window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Berpergian dengan Anak-anak Harus Pakai Car Seat, Ini Manfaat, Jenis dan Cara Memilihnya

Herdi · 6 Mar, 2023 09:08

Berpergian dengan Anak-anak Harus Pakai Car Seat, Ini Manfaat, Jenis dan Cara Memilihnya 01

Ketika berpergian menggunakan mobil pribadi dan membawa si buah hati yang masih sangat kecil, sebaiknya kita memakaikannya dengan car seat. Ya, ini bukan masalah jadi lebih karena dan modern, tapi lebih mengutamakan keselamatan dalam berkendara. 

Penggunaan car seat untuk anak juga akan sangat bermanfaat bagi pengemudi dan penumpang. Untuk pengemudi, setidaknya tak perlu cemas, karena car seat didesain untuk tubuh anak dan memiliki rangka kuat untuk melindungi tulang punggung bayi dan leher bayi yang masih lemah. Selain itu, perangkat yang kerap disebut child seat itu juga dilengkapi sabuk pengaman khusus, sehingga dapat mengurangi cedera.

Baca juga: Siap Diajak Nongkrong Sama Gebetan, Inilah 5 Pilihan Mobil Keren Buat Anak Kuliahan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berpergian dengan Anak-anak Harus Pakai Car Seat, Ini Manfaat, Jenis dan Cara Memilihnya 01

Anak-anak harus tetap terlindungi selama berkendara

Sedangkan bagi penumpang, keberadaan child seat membuat kita tak perlu merasa letih karena harus menggendong atau memangku di atas paha. Belum lagi, posisi perangkat juga bisa diubah-ubah, dari mode duduk tegak hingga dapat direbahkan, serta bisa menghadap ke depan atau belakang.

Jenis Car Seat untuk Anak

Meski terlihat sama, namun kebanyakan Car Seat memiliki tiga jenis yang berbeda. Nah, berikut perbedaaan. 

1.  Infant Car Seat

Infant Car Seat

Posisinya menghadap belakang

Perbedaan jenis ini bisa dilihat dari posisi pemasangannya, yaitu selalu menghadap ke belakang mobil atau berlawanan dengan cara duduk orang dewasa. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan ekstra.

Jenis ini juga cocok digunakan untuk balita yang bobotnya masih kecil, yaitu hanya sampai 15 kg atau rata-rata usia pakainya sampai usia dua tahun. Oh ya, biasanya jenis Infant Car Seat ini lebih mudah dibongkar pasang dan mudah dibawa-bawa untuk jadi gendongan anak.

Baca juga: Hatchback Idaman Anak Muda, Segini Harga Honda Jazz Terbaru Kondisi Siap Pakai

2. Convertible Car Seat

Convertible Car Seat

Bisa digunakan menghadap ke depan dan belakang

Jenis ini sejatinya penggunaannya untuk anak usia balita. Tapi kalau si buah hati masih di bawah dua tahun maka wajib terpasang menghadap ke belakang. Tapi jika sudah lebih dari tiga tahun, maka boleh menghadap ke depan. 

Diketahui, banyak pabrikan yang membuat untuk menampung anak dengan berat 18-31 kg. Selain itu desain untuk Convertible Car Seat lebih besar, dan tidak mudah untuk dipindahkan.

3. Belt-Booster

Belt Booseter Seat

Jenis ini biasanya digunakan untuk anak yang lebih besar

Ketiga adalah car seat yang sangat cocok untuk anak di atas usia empat tahun dan bobotnya minimal 18 kg.  Untuk jenis ini penggunaannya menghadap ke depan. Selain itu, juga bisa menggunakan sabuk pengaman dari mobil.

Baca juga: Tua Tapi Banyak Disukai Anak Gaul Ibukota, Ini 5 Keistimewaan Honda Civic FD Batman

4. All In One

Convertible Car Seat

Begini pemasangan yang menghadap belakang

Jika Anda tak mau repot membeli car seat karena ada batas usia pakainya, maka tak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini banyak yang menawarkan model All in One.

Ya, jenis Car Seat All In One, biasanya didesain untuk bayi kurang dari dua tahun, dimana Anda akan mendapatkan banyak busa dan bisa dicopot ketika Anak sudah lebih besar. 

Cara Memilih Car Seat

Infant Car Seat

Pemasangan harus dibantu orang dewasa

Dewasa ini banyak model car seat yang dijual. Bahkan penjualannya tidak hanya ada di toko offline. Sebaliknya di toko online juga lebih banyak. Namun jika Anda ingin membeli, sebaiknya perhatikan tips berikut:

1. Pilih yang kompatibel dengan mobil

fitur ISOFIX

Pastikan mobil punya fitur ISOFIX

Pada dasarnya semua jenis car seat bisa digunakan untuk apapun model mobilnya. Namun, balik lagi, biasanya ada beberapa model mobil justru tak kompatibel saat dipasang perangkat ini.

Karenanya pastikan kendaraan Anda punya fitur ISOFIX. Biar lebih yakin sebaiknya agar tidak memakan waktu dan salah dalam memilih, bawa mobil Anda dan coba langsung apakah dapat dipasangkan atau tidak. 

2. Pilih yang sesuai dengan kondisi anak

pastikan juga Car Seat yang dipilih tepat untuk anak

Pastikan juga pilih yang tepat untuk anak

Selain sesuaikan dengan mobil, pastikan juga komponen yang dipilih tepat untuk anak. Karena jenisnya banyak maka sesuaikan dengan usia anak.  Jangan sampai Anda membeli untuk anak 5 tahun, padahal anak Anda masih dua tahun, atau sebaliknya.

Untuk harga Car Seat sendiri sebenarnya beragam, karena tergantung jenis, bentuk, desain, hingga brand. Maka dari itu banderolnya mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil