5 Keunggulan Daihatsu Xenia 1.000 Cc Gen 1, Mobil Keluarga Murah yang Banyak Diminati di Kota Kecil

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menghadirkan Daihatsu Xenia (Spesifikasi | Berita) 1.000 cc pertama kali pada tahun 2004. Sebagai tipe paling terjangkau, pada generasi pertamanya mobil ini ditawarkan dalam dua varian, yakni Li sebagai mobil keluarga dan Mi yang menyasar segmen fleet.  

Sekedar informasi, Xenia 1.000 cc gen 1 kondisi bekasnya kini banyak diminati di kota kecil dan pelosok, lantaran dianggap memiliki beberapa keunggulan. Ingin tahu apa saja keunggulan yang dimiliki? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Kepincut Daihatsu Xenia 1.000 Cc? Simak 4 Kekuranganya Sebelum Beli

1. Pasaran Harga Bekas Daihatsu Xenia 1.000 Cc Rp60 Jutaan

Xenia 1.000 cc dibandrol Rp60 jutaan

Harga bekas Daihatsu Xenia 1.000 cc gen 1 untuk pasarannya kini berada di angka Rp60 jutaan. Harga yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau untuk sebuah mobil keluarga lansiran 2000 ke atas, karena Xenia mengusung teknologi cukup modern.

Bahkan ada beberapa penjual menawarkan mobil ini dengan membuka harga di angka Rp50 jutaan. Namun jika dilihat secara fisik, Xenia di harga Rp50 jutaan memerlukan banyak perbaikan.

2. Daihatsu Xenia 1.000 Cc Muat 7 Orang

Sebagai mobil keluarga terjangkau, secara kapasitas daya angkut Xenia 1.000 cc sanggup memuat 7 orang sekaligus dengan memiliki konfigurasi 2+3+2. Bahkan pada baris kedua, tipe Li sudah dilengkapi head rest yang dapat memberikan kenyamanan terhadap penumpang ketika berpergian ke luar kota.

3. Fitur Cukup Lengkap di Zamannya

Keunggulan lain yang dimiliki mobil ini yaitu fitur didalamnya. Seperti yang bisa dilihat, pada bagian pengemudi untuk tipe Li dilengkapi tachometer.

Bukan cuma itu, untuk sistem kemudinya telah disematkan power steering yang memudahkan pengemudi ketika melakukan manuver atau parkir di tempat sempit. Lainnya Xenia 1.000 cc Li mendapat power window di semua pintu.

Oh iya, tipe ini juga memiliki laci penyimpanan barang berikut cup holder hingga baris kedua, yang memudahkan penggunanya ketika ingin menyimpan barang secara ringkas.

Baca juga: Harga Mulai Rp60 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kelemahan Daihatsu Xenia 1.000 Cc

4. Mesin 1.000 Cc yang Tangguh dan Hemat Bahan Bakar

Mesin EJ-VE 989 cc

Bicara jantung pacu, Xenia 1.0 lansiran 2004 hingga 2005 dibekali mesin mesin berkodekan EJ-DE 3-silinder segaris, 12 Katup DOHC, EFI. Memiliki kapasitas 989 cc, tenaga yang dihasilkan sebesar 57 PS di 5.200 rpm dengan torsi maksimal 89 Nm pada 3.600 rpm.

Memiliki tenaga lebih besar sekaligus efisiensi dalam hal penggunaan bahan bakar, pada tahun 2006 mobil ini mendapatkan mesin dengan teknologi baru yakni EJ-VE 989 cc 3-silinder segaris, 12 Katup DOHC, VVT-i EFI. Menghasilkan tenaga sebesar 63 PS di 5.600 rpm serta torsi puncak 90 Nm pada 3.600 rpm, mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Baik mesin EJ-DE maupun EJ-VE memiliki karakter yang tangguh. Selain itu, untuk konsumsi bahan bakar pemakaian dalam kota juga terbilang irit. Beberapa pemilik menyebutkan pemakaian BBM nya sanggup menempuh jarak 13-15 km/liter.

5. Kaki-kaki Tangguh, Xenia Juga Mudah dan Murah dari Segi Perawatan

Alasan lain Daihatsu Xenia 1.000 cc gen 1 banyak diminati konsumen daerah saat ini karena memiliki kaki-kaki yang tangguh serta dapat diandalkan. Jarang pemilik mobil ini mengeluhkan masalah pada bagian kaki-kaki seperti timbul suara asing ketika melewati jalan berkontur.

Disisi lain, untuk perawatannya mobil ini juga sangat mudah. Menganut teknologi injeksi, untuk mendapati performa agar tetap optimal, pengguna cukup mengganti oli mesin, filter oli, filter udara, minyak rem, pelumas transmisi dan gardan secara teratur.

Selain perawatan yang mudah, untuk spare partnya juga murah. Seperti kampas kopling contohnya, di pasaran harga yang ditawarkan Rp300 ribuan.

Memiliki harga suku cadang yang murah, kalian juga tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkannya. Pasalnya ketersediaan sparepart mobil ini sangat melimpah di seluruh penjuru nusantara mulai dari yang kw hingga ori.

Baca juga: Gak Begitu Paham Mobil? Jangan Beli Daihatsu Xenia 1.000 Cc!

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Xenia

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

All-new Daihatsu Xenia 2022, Ini Pilihan LMPV Paling Masuk Akal First Drive

Daihatsu Xenia Baru Jadi Canggih, Paling Mahal Gak Sampai Rp 250 juta

Berita Terbaru

Perlukah Ada Razia Uji Emisi dengan Dalih Biar Langit Jakarta Biru Lagi?

Uji Emisi jadi isu yang hangat diperbincangkan di kalangan pengguna kendaraan bermotor, termasuk mobil. Apalagi beredar kabar, kondisi Jakarta dalam beberapa minggu terakhir lantaran langit ibu kota tak lagi biru, melaikan abu-abu. Bahkan beberapa kali muncul video di media sosial, dimana langit Jakarta terlihat gelap, dan itu terpantau dari pesawat yang hendak mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Baca juga: Biar Gak Kena Tilang Rp500 Ribu, Cek Lokasi Razia dan Batas Uji Emisi Kendaraan di Jakart

Promo Servis Mitsubishi September 2023, Ada Diskon Sparepart Sampai 43 Persen

Lagu "September Ceria" yang dinyanyikan Vina Panduwinata di tahun 1980-an sepertinya jadi inspirasi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk mengangkat tema promo servis Mitsubishi di September 2023. Pasalnya dengan tagline "September Service Ceria", para konsumen Mitsubishi akan mendapatkan penawaran menarik seperti diskon pembelian oli, aki, dan ban mobil. "Melalui program September Service Ceria kami ingin melanjutkan kemudahan konsumen dalam mendapatkan layanan perawata

Setelah Fortuner, Giliran Toyota Hilux GR Sport yang Tenaganya Makin Buas

Menyusul Fortuner kini giliran Toyota Hilux GR Sport yang mendapatkan peningkatan tenaga dari unit sebelumnya. Tapi kalau Toyota Fortuner 2.8 GR Sport yang lebih kuat itu diluncurkan di Thailand, maka untuk Hilux GR Sport terbaru ini dirilis untuk pasar Malaysia. Baca juga: Toyota Fortuner 2.8 GR Sport di Thailand Tenaganya Makin Liar, Masuk Indonesia Jadi Tambah Arogan! Disebutkan oleh Toyota Malaysia, Hilux GR Sport terbaru ini masih tetap menggunakan mesin 2.8-liter Turbo Diesel berkode 1GD-F

Mobil Listrik BYD Atto 3 Terbakar Saat Lagi Dicas, Masih Pakai Plat Nomor Sementara

BYD Atto 3 merupakan mobil listrik yang sangat sukses dalam hal penjualan di sejumlah negara di dunia. Satu dari beberapa negara untuk kawasan Asia Tenggara yang telah menjual BYD Atto 3 adalah Thailand, tapi sayangnya ada kabar buruk dari brand asal China ini. Baca juga: Bukan Tesla Atau Wuling Air ev, Ini Mobil Listrik Terlaris di Dunia Tahun 2022 Media lokal setempat di Thailand belum lama ini melaporkan adanya satu kasus kebakaran mobil listrik BYD yang tengah dicharger di sebuah supermarket

Pertamina Gelar Uji Emisi Gratis, Ini Syarat dan Lokasinya

Marak razia uji emisi di Jakarta yang dilakukan kepolisian, Pertamina justru memberikan uji emisi gratis di 14 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Melansir MyPertamina, memperingati Hari Pelanggan Nasional, perusahaan penyedia bahan bakar ini menggelar uji emisi gratis di 14 SPBU pada 4, 9, 10 dan 17 September 2023. Baca juga: Biar Gak Kena Tilang Rp500 Ribu, Cek Lokasi Razia dan Batas Uji Emisi Kendaraan di Jakarta "Berlaku untuk 1 (satu) kali per pengguna bagi pemilik kendaraan roda 4 (

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Xenia
Lihat