10 Tips Biar Aman Berkendara dengan Mobil Bersama Anak Saat Liburan

Berkendara dengan mobil bersama anak dan seluruh anggota keluarga saat momen liburan memang akan menyenangkan, tetapi tetap harus memperhatikan standar keselamatan.

Bercengkrama dan bersenda gurau sambil menikmati pemandangan selama perjalanan tentu akan membuat momen liburan jadi makin berkesan, tapi jangan jadikan semua itu petaka yang menimpa keluarga Anda.

Jangan sampai lengah saat berkendara dengan mobil bersama anak kecil, karena kapan pun Anda ada di jalan raya, maka keselamatan adalah faktor yang harus didahulukan.

Apalagi anak-anak kerap merasa bosan jika harus duduk berlama-lama di dalam kendaraan ketika menempuh perjalanan panjang.

"Berlibur bersama keluarga untuk menyambut akhir tahun menjadi kegiatan yang paling ditunggu karena menjadi momen bagi para orang tua mengajak anaknya berlibur.

Untuk itu, kami menghimbau seluruh masyarakat agar dapat lebih memperhatikan keselamatan selama berkendara," kata Hariadi, Assistant to Service Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Lantas apa saja hal yang perlu diperhatikan agar aman berkendaran bersama anak dan aman serta nyaman sampai di tujuan? Berikut kita bahas secara lengkap.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Biar Anak Kecil Tetap Nyaman di Mobil Selama Perjalanan

1. Pakai Sabuk Keselamatan Adalah Wajib Bagi Seluruh Penumpang!

Jangan cuma pengemudi dan penumpang depan yang pakai sabuk keselamatan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai perjalanan adalah memasang sabuk keselamatan (seat belt), bukan cuma buat Anda sebagai pengemudi atau penumpang di jok depan, tapi juga penumpang baris belakang termasuk anak-anak.

Peraturan ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), namun jangan jadikan kewajiban mengenakan seat belt ini hanya karena takut kena tilang.

Padahal lebih dari 13.000 orang tercatat berhasil selamat tanpa cedera serius setelah kecelakaan karena orang tersebut menggunakan sabuk keselamatan.

2. Minta Anak-Anak Duduk di Jok Belakang

Anak-anak jadi penumpang VIP di jok belakang

Ketika berkendara dengan mobil dan membawa anak kecil kurang dari 13 tahun, pastikan si buah hati duduk di jok belakang atau bangku baris kedua atau bagian tengah.

Hal ini untuk melindungi dirinya jadi korban pertama saat terjadi benturan dari arah depan.

Selain itu tubuh anak yang ringan mudah sekali terpental ke depan akibat benturan yang sangat keras dari depan maupun belakang.

3. Anak-anak Juga Wajib Pakai Seat Belt

Jangan biarkan si kecil duduk selama perjalanan tanpa sabuk keselamatan

Merujuk pada point nomor satu yang sudah kami jelaskan tadi, seluruh penumpang wajib hukumnya menggunakan sabuk keselamatan selama berkendara dengan mobil di jalan raya.

Tak terkecuali anak-anak yang usianya sudah lebih dari 7 tahun dan bisa duduk mandiri di jok mobil, maka juga wajib mengenakan seat belt.

Sabuk pengaman ini harus melintang di bagian dada dan perut si kecil dan jangan sampai menutupi bagian wajah biar dia merasa nyaman selama perjalanan.

Baca juga: Berpergian dengan Anak-anak Harus Pakai Car Seat, Ini Manfaat, Jenis dan Cara Memilihnya

4. Gunakan Child Seat Buat Balita

Balita wajib gunakan child seat

Kalau Anda Anda masih usia kurang dari 6 tahun, maka sebaiknya gunakan car seat atau chlid seat sesuai usianya untuk memastikan keselamatan dan ketenangan selama berlibur. 

Pilihan child seat cukup beragam menyesuaikan kebutuhan anak di setiap umur misalnya seperti seat booster bagi anak usia remaja agar posisi sabuk pengaman nyaman digunakan atau baby car seat yang khusus didesain untuk anak usia bayi hingga balita.

Dikutip dari keterangan resmi Suzuki Indonesia, yang perlu diperhatikan saat pemasangan child seat adalah mobil tersebut harus memiliki fitur ISOFIX yaitu sistem pengait pada area duduk dan belakang jok mobil yang dijadikan titik pengait child seat.

5. Pastikan Tali Terkait Sampai Bunyi "Klik"

Pastikan pengit child seat terhubung dengan ISOFIX

Saat pemasangan sabuk keselamatan pada tubuh si buah hati, pastikan pengait sabuk terhubung dengan pengait hingga terdengar bunyi "klik".

Demikian juga saat pemasangan car seat atau child seat, perlu diketahui, fitur ISOFIX biasanya ada pada jok baris kedua baik di sisi kiri maupun kanan sejajar dengan pengemudi.

Pastikan tali pengait untuk car seat ini terpasang ke besi pengait ISOFIX sampai terdengar bunyi "klik", demikian juga pastikan bunyi "klik" saat mengaitkan sabuk keselamatan pada car seat tersebut ketika si anak sudah duduk di tempat semestinya.

6. Kunci Semua Pintu dan Jedela Selama Perjalanan

Aktifkan central lock dan windows lock

Ketika semua anak dan penumpang lain telah duduk dengan aman di tempatnya serta sudah mengenakan sabuk keselamatan, maka sebelum memulai perjalanan pastikan semua kunci dan jedela terkunci.

Selain menghindari risiko kecelakaan, tetap mengunci pintu dan jendela mobil selama perjalanan akan melindungi penumpang dari risiko aksi kejahatan.

Supaya lebih mudah, Anda bisa aktifkan fitur central lock dan window lock yang kini sudah banyak diterapkan pada mobil-mobil modern, untuk memastikan kunci pintu dan jendela hanya bisa diaktifkan dari sisi pengemudi.

Baca juga: 5 Mobil Toyota 1990-an di Bawah Rp65 Juta Incaran Anak Muda, Mulai Dari Starlet Sampai Crown

7. Aktifkan Child Door Lock Biar Si Kecil Lebih Aman

Tombol child door lock di pintu penumpang

Selain memastikan pintu telah terkunci, Anda juga bisa menggunakan fitur child door lock yang ada di pintu penumpang.

Fitur ini biasanya berupa tombol yang terletak di sisi dalam pintu baris kedua baik sisi kiri maupun kanan.

Ketika diaktifkan, maka pintu hanya dapat dibuka dari sisi luar sehingga potensi anak membuka pintu tanpa pengawasan orang tua dapat diminimalisir.

8. Pastikan Semua Fitur Keselamatan di Mobil Aktif

Fitur-fitur ini diciptakan untuk membantu pengemdui berkendara lebih aman

Mobil-mobil modern biasanya telah dilengkapi berbagai fitur keselamatan cerdas seperti Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Program (ESP), beberapa titik Airbags, atau Hill Start Assist (HSA).

Bahkan beberapa mobil juga sudah ada yang dilengkapi fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) dengan macam-macam penamaan seperti Honda SENSING, Toyota Safety Sense (TSS) atau Hyundai Smart Sense.

Pastikan fitur-fitur ini aktif seluruhnya karena teknologi tersebut telah disematkan pada mobil agar berperan mengurangi resiko kecelakaan dan meningkatkan rasio keselamatan penggunanya pada kondisi-kondisi darurat yang tidak diantisipasi manusia.

9. Selalu Patuhi Peraturan di Jalan

Jangan menggunakan bahu jalan

Ingat, Anda melakukan perjalanan ini untuk liburan agar suasana hati senang, karena itulah jaga kecepatan kendaraan di jalan, jangan ugal-ugalan atau terpancing memacu lebih cepat akibat kendaraan lain.

Selalu juga jaga jarak aman dnegan kendaraan lain di depan agar tetap bisa bermanuver dengan aman manakala terjadi situasi darurat dari arah depan Anda.

Jangan mendahului dari bahu jalan meskipun terlihat lenggang, tetap sabar jika ternyata jalur yang Anda lewati padat oleh kendaraan lain yang juga hendak berpergian liburan.

Baca juga: Mobil Bekas Terbaik Harga Rp100 Jutaan, Cocok Untuk Anak Muda dan Pasangan Baru Menikah

10. Jangan Lupa Istirahat dan Bawa Bekal

Meskipun lenggang, jangan paksakan untuk terus mengemudi tanpa istirahat

Berkendara bersama anak dengan mobil juga wajib perhatikan mood mereka sepanjang perjalanan, jangan sampai mereka merasa bosan akibat berada di satu tempat dan posisi tertentu terus menerus.

Karena itu Anda bisa siapkan bekal makanan dan minuman favoritnya atau mainan yang bisa mereka gunakan.

Jangan lupa juga untuk beristirahat setiap 4-5 jam perjalanan, selain agara Anda bisa meregangkan otot dan sendi-sendi selama mengemudi, si anak juga bisa ikut istirahat dengan berlarian sejenak sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Kesimpulan

Itu tadi beberapa tips agar aman dan nyaman berkendara dengan mobil bersama anak.

Walaupun mungkin terlihat sepele, tapi jika ini dilakukan bisa menyelamatkan nyawa si buah hati.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Terios

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Mitsubishi Motors Corporation mengumumkan bahwa mobil listrik L100 EV resmi diproduksi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Mobil listrik yang sebelumnya disebut Minicab EV ini rencananya akan mulai dijual pada kuartal keempat tahun fiskal 2023 atau sekitar awal tahun 2024 mendatang. Menurut Presiden dan CEO Mitsubishi Motors Takao Kato, diproduksinya L100 EV oleh MMKI tak lepas dari kesuksesan Mitsubishi Xpander yang juga dibuat secara lokal
Beberapa waktu lalu PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan mobil premium terbarunya, All New Honda Accord RS e:HEV yang sekaligus dinobatkan sebagai mobil hybrid kedua pabrikan otomotif Jepang berlogokan ‘H’ tegak di Tanah Air setelah Honda CR-V. Sebagai sedan premium, generasi ke-11 Accord di Tanah Air hanya ditawarkan satu varian saja yakni RS e:HEV yang dibandrol Rp959,9 juta OTR Jakarta. Mendapat ubahan revolusioner dibanding model sebelumnya, Accord memiliki bentuk yang terlihat jauh leb
Kelebihan dan kekurangan Opel Blazer adalah sesuatu yang harus Anda ketahui tentang mobil ini sebelum membelinya mengingat harga bekasnya sudah sangat terjangkau. Bagaimana tidak, dengan bandrol tak sampai Rp50 juta, Anda sudah mendapatkan sebuah SUV berdarah Amerika dengan tampilan gagah yang masih layak hingga saat ini. Ya, hegemoni kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) di Tanah Air mulai bisa dirasakan di era 90-an. Pada saat itu juga, tahun 1996 General Motors Buana Indonesia (GMBI) memperke
Suzuki Ertiga Diesel Hybrid pernah menjadi salah satu varian tipe dari Ertiga yang dijual oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia. Salah satu mobil keluarga terlaris di Indonesia Suzuki memang cukup banyak menghadirkan varian Ertiga. Salah satunya yang pernah dihadirkan adalah Ertiga dengan dapur pacu diesel. Kerennya, Ertiga diesel ini juga mengusung sistem mild hybrid. Mobil yang masuk kategori low multi purpose vehicle (LMPV) ini pertama kali diluncurkan ke pasaran pada Februari 201
Toyota Avanza G Gen 1 menjadi varian yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia di masanya, bahkan sampai terdapat sebutan kalau bukan tipe G, berarti bukan Avanza. Kalau mau melihat sedikit kilas balik sejarahnya, pertama kali Toyota Avanza diluncurkan pada Desember 2003 dan baru mulai diproduksi Januari 2004. Avanza dibangun menggunakan platform U-IMV yang artinya Under IMV alias posisinya di bawah platform IMV. Sebagaimana kita ketahui, platform IMV dipakai untuk Toyota Kijang Innova (Spe

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil