Jangan Keliru, Ini Bedanya Mobil JDM dan Mobil Jepang yang Dijual CBU

Kalian yang suka dengan dunia otomotif tentu tidak asing dengan istilah Japanese Domestic Market atau JDM. Bagi sebagian orang, JDM bermakna mobil Jepang atau modifikasi ala Jepang namun makna sebenarnya bukanlah seperti itu.

Sesuai dengan namanya yaitu Japanese Domestic Market, mengacu pada mobil buatan pabrikan resmi yang hanya dibuat dan dipasarkan di dalam negeri Jepang. Ini berarti, tidak semua mobil bikinan Jepang itu merupakan JDM bila diekspor ke luar negeri.

Baca juga: 

Harga Beda Tipis dengan Honda PCX 160, Ini Empat Mobil Bekas Rp40 Jutaan yang Nggak Keliatan Kuno

 Pengen Jual Mobil Bekas Biar Cepat Laku? Begini Caranya!

Nih Ciri Mobil Bekas yang Sebaiknya Tidak Dibeli, Banyak Masalahnya!

Memang, istilah JDM ini kemudian sedikit mengalami perluasan ke drifting, tuning, dan bentuk modifikasi mobil yang mulai dipopulerkan oleh para penghobi otomotif di Jepang. Lantas budaya JDM berupa modifikasi hingga drifting menyebar ke berbagai negara.

Seperti apa sesungguhnya JDM beserta mobil JDM yang ikonik tersebut? Supaya tidak keliru, simak penjelasannya berikut ini. 

Salah Kaprah Soal Mobil JDM

Banyak orang masih salah mengira semua mobil buatan Jepang sebagai “JDM”, padahal itu tidak benar. Faktanya, mobil asal Jepang yang masuk secara CBU bisa jadi bukan JDM. 

Perlu diketahui bahwa mobil JDM sulit diimpor secara resmi ke mana pun kecuali menggunakan jalur dealer atau importir umum. Mobil seperti Honda N-BOX atau Daihatsu Copen yang pernah hadir ke Indonesia beberapa waktu lalu masuk kategori JDM karena masuk melalui importir umum maupun APM atas ketentuan khusus. 

Kemudian untuk tren modifikasi atau tuning JDM, ini bisa jadi salah kaprah bila kalian cuma memakai part bikinan perusahaan aftermarket Jepang.  Misalnya kalian memakai produk HKS, Tanabe, Enkei, dan lainnya, tidak bisa juga disebut sebagai JDM meski komponennya buatan Jepang.

Konsep seperti ini hanyalah “bergaya” JDM (JDM-look). Sama halnya seperti JDM-look,  konsep Pure JDM dan OEM JDM juga tidak bisa disebut JDM. Meskipun istilahnya ada kata 'pure' yang berarti juga murni, tipe ini bukanlah JDM asli. Pure JDM ialah aliran modifikasi kendaraan yang partnya menggunakan komponen JDM.

Contoh JDM dan Versi Ekspor Untuk Negara Lain

Kalian mungkin akan sulit membedakan antara JDM dan mobil Jepang, jika mengacu pada mobil yang dijual ada di Jepang ternyata juga ada di negara lain. Hal penting yang harus dilihat adalah spesifikasinya yang berbeda mengacu regulasi di Jepang. 

Untuk membedakan JDM dan non JDM, bisa kita ambil contoh Toyota Supra Mk4. Mobil ini ada di Jepang dan ada unit yang diekspor ke Amerika Serikat dengan setir kiri dan sejumlah perubahan spesifikasi untuk mematuhi hukum AS.

Untuk unit yang dijual di AS berarti mobil buatan Jepang yang dirancang untuk dijual di pasar AS. Mengacu spesifikasi dan kelengkapannya yang terpasang, maka Supra Mk4 untuk pasar AS disebut sebagai mobil USDM (United States Domestic Market). 

Namun untuk Toyota Supra Mk4 yang diproduksi khusus untuk pasar domestik Jepang atau versi JDM, memiliki perbedaan dari kelengkapan maupun spesifikasi sesuai dengan peraturan di Jepang. Supra Mk4 JDM kecepatannya dibatasi hingga 180 km/jam, untuk mematuhi peraturan keselamatan domestik.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi penjelasan singkat mengenai apa itu JDM. Secara garis besar, menggambarkan istilah JDM itu terdiri dari mobil-mobil yang diproduksi khusus di Jepang dengan spesifikasi khusus untuk dipasarkan hanya di negara tersebut. 

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda City

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Honda AS Recall CR-V Hybrid 2023, Indonesia Terkena Dampaknya?

Honda CR-V (Spesifikasi | Berita) Hybrid 2023 belum lama ini diluncurkan di Tanah Air. Sebagai produk global, generasi kedelapan CR-V bukan hanya dijual di kawasan Asia, namun juga dipasarkan di beberapa negara di Amerika, Eropa dan Australia. Baru-baru ini Honda di Amerika melakukan penarikan kembali atau yang biasa disebut recall terhadap CR-V Hybrid 2023 terkait ditemukannya masalah pada bagian transmisi. Tidak banyak memang, hanya 19 CR-V baru dan Accord bertenaga hybrid yang ditarik dari pa

Promo Menggiurkan Mitsubishi Xforce Buat Warga Surabaya dan Sekitar

Sebagai pendatang baru, Mitsubishi Xforce kini semakin sering diperkenalkan secara meluas, tak terkecuali digelara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya yang berlangsung 20-24 September 2023 di Grand City Convex, Surabaya, Jawa Timur. Menurut Presiden DIrektur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita, dengan berpartisipasi di ajang GIIAS Surabaya, maka ini jadi kesempatan Mitsubishi untuk menyapa Xforce masyarakat Surabaya. "Kami juga kembali

Chery Omoda 5 EV Jadi Sorotan Pengunjung GIIAS Surabaya 2023 Banyak yang Order!

Setelah diperkenalkan di GIIAS Jakarta pada Agustus kemarin, kini Chery Omoda 5 (Spesifikasi | Berita) EV sapa masyarakat kota Pahlawan dengan ditampilkan di GIIAS Surabaya 2023. Selama pameran berlangsung, pengunjung dapat melihat lebih dekat serta mengetahui keunggulan mobil listrik pertama PT Chery Sales Indonesia (CSI) tersebut. "Kami sangat antusias berpartisipasi dalam GIIAS Surabaya 2023 dan memperkenalkan Chery Omoda 5 EV kepada pecinta otomotif di Surabaya. Hadirnya Chery Omoda 5 EV mer

Mulai Dari Wuling Hingga Hyundai Unjuk Diri di Arista Otomotif Expo Medan

Arista Group selaku perusahaan otomotif yang mengelola 138 dealer dari sembilan brand otomotif di Indonesia secara resmi menggelar Arista Otomotif Expo Medan. Perusahaan yang berkecimpung dalam penjualan mobil tersebut menghadirkan beragam produk terbaru dari setiap brand yang berpartisipasi. Gelaran Arista Otomotif Expo Medan bertujuan untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif Indonesia, khususnya pasar Sumatera Utara yang menjadi salah satu kekuatan Arista Group. Kegiatan ini berlangsung d

Wuling Air ev Lite Meluncur di GIIAS Surabaya 2023, Harga Naik Rp5 Juta!

Tidak berhenti di Jakarta, Wuling juga turut meramaikan GIIAS Surabaya 2023 yang diselenggarakan di Grand City Convention and Exhibition hingga 24 September mendatang. Berlangsung selama 5 hari, pameran yang diadakan mulai dari 20 September 2023 dimanfaatkan Wuling dengan memperkenalkan dua produk terbarunya yakni New Almaz RS dan Air ev Lite. Dikatakan Ricky Christian, Senior Manager Marketing Strategy Wuling Motors, keikutsertaan Wuling dalam pameran GIIAS tahun ini di kota Pahlawan merupakan

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil