Ford Recall Ranger dan Everest Akibat Mobil Bisa Berhenti Mendadak

Ford Australia baru saja mengumumkan recall Ford Ranger dan Everest model 2021-2023 akibat adanya kendala teknis yang bisa mengancam keselamatan penggunanya.

Ford Ranger

Pihak pemerintahan setempat itu pun meminta seluruh jaringan dealer Ford untuk melakukan perbaikan atas temuan yang sudah dilakukan.

Recall Ford Ranger dan Everest Akibat Transmisi E-Shifter

Dalam dokumen resminya, pihak pemerintah Australia menyebut kalau kalau masalahnya ada pada perangkat lunak di mobil tersebut.

Baca juga: 5 Keunggulan Ford Ranger Raptor 2023, Bikin Toyota Hilux GR Sport Serasa Kuno

Ford Everest Titanium

"Karena masalah perangkat lunak, dalam keadaan tertentu jika daya baterai turun di bawah ambang batas, transmisi dapat berpindah otomatis ke posisi P (Parking) pada saat kendaraan sedang melaju dengan kecepatan di abwah 6 km/jam," tulis pernyataan pemerintah Australia itu.

Pada kondisi tersebut nantinya bisa menyebabkan mobil berhenti mendadak tanpa lampu rem belakang menyala sebagaimana mestinya.

Dengan demikian catat tersebut berpotensi menyebabkan benturan dari arah belakang oleh kendaraan lain.

Masalah ada di transmisi dengan teknologi E-Shifter

Sementara itu media otomotif Australia, Drive sudah mewawancarai juru bicara Ford, dan pihak pabrikan menegaskan kalau masalah ini terjadi pada model yang memakai transmisi E-Shifter (electronic shifter).

"Masalahnya ada di software Powertrain Control Modul (PCM) yang membatasi pengisian daya listrik alternator," kata juru bicara tersebut.

Baca juga: Baru Dua Bulan Diluncurkan, Ford Everest dan Ranger Terbaru Sudah Laku Ratusan Unit

Ford Everest di Indonesia Juga Pakai E-Shifter

Ford Everest juga dipasarkan di Indonesia

Kalau melihat unit Ford di Indonesia, pihak RMA juga baru saja memasakan Ford Ranger dan Ford Everest 2023.

Namun dari model-model yang dibawa ke Indonesia itu, hanya Ford Everets Titanium yang menggunakan transmisi otomatis 10 percepatan dengan teknologi E-Shifter.

Sementara untuk Everest XLT, Ranger Base, Ranger XLT, Ranger Wildtrak dan Ranger Raptor, semuanya menggunakan transmisi otomatis 10 percepatan.

Ford Ranger Wildtrak

Sebagai informasi, Ford Ranger dan Everest di Autralia dikirim dari pabrik Rayong di Thailand serta dari pabrik Silverton di Afrika Selatan.

Untuk Indonesia, RMA mengimpor unit Ford dari Thailand, namun Muhamad Irvan Mustafa, Marketing Manager RMA Group yang berhasil kami hubungi malah mengaku belum menerima info seputar recall tersebut.

"Maaf saya malah belum dapat info tersebut, tapi jika ada info lebih lanjut nanti saya coba teliti," jelas dia melalui pesan singkatnya kepada Autofun, Kamis (31/08/2023).

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Ford Everest

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

FORD RANGER FX4 FULL REVIEW AND DRIVE IMPRESSIONS!

Berita Terbaru

5 Alasan Daihatsu Xenia 1.300 Cc Gen 1 Laris Manis di Kota Kecil, Paling Bisa Diandalkan?

Sebagian besar orang di daerah kota kecil cukup banyak mencari Daihatsu Xenia (Spesifikasi | Berita) 1.300 cc gen 1 karena dianggap memiliki banyak keunggulan. Mengenai pasaran harga bekasnya, mobil ini kini ditawarkan mulai dari Rp55 jutaan. Untuk diketahui, Xenia 1.300 cc hanya memiliki satu varian saja, yaitu Xi dengan tambahan model seperti Deluxe, Family dan Sporty. Yang membedakan dari ketiga model tersebut hanyalah aksesoris baik di eksterior maupun interior. Berikut ini alasan Xenia 1.30

Hyundai Stargazer Lama Bisa Ganti Dashboard Retrofit Seperti Baru, Ini Harganya

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah merilis Hyundai Stargazer terbaru dengan beberapa bagiannya mengalami penyegaran. Ubahan ini juga terjadi pada bagian dashboard, lantaran ada beberapa konsumennya yang merasa kurang sreg dengan desain dashboard, serta menggunakan material plastik. Nah, mendengarkan keluhan ini ternyata membuat merek mobil asal Korea Selatan langsung gercep, dengan menyediakan aksesoris berupa Dashboard Retrofit, dimana desainnya mirip dengan dashboard Stargazer X. Baca ju

Banyak Pejabat Lewat Bahu Jalan, Hotman Paris Minta Polisi Tetap Tilang Semua Pelanggaran di Jalan Tol

Pengacara Kondang Hotman Paris meminta kepada kepolisian untuk melakukan tilang elektronik di jalan tol. Hal ini dikarenakan Hotman merasa sakit hati karena adanya diskriminasi hukum, dimana banyak kendaraan para pejabat dan anggota militer yang bebas melintas di bahu jalan tol. "Daripada sakit mata kita lihat diskriminasi di jalan tol, kalau aparat, walaupun pangkatnya biasa-biasa saja atau pejabat-pejabat lewat bahu jalan tol suka-sukanya tidak ditilang, kalau swasta ditilang dan kadang-kadang

Wuling Bingo Mulai Dijual di Filipina, Selanjutnya Indonesia?

Wuling Bingo sempat dipamerkan saat ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) yang berlangsung Mei 2023, tapi namanya sedikti berbeda yaitu Binggo bukan Bingo. Namun sayangnya penampilan mobil listrik Wuling tersebut hanya sebagai display, pihak Wuling Motors (Wuling) tidak membuka pemesanan bagi yang berminat. Baca juga : Setelah Debut di China, Wuling Motors Pamerkan City Car Binggo ke Pengunjung PEVS 2023 Bahkan kabinnya pun tidak boleh dilihat pengunjung selama pameran yang berlangsung d

Pasaran Harga Bekas Sama, Ini Kelebihan Daihatsu Xenia Xi Sporty Ketimbang Toyota Avanza E 2007

Pasaran harga bekas Daihatsu Xenia Xi Sporty dan Toyota Avanza E lansiran 2007 saat ini sama-sama berada di angka Rp70 jutaan. Baik Xenia maupun Avanza, keduanya merupakan produk yang sama diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Meski sama, Xenia dan Avanza memiliki beberapa perbedaan sebagai ciri khasnya terutama pada fitur. Punya harga bekas sama, kalian lebih tertarik pilih Xenia Xi Sporty atau Avanza E? Supaya tidak penasaran, simak perbandingannya di bawah ini. Baca juga: Harga

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Ford Everest
Lihat