci mesin akan membuatnya mogok dan merusak beberapa bagian sistem kelistrikan. Menanggapi hal tersebut, Heri Purwoko selaku Techincal Instructor Training 4W, PT Suzuki Indombil Sales (SIS) mengatakan dengan mencu

Dashcam Mobil 70mai A810 Punya Kemampuan Rekam 4K di Segala Kondisi Cuaca

Dashcam 70mai merupakan kamera dasbor yang banyak dipilih para pengguna mobil di Indonesia. Hasil rekaman dengan video yang jernih, namun harganya yang menjangkau banyak kalangan, adalah beberapa keunggulan dashcam mobil yang satu ini. Baca juga: Blackvue Luncurkan 2 Dashcam dengan Teknologi Terbaru, Tampilan Tetap Jelas Walau Kondisi Gelap Dan setelah menghadirkan dashcam mobil pertama di dunia yang mampu merekam dalam sudut 360 derajat yaitu 70mai Omni, kini 70mai kembali meluncurkan produk da

Kelebihan dan Kelemahan Velg Alloy Dibandingkan Velg Kaleng, Sekarang Laris Dipakai Mobil Baru

Pada tahun 90-an, velg kaleng begitu populer digunakan, termasuk pada mobil baru. Mulai dari sedan sampai jip memakai velg ini, dan biasanya dikombinasikan dengan dop roda. Seiring waktu, kini cuma angkot dan mobil pick up saja yang memakai velg kaleng sedangkan mobil baru lainnya pakai velg alloy. Evolusi ini berawal dari desain velg kaleng yang monoton. Kita cuma bisa ganti corak dengan cara ganti dop rodanya saja. Sedangkan untuk velg alloy, kita bisa memadupadankan desain maupun ukuran yang

Begini Cara Rombak Toyota Transmover Agar Mobilnya Terlihat Seperti Avanza Sungguhan

Tak sedikit pemilik Toyota Transmover melakukan upgrade tampilan supaya terlihat seperti Avanza sungguhan. Karena dihadirkan secara khusus untuk menyasar segmen fleet, secara tampilan Transmover dibuat lebih sederhana dengan penggunaan velg kaleng tanpa dop, serta spion yang pengaturannya dilakukan secara manual. Tak hanya itu, nuansa interiornya juga dibuat polosan yang mayoritas menggunakan warna serba gelap. Jika dilihat, Transmover mirip seperti Daihatsu Xenia (Spesifikasi | Berita) tipe X s

Viral Mitsubishi Pajero Sport Pelat Polisi Ugal-ugalan di Jalan Tol, Nyaris Bikin Stargazer Kecelakaan

Media sosial Instagram kembali ramai atas adanya aksi pengemudi Mitsubishi Pajero Sport yang menggunakan pelat nomor kepolisian namun ugal-ugalan di jalan tol. Bahkan dari video singkat yang diunggah itu terlihat jelas jika SUV berwarna hitam ini nyaris menyenggol Hyundai Stargazer dan hampir terjadi kecelakaan. Baca juga: Lagi-lagi Pengemudi Toyota Fortuner Arogan Sok Jago, Rusak Honda Brio Satya Pakai Senpi Mainan dan Pedang Video Pajero Sport pelat polisi ugal-ugalan ini pertama kali beredar

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQB

Rp 1.680,00 Milyar

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQA

Rp 1.570,00 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG 4 EV

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Hyundai

Hyundai Ioniq 6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota RAV4

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mitsubishi Xpander
Lihat