window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Keunggulan Kia Carnival Diesel Gen 1, Mobil Keluarga Rp50 Jutaan!

Enda · 8 Sep, 2023 16:00

Kia Carnival diesel

Bicara MPV full size berbody bongsor, Kia Carnival sudah lebih dulu meramaikan kancah otomotif Tanah Air ketimbang Toyota Alphard (Spesifikasi | Berita). Carnival telah hadir di Indonesia pada tahun 2000.

Bukan cuma diesel 2.9L turbocharger, mobil ini juga memiliki opsi mesin bensin 2.5L V6. Namun sayang, versi mesin bensinnya jarang diminati lantaran seringkali dikeluhkan pemiliknya karena terbilang boros bahan bakar.

Karena boros BBM dan lebih sulit mendapatkan spare part, untuk harga bekas Carnival bensin kini ditawarkan mulai dari Rp30 jutaan. Berbeda dengan varian bensin, versi diesel pasaranya di angka Rp50 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Memiliki pasaran harga bekas murah untuk sebuah mobil keluarga lansiran tahun 2000-an, apa sih keunggulan Kia Carnival diesel gen 1?

1. Konsumsi BBM Kia Carnival Diesel Gen 1 di Angka 12-13 Km/Liter

Kia Carnival diesel

Mesin diesel J3 2.900 cc

Bicara jantung pacu, Carnival diesel gen 1 yang dipasarkan di Tanah Air dibekali mesin J3 2.900 cc Euro2 4 silinder segaris dengan turbo intercooler. Di atas kertas tenaga yang dihasilkan sebesar 145 Hp dengan torsi puncak 338 Nm.

Untuk membuatnya berjalan, tenaga yang dihasilkan kemudian diteruskan ke penggerak roda depan yang diatur menggunakan transmisi otomatis dan manual. Memiliki akselerasi yang cukup responsif, untuk konsumsi bahan bakarnya terbilang cukup irit.

Disebutkan oleh beberapa pemilik untuk pemakaian luar kota mobil ini sanggup menempuh jarak 12-13 km/liter. Sedangkan luar kotanya di angka 10 km/liter.

Baca juga: Diam-Diam Kia Grand Carnival Bensin Sudah Dijual di Indonesia, Jadi Varian Termahal

2. Muat 7 Orang, Kia Carnival Diesel Gen 1 Gunakan Jok Captain Seat

Kia Carnival diesel

Jok captain seat Canival bisa diputar 180 derajat

Sebelum masuk ke pasar Asia, Carnival lebih dulu dipasarkan di Eropa. Lebih dulu ditujukan untuk negara di Benua Biru, tidak heran apabila mobil ini terasa nyaman saat digunakan.

Secara konfigurasi, mobil ini memiliki skema 2+2+3. Dimana untuk baris keduanya telah menganut jok model captain seat yang dilengkapi arm rest. Menariknya, jok tengah memiliki pengaturan reclining menyesuaikan kebutuhan pengguna yang juga dapat diputar 180 derajat.

Oh iya, pada baris pertamanya mobil ini juga memiliki lorong yang bisa dimanfaatkan untuk meletakan barang dan memberikan jangkau anak-anak ketika ingin bertukar posisi tempat duduk.

Dari segi kenyamanan, joknya memiliki busa yang tebal dan terasa empuk sehingga tidak mudah pegal ketika sedang melakukan perjalanan jauh.

3. Sudah Dilengkapi Sunroof

Kia Carnival diesel

Sunroof Carnival

Selain nyaman, mobil ini juga menawarkan gaya berkendara bagi setiap penggunanya. Seperti diketahui, mobil ini telah dibekali sunroof yang juga sekaligus dapat meningkatkan visibilitas berkendara.

Bukan cuma itu, mobil ini juga memiliki tombol pengaturan di setir, aksen wood panel di area dashboard, kursi elektrik berlapis kulit, spion elektrik, AC climate control hingga baris belakang, heater di bawah jok, head unit 2 din, cruise control, dan defogger.

Baca juga: 5 Hal Menarik Kia Grand Carnival, Alternatif MPV Premium Dengan Mesin Diesel

4. Fitur Keselamatan Modern

Kia Carnival diesel

Dari segi keselamatan berkendara, Kia Carnival diesel gen 1 juga tak kalah menarik. Seperti yang bisa dilihat mobil ini telah mendapatkan Anti-Lock Braking System (ABS) pada sistem pengereman, dual SRS airbag di depan, side impact beam, child lock door, sabuk pengaman otomatis dengan pretensioner, dan seatbelt di setiap joknya dengan memberikan perlindungan lengkap bagi setiap pengguna.

5. Kabin Lapang dan Kursi Empuk

Kia Carnival diesel

Kia Carnival diesel gen 1 menganut konstruksi sasis jenis unibodi atau yang biasa disebut monokok. Untuk itu jangan heran apabila lantai mobil ini dibuat rata dan terasa lapang.

Sebagai MPV luxury di zamannya, mobil ini juga memiliki bantingan yang terasa empuk ketika melewati jalan berkontur. Ayunan yang dihasilkan tersebut memberikan kesan nyaman dalam menemani setiap perjalanan.

Baca juga: Selisih Rp 1,2 juta, Pilih Hyundai Staria Signature 9 atau KIA Grand Carnival Premiere?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

KIA Grand Carnival Premiere

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil